Kamus Akuntansi: Pengertian Istilah-istilah Audit Laporan Keuangan

Kamus Akuntansi - Audit Laporan Keuangan

Blog manajemen keuangan kali ini menyajikan kamus akuntansi lebih khusus lagi tentang istilah-istilah audit laporan keuangan.

Pencarian cepat untuk istilah yang dicari dapat dilakukan dengan menekan tombol CTRL + F, kemudian ketikan istilah akuntansi keuangan yang anda cari.

***

Abjad A:

Amortisasi adalah alokasi sistematis jumlah tersusutkan aset tak berwujud selama umur manfaatkan.

Appraisal company adalah perusahaan yang bertugas melakukan penilaian kembali (appraisal) terhadap aset perusahaan agar sesuai dengan harga pasar yang wajar.

Asersi (assertion) adalah deklarasi, atau suatu rangkaian deklarasi secara keseluruhan, oleh pihak yang bertanggung jawab atas deklarasi tersebut.

Aset Tak Berwujud adalah aset non moneter yang dapat diidentifikasi dan tidak mempunyai wujud fisik.

Kamus Akuntansi - aset adalah

Abjad B:

Biaya yang masih harus dibayar (accrued expenses) adalah biaya yang sudah terjadi dan menjadi beban periode yang diperiksa, tapi baru akan dilunasi dalam periode berikutnya.

Bridging loan adalah pinjaman sementara yang akan dikembalikan jika kredit investasi yang diberikan perusahaan sudah diperoleh.

Tingkat harga biasanya lebih tinggi dari tingkat bunga pasar dan bisa berupa short term loan atau long term loan.

Abjad C:

Callable bonds adalah obligasi yang memberikan hak kepada perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut, untuk melunasi obligasi tersebut sebelum tanggal jatuh temponya.

Causes adalah tindakan-tindakan yang dilakukan manajemen atau pegawai perusahaan.

Kamus Akuntansi - amortisasi adalah

Collusion adalah kecurangan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang dengan cara bekerja sama dengan tujuan untuk menguntungkan orang-orang tersebut, biasanya merugikan perusahaan atau pihak ketiga.

Contingent liability adalah kewajiban perusahaan kepada pihak ketiga yang mungkin terjadi mungkin juga tidak terjadi, tergantung pada kejadian di periode yang akan datang.

Convertible bonds adalah obligasi yang bisa ditukar dengan surat berharga.

Coupon bonds atau bearer bonds adalah obligasi atas unjuk yang tidak mencantumkan nama pemilik disertifkat obligasinya, sehingga tidak perlu di-endorse pada saat dipindahtangankan.

Criteria adalah standar yang harus dipatuhi oleh setiap bagian dalam perusahaan. Standar bisa berupa kebijakan yang telah ditetapkan manajemen, kebijakan perusahaan sejenis atau kebijakan industri, dan peraturan pemerintah.

Kamus Akuntansi - obligasi adalah

Abjad E:

Efektivitas adalah sebagai perbandingan masukan-keluaran dalam berbagai kegiatan, sampai dengan pencapaian tujuan yang ditetapkan.

Effects adalah akibat dari tindakan-tindakan yang menyimpang dari standar yang berlaku.

Effisiensi adalah sebagai bertindak untuk membuat pengorbanan yang paling tepat dibandingkan dengan hasil yang dikehendaki.

Suatu organisasi dianggap efektif oleh GAO, bila bisa mencapai tujuan dengan efisien, hemat dan mentaati peraturan yang berlaku.

Abjad F:

Financial consultant adalah pihak yang bertindak sebagai koordinator dalam persiapan go public seperti penyusunan prospektus, perhitungan PER (price earning ratio) dan lain-lain.

Kamus Akuntansi - audit internal adalah

Abjad H:

Harga pokok penjualan adalah jumlah yang  harus dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh barang yang terjual (cost of merchandise sold) atau untuk memproduksi barang yang terjual (cost of goods sold).

Abjad I:

International error adalah kesalahan yang disengaja dengan tujuan untuk menguntungkan diri sendiri dalam bentuk window dressing (merekayasa laporan keuangan agar terlihat lebih baik.

Sehingga akan lebih mudah mendapat kredit dari bank) dan check kiting (saldo rekening bank ditampilkan lebih besar sehingga current ratio terlihat lebih baik)

Internal audit adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh bagian internal audit perusahaan, terhadap laporan keuangan dan catatan akuntansi perusahaan.

Maupun ketaatan terhadap kebijakan manajemen puncak yang telah ditentukan dan ketaatan terhadap peraturan pemerintah dan ketentuan-ketentuan dari ikatan profesi yang berlaku.

Internal audit charter adalah suatu dokumen formal yang mendefiniskan tujuan, otoritas, dan tanggungjawab dari kegiatan internal audit.

Kamus Akuntansi - biaya adalah

Abjad K:

Kecurangan komputer adalah kecurangan yang berkaitan dengan segala kegiatan dengan komputer, yang meliputi manipulasi data dan program serta perangkat keras.

Kehematan adalah sebagai cara penggunaan sumber daya (masukkan) secara hati-hati dan bijak agar diperoleh biaya yang paling murah, tanpa merusak mutu.

Kewajiban jangka panjang adalah kewajiban perusahaan kepada pihak ketiga, yang jatuh tempo atau harus dilunasi dalam waktu lebih dari satu tahun.

Kewajiban jangka pendek adalah kewajiban perusahaan kepada pihak ketiga, yang jatuh tempo atau harus dilunasi dalam waktu kurang atau sama dengan satu tahun.

Atau dalam satu siklus operasi normal perusahaan, biasanya dengan menggunakan aset lancar (current assets) perusahaan.

Kompilasi laporan keuangan adalah penyajian dalam bentuk laporan keuangan, informasi yang merupakan pernyataan manajemen (pemilik) tanpa usaha untuk memberikan pernyataan suatu keyakinan apa pun terhadap laporan tersebut.

Kredit investasi (long term loan) yaitu pinjaman dari bank atau lembaga keuangan bukan bank, yang digunakan untuk pembelian aset tetap, kecuali tanah, misalnya gedung dan mesin.

Kamus Akuntansi - harga pokok penjualan adalah

Abjad L:

Lead atau main underwriter (penjamin emisi utama) yang membantu emiten dalam menjual sahamnya ke masyarakat dan mengatur penjatahan saham.

Legal consultant adalah pihak yang bertugas menangani masalah-masalah hukum yang dihadapi perusahaan.

Dan legal consultant harus membuat surat pernyataan apakah ada atau tidak masalah-masalah hukum yang dihadapi perusahaan.

Misalnya ada tuntutan dari pihak ketiga di pengadilan pada saat perusahaan akan go public.

Kamus Akuntansi - laporan laba rugi adalah

Abjad M:

Major deficiency findings adalah kelemahan dalam internal control perusahaan yang mengakibatkan hambatan bagi suatu organisasi atau suatu unit dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Management audit adalah suatu pemeriksaan terhadap kegiatan operasi suatu perusahaan.

Termasuk kebijakan akuntansi dan kebijakan operasional yang telah ditentukan oleh manajemen, untuk mengetahui apakah kegiatan operasi tersebut sudah dilakukan secara efektif, efisien dan ekonomis.

Management letter adalah suatu surat yang dibuat oleh Kantor Akuntan Publik (KAP), ditujukan kepada manajemen perusahaan yang di audit laporan keuangan nya.

Isinya memberitahukan kelemahan dari pengendalian intern perusahaan (material maupun immaterial weakness) yang ditemukan selama pelaksanaan audit, disertai dengan saran-saran perbaikan dari KAP.

Minor deficiency findings adalah kelemahan dalam internal control perusahaan, yang walaupun tidak sampai menghambat pencapaian tujuan dari suatu unit organisasi.

Namun perlu dilaporkan kepada manajemen karena kalau tidak diperbaiki dapat merugikan perusahaan.

Kamus Akuntansi - kewajiban jangka panjang adalah

Abjad O:

Operator adalah orang yang bertugas mengoperasikan komputer.

Abjad P:

Pemrograman adalah orang yang bertugas menyusun prosedur-prosedur suatu sistem aplikasi berdasarkan hasil analisi sistem.

Pinjaman dari bank (short term loan) yaitu pinjaman yang diperoleh dari bank dan didukung oleh suatu perjanjian kredit (loan agreement) bisa dalam bentuk kredit modal kerja (working capital loan) ataupun kredit rekening bank (overdraft facility)

Program aplikasi adalah prosedur yang dibuat oleh pemrogram untuk mengolah suatu data dalam aplikasi khusus.

Program adalah kumpulan prosedur biasanya membentuk suatu urut-urutan perintah yang dituangkan dalam bahasa komputer.

Program paket adalah suatu program yang dibuat oleh software house yang dimaksudkan untuk memudahkan para pemakai dalam melakukan suatu pekerjaan.

Kamus Akuntansi - manajemen audit adalah

Abjad R:

Registered bonds adalah obligasi yang mencantumkan nama pemilik sertifikat obligasi, sehingga jjika dipindahtangankan harus di-endorse di bagian belakangnya.

Review atas Laporan keuangan adalah pelaksanaan prosedur permintaan keterangan dan analisis yang menghasilkan dasar memadai bagi akuntan untuk memberikan keyakinan terbatas.

Bahwa tidak terdapat modifikasi material yang harus dilakukan atas laporan keuangan agar laporan keuangan tersebut sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia, atau sesuai dengan basis akuntansi komprehensif yang lain.

Abjad S:

Secured bonds adalah obligasi yang dijamin dengan harta perusahaan, sehingga jika perusahaan yang mengeluarkan obligasi tidak dapat melunasi obligasi tersebut pada tanggal jatuh temponya.

Maka pemilik obligasi tersebut dapat meng-klaim harta yang dijaminkan untuk pelunasan obligasi tersebut.

Serial bonds adalah obligasi yang tanggal jatuh temponya bertahap pada beberapa tanggal tertentu.

Sistem analis adalah orang yang membantu pihak manajer dalam menganalisis sistem yang berkaitan dengan komputerisasi yang dikembangkan oleh perusahaan atau organisasi sesuai dengan kebutuhan manajemen.

Mulai dari cara pengumpulan, penyimpanan, dan pengelolaan data serta bagaimana informasi disajikan.

Sistem operasi adalah program yang dibuat untuk melakukan dasar-dasar operasi komputer. Tanpa prgram ini komputer hanyalah seonggok barang yang tidak ada gunanya.

Subsequent event adalah peristiwa atau transaksi yang terjadi setelah tanggal neraca (laporan posisi keuangan) tapi belum diterbitkannya laporan audit laporan keuangan, yang mempunyai akibat yang material terhadap laporan keuangan.

Sehingga memerlukan penyesuaian atau pengungkapan dalam laporan tersebut.

Kamus Akuntansi Keuangan

Abjad T:

Tanggal Laporan keuangan diotorisasi untuk terbit adalah tanggal yang lebih awal antara tanggal manajemen telah memberikan asersi bahwa laporan keuangan telah diselesaikan.

Dan tanggal manajemen menyatakan bertanggung jawab atas dasar laporan keuangan tersebut.

Tax consultant adalah pihak yang manangani masalah-masalah perpajakan perusahaan, termasuk mengusahakan diperolehnya tax clearence dari Dirjen Pajak.

Term bonds adalah obligasi yang seluruhnya jatuh tempo pada suatu tanggal tertentu.

Abjad U:

Unintentional error adalah kesalahan yang terjadi secara tidak disengaja (kesalahan manusiawi) misalnya salah menjumlah, penerapan standar akuntansi yang salah karena ketidaktahuan.

Kamus Istilah Akuntansi

Utang leasing (utang dalam rangka sewa guna) adalah utang yang diperoleh dari perusahaan leasing untuk pembelian aset tetap (dalam bentuk capital lease atau sales and lease back) dan biasanya dicicil dalam jangka panjang.

Utang obligasi (bond payable) adalah pinjaman jangka panjang yang diperoleh suatu perusahaan dengan menjual obligasi di dalam negeri maupun di luar negeri.

Utang pajak (taxes payable) adalah kewajiban pajak perusahaan yang harus dilunasi dalam periode berikutnya.

Misalnya utang PPh 23 (pajak penghasilan atas gaji, upah, honorarium), PPh 25 (Pajak penghasilan badan), PPN (pajak pertambahan nilai) dan lain-lain.

Utang usaha (accounts payable) adalah kewajiban kepada pihak ketiga yang berasal dari pembelian barang atau jasa secara kredit yang harus dilunasi dalam waktu kurang atau sama dengan satu tahun.

Abjad W:

Wesel bayar adalah suatu pernyataan tertulis dari debitur bahwa ia berjanji untuk membayar sejumlah tertetu, pada tanggal tertentu, dengan memperhitungkan tingkat bunga tertentu.

***

sop akuntansi keuangan powerful