Pengertian Kuitansi Pembayaran Beserta Contohnya

Kuitansi pembayaran adalah kuitansi yang dipergunakan sebagai alat bukti telah membayar sejumlah uang dengan dibubuhi sebuah materai. contoh kwitansi pembayaran jual beli motor, tanah, dan sewa rumah.

Kuitansi pada umumnya memiliki dua sisi yakni asli dan copy. Bagian asli diberikan kepada pembayar, sedangkan bagian copy untuk disimpan oleh pihak penerima pembayaran.

Nota, kwitansi dan cek adalah contoh dari jenis dokumen keuangan sebagai bukti transaksi yang akan dicatat ke jurnal akuntansi dalam proses penyusunan laporan keuangan perusahaan.

Kuitansi bisa dibuat dengan excel dengan file xlsx atau xls dan Word dengan file doc. Untuk lebih jelasnya ayoo dilihat beberapa contoh kuitansi, termasuk kwitansi kosong berikut ini.

 

01: Kwitansi Adalah?

A: Pengertian Secara Umum

Kuitansi merupakan bukti transaksi yang dipergunakan sebagai alat bukti telah membayar sejumlah uang dari pembeli kepada penjual. Contoh jual beli kendaraan bermotor, catering, dan furniture.

Kwitansi yang diberikan kepada perusahaan lain berarti terjadinya transaksi penjualan dan termasuk bukti transaksi yang dibuat dan ditandatangani oleh pemberi dan penerima pembayaran transaksi.

Perlu dipahami bahwa kuitansi yang diterima dari penjual merupakan bukti pengeluaran uang dari pembeli, dan kuitansi dibuat sekurang-kurangnya dua rangkap. lembar pertama untuk yang menyerahkan dan lembar kedua untuk penerima pembayaran.

Kuitansi merupakan bukti pembayaran yang harus dijaga dan disimpan secara baik.

 

B: Kwitansi atau Kuitansi

Kwitansi atau kuitansi? Mana yang benar? Kuitansi, apakah kata baku atau tidak baku?

Menurut para ahli kata kuitansi berasal dari kosa kata Belanda kwitantie. Huruf w pada kwitantie adalah adalah suara untuk mem-fasihkan. Bila kita berpatokan pada kaidah pembentukan istilah bahasa Indonesia, suara itu tidak dituliskan.

Oleh karena itu, kata kwitantie bila diserap ke dalam bahasa Indonesia maka cara penulisannya menjadi kuitansi, bukan kwitansi.

Ada juga beberapa kata sejenis ini yang sudah diserap menjadi kata baku bahasa Indonesia. Coba kata apa lagi?

 

C: Format Kwitansi

Kuitansi termasuk formulir yang digunakan sebagai tanda bukti pembayaran. Sebagaimana formulir-formulir dokumen keuangan lainnya, maka kwitansi juga terdiri dari unsur dan komponen, antara lain:

1: Identitas Resmi Perusahaan.

Identitas perusahaan ini ada yang dicantumkan secara lengkap namun ada juga yang hanya menampilkan logo atau lambang perusahaan. Contoh PT Ulang Era Milenia.

2: No Kwitansi

No kwitansi adalah nomor yang menunjukkan kode tertentu, misalnya bukti transaksi internal perusahaan, tanggal dan tahun terjadinya transaksi. Contoh no kwitansi adalah A.02/KPM/05.02/2021

Setiap perusahaan memiliki standar operasional prosedur (SOP) dan cara membuat no kwitansi, sehingga nomor kuitansi satu perusahaan berbeda dengan yang lain, demikian juga dengan entitas, lembaga, institusi maupun organisasi.

3: Pihak Pembayar

Bagian ini berisi pihak yang menyerahkan pembayaran kas, bisa perorangan/individu atau perusahaan. Contohnya pihak pembeli produk dan pemakai jasa.

4: Tujuan atau Maksud Penyerahan Uang

Pada bagian ini disebutkan maksud tujuan penyerahan uang oleh pihak A ke pihak B, misalnya untuk membayar pembelian SOP Finance dan Accounting Tools.

5: Jumlah Uang yang Diserahkan

Bagian ini menyebutkan jumlah nominal uang yang diserahkan dan biasanya disebutkan juga terbilangnya. Contoh, sebesar Rp 250.000, dua ratus lima puluh ribu rupiah.

6: Rekening Bank Penerima

Jika penyerahan uang itu dilakukan melalui transfer bank, biasanya pihak penerima juga mencantumkan nomor rekening bank.

7: Tanda Tangan Penerima dan yang Menyerahkan

Masing-masing pihak yang terlibat transaksi membubuhkan tanda tangan di bagian bawah kuitansi. Bagian ini biasanya juga ditempel materai dengan nilai tertentu sesuai dengan besarnya transaksi dan ketentuan yang berlaku. Kuitansi yang dipergunakan sebagai alat bukti telah membayar sejumlah uang dengan dibubuhi sebuah materai

8: Note

Bagian ini berisi catatan penting menyangkut transaksi kedua belah pihak.

 

02: Format Kuitansi Pembayaran

Bagaimana format kwitansi pembayaran?

Berdasarkan penjelasan tentang format kuitansi di atas, berikut ini disajikan contoh kuitansi beserta unsur dan komponen-komponennya.

Contoh format kwitansi jual beli standar operasional prosedur keuangan.

Dari contoh kuitansi di atas kita bisa melihat bahwa semua unsur dan komponen sudah dicantumkan, antara lain identitas perusahaan yang diletakkan pada bagian paling atas sebelah kiri. Penempatan ini tidak ketentuan yang mengaturnya, sehingga bisa di tengah atau kanan atas.

Selanjutnya diikuti dengan judul dokumen dan nomor kuitansi, dengan contoh no kwitansi N856/KU.02.02/12/2021. Maksud dari no kuitansi ini adalah sebagai berikut:

N856 : Nomor urut kuitansi

KU.02 : Kode dokumen internal dalam hal ini untuk kuitansi

02/12/2021 : Waktu terjadinya transaksi

Selanjutnya pihak yang menyerahkan (Received From), yaitu PT Luhur Mulia dengan jumlah Rp 250.000  untuk membayar Paket SOP Akuntansi Keuangan. Di bagian footer berupa informasi rekening bank, tanda tangan pihak yang menyerahkan dan penerima.

 

03: Kwitansi Pembayaran

A: Definisi Kwitansi Pembayaran

Apa itu kuitansi pembayaran?

Kuitansi yang diterima dari penjual merupakan bukti pengeluaran kas untuk membayar produk dan jasa. Kuitansi ini dipergunakan sebagai alat bukti serah terima uang bahwa telah membayar sejumlah uang dengan dibubuhi sebuah materai.

Contoh pembayaran jual beli, sewa mobil, listrik, laundry dan zakat. Untuk lebih jelasnya yuk baca beberapa contoh kwitansi berikut ini:

B: Contoh Kwitansi Pembayaran Jual Beli Motor

Kuitansi yang diterima dari penjual yang merupakan bukti pengeluaran transaksi jual beli motor baru atau bekas. Perhatikan contoh kwitansi jual beli kendaraan bermotor second berikut ini:

contoh kwitansi jual beli motor

Perhatikan contoh isi kwitansi jual beli motor bekas di atas. Unsur-unsur yang ada pada kuitansi ini secara prinsip sama dengan kwitansi untuk tujuan lain, yang membedakan adalah pada bagian maksud dan tujuan. Di bagian ini tertulis “Sebagai pembayaran jual beli motor bekas….”

Bukti transaksi pembayaran jual beli motor bekas yang sah ini dilakukan antara dua pihak, pihak yang membayar uang selaku pembeli yaitu Eko Mulio Joyo, dan pihak penerima uang selaku penjual yaitu “Akuy Utama Jaya, Jual Beli Motor Bekas”.

Nomor kuitansi jual beli motor adalah K-211/MB.20/11/2021 dengan jumlah nominal uang adalah Rp 12.500.000 untuk pembelian motor bekas, Honda Supra X tahun 2018.

Bagian bawah berupa tanda tangan pihak pertama dan pihak kedua, dan untuk menambah kekuatan bukti pembayaran biasanya ditambah dengan materai.

Jadi, mudah kan untuk membuat kwitansi jual beli motor bekas yang benar.

 

C: Contoh Kwitansi Pembayaran Jual Beli Tanah

Adalah jenis kuitansi yang dipakai dalam transaksi jual beli tanah tanah yang sah. Untuk menguatkan bukti transaksi ini jual beli ini biasanya bermaterai.

Perhatikan contoh kwitansi jual beli tanah berikut ini:

Contoh kwitansi jual beli tanah yang sah

Contoh kuitansi pembayaran jual beli tanah di atas merupakan transaksi jual beli tanah antar individu/perorangan, sehingga tidak ada identitas perusahaan/entitas tertentu. Dan untuk memperkuat keabsahan bukti transaksi ini, biasanya dilengkapi dengan materai yang nilainya disesuaikan dengan jumlah nominal transaksi.

Komponen-komponen utama tetap ada, antara lain: penerima uang yaitu Bapak Maman P, dengan jumlah nominal sebesar Rp 500.000.000, untuk membayar jual beli tanah ladang.

Selanjutnya ditulis tempat dan waktu terjadinya transaksi jual beli tanah, kemudian ditutup dengan pembubuhan tanda tangan masing-masing pihak yang bertransaksi, yaitu Bapak Maman dan Bapak Walijan.

Bagaimana, cukup mudah juga kan membuat kwitansi pembelian tanah?

 

D: Kwitansi Pembayaran Jual Beli Mobil Bekas/Second

Kuitansi ini dibuat sebagai bukti transaksi jual beli mobil berbagai berbagai merek, misalnya Toyota. Bagaimana format kwitansi pembayaran jual beli mobli? Perhatikan contoh berikut ini:

Contoh kwitansi jual beli mobil

Dari contoh di atas kita bisa menyimak unsur-unsur yang menyertai kuitansi pembayaran jual beli mobil antara lain:

  1. Identitas perusahaan diletakkan di sebelah kiri atas, yaitu “Showroomku, Pusat Mobil Bekas Berkualitas.
  2. Nomor kuitansi : S-007/MBB-5/7/2021, yang menunjukkan kode nomor dokumen dan tanggal terjadinya transaksi, yaitu lima Juli 2021.
  3. Pihak yang menyerahkan uang, yaitu pembeli “Andra Indrajit Pratama Putra Petir”
  4. Jumlah nominal uang adalah Delapan Puluh Lima Juta Rupiah, sebagai pembayaran pembelian mobil bekas berkualitas.
  5. Bank information dan tanda tangan pihak-pihak yang melakukan transaksi jual beli.

 

E: Kwitansi Pembayaran Kontrak Rumah

Adalah kuitansi yang digunakan sebagai bukti pembayaran kontrak rumah. Untuk lebih jelasnya simak contoh kwitansi kontrak rumah berikut ini:

Contoh kwitansi kontrak rumah

Contoh yang disajikan di atas adalah transaksi kontrak rumah antara perusahaan dan perorangan, atau biasa dikenal dengan B2C (Business to Customer), sehingga dalam kuitansi ini ada identitas perusahaan, yaitu “Kontrakanmu, Hunian Asri dan Berkah”, sedangkan sebagai pengontrak rumah adalah Raka Jaka Perkasa.

Nilai kontrak rumah Rp 15.000.000 selama satu tahun. Pembayaran kontrak rumah ini bagi penyewa akan dicatat dalam jurnal pendapatan diterima dimuka.

 

F: Kwitansi Sewa atau Rental Mobil

Merupakan formulir yang digunakan sebagai tanda bukti telah membayar sejumlah uang untuk sewa mobil. Bagaimana formatnya? Berikut ini contohnya:

Contoh kwitansi rental mobil

Perhatikan contoh keterangan kwitansi rental mobil di atas:

Pada contoh ini menunjukkan terjadinya transaksi B2C (business to customer) sebagaimana contoh kuitansi pembayaran kontrak rumah.

Transaksi sewa-menyewa mobil ini dilakukan antara perusahaan rental mobil “Rental Mobilmu, Cara Baru Rental Mobil” dengan penyewa, yaitu Ibu Riri Suratmi.

Nomor kuitansi pembayaran rental mobil adalah R-009/07/10/2021. Cara membuat no kwitansi pembayaran sewa mobil ini adalah lima digit paling kiri adalah kode internal dokumen perusahaan.

Sepuluh digit paling kanan menunjukkan waktu terjadinya transaksi, yaitu tanggal tujuh Oktober tahun dua ribu dua puluh satu. Dari contoh no kwitansi pembayaran sewa mobil ini, maka sudah jelas ya cara membuat no kwitansi.

Isi kuitansi berikutnya adalah nilai nominal dari transaksi sebesar Rp 750.000 sebagai pembayaran rental mobil selama dua hari. Dan ditutup dengan tanda tangan antara pihak yang menyerahkan dan penerima uang pembayaran.

 

G: Kwitansi Toko

Jenis dokumen yang dipakai toko sebagai tanda bukti bahwa pembeli telah membayar sejumlah uang atas barang yang telah dibeli. Perhatikan contoh kwitansi tokok berikut ini:

Contoh kwitansi toko

Contoh kwitansi toko di atas juga bukti transaksi yang sah antara perusahaan dengan individu (B2C) yaitu toko penjual baju “Toko Bajumu, Cara Cerdas Tampil Ganteng” dan Ibu Suzana M, dengan nilai transaksi sebesar Rp 275.000 untuk pembelian dua pcs baju model Korea.

Bagian akhir kuitansi adalah tanda tangan pihak yang pembeli dan pegawai toko, yaitu R.Solena selaku kasir dan ada note yang memberikan informasi bahwa barang bisa ditukarkan selama belum digunakan atau 36 jam dari tanggal kuitansi.

 

H: Kwitansi Elektronik

Dokumen yang menunjukkan serah terima uang dari pembeli kepada penjual elektronik. Untuk lebih terangnya, simak contoh berikut ini:

Contoh kwitansi jual beli elektronik

Perhatikan contoh kuitansi pembelian elektronik di atas. Contoh ini merupaka bukti transaksi yang sah secara hukum antara perusahaan “Elektronikmu, Pusat Elektronik Terlengkap” dengan seorang pembeli Purnama Budi Jaya.

Nomer kwitansi adalah No. E022/09/2021, yang menunjukkan kode internal perusahaan dan tanggal terjadinya transaksi, yaitu 22 September 2021. Besarnya transaksi jual beli barang elektronik adalah Rp 2.000.000. Uang pembayaran diterima oleh Zaris pegawai kasir perusahaan.

 

I: Kwitansi Futsal

Format kwitansi yang dibuat oleh penyedia lapangan futsal untuk diberikan kepada pemakai pelayanannya sebagai bukti yang sah secara hukum bahwa pihak pengguna telah membayar sejumlah dana sebagai pengganti pelayanan. Begini contohnya:

Contoh kwitansi futsal

Perhatikan isi dari contoh kuitansi futsal di atas. Transaksi ini terjadi antara perusahaan ‘Futsalmu, Futsal Jadi Asik’ dengan komunitas penggemar sepeda onthel, ‘Gowes Futsal Club’, dengan nilai transaksi sebesar Rp 250.000 untuk sewa lapangan futsal.

Lokasi dan tanggal terjadinya transaksi di Gemurung, 04 Juni 2021 dengan nomor kuitansi F02/I.04/06/21 dan ditandatangani oleh kedua belah pihak secara sukarela dan ras tanggung jawab tanpa ada pemaksaaan dan intimidasi.

 

J: Kwitansi Setoran Angsuran

Kuitansi ini dibuat sebagai bukti pembayaran setoran, misalnya setoran angsuran pembelian barang atau jasa. Untuk jelasnya ikuti contoh berikut ini:

Contoh Kwitansi Angsuran Pembelian Barang.

Perhatikan contoh isi kwitansi angsuran pembayaran pembelian kredit di atas. Yang mengeluarkan kuitansi adalah Toko Era Milenia, Pusat Penjualan Aneka Perlengkapan, dengan nomor kuitansi adalah ANG-09/09/08/2021.

Sebagai pihak yang menyerahkan setoran angsuran adalah Sakti Purnama Putra dengan jumlah Rp 150.000 untuk pembayaran angsuran I – pembelian perlengkapan home industri. Selanjutnya ditutup dengan tanda tangan antara kedua belah pihak yang bertransaksi.

 

K: Kwitansi Catering Acara Pernikahan

Kwitansi catering adalah formulir isian tanda bukti pembayaran yang dibuat dan ditandatangani oleh penjual dan pembeli catering acara pernikahan. Perhatikan contoh kuitansi catering acara pernikahan berikut ini:

Contoh kwitansi catering pernikahan

Penjelasan contoh kuitansi catering:

Contoh kwitansi di atas merupakan bukti transaksi antara perusahaan, yaitu Sedap Catering dengan pelanggan perorangan, Bapak Ponari Sakti dengan nomor kuitansi SC-033/06/2021. Nilai transaksi sebesar Rp 23.000.000 untuk pembayaran catering acara pernikahan. Bukti transaksi ini ditutup dengan tanda tangan antara pihak penerima dan pembayar.

 

L: Kwitansi Pembelian Laptop

Isian formulir yang dibuat oleh perusahaan sebagai tanda bukti pembayaran yang sah secara hukum untuk pembelian laptop. Berikut ini disajkan contoh format beserta komponen-komponen pendukungnya.

Contoh kwitansi pembayaran laptop

Keterangan contoh kuitansi pembelian laptop:

Pada contoh kuitansi di atas merupakan bukti transkasi yang dibuat antara B2B (Business to Business) yaitu “LaptopKu Canggih, Pusat Penjualan Laptop” sebagai penjual dengan PT Furnace Era Profitindo selaku pembeli.

Nomer kuitansi adalah LC-06/04/03/2021, kode LC-06 merupakan kode internal perusahaan, dan 04/03/2021 adalah waktu terjadinya transaksi jual beli laptop, yaitu tanggal 04 Maret 2021

Nilai transaksi jual beli 2 buah laptop sebesar Rp 35.000.000. Lokasi terjadinya transaksi di Pananggaran, kemudian diakhiri dengan tanda tangan antara pihak penjual dan pembeli.

 

M: Kwitansi Fee Narasumber

Pelatihan, training, dan workshop yang diselenggarakan oleh perusahaan bagi karyawannya seringkali digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Narasumber dan pembicara didatangkan dari eksternal perusahaan, seperti lembaga-lembaga jasa training.

Sebagai salah satu bukti pembayaran fee trainner dan pembicara digunakan kwitansi narasumber. Bagaimana bentuk dan unsur-unsurnya? Perhatikan contoh yang disajikan berikut ini:

Contoh kwitansi pembayran narasumber

Penjelasan contoh kuitansi pembayaran fee narasumber:

 

 

N: Kwitansi Qurban

Musim qurban adalah salah satu moment penting bagi para penyedia hewan qurban karena akan meningkatkan omset penjualan. Para penyedia hewan qurban, baik perusahaan ataupun perorangan, akan memanfaatkan kwitansi qurban sebagai bukti transaksi jual beli hewan qurban. Perhatikan contoh kwitansi qurban berikut ini:

Contoh kwitansi pembayaran hewan qurban

Keterangan kuitansi pembayaran jual beli qurban:

Contoh kuitansi ini dibuat oleh perusahaan “KinerjaMu, Cara Cerdas Tingkatkan Kinerja” sebagai bukti pembayaran atas training kinerja karyawan dan guru Sekolah Alam Akhlak Mulia, dengan nomor dokumen 01/01/02/2021.

Tempat dan tanggal pembayaran di Sidakangen, 01 Februari 2021 senilai Rp 14.000.000. Selanjutnya pihak penerima dan yang menyerahkan uang menandatangi kuitansi.

 

O: Kwitansi Pembelian Obat

Kebutuhan akan obat-obatan dan alat kesehatan tidak terbendung lagi tatkala pandemi Covid-19. Setiap terjadi transaksi jual beli obat-obatan dan alat kesehatan, kuitansi pembayaran jual beli obat adalah sarana penting untuk membantu terselenggaranya aktivitas pelayanan jual beli.

Bagaimana bentuk kwitansi obat? Berikut ini contohnya…

Contoh kwitansi pembayaran obat apotik

Keterangan kwitansi pembayaran obat:

Perhatikan contoh kuitansi pembelian obat di atas. Dokumen tertulis ini dibuat oleh penjual obat, yaitu Apotek Seger Waras, sebagai tanda bukti yang sah secara hukum atas pembelian obat dan alkes oleh Rohanawati senilai Rp 150.000.

Formulir isian ini dibuat di Kajenan tanggal 27 Juni 2021 bernomor ASW-199/27/06/2021. Bagian footer kuitansi adalah tanda tangan dari pihak yang melakukan transaksi.

 

P: Kwitansi Zakat

Adalah formulir isian yang dibuat oleh lembaga pengelola zakat sebagai bukti penyerahan zakat, baik individu ataupun organisasi. Perhatikan contoh kuitansi zakat berikut ini:

Contoh kwitansi zakat

Keterangan:

Contoh kwitansi zakat di atas dibuat lembaga pengelola zakat, infak dan shodaqoh sebagai tanda terima uang pembayaran zakat. Kuitansi ini biasanya disampaikan ke donatur setiap bulan, atau saat pengambilan donasi oleh petugas lembaga.

Unsur dan komponen kuitansi zakat lebih sederhana dibandingkan dengan kwitansi pembayaran jual beli. Unsur-unsur yang dicantumkan pada formulir dokumen ini antara lain: identitas lembaga pengelola zakat, nama donatur, jumlah donasi dan tanda tangan penerima zakat yang biasa pimpinan lembaga tersebut.

***

Demikian beberapa contoh kwitansi pembayaran yang bisa diberikan, antara lain jual beli mobil, motor, zakat, narasumber dan jual beli obat. Contoh invoice produk dan jasa juga telah kami bahas dan sajikan secara rinci.

 

04: Kwitansi Kosong

Apa itu kuitansi kosong?

Kwitansi kosong adalah form pengisian yang belum diisi siapa yang melakukan pembayaran, berapa jumlahnya, serta kapan terjadinya transaksi, sehingga belum bisa dijadikan sebagai bukti transaksi.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kuitansi kosong berikut ini:

Contoh kwitansi kosong

Perhatikan penjelasan kwitansi:

Isian di bagian nomor kwitansi, yang menyerahkan uang, jumlah, dan tanda tangan pihak-pihak yang melakukan transaksi, semua masih kosong. Kuitansi ini masih kosong dan tidak bisa dijadikan sebagai bukti transaksi yang sah secara hukum.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya penyelewengan penggunaan dana dengan kuitansi kosong, perhatikan tips sederhana berikut ini:

  • Periksa keaslian kuitansi, apakah benar dikeluarkan oleh entitas/perusahaan yang tercantum di kwitansi?
  • Periksa jenis transaksi yang dilakukan dan jumlah nominal uang yang tertera pada kuitansi, apakah wajar atau tidak?
  • Lakukan verifikasi pihak-pihak yang bertanda tangan.
  • Hubungi dan klarifikasi pihak-pihak yang bertransaksi.

Berdasarkan pengalaman kami, 4 (empat) tips sederhana ini cukup manjur untuk menjadi terjadinya penyalahgunaan kuitansi kosong. Silahkan disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan di perusahaan Anda.

 

05: Kesimpulan Tentang Kwitansi

Kuitansi termasuk formulir yang digunakan sebagai tanda bukti pembayaran transaksi jual beli mobil, motor, tanah, sewa rumah dan lain sebagainya.

Komponen dan unsur pokok dari kuitansi adalah entitas/perusahaan/organisasi/individu yang membuat dan mengeluarkan dokumen bukti transaksi ini. Kemudian no kuitansi, jumlah uang, pihak yang memberikan dan menerima uang serta nama transaksi.

Bagian penutup di-isi dengan tanda tangan pihak-pihak yang melakukan transaksi. Untuk memperkuat bukti transaksi ini biasanya bermaterai dan ada note berupa catatan tertentu yang sifatnya penting dan belum disebutkan sebelumnya.

Bila Anda membutuhkan berbagai formulir pendukung pekerjaan, seperti BKK, BKM, Invoice, kami memberikan sebagai bonus SOP Finance & Accounting Tools.

Demikian yang bisa dibagikan tentang kwitansi beserta beberapa contoh, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Profesional lulusan ekonomi yang menekuni ERP (SAP), Accounting Software, Business Analyst dan berbagi pengalaman pekerjaan Finance & Accounting.