Cara Sederhana Mewujudkan Impian Anda melalui Perencanaan Keuangan

Dimensi-Spiritual

“Mimpilah setinggi langit”

Beberapa tahun yang lalu terjadi demam ‘ Laskar Pelangi ‘. Sebuah narasi tentang perjalanan dan perjuangan anak manusia untuk menggapai mimpi-mimpinya.

Sekilas diceritakan bagaimana kisah orang-orang yang mempunyai mimpi dan berani memperjuangkannya dengan gigih, tulus, ulet, tekun, dan sabar menjalani proses untuk menuju apa yang diimpikan.

Cara Mewujudkan Impian .1

Akhir cerita yang manis pun akhirnya bisa diwujudkan.

‘Mimpilah setinggi langit’ sebuah kalimat ungkapan yang tidak asing lagi bagi kita.

Sejak kecil, kita sudah tidak asing lagi dengan kalimat itu. Ketika itu, kebanyakan orang tua bertanya kepada anak-anaknya :

“kalau besar nanti ingin jadi apa nak?”
dokter” jawab salah seorang anak,
pilot” jawab anak yang lain.
… dan jawaban-jawaban polos lainya.

Waktu terus berjalan detik demi detik, jam demi jam, hari berganti hari, dan tahun berganti tahun, lalu apa yang terjadi dengan mereka mantan anak-anak itu?

Di antara mereka ada yang benar-benar menjadi seperti apa yang di-impikan saat kecil dulu, namun tidak sedikit dari mereka yang melenceng jauh dari apa yang di-impikan saat kecil.

(Cerita unik ini barangkali ingin anda baca : Sepenggal Kisah Tentang Daya Resiliensi dan Kepedulian)

***

Cara Mewujudkan Impian.2

Tidak ada yang benar atau salah dari contoh di atas. Itulah kehidupan! Namun dari contoh itu kita bisa mengambil pelajaran bahwa setiap orang mempunyai mimpi.

Tapi berapa banyak yang dengan konsisten memperjuangkan mimpi-mimpinya itu hingga terwujud?

Apalagi saat kita membaca artikel-artikel motivasi, mengikuti training motivasi, dan pelatihan soft skill lainnya, ajakan, himbauan, serta narasi agar kita mau bermimpi terus bergaung, seakan menjadi kata magic yang membuai.

Namun, berapa banyak yang berusaha dengan gigih untuk mewujudkannya?

Demikian juga di bidang keuangan, sebenarnya banyak orang sudah mengerti tentang rencana keuangan dan mimpi-mimpinya, mereka memimpikan rumah yang indah, mobil yang bagus, aset yang produktif, dan uang pensiun yang cukup.

Namun, berapa banyak dari mereka yang benar-benar mau memulai dan menjalankan rencananya itu?

Cara Mewujudkan Impian.3

Kebanyakan orang pun tahu bahwa memiliki rumah yang nyaman adalah salah satu indikator hidup yang indah. Rumah juga bisa menjadi aset investasi yang menarik.

Kebanyakan orang tua pun ingin melihat anak-anak tumbuh bahagia dan mengantarkan mereka menjadi yang terbaik, tanpa khawatir dengan dana pendidikan.

Mereka pun menyadari bahwa biaya pendidikan dari waktu ke waktu terus meningkat, sehingga perlu mempersiapkan dana pendidikan anak-anak mereka sejak dini.

Selain itu, kebanyakan orang tua juga menyadari bahwa memberi pelajaran tentang konsep keuangan pada anak juga sangat diperlukan sehingga anak-anak bisa menyusun dan mengelola rencana keuangan secara apik dan tepat sejak remaja.

Cara Mewujudkan Impian.4

Namun kebanyakan orang masih mengalami masalah mengenai implementasi rencananya.

Salah satu faktor penyebabnya karena ketiadaan komitmen, selain juga karena minim pengetahuan untuk memulainya terutama dalam menentukan prioritas.

Padahal proses implementasi rencana keuangan membutuhkan waktu, komitmen, dan disiplin yang tinggi.

 

Bagaimana agar implementasi rencana keuangan berhasil?

rencana-keuangan-untuk-wujudkan-mimpi Bacalah dan telusuri halaman demi halaman buku Make It Happen! Karya Prita Hapsari Ghozie yang memb