Contoh Surat Pernyataan Perusahaan Bahasa Indonesia dan Inggris

Surat pernyataan adalah surat yang dibuat oleh suatu pihak untuk ditujukan kepada pihak lain, yang berisi pernyataan mengenai persoalan atau suatu hal tertentu.

Contoh surat pernyataan kerja, orang tua, jual beli tanah, perjanjian, ahli waris, sekolah, dan contoh surat pernyataan perjanjian perusahaan.

Bagaimana cara membuat surat pernyataan?

Berikut ini contoh surat pernyataan perusahaan.

Langsung saja ikuti pembahasannya ….

 

01: Contoh Surat Pernyataan Perusahaan

contoh surat pernyataan kerja

Surat pernyataan perusahaan adalah surat yang dibuat oleh perusahaan, ditujukan kepada perusahaan lain, dalam contoh ini kantor akuntan publik (KAP).

Contoh surat pernyataan perusahaan ini berisi pernyataan mengenai beberapa hal penting, antara lain pernyataan ada atau tidaknya:

  • aset perusahaan yang dijadikan jaminan atas kredit yang diperoleh dari bank.
  • liabilitas bersyarat per tanggal laporan keuangan.
  • transaksi-transaksi hubungan istimewa dengan perusahaan lain.
  • kejadian penting sesudah tanggal laporan keuangan.

Untuk lebih jelasnya mari ikuti pembahasan lengkapnya berikut ini …

 

02: Fungsi Surat Pernyataan Perusahaan

Manfaat dan fungsi surat pernyataan perusahaan bagi perusahaan yang dituju, dalam contoh ini kantor akuntan publik adalah:

Pihak kantor akuntan publik mempunyai bukti-bukti yang disembunyikan atau tidak diperlihatkan kepada kantor akuntan publik.

Sehingga ada pihak-pihak yang menggunakan laporan keuangan perusahaan kliennya dan merasa dirugikan, kemudian mengajukan tuntutan kepada akuntan publik di pengadilan.

Dalam hal ini akuntansi publik dapat menunjukkan surat pernyataan perusahaan tersebut sebagai bukti di pengadilan.

Sehingga tidak bisa disalahkan.

***

Jika kantor akuntan publik tidak memiliki surat pernyataan perusahaan, maka ia disalahkan di pengadilan.

Dan harus membayar ganti rugi atau dicabut izin praktiknya oleh Menteri Keuangan jika terbukti dalam melakukan audit sehingga merugikan pihak lain.

 

03: Contoh Surat Pernyataan Perusahaan Bahasa Indonesia

contoh surat pernyataan orang tua

Berikut ini disajikan contoh surat pernyataan perusahaan mengenai pernyataan langganan:

***

Surabaya, August 09, 2020

Nomor: 09/VIII/2020
Hal: Pernyataan Laporan Keuangan Perusahaan

Kepada Yth:
Kantor Akuntan “Audinta”
Jl. Sukses Jaya Surabaya

Sehubungan dengan pemeriksaan Saudara atas laporan keuangan PT Xidev Bening Fahima Jaya dan perusahaan anak untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal-tanggal 31 Desember 2019 dan 2020.

Untuk tujuan memberikan pendapat mengenai kewajaran posisi keuangan, hasil usaha, perubahan ekuitas dan cash flow perusahaan.

Dan perusahaan anak sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia.

Dengan ini manajemen perusahaan kepada saudara bahwa sepanjang pengetahuan kami, pernyataan-pernyataan berikut yang diberikan pada saat pemeriksaan saudara berlangsung adalah bahwa:

 

A: Umum – Contoh Surat Pernyataan Perusahaan

Kami menyadari bahwa sebagai anggota manajemen perusahaan, kami bertanggung jawab atas kewajaran penyajian dalam laporan keuangan mengenai posisi keuangan, hasil usaha, perubahan ekuitas dan arus kas sesuai dengan ETAP/PSAK/IFRS.

Dan tentang Pedoman Penyajian Laporan Keuangan yang termuat dalam Keputusan Ketua Bapepam-LK yang diterapkan secara konsisten.

Kami telah memberikan semua catatan dan data keuangan yang berhubungan dengan hal tersebut kepada saudara.

Sehingga laporan keuangan yang kami sajikan dapat digunakan untuk semua pihak yang berkepentingan.

Dan kesimpulan yang akan diambil oleh masing-msaing pihak dalam pengambilan keputusan tidak akan saling bertentanga.

***

Tidak ada transaksi penting yang belum dibukukan secara benar dalam catatan pembukuan yang menjadi dasar penyusunan laporan keuangan.

Semua pengeluaran dalam tahun berjalan telah mendapat persetujuan pejabat perusahaan yang berwenang dan dikeluarkan untuk keperluan perusahaan.

Kami tidak mempunyai rencana ataupun tujuan yang dapat secara berarti mempengaruhi kewajaran nilai buku pengklasifikasian aset dan liabilitas.

Kami menyadari bahwa pemeriksaan saudara dilakukan sesuai dengan Standar Profesional Akuntan Publik

Dan terutama dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas laporan keuangan perusahaan secara keseluhan.

Dan karenanya pengujian yang saudara lakukan terhadap catatan-catatan pembukuan maupun prosedur pemeriksaan lainnya terbatas pada apa yang saudara anggap perlu untuk tujuan tersebut.

 

B: Aset – Contoh Surat Pernyataan Perusahaan

contoh surat pernyataan kerja dari perusahaan

01: Piutang

  • Semua piutang per tanggal 31 Desember 2019 dan Desember 2020 telah dicatat dan disajikan dalam laporan keuangan sebagaimana mestinya.
    Dan merupakan tagihan-tagihan yang sah terhadap debitur-debitur yang bersangkutan yang belum diterima pembayarannya pada tanggal laporan posisi keuangan (neraca
  • Perusahaan tidak membuat penyisihan piutang ragu-ragu tetapi langsung membebankan ke perkiraan laba rugi atau piutang yang benar-benar tak tertagih.
  • Tidak ada piutang yang dijadikan jaminan kepada pihak bank dan pihak ketiga lainnya.

 

02: Persediaan

  • Perhitungan fisik terhadap persediaan perusahaan telah dilaksanakan sebagaimana mestinya dengan disaksikan oleh Akuntan Publik.
    Saldo persediaan telah disesuaikan setelah diadakan pisah batas (cut off) atas persediaan yang diterima maupun dikirimkan.
  • Persediaan yang dilaporkan seluruhhnya adalah barang milik perusahaan. Tidak ada barang milik orang atau perusahaan lain yang dilaporankan dalam saldo persediaan perusahaan.
  • Persediaan dinilai berdasarkan harga perolehan dengan menerapkan metode FIFO (First in First Out) untuk persediaan bahan baku serta metode rata-rata untuk persediaan barang jadi.
    Persediaan baranga dalam proses (WIP) dinilai berdasarkan tahap-tahap penyelesaian dalam proses produksinya.
    Penilaian persediaan tersebut didasarkan atas taksiran-taksiran ekuivalen unit selesai dari WIP, dari masing-masing tahap proses produksi yang bersangkutan.

 

03: Piutang dalam Rangka Hubungan Khusus

Seluruh saldo debit dan saldo kredit dari hubungan rekening koran dengan perusahaan dalam rangka hubungan khusus telah  dilaporkan dalam laporan keuangan.

 

04: Aset Lancar Lainnya

Semua aset lancar lainnya telah dicatat dan dilaporkan dalam laporan keuangan dengan jumlah dan klasifikasi sebagaimana mestinya.

 

05: Penyertaan dalam Bentuk Saham

Semua penyertaan dalam bentuk saham yang mencakup 20% atau lebih yang dimiliki perusahaan per 31 Desember 2019 telah dicatat dan dilaporkan dalam laporan keuangan berdasarkan metode ekuitas.

 

06: Aset Tetap

Perusahaan menyusutkan aset tetapnya dengan menggunakan straight line method.

Seluruh aset tetap milik perusahaan per 31 Desember 2019 dan 31 Desember 2020 telah dicatat.

Dan dilaporkan dalam laporan keuangan berdasarkan harga perolehannya/ fair market value.

Sebagian dari aset tetap perusahaan telah dijaminkan kepada pihak bank sehubungan dengan perolehan fasilitas kredit.

 

07: Aset Lain-lain

Seluruh aset lain perusahaan telah dicatat dan dilaporkan sebagaimana mestinya.

 

C: Liabilitas – Contoh Surat Pernyataan Perusahaan

contoh surat pernyataan sekolah

01: Liabilitas Lancar

Semua liabilitas jangka pendek perusahaan, kepada bank dan lembaga keuangan lainnya, maupun kepada para kreditur lainnya per tanggal laporan posisi keuangan (neraca) telah dicatat.

Dan dilaporkan secara semestinya dalam laporan keuangan.

Pada tanggal laporan posisi keuangan (neraca) tidak ada pelanggaran hukum atau peraturan yang belum diselesaikan mengenai garansi, perjanjian kredit.

Atau perjanjian lainnya yang pengaruhnya harus dipertimbangkan untuk diungkapkan di dalam laporan keuangan atau sebagai dasar untuk pencatatan suatu kerugian bersyarat.

Semua liabilitas pajak dan biaya yang belum ditagih pada tanggal laporan posisi keuangan (neraca) telah diperhitungkan, dicatat dan dilaporkan dalam laporan keuangan.

 

02: Liabilitas Jangka Panjang

Semua liabilitas jangka panjang pada tanggal laporan posisi keuangan (neraca) telah dicatat dan dilaporkan sesuai dengan kenyataan yang ada di dalam laporan keuangan.

 

D: Ekuitas – Contoh Surat Pernyataan Perusahaan

Ekuitas yang terdiri dari modal disetor dan sisa laba rugi ditahan telah dicatat dan dilaporkan sebagaimana mestinya dalam laporan keuangan.

 

E: Pendapatan, Beban, dan Laba Rugi

Seluruh pendapatan dari aktivitas usaha mapun dari sumber-sumber lainnya, telah dicatat dan dilaporkan dalam laporan keuangan dengan menerapkan prinsip pisah batas (cut off) secara semestinya.

Penjualan diakui sebagai pendapatan pada saat penyerahan barang kepada pembeli.

Harga Pokok Penjualan (HPP), beban pegawai, beban bunga, dan seluruh beban-beban lainnya telah dicatat dan dilaporkan di dalam laporan keuangan secara semestinya.

Taksiran beban pajak penghasilan, telah dihitung atas dasar taksiran laba kena pajak.

Dan telah diperhitungkan dalam menetapkan laba neto perusahaan untuk periode-periode sampai dengan tanggal laporan posisi keuangan (neraca)

 

F: Ikatan Bersyarat Setelah Tanggal Laporan Posisi Keuangan (Neraca)

Semua ikatan bersyarat dan komitmen perusahaan yang penting, yang terjadi sampai dengan tanggal laporan akuntan telah dilaporkan dan diungkapkan dalam laporan keuangan.

 

G: Peristiwa Penting Setelah Tanggal Laporan Posisi Keuangan (Neraca)

Semua peristiwa penting setelah tanggal laporan posisi keuangan (neraca) sampai dengan tanggal laporan akuntan telah diungkapkan dalam laporan keuangan.

 

H: Hal-hal Penting Lainnya – Contoh Surat Pernyataan

contoh surat pernyataan kesanggupan menyelesaikan pekerjaan konstruksi

H.1:

Seluruh hasil/ risalah rapat direksi, dewan komisaris, dan pemegang saham perusahaan sampai dengan tanggal laporan akuntan telah diperlihatkan/ disampaikan kepada akuntan publik perusahaan.

 

H.2:

Sampai dengan tanggal laporan akuntan publik tidak ada persengketaan yang berhubungan dengan transaksi usaha, perjanjian pinjaman, dan lainnya.

 

H.3:

Tidak ada tuduhan-tuduhan yang timbul karena pelanggaran undang-undang dan peraturan pemerintah yang menimbulkan pengaruh yang besar terhadap posisi keuangan.

Maupun hasil usaha perusahaan selama periode laporan akuntan sampai dengan tanggal laporan akuntan.

 

H.4:

Seluruh transaksi perusahaan dengan pihak luar selama periode laporan keuangan sampai dengan tanggal laporan akuntan dilaksanakan secara wajar.

Serta tidak ada pejabat-pejabat perusahaan yang mempunyai kepentingan langsung di dalam perusahaan lain yang mengadakan transaksi dengan perusahaan.

 

H.5:

Semua catatan akuntansi dan keuangan perusahaan telah diperlihatkan kepada akuntan publik perusahaan dan tidak ada yang disembunyikan.

 

H.6:

Tidak ada transaksi lain dengan pihak-pihak yang berhubungan kecuali yang telah diungkapkan di dalam laporan keuangan.

 

H.7:

Tidak ada kecurangan maupun ketidakberesan yang dijumpai selama periode laporan keuangan sampai dengan tanggal laporan akuntan.

 

Demikian surat pernyataan kami, dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

PT Xidev Bening Fahima Jaya

 

Xidev Bening Fahima
Direktur Utama

***

Bila komponen-komponen dari contoh surat pernyataan perusahaan di atas digabungkan menjadi satu, maka bentuknya adalah sebagai berikut:

Contoh surat pernyataan pemeriksaan laporan keuangan #1:

contoh surat pernyataan perusahaan
Surat Pernyataan Pendapat Pemeriksaan

 

Contoh surat pernyataan setelah melakukan pemeriksaan laporan #2:

contoh surat pernyataan perjanjian
Pendapat setelah pemeriksaan

 

Contoh surat pernyataan setelah malaksanakan pemeriksaan financial statements #3:

contoh surat pernyataan kerja
Pernyataan pendapat setelah pemeriksaan

 

Contoh surat pernyataan setelah menjalankan review laporan keuangan perusahaan #4:

surat pernyataan pertanggungjawaban
Pendapat setelah pemeriksaan

 

Contoh surat pernyataan perusahaan #5:

surat pernyataan kesanggupan
pernyataan auditor perusahaan

 

Contoh surat pernyataan perusahaan #6:

contoh surat pernyataan kesanggupan mentaati peraturan
contoh pernyataan auditor laporan keuangan perusahaan

 

04: Contoh Surat Pernyataan Perusahaan Bahasa Inggris

contoh surat pernyataan perusahaan

Sebelumnya telah disajikan contoh surat pernyataan perusahaan dalam bahasa Indonesia, sekarang disajikan contoh surat pernyataan perusahaan dalam bahasa Inggris.

***

Surabaya, August 10, 2020

No. : 119/VII/2020

Kantor Akuntan “Audinta”
Jl. Sukses Jaya Surabaya

Re: Representative Letter

Gentlemen,

In connection with your examination of the Balance Sheet of PT Xidev Bening Fahima Jaya as of December 31, 2019 and 2020.

And related statements of income, changed in equity and cash flow statements for the years then ended for expressing  an opinion as to whether the financial statements present fairly the financial position, result of operations, and cash flow of PT Xidev Bening Fahima Jaya in confirmity with accounting principles generally accepted in Indonesia (ETAP/PSAK/IFRS).

And in the best of our knowledge and belief, the representations recorded below made to you during the examination.

 

FAIRNESS OF STATEMENTS

We are responsible for the fair presentation of the financial statements in conformity with generally accepted accountign principles.

The statement are fairly presented in conformity with accounting standard in Indonesia, applied on a basis consistent with that of the preceding yea.

Informative disclosures have been made in the statements including footnoteof all material matters whose disclosure is necessary to make the statements fair and not misleading.

 

AVAILABILITY OF RECORDS

surat pernyataan pertanggungjawaban

We have made available to you all financial records and related data.

 

Irregularities

There have been no:

  • Irregularities involving management or employees who have significant roles in the internal control.
  • Irregularities involving other employess that could have a material effect on the financial statements.
  • Rregularities from regulatory agencies concerning non compliance with, or deficiencies in fnancial reporting practices thar could have a material effect on the financial statements.

 

Illegal Acts

There have been no illegal acts (such as alleged political contributions) involving the company or its officers or key personnel.

And there have been no violations or possible violations of lawa or egulation s whose effects should be considered for disclosure in the financial statements or as a basis for recording a loss contingency.

 

Related Parties

There are no related parties transactions and related amounts receivable or payable, including sales, purchases, loans, transfers, leasing arrangements, and quarantees.

 

Unasserted Claims

There are no unasserted claim or assesments that our attorneys have advised us are probable of assertion and must be disclosed.

 

Liabilities anda Contingencies

All material liabilities or gain or loss contingencies have been properly recorded (accured) or disclosed in the financial statements.

Example of loss contigencies include, among others, pending of threatened litigation, claims and assessments obligations relating to product warranties and product defect unusual risk of loss.

Or damage of enterprise properly by fire, explosition, or their hazards thereat of expropriation of assets, quarantees of indebtedness of others; receivables sold with recourse; notes discounted; receivables doubtful of collection.

 

Complete Recording

There are no material transactions that have not been properly recorded in the accounting records underlying the financial statements.

 

Title and Pledging of Assets

The company has satisfactory title no all owned assets, and there are no liens or encumbrances on such assets nor has any assets been pledged.

 

Contractual Agreements

We have complied with all aspects of contractual agreement that would have a material effect on the financial statements in the event noncompliance.

With respect to any issue of security or bonds or loan agreements, there were no default in principal, interest, sinking fund or redemption provisions nor any breach of covenant of indenture or agreement.

 

Subsequent Event

No events ocurred subsequent to the balance sheet date that would require adjustment to, or disclosure in the financial statements.

Example of such events are: loss of major customers; casualty lossed; bonds or capital stock issuances; material plant or business acquisitions or disposals.

Bad debt losses; litigation or settlement of lawsuits or other claims; tax assessments; material or unusual sales return and allowances.

 

Adjusting Entries

Adjusting journal entries that have been proposed during your examination are accepted and approved by us, are refected in the financial statement for the year then ended December 31, 2019 and will be recorded on the books of the company.

 

Worthless Assets

No worthless assets (such as uncollectible receivables, valueless investment, abandoned or retire equipment) are carried in the accounts, whether or not covered by reserves or allowance account.

 

Sincerely yours,
PT Xidev Bening Fahima Jaya

 

Bening Fahima
General Manager

***

Demikian satu contoh surat pernyataan perusahaan dalam bahasa Ingrris.

Dan bila elemen-elemen contoh surat pernyataan perusahaan dalam bahasa Inggris di atas digabungkan, maka akan terlihat seperti berikut ini:

Contoh surat pernyataan perusahaan dalam bahasa Inggris #1:

contoh surat pernyataan - bahasa Inggris
Pernyataan  – bahasa Inggris

 

Contoh surat pernyataan perusahaan bahasa Inggris #2:

contoh surat pernyataan perusahaan - bahasa Inggris
contoh surat pernyataan dalam bahasa Inggris

 

Contoh surat pernyataan perusahaan #3:

contoh surat pernyataan perusahaan - bahasa Inggris
surat pernyataan bahasa Inggris

 

Contoh surat pernyataan perusahaan #4:

contoh surat pernyataan perusahaan - bahasa Inggris
contoh surat pernyataan audit perusahaan – bahasa Inggris

 

05: Contoh Surat Representasi

surat pernyataan perjanjian

Berikut ini saya sajikan contoh surat representasi menurut PSA No 17 ( IAPI, 2011 )

[Tanggal laporan auditor]

[Kepada auditor independen]

Kami memberikan surat representasi ini sehubungan dengan audit saudara atas [identifikasi nama laporan keuangan] perusahaan [nama klien] tanggal [sebutkan tanggal laporan keuangan].

Dan untuk [periode] yang ditujukan untuk menyatakan pendapat apakah laporan posisi keuangan [konsolidasian] telah menyajikan secara wajar.

Dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha dan arus kas perusahaan [sebutkan nama entitas] sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia.

Kami menegaskan bahwa kami bertanggungjawab atas penyajian wajar posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas dalam laporan konsolidasian sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia.

Representasi tertentu dalam surat pernyataan ini dijelaskan terbatas pada hal-hal yang material.

Sesuatu dipandang material, tanpa melihat besarnya, jika sesuatu tersebut menyangkut penghilang atau salah saji informasi akuntansi yang dengan mempertimbangkan keadaan yang melingkupinya.

Kemudian menjadikan pertimbangan orang yang berpikiran wajar yang meletakkan kepercayaan pada informasi tersebut akan berubah atau terpengaruh oleh penghilang atau salah saji tersebut.

***

Kami menegaskan, berdasarkan keyakinan dan pengetahuan terbaik kami, [pada (tanggal laporan audit)] representasi berikut telah kami buat kepada saudara selama audit saudara:

01:

Laporan keuangan yang disebut di atas disajikan secara wajar sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.

02:

Kami telah menyediakan kepada saudara semua:

  1. Catatan akuntansi dan data lain yang berkaitan.
  2. Notulen rapat pemegang saham, dan dewan komisaris, atau ringkasan dari keputusan yang belum dibuat.

03:

Tidak terdapat komunikasi dari badan pengatur mengenai ketidakpatuhan atau kelemahan dalam praktik pelaporan keuangan.

04:

Tidak terdapat transaksi material yang tidak secara semestinya dicatat dalam catatan akuntansi yang melandasi laporan keuangan.

05:

Tidak ada:

  1. Kecurangan yang melibatkan manajemen atau karyawan yang memiliki peran penting dalam pengendalian intern.
  2. Kecurangan yang melibatkan karyawan lain dapat berdampak material terhadap laporan keuangan.

06:

Perusahaan tidak memiliki rencana atau maksud yang dapat berdampak material terhadap nilai berjalan atau klasifikasi aset dan utang.

07:

Hal-hal berikut telah dicatat atau diungkapkan dalam laporan keuangan secara memadai:

  1. Transaksi antar pihak yang memiliki hubungan istimewa, termasuk penjualan, pembelian, penyajian sewa guna usaha, jaminan, dan jumlah piutang kepada atau utang dari pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa.
  2. Jamninan, lisan, atau tertulis, yang dapat menjadikan perusahaan memiliki liabilitas bersyarat.
  3. Estimasi signifikan dan pemusatan material yang diketahui oleh manajemen yang harus diungkapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

08:

Tidak terdapat:

  1. Kemungkinan unsur tindakan pelanggaran atau unsur tindakan pelanggan terhadap hukum dan peraturan yang berdampak yang harus dipertimbangkan untuk diungkapkan dalam laporan atau sebagai dasar untuk mencatat rugi bersyarat.
  2. Utang lain yang material atau laba atau rugi bersyarat yang diharuskan untuk dicatat atau diungkapkan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.

09:

Perusahaan memiliki hak penuh terhadap aset yang dimilikinya, dan tidak terdapat gadai atau penjaminan atas aset yang digadaikan.

10:

Perusahaan telah mematuhi semua aspek perjanjian kontrak kerjasama yang akan mempunyai dampak material terhadap laporan keuangan jika kami tidak mematuhi perjanjian tersebut.

11:

Penunjukkan hanya satu auditor untuk tahun buku yang bersangkutan.

12:

Perusahaan telah mematuhi ketentuan pasar modal, termasuk penyampaian informasi yang bersifat rahasia kepada Ketua Bapepam yang berdampak material terhadap kondisi emiten sesuai dengan Undang-undang Pasar Modal.

13:

Perusahaan tidak sedang dalam kondisi dipailitkan.

14:

Tidak terdapat transaksi derivative selain yang telah diungkapkan dalam laporan keuangan.

Nama Direktur utama atau pejabat lain dan jabatannya

 

06: Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

Bagaimana bentuk surat pernyataan jual beli tanah?

Perhatikan contoh surat pernyataan jual beli tanah antara perusahaan dengan perorangan berikut ini:

Contoh #1:

Surat Pernyataan Jual Beli Tanah
Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

 

Contoh #2:

SURAT PERNYATAAN JUAL BELI TANAH BERMETERAI

Desa Mangkurejo, 28 September 2020

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

1: Pihak Penjual Tanah

N a m a  Lengkap : H.M. Abdurrahman
U s i a : 46 Tahun
A l a m a t Lengkap : Desa Mangkurejo RT 20 RW 14, Kec. Mangku Jaya
Pekerjaan : Enterpreneur Sukses

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama.

 

2: Pihak Pembeli

N a m a  Lengkap : John Alexius M, S.H.
U m u r : 38 Tahun
A l a m a t  Lengkap : Jl. Raya Sukses Mulia No 45 Parakan Canggah
P e k e r j a a n :   Legal Manager PT Sukses Milenial Jaya

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Bahwa Kami Pihak Pertama dan Pihak Kedua menyatakan telah melakukan transaksi jual beli tanah di Desa Mangkurejo seluas 1.000 m2  dengan harga Rp. 1.000.000.000.

Demikian surat pernyataan jual beli tanah ini kami buat dan ditandatangani bersama dengan tanpa ada tekanan dari salah satu pihak untuk digunakan dengan semestinya.

 

Hormat kami,

Pihak Penjual                                 Pihak Pembeli

 

( H.M. Abdurrahman )             ( John Alexius M, S.H. )

***

dan untuk memperkaya wawasan kita tentang contoh surat pernyataan, saksikan video singkat berikut ini…

 

07: Kesimpulan

Surat pernyataan adalah surat yang dibuat oleh suatu pihak untuk pihak lain sebagai pernyataan atas persoalan atau hal tertentu.

Misalnya pekerjaan, perjanjian, hutang piutang, jual beli, perceraian, peraturan, kesalahan, pertanggungjawaban, pekerjaan konstruksi dan lain sebagainya.

Bagaimana format, komponen dan contoh surat pernyataan sudah disajikan dalam pembahasan di atas.

Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Dan bila Anda ingin tahu bagaimana cara membuat laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan, silahkan baca: SOP dan Accounting Tools.

Demikian yang dapat saya sajikan tentang contoh surat pernyataan dalam bahasa Indonesia perusahaan dalam bahasa Inggris, serta satu lagi contoh surat representasi.

Semoga bermanfaat. Terima kasih. *****

manajemen keuangan dan SOP