Cara Jitu Mewujudkan Mimpi Anda melalui Perencanaan Keuangan yang Apik dan Tepat

Dimensi-Spiritual

Mimpilah setinggi langit

Beberapa tahun yang lalu terjadi demam ‘ Laskar Pelangi ‘. Sebuah narasi tentang perjalanan dan perjuangan anak manusia untuk menggapai mimpi-mimpinya.

Sekilas diceritakan bagaimana kisah orang-orang yang mempunyai mimpi dan berani memperjuangkannya dengan gigih, tulus, ulet, tekun, dan sabar menjalani proses untuk menuju apa yang diimpikan.

Akhir cerita yang manis pun akhirnya bisa diwujudkan.

‘Mimpilah setinggi langit’ sebuah kalimat ungkapan yang tidak asing lagi bagi kita. Sejak kecil, kita sudah tidak asing lagi dengan kalimat itu. Ketika itu, kebanyakan orang tua bertanya kepada anak-anaknya :

“kalau besar nanti ingin jadi apa nak?”
dokter” jawab salah seorang anak,
pilot” jawab anak yang lain.
… dan jawaban-jawaban polos lainya.

Waktu terus berjalan detik demi detik, jam demi jam, hari berganti hari, dan tahun berganti tahun, lalu apa yang terjadi dengan mereka mantan anak-anak itu?

Di antara mereka ada yang benar-benar menjadi seperti apa yang di-impikan saat kecil dulu, namun tidak sedikit dari mereka yang melenceng jauh dari apa yang di-impikan saat kecil.

Baca juga : Sepenggal Kisah Tentang Daya Resiliensi dan Kepedulian.

Tidak ada yang benar atau salah dari contoh di atas. Itulah kehidupan! Namun dari contoh itu kita bisa mengambil pelajaran bahwa setiap orang mempunyai mimpi.

Tapi berapa banyak yang dengan konsisten memperjuangkan mimpi-mimpinya itu hingga terwujud?

Apalagi saat kita membaca artikel-artikel motivasi, mengikuti training motivasi, dan pelatihan soft skill lainnya, ajakan, himbauan, serta narasi agar kita mau bermimpi terus bergaung, seakan menjadi kata magic yang membuai.

Namun, berapa banyak yang berusaha dengan gigih untuk mewujudkannya?

Demikian juga di bidang keuangan, sebenarnya banyak orang sudah mengerti tentang rencana keuangan dan mimpi-mimpinya, mereka memimpikan rumah yang indah, mobil yang bagus, aset yang produktif, dan uang pensiun yang cukup.

Namun, berapa banyak dari mereka yang benar-benar mau memulai dan menjalankan rencananya itu?

Kebanyakan orang pun tahu bahwa memiliki rumah yang nyaman adalah salah satu indikator hidup yang indah. Rumah juga bisa menjadi aset investasi yang menarik.

Kebanyakan orang tua pun ingin melihat anak-anak tumbuh bahagia dan mengantarkan mereka menjadi yang terbaik, tanpa khawatir dengan dana pendidikan.

Mereka pun menyadari bahwa biaya pendidikan dari waktu ke waktu terus meningkat, sehingga perlu mempersiapkan dana pendidikan anak-anak mereka sejak dini.

Selain itu, kebanyakan orang tua juga menyadari bahwa memberi pelajaran tentang konsep keuangan pada anak juga sangat diperlukan sehingga anak-anak bisa menyusun dan mengelola rencana keuangan secara apik dan tepat sejak remaja.

Namun kebanyakan orang masih mengalami masalah mengenai implementasi rencananya.

Salah satu faktor penyebabnya karena ketiadaan komitmen, selain juga karena minim pengetahuan untuk memulainya terutama dalam menentukan prioritas.

Baca juga : Accounting Tools & SOP

Padahal proses implementasi rencana keuangan membutuhkan waktu, komitmen, dan disiplin yang tinggi.

Lalu bagaimana agar implementasi rencana keuangan berhasil?

rencana-keuangan-untuk-wujudkan-mimpi Bacalah dan telusuri halaman demi halaman buku Make It Happen! Karya Prita Hapsari Ghozie yang memberikan panduan praktis implementasi rencana keuangan agar mimpi-mimpi Anda bisa diwujudkan.

Buku dengan tebal 244 halaman yang diterbitan PT Gramedia Pustaka Utama ini akan membimbing langkah demi langkah agar mimpi-mimpi itu tidak sekedar mimpi yang hilang menguap ketika terbangun dari tidur.

Buku ini merupakan buku pintar tentang rencana keuangan dengan tujuan membantu lebih banyak orang untuk mewujudkan mimpinya.

Bukan sekadar berencana namun dibimbing dan diberitahu untuk mulai bertindak mewujudkan impian itu.

Full tutorial begitulah istilah untuk menyebut buku ini. Tutorial untuk menyusun rencana keuangan yang apik dan tepat, lalu cara mengimplementasikannya langkah demi langkah, sampai tahap mencapai impian itu.

Sejak awal yaitu dalam bab pendahuluan, Prita menuliskan panduan bagi pembaca untuk mendapatkan manfaat dari bukunya. Ia memandu bab apa yang harus dibaca untuk mendapatkan manfaat sesuai kebutuhan.

Setiap bab dari buku ini memandu Anda untuk meraih impian yang berbeda.



Mulai keuangan personal dan pasangan, impian memiliki rumah dan cara mewujudkannya, rencana keuangan untuk masa depan anak, hidup tenang bebas utang, menyiapkan hari tua, dan utamanya keseluruhan isi buku ini membantu Anda untuk mencapai hal utama yakni meraih kebebasan finansial.

Anda bisa menjelajahi buku Make It Happen! halaman demi halaman dan kemudian lakukan action. Langsung beraksi, gak nunggu lama.

Pembaca bisa langsung mengisi kolom-kolom yang disediakan dalam buku ini untuk merencanakan keuangannya sendiri.

Karena memang buku ini mengajak Anda melakukan aksi nyata bukan lagi sekadar menyusun rencana apalagi sekadar membayangkan impian.

Anda bisa mewujudkan impian jadi nyata dan menjalaninya step by step.

( Baca juga : Siklus Akuntansi Lengkap dari A sampai Z )

Dengan menyusun rencana keuangan yang apik dan tepat, kita bisa mengetahui dan melihat secara kesuluruhan gambar besar, the big picture atau gambaran perjalanan hidup kita.

Dari gambar besar itu selanjutnya masuk ke detailnya. Dari hal yang detail dan relatif kecil itu, langkah demi langkah implementasi akan dilakukan.

Ini akan memudahkan untuk mencapai keberhasilan, dan prosesnya berlangsung secara smooth, tidak mengagetkan, apalagi bikin shock.

Sehingga Anda akan tetap bisa menjalani gaya hidup dengan enjoy, bisa jalan-jalan, dan menikmati kesejahteraan hingga masa pensiun. Sebagaimana sebuah ungkapan “untuk menempuh jarak 100 km, dimulai dari langkah pertama

Seperti petikan di halaman 62, “membuat rencana keuangan adalah sebuah proses di mana seorang individu berusaha memenuhi tujuan-tujuan finansialnya melalui pengembangan dan implementasi dari sebuah rencana dan manajemen keuangan yang komprehensif.

Perencanaan keuangan yang baik akan menghasilkan sebuah pembukuan yang jelas dan memudahkan untuk mencapai tujuan finansial”

Pendekatan pribadi untuk setiap orang sangat diperlukan, agar implementasi dari rencana keuangan bisa berhasil.

Karena setiap orang memiliki orientasi, tujuan, dan kondisi keuangan yang berbeda, sehingga tidak bisa gebyah uyah diterapkan untuk setiap orang.




Meski begitu, ada satu hal yang umumnya ditemui pada setiap pribadi terkait kondisi keuangan.

Prita mengatakan banyak orang yang tidak memiliki hal yang sifatnya esensial padahal sudah bekerja lama lantaran banyak terjebak masalah gaya hidup.

Buku ini menyuguhkan kemudahan bagi pembaca yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.

Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat dipahami langsung oleh pembaca.

Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang menarik, sehingga pembaca tidak merasa bosan.

Oleh karena itu tidak akan rugi memiliki buku bermanfaat ini. percayalah….

Bagaimana berminat buku bagus tersebut?

***

2 Komentar

  1. Salam kenal Mas Wadiyo.
    Artikel-artikel seperti ini bagi saya sangat bermanfaat terutama bagi saya yang belum melek terhadap pentingnya perencanaan keuangan.
    Seperti berbagai tools manajemen yang diimplementasikan dalam sebuah organisasi, tools semacam ini bisa diimplementasikan untuk pribadi dan membantu perbaikan taraf hidup.
    Sama halnya tentang perencanaan dan laporan keuangan pribadi.

Komentar ditutup.