Untukmu yang Kuliah Akuntansi, Inilah 10 Profesi Akuntansi yang Sangat Menjanjikan bagi Masa Depanmu

10 profesi akuntansi yang menjanjikan masa depan yang gemilang

Prospek kerja lulusan Akuntansi ada di hampir semua bidang usaha. Jasa, perdagangan dan manufaktur.

Logikanya adalah setiap perusahaan yang didirikan pastinya ingin mengetahui kondisi dan perkembangan usahanya.

Laporan Keuangan adalah sebuah powerful tools untuk mengontrol performance sebuah usaha.

Dari laporan keuangan, manajemen, pemilik dan calon investor akan mengetahui keadaan sesungguhnya dari sebuah perusahaan.

Informasi yang diperoleh dari sebuah laporan keuangan tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk memutuskan suatu kebijakan menyangkut masa depan usaha yang sedang dikelola.

Dan yang bisa menyusun laporan keuangan yang baik dan akurat adalah mereka yang memiliki skill di bidang akuntansi.

Dengan banyaknya pilihan karir yang bisa ditekuni oleh seorang yang berlatarbelakang pendidikan akuntansi terkadang menimbulkan kesulitan tersendiri.

Sehingga diperlukan panduan yang benar agar profesi yang dipilih itu benar-benar menjadi sebuah karir yang menjanjikan di masa depan.

Dan berikut ini ada 10 profesi yang bisa Anda pilih :

#1. SAP Application Consultant

SAP Application Consultant atau SAP Functional Consultant adalah salah satu dari dua jenis konsultan SAP. Ada dua jenis konsultan di SAP, yaitu teknikal dan fungsional.

Seorang SAP Functional Consultant bertugas untuk fokus pada proses bisnis yang akan diimplementasikan

Misalnya mengumpulkan user requirement, melakukan analisa, mendesain proses bisnis, dan menerapkannya di aplikasi SAP.

Seorang Functional Consultant harus paham mengenai proses bisnis suatu industri atau perusahaan.

Sehingga orang yang sesuai dengan profesi ini adalah mereka yang memiliki latar belakang pendidikan bisnis atau non-teknis, seperti akuntansi, keuangan dan manajemen.

SAP Functional Consultant ini dibagi-bagi lagi menjadi spesialis sesuai dengan modul yang ada di aplikasi SAP, seperti Financial, Controlling, Sales and Distribution, Material Management dan Business Warehouse.

Seseorang yang berlatarbelakang pendidikan manajeman, keuangan dan akuntansi sangat cocok menjadi seorang SAP Functional Consultant pada modul Financial atau Controlling (FI/CO).

Namun demikian selalu ada pengecualian, ada seorang ABAP Consultant ( ABAP = Bahasa pemrograman yang ada di SAP) berlatar belakang pendidikan Ekonomi.

Contohnya penulis artikel ini yang pernah mengecap profesi sebagai SAP XI Consultant di sebuah IT Consulting Firm PT Krakatau Steel Group 🙂

Sebelum memilih karir sebagai functional consultant, any kind of consultant, sebaiknya memiliki pengalaman sebagai akuntan atau auditor.

Tips bagi yang ingin meniti karir sebagai SAP Functional Consultant, selain belajar modul yang akan menjadi spesialisasi-nya, sebaiknya belajar juga modul-modul lain yang berkaitan dengan modul spesialisasi Anda.

Pelajari juga bahasa pemrograman yang digunakan SAP (ABAP Programming), minimal tahu cara membacanya.

Gaji seorang SAP Functional Consultant berpengalaman ada di kisaran Rp 20 juta hingga Rp. 50 juta per bulan.

Tergantung dari tingkat pengalaman menangani perusahaan dengan berbagai proses bisnisnya.

Salah satu cara sederhana untuk mengukur pengalaman konsultan SAP adalah sudah berapa kali ia implementasi SAP.

Semakin banyak jumlah implementasi yang pernah ia lakukan maka pengalamannya tentu semakin banyak.

Dan rate gaji seorang konsultan SAP akan mengikuti jumlah pengalamannya tersebut.

Bila Anda tertarik dengan profesi ini, segeralah memulai investasi dengan belajar SAP sejak kuliah.

Saat ini banyak universitas yang sudah bekerjasama dengan SAP dalam bentuk SAP Partner Academy, misalnya Binus Bussiness School, UII, STIE Perbanas.

#2. Auditor

Menjadi Auditor profesional adalah salah satu jenis profesi yang layak menjadi pilihan bagimu yang kuliah di Akuntansi.

Lazimnya sebuah profesi yang baik, profesi auditor menjanjikan sebuah pekerjaan yang menantang dan masa depan yang cerah.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang auditor andal?
Sebelum memilih sebuah profesi, sebaiknya mencari tahu seluk beluk tentang profesi itu.

Demikian juga dengan profesi auditor, maka carilah informasi tentang profesi tersebut.

Yuk kita mulai membahasnya ….

Sesuai dengan namanya yaitu Auditor maka tentu berkaitan dengan audit.
Apa yang dimaksud dengan audit?

Audit adalah suatu aktivitas untuk meng-evaluasi pekerjaan, organisasi, sistem, proses atau produk dengan menggunakan kriteria tertentu yang bertujuan untuk menentukan bahwa semua aktivitas tersebut sudah sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan oleh perusahaan

Dan AUDITOR adalah orang yang melakukan aktivitas evaluasi tersebut

Agar pekerjaan atau aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan baik maka seorang auditor harus memiliki kompetensi yang baik di bidang auditing.

Ia harus memiliki konsep-konsep dasar akuntansi dan auditing.

Oleh karena itu calon auditor harus memperoleh pendidikan formal di bidang akuntansi atau manajemen keuangan dan kemudian mengikuti pendidikan berkelanjutan tentang akuntansi dan auditing.

Misalnya dengan mengikuti program pendalaman profesi akuntan (PPAk) dan mengikuti ujian Certified Public Accountant dan atau Certified Internal Auditor.

Kemampuan teknis yang mumpuni akan semakin baik bila didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik, sikap positif, jujur, konsisten, disiplin, senang belajar sesuatu yang baru, tidak cepat merasa puas dan memiliki etika yang tinggi.

Ada dua macam auditor, yaitu internal auditor dan eksternal auditor. Internal auditor adalah auditor yang bekerja pada perusahaan tertentu.

Sedangkan eksternal auditor adalah auditor yang bekerja pada perusahaan yang menyediakan jasa audit independen.

Pada dasarnya kedua jenis profesi auditor tersebut memiliki persamaan, yaitu untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Yang membedakannya adalah hasil akhir auditnya. Auditor eksternal memberikan opini atas laporan keuangan perusahaan misalnya wajar atau tidak wajar.

Sedangkan internal auditor berdasarkan hasil dari auditnya ia akan memberikan saran perbaikan kepada pihak manajemen mengenai tingkat kepatuhan operasional perusahaan terhadap sistim pengendalian intern-nya dan pemerintah (departemen keuangan).

Gaji internal auditor tergantung pada skala perusahaan tempat ia bekerja. Bila ia bekerja di perusahaan berskala besar gaji di tahun-tahun pertama berkisar antara Rp. 7 hingga Rp. 10 juta per bulan.

Sedangkan gaji seorang auditor eksternal (di KAP) berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 7 juta per bulan.

#3. Akuntan

Profesi sebagai akuntan profesional adalah salah satu profesi yang paling populer bagi mereka yang kuliah di akuntansi.

Baik bekerja untuk perusahaan jasa akuntan publik (KAP) atau menjadi seorang akuntan untuk bidang industri tertentu misalnya industri baja, distribusi, kesehatan dan tambang.

Hanya saja, untuk perusahaan-perusahaan besar. Posisi ini biasanya banyak diisi oleh mereka-mereka yang telah berpengalaman.

Sementara itu untuk perusahaan kecil dan menengah, fresh graduate bisa mengisi posisi akuntan, sepanjang memiliki kemampuan teknis akuntansi yang cukup memadai.

Pada dasarnya pekerjaan seorang akuntan baik di jasa KAP atau di industri lain selalu berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan. gaji seorang akuntan di tahun-tahun pertama berkisar antara 5 hingga 10 juta per bulan.

Agar perjalanan karir Anda lebih menjanjikan dan cemerlang di masa datang maka sebaiknya Anda mengikuti pendidikan lanjutan bidang akuntansi.

Beberapa lembaga sudah menyediakan program pendalaman profesi akuntan (PPAk) dan mengikuti ujian serifikasi baik itu Certified Management Accountant (CMA) atau Certified Public Accountant (CPA).

Ada petuah yang sangat bagus untukmu yang berlatarbelakang akuntansi, saya sarankan untuk membaca petuah ini : Bila Anda Menjalankan 5 Cara Ampuh ini Julukan Miring Terhadap Orang Akuntansi akan Minggat!

#4. Business Analyst

Seorang analis bisnis adalah orang yang bertugas menganalisis kebutuhan-kebutuhan bisnis dan permasalahan penting bagi para pemangku kepentingan dan mengusulkan solusi-solusi praktis

Salah satu skill yang harus dimiliki adalah kemampuan mendengarkan.

Kemampuan mendengarkan ini adalah elemen kunci seorang analis bisnis untuk memperoleh banyak fakta mengenai bisnis di suatu perusahaan. Ia akan memahami kebutuhan-kebutuhan perusahaan.

Jika analis bisnis gagal memahami kebutuhan-kebutuhan sebenarnya sebuah perusahaan, maka kemungkinan besar akan mengalami kegagalan.

Seorang analis bisnis bersertifikat telah dilatih untuk membaca dan mengenali kelalaian-kelalaian dalam perusahaan.

Ia akan memastikan perusahaan secara keseluruhan dapat melihat visi bisnisnya. Dia akan menjelaskan bagaimana masing-masing departemen terintegrasi dengan lainnya.

Seorang analis bisnis profesional akan dapat mengenali masalah-masalah yang terabaikan atau yang tidak begitu jelas terlihat.

Dan salah satu modal utama untuk menjadi seorang analis bisnis profesional adalah latarbelakang pendidikan manajemen, keuangan dan akuntansi.

Mereka sudah terbiasa bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaan.

Mereka juga banyak memahami proses bisnis dari berbagai bidang, seperti perusahaan dagang, jasa dan manufaktur, sehingga akan lebih mudah mengidentifikasi berbagai permasalahan dan kebutuhan di suatu perusahaan.

Bagaimana dengan Anda, ada yang tertarik menekuni profesi bisnis analyst?

#5. Financial Analyst

Seorang financial analyst atau analis keuangan akan memberikan identifikasi, prediksi dan kecenderungan sebuah bisnis serta memberikan solusi untuk mengurangi resiko bisnis

Seorang financial analyst akan menggunakan laporan keuangan untuk menganalisa kondisi keuangan suatu perusahaan dan untuk menilai kemampuan perusahaan di masa depan.

Hasil dari analisa keuangan itu akan memberikan sumbangan yang positif bagi perusahaan.

Siapa saja yang membutuhkan seorang Financial Analyst atau analis keuangan?

Seorang financial analyst profesional dibutuhkan oleh perorangan atau perusahaan.

Secara umum gaji seorang analis keuangan di tahun-tahun pertama berada pada kisaran antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

Latar belakang pendidikan seorang financial analyst biasanya S1 Akuntansi atau Manajemen Keuangan.

Pendidikan lanjutan untuk mendalami profesi ini bisa dilakukan dengan menempuh program analis keuangan bersertifikat dengan gelar Certified Financial Analyst (CFA).

Selain latar belakang pendidian, kemampuan lain yang dibutuhkan oleh seorang analis keuangan profesional adalah berpikir logis, memiliki kemampuan untuk bekerja dan mengatasi tekanan pekerjaan serta tegas

Kemampuan dalam mengoperasikan beberapa program komputer sangat diperlukan untuk menganalisi data.

Bila Anda tertarik ingin berkarir sebagai analis keuangan, persiapkan diri Anda sejak kuliah sehingga akan memberikan hasil yang lebih baik dari pada terjun ke sana karena keterpaksaan.

#6. Credit Analyst

Tugas utama seorang credit analyst adalah menganalisa kemampuan calon pencari kredit dalam hal membayar kembali pinjamannya, baik membayar pokok pinjaman dan bunganya

Seorang credit analyst dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, misalnya bank dan lembaga leasing (pembiayaan). Keahlian mereka sangat vital.

Bisa dibayangkan bagaimana perusahaan pembiayaan atau penyedia kredit tidak memiliki credit analyst atau kemampuan credit analyst-nya abal-abal?

Bisa jadi dalam waktu yang tidak lama perusahaan seperti itu akan kebobolan dan akhirnya colaps.

Untuk meniti karir sebagai credit analyst biasanya dimulai sejak lulus kuliah S1 dan bekerja di institusi perbankan dan lembaga pembiayaan.

Seiring dengan berjalannya waktu, keterampilan dan keahlian pun akan terasah dengan baik.

Pada awal masuk sebagai credit analyst di bank atau perusahaan keuangan lain secara umum gaji yang akan diperoleh relatif bagus berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 7 juta per bulan.

#7. Perencana Keuangan

Seiring dengan bertumbuhnya golongan menengah dan peningkatan kesejahteraan yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia maka kebutuhan seseorang akan seorang yang bisa memberikan advise di bidang keuangan juga meningkat.

Peluang ini sudah dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa orang yang menekuni profesi sebagai financial planner atau perencana keuangan.

Salah seorang yang sukses berkarir di bidang ini adalah Prita Hapsari Ghozie.

Ingin tahu lebih dalam tentang perempuan ayu dan cerdas ini baca : Prita Hapsari Ghozie : Perempuan cerdas nan anggun yang akan membantu mewujudkan keinginan finansial Anda.

Profesi sebagai perencana keuangan terbuka untuk siapa saja, bukan hanya bagi mereka yang berlatar belakang pendidikan ekonomi.

Siapa saja yang pernah bekerja di bidang keuangan dan mempunyai kemampuan yang memadai bisa terjun dan menekuni profesi ini.

Bagi meraka yang tidak memiliki latar belakang pekerjaan di bidang keuangan dan ingin bekerja sebagai perencana keuangan salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan magang di perusahaan yang bergerak di bidang perencana keuangan.

Selanjutnya bisa mengambil sertifikasi sebagai perencana keuangan yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga yang berwenang.

Dan saat ini sudah ada beberapa lembaga yang menawarkan training, pendidikan dan ujian sertifikasi profesi perencaan keuangan Indonesia.

Lembaga-lembaga yang memberikan sertifikasi perencana keuangan di Indonesia antara lain: Financial Planning Standards Board (FPSB), International Association of Registered Financial Consultants (IARFC), dan Certified Wealth Managers Association (CWMA).

Setiap lembaga memberikan istilah gelar yang berbeda.

Untuk melihat dari lembaga mana seorang perencana keuangan mendapatkan pendidikan dan sertifiasinya adalah dengan melihat gelar di belakang namanya.

FPSB mengeluarkan sertifikasi dengan gelar RFP (Registered Financial Planners) dan CFP (Certified Financial Planners).

Untuk mencari informasi yang lebih lengkap silahkan kunjungi website-nya di www.fpsb.org

IARFC mengeluarkan gelar RFA (Registered Financial Associate) dan Registered Financial Consultant (RFC).

Bila ingin tahu lebih banyak tentang IARFC, Anda bisa mengunjungi website-nya di www.iarfc.org.

CWMA mengeluarkan gelar Aff.WM (Affiliate Wealth Manager), AWM (Associate Wealth Manager), QWM (Qualified Wealth Manager), dan CWM (Certified Wealth Manager).

Kalau Anda masih penasaran tentang CWMA, inilah website-nya : www. cwma.or.id

Menurut Andreas Freedy Pieloor, Ketua Independent Financial Planners Club (IFPC) menjelaskan bahwa lembaga-lembaga tersebut sebelum memberikan gelar akan mengadakan pelatihan dan pembekalan tentang kecakapan profesi serta ujian.

Lembaga-lembaga tersebut biasanya bekerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi seperti universitas.

FPSB bekerjasama dengan Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Binus Bussines School, Sekolah Bisnis dan Manajemen Institusi Teknologi Bandung.

CWMA bekerjasama dengan Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

IARFC bekerjasama dengan perusahaan perencana keuangan milik Aidil Akbar .

Seorang yang menekuni profesi sebagai perencana keuangan bisa bekerja secara mandiri atau bekerja pada perusahaan keuangan.

Profesi sebagai perencana keuangan menarik kan? Anda tertarik untuk menekuni profesi ini? segera ambil langkah-langkah sistematis seperti di atas.

#8. Account Payable

Seorang Account Payable Clerk bertanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang berhubungan dengan Account Payable

Dokumen-dokumen tersebut antara lain invoice, laporan perpajakan, prepaid expenses dan accrual and balance sheet reconciliation.

Proses pencatatan Account Payable dimulai setelah perusahaan mengakui utang yang dimiliki perusahaan terhadap perusahaan lain atau vendor.

Proses pencatatan akun ini dilakukan saat barang yang dibeli sudah diterima.
Penyebab lain munculnya Account Payable adalah saat melakukan Down Payment atau pembayaran sebelum barang diterima atau CBD (cash before delivery).

Jadi intinya adalah saat kita mencatat Account Payable, maka pada saat itu pula kita memiliki alasan untuk mengeluarkan uang.

Pekerjaan utama seorang Account Payable Clerk adalah menangani proses akuntansi utang, misalnya meng-input data dan menyiapkan bukti transaksi.

Pembahasan lengkap tentang utang silahkan baca juga : Inilah Pengertian Tentang Utang

Untuk melakukan pekerjaan ini seorang lulusan SMK pun sebenarnya sudah bisa mengerjakannya, tidak harus S1 Akuntansi.

Gaji untuk posisi sebagai Account Payable tidak sebesar seorang Financial Analyst atau Accountant.

Untuk tahun pertama gaji seorang Account Payable berkisar antara Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta per bulan.

#9. Account Receivable

Sesuai dengan namanya maka tugas dari seorang Account Receivable adalah menangani proses akuntansi piutang.

Misalnya memasukkan data dan menyiapkan bukti-bukti transaksi.

Proses pencatatan Account Receivable adalah saat pelanggan membeli dengan Down Payment atau saat membayar semuanya di muka.

Namun bila pembayaran dari pelanggan dilakukan setelah barang mereka terima, maka proses pencatatan Account Receivable hanya terjadi saat mengeluarkan invoice untuk pelanggan.

Seorang Account Receivable bertanggung jawab mempersiapkan seluruh aktivitas yang berhubungan dengan Account Receivable yaitu :

  • Sales invoice
  • Sales jurnal
  • Account Receivable jurnal
  • Outstanding balance
  • Account Receivable aging report
  • Account Receivable reconciliation.

Seluk beluk dan segala hal yang berkaitan dengan piutang, anda bisa membacanya di artikel : Inilah Cara Pengelolaan Piutang.

Dan memastikan seluruh dokumen tersebut dilaporkan dengan akurat dan tepat waktu.

Untuk latarbelakang pendidikan dan gaji sama dengan seorang Account Payable.

Ada yang berminat?

#10. Entrepreneur

Saat ini, pilihan untuk memiliki usaha sendiri adalah salah satu jenis karir favorite para fressh graduate, bahkan mereka memulai saat belum lulus kuliah.

Yah start up bisnis…

Untuk memulai bisnis sendiri Anda tidak butuh kualifikasi tertentu, uang atau otak secerdas Enstein atau ide yang bagus sekali.

Kualitas terpenting dari entrepreneur yang bagus adalah energi dan determinasi

Hal lainnya adalah menjadi seorang yang persuasif, hal ini bisa dipelajari. Seseorang harus belajar dengan cepat bagaimana menjual karena itu adalah satu-satunya cara agar bisnis bisa terus berjalan.

Mulailah dengan ide, tidak usah mencari yang muluk-muluk, “di bawah matahari tidak ada sesuatu yang baru” kata sebuah pepatah, yang ada hanyalah pengulangan dan pengulangan.

Dulu jualan ayam goreng hanya di warung-warung makan dengan rasa yang tidak bervariasi, namun sekarang jualannya tetap ayam goreng, namun bungkusnya bagus, menarik, tempatnya dingin, bersih, free wifi dan lain sebagainya.

Demikian juga dengan jual kopi. Tidak usah langsung ingin seperti Starbuck. Mulai saja dari yang kamu mampu, misalnya buat angkringan kopi seduh asli Suroboyo!

Bila Anda berlatarbelakang pendidikan akuntansi maka anda bisa memulai sebagai konsultan akuntansi, kemudian secara bertahap menuju ke arah yang lebih besar, misalnya dengan membuka kantor akuntan publik (KAP).

Tidak usah ingin seperti PwC. Mulailah dengan memperkerjakan diri sendiri, kemudian secara bertahap dan sudah siap mendirikan KAP.

Mulailah dengan ide sederhana dan sesuatu yang terdekat dengan diri Anda dan paling Anda kuasai. Anda akan sangat passionate terhadap apa yang Anda lakukan.

Perjalanan Steve Jobs dalam mendirikan Apple adalah salah satu contoh inspiratif tentang perjalanan seorang anak manusia dalam perjuangan mendirikan perusahaan kelas dunia.

Sebagaimana lazimnya sebuah bisnis yang baru dimulai saat Steve Jobs mendirikan Apple, ia tidak punya uang dan tidak punya customer.

Namun yang terjadi kemudian ia menjadi seorang entrepreneur hebat.

Saat memulai mendirikan Apple, pertama kali yang dilakukan Steve Jobs adalah meyakinkan toko komputer lokal untuk meng-order produk Apple yang bahkan belum dibuat saat itu

Berikutnya ia meyakinkan supplier komponen yang dibutuhkan untuk membuatnya dengan order yang dia dapat untuk meyakinkan supplier bahwa ia bisa membelinya.

Lalu Jobs bersama timnya membangun komputer pertama, diantarkan ke toko tepat waktu dan membuat profit lumayan. Apple dilahirkan dengan modal minim sekali.

Bila bisnis yang kamu bangun beranjak  naik, pahami bahwa tidak ada bisnis yang bisa berkembang tanpa batas.

Beberapa bisnis lebih efisien dengan size tertentu pahami limit Anda dari awal.

Dan akhirnya Entrepreneurship adalah bentuk dari perjalanan menantang. Kemampuan dan keuletan adalah faktor penentu yang besar.

Bila Anda pantang menyerah apabila terjatuh, dan terus belajar, peluang Anda sukses tetap ada, Anda hanya harus berani melakukannya.

Bagaimana menurut Anda?

***

6 Komentar

  1. asalkan belajar yang bener, sekarang kan banyak yang sudah lulus pun gak bisa apa2.

    ijazah hanya formalitas, isi otak yang paling penting. jika hanya mengandalkan ijazah jelas gak bakalan meningkat.

    • betul Pak Ifrod, kedua-duanya bisa berperan,
      orang dengan pendidikan tinggi (formal) sukses jumlahnya banyak,
      yang tidak sekolah (formal) sukses pun banyak.
      Akhirnya kembali pada diri sendiri.

Komentar ditutup.