Contoh Artikel Singkat Bahasa Indonesia, Inggris dan Jawa

Artikel ditulis dengan tujuan tertentu, sehingga kita mengenal berbagai jenis artikel contoh artikel ilmiah, jurnal, kesehatan, opini, pendidikan, dan artikel populer.

Berdasarkan cara penyampaian artikel dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain artikel narasi, deskripsi, inspiratif, dan propaganda. Dan berdasarkan dari bahasa yang digunakan ada artikel bahasa Indonesia, Inggris, Jawa dan bahasa lainnya.

Apapun jenis dan format penulisannya, agar pesan yang akan disampaikan sampai pada pembaca, maka harus disajikan dengan baik dan benar sesuai kaidah struktur kebahasaan. Untuk lebih jelasnya, yuk baca beberapa contoh artikel beserta strukturnya berikut ini.

 

1: Contoh Artikel Ilmiah yang Berkaitan dengan Akuntansi

Artikel ilmiah adalah karya penulisan yang disusun berdasarkan situasi dan kondisi yang sebenarnya, bukan hasil ilusi dan imajinasi dari penulisnya. Perhatikan contoh artikel ilmiah yang ada abstraknya berikut ini:

contoh artikel ilmiah populer

Contoh artikel ilmiah singkat yang berkaitan dengan akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi

PT Fahima Retail adalah perusahaan distributor yang aktivitas utamanya melakukan penjualan barang alat-alat pertanian. Kegiatan ini tentu memerlukan persediaan barang dagangan yang dibeli dari supplier sehingga diperlukan sistem yang menjadi pedoman dan panduan untuk para pimpinan dan karyawan dalam melaksanakan aktivitas tersebut.

Para pimpinan perusahaan membutuhkan informasi tentang jenis persediaan, harga pokok persediaan (HPP), perjalanan surat pembelian, jumlah utang dagang, dan daftar supplier.

Pedoman sistem akuntansi pembelian digunakan untuk melakukan pengadaan persediaan barang dagangan, baik secara kredit maupun tunai. Pedoman sistem retur pembelian dipakai untuk melakukan pengembalian barang yang telah dibeli dari pemasok karena rusak, tidak sesuai dengan pesanan, kadaluwarsa atau sebab lain.

 

2: Contoh Artikel Pendidikan di Masa Pandemi

Adalah karya penulisan dengan tema pendidikan. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh artikel yang baik dan benar tentang pendidikan berikut ini.

contoh artikel pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan

Pendidikan Masa Pandemi

Masa pandemi telah merubah banyak hal dari kehidupan sosial, ekonomi, dan politik, termasuk bidang pendidikan,  aktivitas belajar mengajar pun dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Sistem pembelajaran online dalam penerapannya tidak selalu berjalan dengan baik, banyak kendala yang timbul, antara lain jaringan internet yang tidak lancar atau lambat. Kendala lainnya adalah keterbatasan kemampuan di bidang teknologi informasi. Setiap peserta didik belum tentu mampu menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran daring.

Namun di sisi yang lain, proses pembelajaran online menimbulkan semangat untuk mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan, contohnya mengasah kemampuan menguasai sarana dan prasaran pendukung pembelajaran daring, baik hardware maupun software.

Setiap peristiwa dan keadaan selalu memunculkan kebaikan dan kekurangan, semua kembali pada diri kita sendiri dari sisi mana memahami dan bertindak menyikapi masa pandemi.

 

3: Contoh Artikel Populer tentang Bisnis

Artikel populer adalah karangan yang sangat menarik sehingga menjadi bacaan wajib bagi banyak orang. Dan berikut ini disajikan contoh artikel populer singkat tentang peluang bisnis.

contoh artikel populer tentang bisnis

Contoh Artikel Populer tentang Bisnis

Peluang Bisnis

Peluang bisnis bertebaran di mana-mana dan kapan saja. Orang yang jeli bisa menemukan peluang setiap saat di manapun ia berada. Masa pandemi Covid-19 yang bagi kebanyakan orang menimbulkan berbagai kesulitan, namun tidak bagia dia. Masa pandemi adalah saat untuk ‘mengasah gergaji’ dan berinovasi bisnis, bukan saatnya untuk mengeluh dan menyalahkan keadaan.

Menunggu tanpa melakukan apapun tentu bukan solusi yang tepat, pertama mungkin senang, namun seiring dengan berjalannya sang waktu, rasa bosan mulai menyapa dan akhirnya jadi teman setia. Maka, sebelum menjadi kebiasan, kita perlu terus ‘iguh’ bahasa Jawanya, yaitu terus bergerak dan berupaya mencari peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi bisnis yang menguntungkan, seperti jual produk herbal, madu, jahe dan alat pelindung kesehatan (APD). Itu semua adalah peluang bisnis yang menjanjikan.

 

4: Contoh Artikel Kesehatan

Tema kesehatan adalah menjadi bahasan pokok dalam artikel ini. Berikut ini disajikan dua contoh artikel populer tentang kesehatan.

contoh artikel populer tentang kesehatan

Contoh Artikel Kesehatan Sederhana

Gaya Hidup Sehat

Pandemi Covid-19 telah menyadarkan kita bahwa menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh sangatlah penting. Kondisi seperti itu bisa dicapai dengan gaya hidup sehat. Bekerja, istirahat, asupan dan olahraga yang cukup dan seimbangan adalah upaya-upaya untuk mencapai dan mempertahankan kondisi tersebut.

Apakah gaya hidup sehat perlu biaya (cost) yang besar? Jawabannya relatif. Bisa mahal bisa tidak. Untuk memperoleh kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh prima, kita bisa mengkonsumsi asupan dan menyewa personal trainer ‘mahal’ atau bisa juga melakukan latihan sendiri dan menjaga asupan bernutrisi dari sumber-sumber yang ada di sekitar kita. Ada berbagai alternatif pilihan dan silahkan tentukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Apa pilihan Anda?

 

5: Contoh Artikel Singkat tentang Lingkungan

Bagaimana bentuk artikel tema lingkungan? Perhatikan contoh artikel singkat tentang lingkungan berikut ini.

contoh artikel tentang lingkungan

Contoh Artikel Singkat

Jaga Kelestarian Lingkungan!

Lingkungan adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, sehingga manusia perlu menjaga dan melestarikan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Manusia harus hidup berdampingan secara baik dengan lingkungan. Tanpa lingkungan yang baik, kehidupan kita akan terganggu bahkan bisa musnah.

Contoh paling dekat dan gampang adalah kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar tempat tinggal kita akan menimbulkan keresahan, gangguan, dan ketidaknyaman. Sungai yang tercermar, sudah tidak jernih lagi airnya dan menimbulkan dampak buruk di sepanjang alirannya, bukan hanya bagi manusia, namun juga terhadap ekosistem sungai seperti ikan.

Eksplorasi alam secara brutal tanpa ada kesadaran dan upaya pemulihan juga akan merusak lingkungan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu mari kita jaga bersama kelestarian alam lingkungan sebagai rumah besar tempat kita menjalani kehidupan.

 

6: Artikel untuk Website

Jenis artikel ini biasanya dibuat sebagai content website sesuai dengan niche. Bila niche website tentang manajemen keuangan dan akuntansi, maka tema artikel yang dibuat tentu berkaitan dengan tema tersebut, seperti karakteristik kas kecil, metode jumlah angka tahun, SOP Finance, jurnal penyesuaian, dan contoh soal akuntansi.

Dan jangan lupa sebelum menulis artikel untuk website lakukan riset keyword secara mendalam, agar mesin pencari Google bisa menemukan artikel tersebut serta menyebarkan ke seantero dunia maya.

Perhatikan contoh artikel untuk website berikut ini:

Menjadi Blogger Bermanfaat Bagi Sesama

Nge-blog adalah aktivitas mengelola blog seperti mengatur layout, menulis artikel/content, dan segala hal yang berhubungan dengan blog atau personal website. Orang yang melakukan aktivitas itu biasanya dijuluki sebagai blogger. Masing-masing orang mempunyai tujuan yang berbeda atau bisa juga sama dalam mengelola blog, ada yang ingin cepat kaya dengan nge-blog, ada yang menjadi blogger sebagai sarana berbagi ilmu dan pengalaman atau tidak ada pilihan lain selain nge-blog J

Tidak ada yang salah dan benar, apapun tujuannya. Semua sah dan boleh sepanjang ia bertanggungjawab terhadap apa yang dilakukan dan tidak mengganggu ketertiban umum. Jangan sampai apa yang dilakukan itu sia-sia. Usahakan menjadi blogger yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, karena banyak manfaat dan peluang kebaikan yang bisa kita lakukan melalui aktivitas nge-blog. Bagaimana menurut Anda?

 

7: Contoh Artikel Penelitian Ilmiah

Jenis artikel ini dibuat berdasarkan hasil penelitian ilmiah. Berikut ini contoh artikel penelitian singkat pdf dan teks.

contoh artikel singkat hasil penelitian

Contoh Artikel Penelitian Ilmiah

Kimia Organik

Bahan organik adalah mewakili satu jenis senyawa kimia yang mengandung satu atom karbon atau lebih. Definisi populer dari istilah kimia organik adalah senyawa yang mengandung karbon.

Walaupun pengklasifikasian seperti itu terbatas, fakta menunjukkan bahwa senyawa yang mengandung atom karbon sebenarnya menjadikan banyak zat yang terdapat di alam semesta ini. Kenyataan yang agak mengejutkan adalah akibat dari kemampuan atom karbon membentuk ikatan dengan atom carbon lain.

Bila sifat khusus ini bersamaan dengan kemampuan suatu atom carbon membentuk empat ikatan dalam ruang tiga dimensi, maka berbagai susunan atom bisa terjadi.Ada lebih dari 2 (dua) juta jenis senyawa organik sudah diketahui sifat dan cirinya. Dan setiap tahunnya puluhan ribu zat baru ditambahkan ke dalam daftar ini, baik sebagai penemuan di alam semesta atau hasil proses pembuatan di laboratorium.

 

8: Contoh Artikel Jurnal Akuntansi

Artikel jurnal adalah teks karangan yang disusun berdasarkan sumber referensi yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan, bukan hasil ‘mengarang’, apalagi hoax.

Sebagus apapun artikelnya, tanpa didukung sumber yang jelas dan kredibel maka itu bukanlah disebut artikel jurnal. Perhatikan contoh artikel jurnal tentang akuntansi berikut ini:

contoh artikel ilmiah yang berkaitan dengan akuntansi

Contoh Artikel Jurnal Akuntansi

Laporan Keuangan

Laporan keuangan dibuat oleh mereka yang diberi kepercayaan untuk mengelola sumber daya untuk disampaikan kepada pihak yang memberikan kepercayaan, seperti pemilik dan kreditor serta pihak lain yang terkait dengan perusahaan, yaitu pemerintah.

Baridwan (1995) menjelaskan bahwa laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.

Laporan keuangan perlu dianalisis agar bisa digunakan sesuai dengan tujuan dari pengguna laporan keuangan, Husnan (2006:81) menerangkan bahwa alat analisis tersebut bisa berbentuk analisis common size, indeks, maupun rasio keuangan, dan secara umum bisa dianalisis aspek leverage, likuiditas, profitabilitas atau efisiensi, dan rasio-rasio.

Sumber:

Husnan, Suad, dan Pudjiastuti, Enny. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN

Baridwan, Zaki.1990. Intermediate Accounting. Yogyakarta : BPFE

 

9: Contoh Artikel Opini

Tema pokok dalam artikel ini adalah tentang gagasan seseorang yang disampaikan dalam bentuk teks tertulis. Berikut ini contoh artikel opini tentang pendidikan kehidupan.

contoh artikel singkat yang mengandung fakta dan opini

Contoh Artikel Opini

Hati Adalah Inti Kehidupan

Inti dari manusia adalah hati. Hatilah yang menggerakkan anggota tubuh lainnya. Ketika hati ingin membantu orang, ia akan menggerakan kaki dan tangan untuk beranjak ke orang yang akan dibantu. Bila bantuan tersebut melalu tangan, maka tangan akan segera beraksi. Jika kaki juga diperlukan, maka kaki pun akan segera melangkah.

Hati laksana pimpinan, komandan pasukan, atau presiden, sedangkan angota badan adalah para pembantunya yang siap beraksi bila diperintahkan. Maka, tanpa hati manusia bagaikan raga tanpa nyawa.

Oleh karena itu jagalah hati kita dengan baik, jangan sampai ada debu dan kotoran yang menempel yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit hati. Ingatlah bahwa jika hati itu baik, maka akan baiklah manusia dan sebaliknya bila hati itu rusak maka rusaklah manusia. Bagaimana pendapat Anda?

 

10: Contoh Artikel tentang Zakat

Artikel ini ditulis untuk menjelaskan tentang zakat fitrah dan zakat mal, baik dari sisi pengertian, prinsip hukum, penyaluran dan pencatatan akuntansi serta penyusunan laporan keuangan zakat. Dan berikut ini contoh artikel tentang zakat.

contoh artikel tentang zakat

Contoh artikel tentang zakat

Kewajiban Zakat dan Masalah Sosial

Kewajiban membayar zakat adalah rukun Islam ketiga setelah membaca dua kalimat syahadat dan shalat, sedangkan rukun Islam keempat adalah kewajiban puasa dan kelima haji ke tanah suci.

Dari kelima rukun Islam ini ada satu hal yang menarik untuk dicermati, direnungkan, dan dipelajari secara mendalam, yaitu kewajiban pelaksanaan shalat berdampingan dengan kewajiban zakat. Dalam Al Qur’an hal tersebut diulang sebanyak 27 kali. Mengapa? Tentunya ada keterkaitan yang kuat antara shalat dan zakat.

Abdullah bin Mas’ud menyatakan bahwa siapapun yang melakukan shalat tapi tidak mau membayar zakat, maka ia belum shalat. Maka bila mengacu pada konteks paragraf sebelumnya bahwa di dunia ini ada yang miskin dan kaya. Jika ada seseorang shalat, tapi tidak mau membayar zakat, mengapa tidak bekerja keras mencari nafkah agar bisa melaksanakan kewajiban membayar zakat.

 

11: Contoh Artikel Populer Panjang

Isi dari jenis artikel ini adalah membicarakan mengenai topik tertentu secara lugas sehingga mudah dimengerti oleh pembaca serta tidak menimbulkan multi interpretasi. Perhatikan contoh artikel populer panjang tentang debat yang disajikan berikut ini:

contoh artikel populer panjang

Contoh artikel populer

Tips Singkat Debat

Debat adalah sarana pengembangan skill berkomunikasi. Sarana ini memerlukan kemampuan untuk membuat argumentasi yang baik benar dan efektif, sehingga bisa mempengaruhi dan menarik perhatian audiens serta menggunakan suara dan memanfaatkan gerak tubuh untuk mendukung argumentasi yang disampaikan. Kita adalah yang terbaik.

Pada saat debat, tidak diperkenankan untuk melakukan penghinaan personal, penyerangan argumentsi yang tidak rasional dan penyampaian argumentasi dengan cara-cara yang emosional. Selama debat berlangsung tidak diperbolehkan untuk melakukan interupsi kecuali bila diperbolehkan oleh pemimpin forum debat dalam situasi yang spesial.

 

12: Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Perhatikan contoh artikel populer tentang bahasa indonesia berikut ini

contoh artikel populer tentang bahasa indonesia

Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Tips Mendidik Anak

Tidak ada tips dan resep mudah untuk membesarkan dan mendidik anak. Banyak hal-hal yang tidak pasti dalam proses perjalanannya. Sebagai orang tua hanya bisa memberikan yang terbaik kepada anak. Sebagian besar anak memulai dari titik awal yang sama, selanjutnya orang tua-lah yang akan memberikan perbedaan antara seorang anak yang kuat penuh semangat dengan yang malas-malasan loyo.

Meskipun setiap anak tumbuh kembang dengan taraf yang kurang lebih sama, anak yang diberikan stimulasi fisik dan pendidikan yang memadai, mereka mempunyai perlengkapan yang baik untuk menghadapi kehidupan saat dewasa. Ia memiliki pola pikir dan kepercayaan pada dirinya sendiri, karena ia telah berhasil menyelesaikan berbagai rintangan dan problem selama proses pendidikan.

 

13: Contoh Penulisan Artikel yang Baik dan Benar

Perhatikan contoh artikel yang baik dan benar beserta strukturnya berikut ini.

contoh artikel singkat yang baik dan benar.

Contoh penulisan artikel

Mugunghwa, Bunga Kebanggaan Korea

Bunga Mugunghwa atau bunga sharon adalah tanaman semak dari jenis hibiscus atau kembang sepatu yang berbentuk bunga mirip vas. Dahan dan rantingnya bisa mencapai tinggi 2-4 meter. Bantalan bunga berbentuk terompet besar dengan warna merah putih dan mempunyai benang sari berwarna kuning cerah. Warna bunga Mugunghwa merah jambu dan putih dibagian luarnya, atau merah jambu keunguan di bagian dalamnya.

Bunga Mugunghwa menjadi simbol perlawanan rakyat Korea pada saat penjajahan Jepang. Pada masa itu, bunga ini ditanam secara luas di seantero negeri untuk menyuarakan kemerdekaan. Secara sepintas bunga ini kurang kelihatan mewah dan tidak wangi. Namun kehidupan bunga Mugunghwa diyakini sebagai gambaran karakter rakyat Korea.

Penampakkan bunga Mugunghwa yang sederhana adalah simbol hati rakyat Korea. Tanaman ini lebih tahan terhadap serangan penyakit dan hama dibandingkan tanaman bunga yang lain, sehingga bunga Mugunghwa mencerminkan gaya hidup yang kuat dan kokoh.

Bunga Mugunghwa mekar dalam waktu 100 hari dari bulan Juli – Oktober. Dedaunan yang masih muda dari tanaman ini bisa dikonsumsi sebagai sayur-sayuran. Kelopak bunga dan buah bunga Mugunghwa bisa juga dimanfaatkan sebagai ramuan obat-obatan herbal dan teh. Sifat kebermanfaatan tanaman inilah yang kemudian disimbolkan dengan konsep pendirian Korea, yaitu hongikingan yang berarti bermanfaat luas bagi manusia.

 

14: Membuat Artikel yang Singkat, Simple dan Menarik.

Apapun topik yang diulas dalam contoh artikel ini singkat, sederhana, dan menarik sehingga pembaca mendapatkan sesuatu yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh artikel yang baik dan benar tentang pendidikan anak balita.

 

Contoh Membuat Artikel Singkat

Latihan dan Pembelajaran Anak Balita

Perlu dipahami bahwa seorang bayi akan memberi respon pada stimulasi dan pengulangan. Telah dibuktikan bahwa melalui penanganan yang berhati-hati dan penuh kasih sayang seorang bayi bisa belajar sesuatu. Dalam masa yang singkat hal itu belum bisa dilihat dampaknya, namun semua yang dilakukan saat itu akan diserap oleh si anak.

Seiring dengan waktu, seorang bayi akan menjadi terlatih dan tumbuh berkembang dengan mempunyai keleturan dan koordinasi yang baik. Ia belajar berbicara dengan bahasa kita karena kita terus menerus mengajaknya bicara. Ia mengenal irama karena kita memperkenalkan irama dengan bermain dan bergerak sesuai dengan nada irama.

Jadi, cara paling baik yang bisa dilakukan oleh orang tua kepada seorang bayi adalah latihan. Dan yang terpenting ia bisa merasakan kasih sayang orang tua sehingga ia bahagia dengan dirinya sendiri dan Anda.

 

15: Review Artikel Akuntansi

Adalah jenis teks paragraf karangan penulisan yang berisi tentang pandangan penulis atau penilaian seseorang terhadap hasil karya penulisan orang lain. Berikut ini contoh format review artikel.

Contoh review artikel

Nama Penulis  : Warnoto

Judul Artikel    : Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang

Paramater Penilaian : Kandungan isi artikel

Kelebihan :

  1. Pembahasan topik artikel lengkap namun tidak bertele-tele.
  2. Sumber referensi dan data-data yang digunakan valid.
  3. Penulis memiliki latar belakang dan pengalaman di bidang yang menjadi topik penulisan.
  4. Contoh yang digunakan sesuai dengan perkembangan saat ini.

Kekurangan :

  1. Format penyajian artikel di beberapa bagian kurang familiar, sehingga pembaca harus benar-benar fokus untuk memahami bagian tersebut dengan bagian lain.
  2. Penyajian gambar pendukung kebanyakan sehingga terkadang mengganggu konsentrasi dan fokus.

 

16: Contoh Artikel dalam Bahasa Inggris

Perhatikan contoh artikel dalam bahasa Inggris berikut ini:

Contoh Artikel bahasa Inggris

Language Learning Process

For adult learners whose memory capacities have practically been deteriorating, it is very ineffective to learn English simply by memorizing, since language involves more about arts, which must be put into practice more than just to be learned and memorized, differently from we commonly treat knowledge or science. Nevertheless, despite its flexible application. We have also to take notice about its grammatical rules as the basic knowledge or the partway of communication.

Terjemahan:

Bagi para siswa dewasa yang kapasitas memorinya sudah semakin terbatas, belajar bahasa Inggris hanya dengan sistem menghafal sangat tidak efektif karena bahasa merupakan bagian dari seniyang harus lebih banyak dipraktikan, daripada hanya dipelajari dan dihafalkan sebagaimana halnya ilmu pengetahuan pada umumnya. Namun demikian, tata bahasa tetap harus dipelajari secara keilmuan sebagai landasan atau rel komunikasi, meskipun penerapannya harus tetap fleksibel.

Baca juga: Contoh Soal Bahasa Inggris dan Indonesia

 

17: Artikel Narasi

Maksud dari artikel narasi adalah jenis karangan dan karya penulisan yang disampaikan dalam bentuk narasi dengan menceritakan secara apik dari awal hingga akhir. Perhatiak contoh artikel singkat yang mengandung fakta dan opini berikut ini:

contoh artikel sejarah singkat

Contoh Artikel Narasi

Tujuan Hidup Manusia

Alam semesta beserta isinya, yakni manusia dan mahluk lainnya adalah salah satu karya Sang Maha Pencipta. Banyak rahasia dan kerumitan sistem di dalamnya yang belum terungkap atau mungkin tidak pernah diketahui oleh manusia. Hanya manusia-manusia tertentu yang dianugerahi-Nya kecerdasan berilmu dan menggunakan ilmu dan akalnya untuk sedikit mengungkapkan dari kekuasaan Tuhan Yang Masa Kuasa.

Mahluk hidup dan alam semesta ini tentu ada awal dan akhirnya. Beliau membuat ini buka main-main dan tanpa tujuan. Untuk apa Tuhan menciptakan kita, untuk apa kita di sini, dan akan kemana setelah ini? Tiga pertanyaan besar itu perlu kita renungkan dan jawaban dari tiga soal itu akan menjadikan kita mengerti dan memahami siapa sebenarnya diri kita. Pemahaman itu akan tercermin dari aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

 

18: Contoh Artikel Jawa

Adalah jenis artikel yang ditulis dalam bahasa Jawa, sehingga bagi yang tidak menguasau bahasa Jawa akan sedikit mengalami kesulitan untuk memahaminya. Berikut ini contoh artikel singkat menggunakan bahasa Jawa:

teks singkat menggunakan bahasa jawa

Contoh Artikel Bahasa Jawa

Dolanan Tradisiional

Bocah-bocah playon ning ngarep omah. Tembene aku kaget “ana apa iki?” mlayu ning ngarep omah, jebule arek-arek pada dolanan petak umpet. Jaman biyen, sing jenenge dolanan kampung akeh jumlahe, contone gabak sodhor, congklak, patok lele, benteng-benteng lan gundu.

Jaman saiki sing dikenal jamane bocah milenial, dolanane bedha karo jaman biyen, contone komputer, hp, lan sakpiturute. Lah terus piye nasibe dolanan tradisional? Kanggo ngrekso iku dadi tugase sopo? Pemerintah opo masyarakat? Ben ora saling nyalahake yuk di sengkuyung bareng-bareng tanggungjawab iku ben entheng lan dadi kebecikan masyarakat.

 

19: Contoh Pendahuluan Artikel

Pendahuluan artikel adalah bagian dari sebuah karya penulisan yang diletakkan dibagian awal sebelum pembahasan. Fungsi pendahuluan adalah untuk memberikan pengantar dan informasi awal mengenai tema yang ditulis. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh pendahuluan artikel berikut ini:

Contoh Pendahuluan Artikel

Klasifikasi Buku Perpustakaan

Pengalaman menunjukkan bahwa sebagian besar pembaca yang sedang mencari buku di perpustakaan lebih mengutamakan isi.  Para pembaca lebih suka bila buku-buku yang tema isinya sama terkumpul di satu tempat.

Mereka menghendaki buku-buku dikelompokkan berdasarkan materi yang dibahas, sehingga buku-buku tentang akuntansi terkumpul tersendiri, terpisah dengan koleksi buku tentang bahasa dan astronomi dan seterusnya.

Dan agar para pembaca bisa mudah menemukan kembali buku-buku yang diperlukan dari suatu koleksi yang ada di perpustakaan, maka penyimpanan buku-buku tersebut harus diatur sedemikian rupa, misalnya nama pengarang dan judul buku disusun menurut abjad.

Proses dan kegiatan mengelompokkan buku-buku ini disebut dengan aktivitas klasifikasi, yaitu proses pengelompokkan buku-buku pustaka secara sistematis ke dalam golongan tertentu berdasarkan kondungan isi atau subjek.

 

Kesimpulan

Tulisan adalah salah satu bentuk komunikasi yang lazim dilakukan oleh manusia. Tentunya akan berbenda format, jenis, dan media yang digunakan komunikasi menggunakan tulisan dengan lisan. Namun tujuan pokoknya sama, yaitu agar pesan yang ingin disampaikan ke orang lain tercapai, yakni pesan tersebut sampai ke tujuannya.

Dan beberapa contoh artikel tentang pendidikan, opini, review, dan artikel populer lainnya dalam bentuk bahasa Indonesia, Inggris dan Jawa bisa menjadi inspirasi Anda.

Demikian yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Profesional lulusan ekonomi yang menekuni ERP (SAP), Accounting Software, Business Analyst dan berbagi pengalaman pekerjaan Finance & Accounting.