Perjuangan Anda Membangun Perusahaan akan Lebih Bermakna dan Menggugah Semangat Bila Niat serta Visi Anda Mulia

Perjuangan Anda Membangun Perusahaan akan Lebih Bermakna dan Menggugah Semangat Bila Niat serta Visi Anda Mulia
 

My goal was never to just create a company. A lot people misinterpret that, as if I don’t care about revenue or profit or any of those things. But what not being just that – building something that actually makes a really big change in the world .

Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook*

Kebanyakan orang ingin meraih kesuksesan. Lambang atau atribut yang lazim disematkan pada orang yang sukses antara lain memiliki pekerjaan yang hebat, jabatan terpandang dan kekayaan yang berlimpah.

Semua daya upaya difokuskan untuk mengejar itu, baik bekerja pada orang lain atau berbisnis sendiri.

Pertanyaannya adalah “apa memang HANYA seperti itu yang kita inginkan?” tentu tidak kan?

Bila hanya fokus untuk mengejar atribut-atribut tersebut dengan sungguh-sungguh, kebanyakan orang pasti bisa meraihnya, entah seseorang berpendidikan tinggi atau tidak sekolah.

Mereka yang lulus S1, dengan bekerja 6-10 tahun di perusahaan yang standar, tidak berpindah-pindah, tidak macam-macam maka atribut-atribut  ‘sukses’ akan ada dalam genggamannya: rumah, mobil dan pekerjaan mapan.

Kalau sudah bekerja selama itu namun belum juga memperoleh itu, ya pindah kerja saja! Dari pada tambah ‘nyungsep’.

Ingin tahu cara berpindah-pindah pekerjaan yang bisa meningkatkan karir? Baca artikel : Hobimu Berpindah-pindah Pekerjaan akan Melejitkan Karir Keuanganmu, Bila 3 Hal ini Anda Lakukan.

Apalagi bila selain bekerja dibarengi dengan aktivitas investasi yang tepat, dengan asumsi return 15% per tahun dan investasi Rp. 833.000,-  per bulan maka menginjak usia 50 tahun sudah bisa mengantongi uang Rp 2,5 M.

Sederhana kan?

Tidak usah menggunakan teori dan perhitungan yang ‘ndekik-ndekik’ ala pakar….

Apa perhitungan dan asumsi sebesar itu wajar, iyalah, ini tidak hanya sekedar teori. Angka return investasi sebesar 15% itu wajar, beberapa tahun yang lalu return bisa mencapai 18% per tahun.

cara mendapatkan uang 2, 5M pada usia 50 tahun

Simulasi Investasi

 

Atau seperti contoh nyata berikut ini, seseorang yang lulusan sekolah dasar pun bisa sukses.

Saya mengenal seorang penjual sayur keliling di Kerawang, Jawa Barat. Ia bukan penduduk asli tapi perantauan.

Dia lulusan sekolah dasar, masih menurut penuturannya, ia nyaris tidak lulus karena bapaknya meninggal dunia dan nilainya tidak memenuhi syarat . ‘anak bodoh’ sebagian orang menganggapnya seperti itu.

Cap ‘anak bodoh’ adalah salah satu penyebab ia tidak mau meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mungkin ia sudah ‘kapok’ dengan label ‘anak bodoh’ lagi 🙂

(Makanya perlu berhati-hati ketika memberi label pada anak)

Selepas lulus sekolah dasar ia bekerja serabutan. Berbagai pekerjaan ia lakoni, dari membantu orang memanen padi di sawah hingga membantu orang jualan di pasar. Merasa sekolahnya rendah ia bekerja keras untuk memperjuangkan hidupnya.

Harapan dan cita-cita untuk menafkahi ibu dan adik-adiknyalah yang membuatnya bertahan menghadapi kerasnya kehidupan.

Seorang sahabat mengatakan “Harapan dan daya juang adalah salah satu hal krusial yang harus ada dalam upaya merubah nasib

Setelah merasa bosan dan tidak ada perkembangan bekerja pada orang lain, ia mencoba peruntungan baru dengan berjualan sayur keliling dengan sepeda onthel..

Detik pun berganti detik…. 15 tahun kemudian saya bertemu kembali dengannya.

Walaupun tidak sesukses konglomerat, ia bisa menafkahi ibu-nya dan membiayai sekolah adik-adiknya hingga mandiri serta meng-investasikan sebagian pendapatannya dengan membeli sawah dan tambak udang.

Label ‘anak bodoh’ yang sempat ia sandang berganti dengan label baru ‘juragan sayur dan tambak’.

Tentu masih banyak kisah-kisah sejenis yang lebih WOW lagi.

Pelajaran yang bisa diambil adalah orang-orang yang kehidupannya terus berkembang ternyata  motifasi terkuatnya bukan sekedar uang.Namun ada sesuatu atau nilai (value) diperjuangkan.

Anda yang sedang merencanakan atau sudah berbisnis, tak ada salahnya untuk merenungkan kembali apakah niat dan tujuan Anda adalah sesuatu yang layak untuk diperjuangkan atau hanya sekedar uang?

Kita lihat contoh berikut ini: Tesla Motor. Sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2003 oleh sekelompok insinyur di Silicon Valey USA. Mereka ingin membuktikan bahwa mobil listrik lebih baik daripada mobil BBM.

Sampai tahun 2015 Tesla Motor masih mengalami kerugian sebesar Rp. 12 T, kas untuk operasi    Rp 7 T (minus), untuk investasi Rp 22 T, dari pendanaan Rp. 20 T.

Kerugian Tesla Motor tahun 2012-2015

sumber : www.nasdaq.com

 

Lalu apa yang membuat mereka masih terus bertahan? Tak lain adalah VISI dan prospek.

Oleh karena itu Anda yang akan atau sedang menekuni bisnis jangan hanya menggantungkan pada uang.

Laba, aset, omset dan nilai pasar adalah ukuran utama perusahaan. Namun itu saja tidak cukup. Memperjuangkan nilai dan visi Anda akan menjadikannya lebih bermakna dan menggugah semangat.

Kehidupan Anda akan bergairah karena bisnis yang akan dibangun atau sedang dijalani dalam rangka mewujudkan nilai dan visi hidup Anda..

Bisnis yang bertahan lama sangat tergantung kepada value, visi, passion, inovasi dan kreativitas para pemiliknya. Kepuasan para pebisnis sejati bukan hanya pada uang yang dimiliki .

Pebisnis yang benar-benar memperjuangkan visi hidupnya selalu menghargai proses. Tidak ada yang instan. Tidak tergoda dengan keuntungan sesaat yang menyesatkan.

Belajar dari sejarah,  perusahaan-perusahaan besar yang mampu bertahan lama ternyata bukan hanya bicara uang. Mereka bicara mengenai nilai-nilai, keyakinan dan perilaku yang menuntun aktivitas sehari-hari.

Perusahaan yang luar biasa dimulai dari visi dan misi yang juga luar biasa.

Berbisnis bukan hanya sekedar membangun perusahaan. Apalagi sekedar mencari uang. Facebook didedikasikan untuk sesuatu yang jauh lebih bermakna – membuat perubahan besar di dunia

Begitu menurut penuturan Mark Zuckerberg pendiri Facebook*.

Bagaimana menurut Anda?Apa filosofi dan visi bisnis Anda?

***

Note :

Revenue Facebook tahun 2012 – 2015 :

pendapatan Facebook tahun 2012-2015

sumber : www.nasdaq.com

 

Downlad gratis

2 comments on “Perjuangan Anda Membangun Perusahaan akan Lebih Bermakna dan Menggugah Semangat Bila Niat serta Visi Anda Mulia
  1. Terima kasih mas atas artikelnya..
    Mengingatkan kita semua tentang hakikat hidup ini..

    Memang ketika semua hal kita mulai dengan visi dan niat yang mulia kita tidak akan pernah kehabisan energi untuk melangkah. Seberat apapun rintangan menghalang, kita akan terus jalan tanpa menghiraukannya.. ya karna bahan bakarnya visi dan niat yang mulia tadi..

Comments are closed.