Pengertian Teks Deskripsi, Jenis, Struktur, Ciri-ciri Beserta Contohnya

Secara umum, pengertian teks deskripsi adalah rangkaian kata-kata atau teks yang berusaha menggambarkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seakan-akan melihat dengan mata kepala dan mengalami sendiri. Jadi seperti memotret suatu obyek dengan kata-kata.

Contoh teks deskripsi singkat tentang tempat wisata alam Kalianget, tentang kucing, tentang rumah minimalis sederhana dan tentang lingkungan sekolah menengah atas.

Kami tidak akan membahas jenis/macam, ciri-ciri, dan struktur teks deskripsi karena sudah banyak dibahas oleh para ahli bahasa dan penulis. Di sini kami akan menyajikan aneka contoh penerapan teks deskripsi dalam penulisan.

Mari ikuti penyajiannya berikut ini …

 

01: Contoh Teks Deskripsi

membaca

Kami sajikan beberapa contoh teks deskripsi tentang sekolah, rumah, hewan, tempat wisata dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Jawa.

Melalui contoh teks deskripsi beserta strukturnya ini, semoga kita lebih mudah untuk memahami tujuan, isi , struktur , jenis, ciri-ciri  dan praktik penggunaan kaidah kebahasaan teks deskripsi.

 

A: contoh teks deskripsi singkat tentang sekolah

Berikut ini contoh teks deskripsi tentang sekolahku. Contoh ini saya tuliskan berdasarkan pada kondisi sesungguhnya, bukan fiksi. Pada contoh deskripsi ini setiap teks paragraf berusaha memotret setiap bagian dan sudut sekolahku, sehingga pembaca seolah-olah melihat langsung.

Bagaimana format penulisan teks deskripsi tentang sekolah ini? Mari dibaca mulai dari paragraf awal hingga akhir, jangan sepotong-potong agar memahami bentuk teks deskripsi secara utuh.

***

Aku belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri  (SMA) yang berlokasi di jalan yang menggunakan nama salah seorang pahlawan nasional, yaitu Raden Ajeng (RA) Kartini. Seorang pejuang emansipasi wanita terkemuka di negeri ini. Sehingga sekolah menengah atas tersebut pun terkenal dengan sebutan SMA Kartini.

Sebuah sekolah yang cukup tua dan favorit di kotaku. Beberapa budayawan dan penyair pernah mengenyam di lembaga ini. Dan generasi berikutnya sudah siap untuk menggantikannya.

Ketika pertama kali aku memasuki sekolah ini, kesan pertama biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa. Barangkali mirip sebuah pepatah yang menyatakan “tak kenal maka tak sayang”. Demikian juga yang aku alami saat awal menjejakkan langkah kakiku memasuki pintu gerbang sekolah ini.

Saat gerbang pintu besi terbuka, sebuah deretan bangunan tua sudah menyambutnya. Tiga pohon cemara besar menjulang ke angkasa di halaman gedung tua itu. Dinding berlapis batu kali menghiasi dinding ruang tamu dan lorong masuk ke lokasi utama sekolah, menambah suasana tempoe doloe.

***

Masuk ke lokasi utama sekolah sudah disambut halaman luas dengan pondasi beton yang terlihat kokoh, sebagian sisa bangunan jaman kolonial. Sekitar kanan dan kiri halaman nampak berderet-deret kelas tanpa kaca, namun hanya anyaman kawat. Sehingga udara dari luas bisa keluar masuk, tanpa AC tanpa kipas angin. Sebuah trik berhemat dari jaman bahuela.

Sebagian besar kelas-kelas itu adalah sisa-sisa bangunan lama yang tetap dibiarkan apa adanya, hanya dilakukan penggantian cat baru setiap tahunnya. Kombinasi yang apik antara kekokohan bangunan dan beton halaman menjadikan komplek utama sekolahku ini unik dan tak ada duanya di kota kelahiranku.

teks deskripsi tentang sekolahku
Contoh teks deskripsi tentang sekolahku

***

Bangku-bangku belajar masih dari kayu Kalimantan yang kuat dan tahan hama. Papan tulis terdiri dari tiga bagian. Bagian utama ada di tengah-tengah, sedangkan bagian kanan dan kirinya adalah sebagai pelengkap. Bagian utama masih menggunakan kapur tulis. Sisi kanan dan kiri menggunakan white board.

Ruang perpustakaan, laboratorium bahasa, laboratorium IPA, dan laboratorium komputer masih berada dalam kompleks sekolah, namun yang unik dipisahkan oleh gang jalan kampung. Untuk menghubungkan kompleks utama dan kompleks laboratorium serta perpustakaan dibuat jembatan kecil yang juga unik.

Kantin sekolah berada satu komplek dengan mushola dan beberapa rumah dinas guru. Lokasinya tidak dipisahkan oleh apapun, namun masih dalam kompleks utama sekolah.

Satu lagi ada gedung serba guna yang biasanya digunakan untuk acara-acara bersama serta praktik pelajaran ekstra. Gedung ini terletak di dalam kompleks utama sekolah, sehingga mudah diakses dari manapun.

Halaman kompleks utama selain digunakan sebagai lapangan bola volly, bola basket dan olah raga yang lain juga untuk tempat parkir sepeda di sisi-sisinya. Khusus untuk sepeda onthel. Bagi yang membawa sepeda motor dan mobil parkir di depan dan samping kompleks sekolah.

contoh teks deskripsi tentang sekolah
Teks deskripsi tentang sekolah

***

Demikianlah contoh teks deskripsi tentang sekolahku. Dengan menggunakan struktur teks deskripsi bagian sekolah, penulis berusaha memberikan contoh teks deskripsi beserta strukturnya. Tentunya tidak semua sisi dan bagian bisa di-deskripsikan di sini, namun paling tidak bisa memberi gambaran umum dan singkat tentang sekolahku.

 

B: Contoh struktur teks deskripsi tentang taman rumah

Dalam contoh teks deskripsi ini, penulis berusaha memotret objek berupa taman dan selanjutnya dituangkan dalam bentuk tulisan. Teks tulisan ini memberikan gambaran secara rinci setiap bagian dari taman rumah.

Bagaimana bentuk teks deskripsi tentang taman rumah?

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh isi teks deskripsi bagian dari rumah berupa taman depan rumah berikut ini.

contoh teks deskripsi tentang rumah
Teks deskripsi tentang rumah

***

Halaman depan rumah mungil itu luasnya 15 m2 nampak asri dengan tanaman hias pemanjat di dekat tembok rumah. Tanaman pemanjat itu dapat dipanjati karena memiliki sulur pemegang pada pucuk rantingnya.

Daun dan bunga sekaligus digunakan untuk menghias rumah. Bunganya merah merona dan indah sekali, timbul dari rimbunan daun hijai yang glowing. Selain bisa menghias rumah, tanaman pemanjat ini juga mampu memberikan naungan di atas teras rumah.

Paduan beberapa jenis tanaman pemanjat menjadikan suasana taman semakin mempesona. Ada jenis tanaman pemanjat yang menaungi serambi depan dengan daunnya yang rimbun dan mengeluarkan sekuntum bunga seperti terompet yang semerbak wangi.

Ada lagi jenis yang kelopak bunganya putih besar menjepit mahkota ungu yang mungil. Dari jauh kelihatan seperti bibir yang sedang sibuk memakan daun sirih.

***

Bagian bawah dari tanaman pemanjat yang masih kosong tidak dibiarkan begitu saja, namun dihias dengan tanam dalam pot. Pot-pot bunga sebagian ditata berbaris di teras dekat dinding rumah dan sebagian lainnya diletakkan berderetan dalam undukan tanah yang ditinggikan berbentuk persegi panjang yang dibatasi oleh formasi batu-batuan buatan.

Bagian yang tidak tertutup oleh rimbunnya tanaman pemanjat dihiasi dengan tanaman dalam pot juga yang digantung. Sehingga deretan pot-pot bunga yang digantung itu menciptakan lingkungan hijau yang menyejukkan.

Jenis tanaman yang ditanam di pot gantung antara lain lili paris yang kecil mungil, dengan daun panjang runcing seperti daun sereh. Anakannya memisahkan diri dari induknya membentuk tanaman seperti induknya.

struktur teks deskripsi
Contoh teks deskripsi panjang tentang bagian rumah.

***

Jenis tanaman lain yang di tanam di pot gantung adalah bunga sungsang. Selain indah bunga ini bentuknya juga aneh. Bunganya terbalik, sehingga disebut sungsang. Awalnya berwarna kunig kehijau-hijauan, dengan ujung merah pucat, kemudian menjadi merah teran, dan akhirnya merah tua menyala.

Di depan rumah mungil itu ada sebidang tanah yang dibiarkan kosong. Dengan ukuran lebar 2 m dan panjang 5 m itu hanya ditanami rumput hias saja agar memberi kesan lega.Sebagai tanda pemisah antara halaman depan dengan jalan tidak dibangun pagar atau tembok yang membuat suasana makin sempit, namun ditanami tanaman hias yang membentuk pagar hidup.

Pagar ini dirawat secara rutin, sehingga tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Dengan pagar hidup yang ketinggiannya pas, maka tanaman pemanjat dan pot-pot gantung masih terlihat dengan jelas.

Jenis tanaman yang digunakan sebagai pagar hidup ini antara lain teh-tehan yang hijau, sinyo nakal yang daunnya kuning, atau kemuning.

Sebagai akses masuk rumah dari jalan, maka dibangun jalan setapak yang ditaburi kerikil hias dibangun di tepian dekat pagar.

***

Demikian contoh teks deskripsi bagian dari rumah yaitu taman depan rumah. Dengan menggunakan pola kebahasaan teks deskripsi, penulis berusaha menyajikan gambaran bagian dari rumah dengan detail/rinci, mulai dari ukuran taman, tanaman hias, dan cara penataannya.

Dengan demikian penulis berharap pembaca mudah untuk memahaminya dan seakan-akan seperti menyaksikan sendiri taman depan rumah tersebut.

 

C: Contoh Teks Deskripsi Bagian Rumah – Ruang Tamu

Berikut ini kami berikan contoh teks deskripsi tentang bagian dari rumah, yaitu ruang tamu. Pada contoh ini kami sajikan dua bagian. Keduanya menggambarkan tentang taman ruang yang dibangun di sebuah rumah.

 

Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah – Bagian #1:

contoh teks deskripsi bagian
Contoh teks deskripsi bagian rumah – ruang tamu.

***

Ukuran ruang tamu rumah secara keseluruhan adalah 4 m x 6 m dengan bentuk ruang minimalis modern. Lantai terbuat dari keramik dan sebagiannya dilapisi karpet merah dengan kepadatan interior dan perabot yang ada dinding, hiasan dinding, tirai atau gorden, mebel serta lampu-lampu ruangan, serta AC sebagai cadangan jika udara panas.

Untuk menjaga suhu dan kelembaban ruangan ada taman di bagian sudutnya. Bagian yang dijadikan taman adalah satu sudut depan dan satunya bagian sudut samping. Sumber air terletak di pojok ruangan dan berfungsi untuk melembabkan tanaman hias.

***

Penggunaan jenis tanaman untuk taman ruang tamu adalah skala sedang dan besar. Penggunaan tanaman masal dan tanaman individu dalam pot diatur dengan rapi serasi.

Ditambah dengan pemilihan tanaman yang tahan teduh, tahan cahaya, misalnya puring. Sirkulasi tanaman relatif lama sehingga tidak diperlukan cahaya tambahan.

Biasanya bila ruang tamu menggunakan AC, maka dipilih tanaman daun lebar, misalnya biola cantik daun tetap bersih, hemat tenaga untuk membersihkan debu.

***

Sirkulasi ruangan berasal dari pintu masuk dan pintu keluar serta jendela. Pengaturan sirkulasi ruang ini cukup baik dan efisien.

Kualitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan sangat dipengaruhi oleh letak dan ukuran jendela ini. Banyaknya jendela akan menyebabkan cahaya dapat menerobos ruangan.

Saklar lampu terletak di bagian dinding yang memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Ada 2 titik lampu utama, dan satu lampu taman estetika serta lampu tambahan untuk membantu fotosintesis.

 

Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah – Bagian #2:

contoh struktur teks deskripsi
Struktur teks deskripsi tentang ruang tamu.

***

Cahaya matahari yang menyinari tanaman di taman ruang tamu minim sekali dan hanya cukup untuk fotosintesis jenis-jenis tanaman ruangan saja. Tanaman jenis seperti ini di alam aslinya hidup di bawah naungan pohon-pohon besar yang teduh dalam hutan belantara.

Lingkungan seperti ini diterapkan di dalam ruangan, tujuannya agar kondisinya seperti berada di alam sesungguhnya. Konsekuensinya adalah taman ruang tamu kondisinya lebih lembab dibandingkan dengan taman halaman depan dan belakang rumah yang terbuka.

Kelembaban ini oleh pemiliknya di atasi dengan membangun kolam mungil di taman ruang tamu yang bertugas menampung resapan kelebihan air dari tanah sekelilingnya.

***

Penataannya meniru alam tepi sungai atau tepi danau di tengah hutan. Sehingga dinding yang diinginkan menjadi latar belakang taman ruang tamu dan ditutup dengan formasi  batu-batuan agar celahnya mengalirkan air rembesan yang mengalir pelan-pelan.

Sedangkan celah-celah lebar yang menganga pada dinding batu itu ditanami berbagai jenis paku hias dan suplir eksotik yang memang cocok di tempat seperti itu.

Di tepi kolam mungil yang sering terkena air, ditanami keladi hias dan jenis-jenis tanaman lain yang tahan percikan air. Sedangkan di daratan ditanami tanaman hias ruangan yang tahan naungan, seperti kuping gajah, sri rejeki, kalatea atau maranta.

***

Sepanjang tepian kolam mungil yang lebih kering dibangun jalan setapak berupa batu lempengan atau kerikil hias. Di salah satu tempat di tepi kolam dibangun lampu hias yang menerangi sebagian air kolam pada waktu malam.

Kolam dilengkapi dengan saluran pembuangan yang baik agar setiap kelebihan air yang muncul tidak menimbulkan genangan yang membuat pemandangan menjadi buruk.

***

Demikian contoh teks deskripsi tentang taman ruang dari sebuah rumah. Dua bagian contoh di atas, penulis menggunakan kebahasaan teks deskripsi untuk memotret dan memberikan gambaran dengan rangkaian kata-kata sebuah taman yang dibangun di ruang tamu lengkap dengan asesorisnya.

 

D: Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata Alam Kalianget

Untuk memperkaya wawasan dan pemahaman kita tentang kaidah kebahasaan teks deskripsi, berikut ini kami sajikan contoh deskripsi lainnya tentang tempat wisata alam.

contoh teks deskripsi tentang tempat wisata
Teks deskripsi tentang tempat wisata alam di Kalianget

***

Kalianget adalah salah satu wilayah dari kecamatan Kalibening, kabupaten Banjarnegara, propinsi Jawa Tengah. Dengan ketinggian kurang lebih 1050 dari permukaan laut menjadikan wilayah ini sejuk cenderung dingin.

Sebagaimana di daerah dingin, habitat yang ada di Kalianget pun menunjukkan ciri khas habitat wilayah yang dingin. Pinus, pakis haji, sayur-sayuran, lumut, batu-batuan, dan kabut dingin adalah hal biasa yang sehari-hari di temui di sana.

Wisata alam Kalianget bisa ditempuh dari Kalibening kurang lebih 15 menit di mana sepanjang perjalanan tersaji panorama keindahan alam anugerah Tuhan Yang Maha Indah. Sungai yang berkelok-kelok laksana hewan melata yang sedang berjalan.

***

Di kanan dan kirinya ditutupi tanaman perdu dan pohon pinus Perhutani kabut putih seringkali menyelimutinya menambah keindahan alam yang tiada tara. Laksana objek surga yang sudah ada di bumi.

Menjelang sampai di lokasi wisata alam Kalianget, kita akan disambut oleh sebuah batu yang mirip tangga, sehingga orang sana menyebutnya sebagai ‘watu anda’. Beberapa meter dari sini kita sudah sampai di Kalianget.

contoh teks deskripsi tentang tempat wisata di
Teks deskripsi tentang tempat wisata di Banjarnegara

***

Lokasi sumber air panas yang menjadi pusat obyek wisata alam Kalianget berada 25 meter dari jalan Kalibening – Banjarnagara. Dari jalan besar ini kita menuruni jalan bertangga ke arah bawah. Sumber air panas ini terletak tepat di kaki gunung Panongan. Sehingga setelah kita sampai di lokasi, maka akan terhampar di hadapan kita suatu pemandangan panorama yang menakjubkan.

Di depan kita ada hutan hujan tropis yang menyejukan dan mendamaikan. Dan bila mata kita mengikuti  pemandangan hutan itu ke atas, keindahan itu semakin dahsyat sampai ke puncak gunung Panongan. Inilah salah satu anugerah terindah yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Penyayang kepada kita. Nikmat mana lagi yang kau dustakan.

***

Orang menyebut Kalianget karena ada sumber air panas di lokasi wisata alam tersebut. Sumber air panas yang terjadi karena proses geologi. Sumber air yang mengandung belerang. Dengan adanya kandungan belerang itu, sehingga banyak orang yang mempercayai bahwa sumber air panas ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya penyakit kulit.

Sehingga kebanyakan orang yang mandi di sini waktunya lama sembari menikmati panorama indah di sekitarnya dengan udara yang dingin, jadi cocok banget.

Jadi, bagi Anda yang menyukai keindahan alam dan udara bersih, Kalianget adalah salah satu wisata alam yang sebaiknya di agendakan dalam rencana traveling Anda.

***

Demikianlah contoh teks deskripsi panjang tentang wisata alam Kalianget. Salah satu tempat wisata yang berada di Kalibening, kabupaten Banjarnegara. Dengan menggunakan kebahasaan teks deskripsi penulis berusaha memberikan gambaran obyek wisata alam ini secara rinci, harapannya dapat dimengerti oleh pembaca dengan gamblang.

 

E: Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa

Untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan kita tentang teks deskripsi, berikut ini kami berikan contoh struktur teks deskripsi bahasa Jawa tentang kucing rumahan.

contoh teks deskripsi bahasa jawa
Teks deskripsi bahasa Jawa.

***

Kucing yaiku kewan sing ora galak lan biasane dijaga karo dipakani serta ditresnani kanti tulusing ati. Dene kucing sing ono omahku iku asale soko dalan, amargo pas aku lewat aku weruh kondisine dadi trenyuh atiku pingin jaga karo ngopeni sak apik-apike. Akhire ucing kuwi tak gawa ning omahku, Tak resiki, tak adusi, lan sakpiturute amrih sehat lan resik.

Minggu kapisan, kucing iku mung meneng. Wiwitane ora gelem mangan, kayane stress karo lingkungan asing lan anyar. Mangan sithik-sithik, dadine malah lemes, kurang sehat, lan tambah mesake.

Minggu kapindho, kucing kuwi mulai gelem mangan lan katon luwih bergas karo semangat. Aku mulai nyoba ngajak dolanan, tujuane ben kucing ora kesepian.

Lan ternyata…

Kucing saya tambah bergas, sehat, lan semangat. Gelem diajak mlaku-mlaku ning arep omah lan ning kiwa tengene omah. Aku dewe akhire melu seneng ndelok kucing tambah sumringah. Wulu-wulune ketok mengkilat kaya diulesi lengah goreng. Motone ketok mencorong lan berkilat koyo dene rembulan ing mangsa purnama. Mangane yo tambah akeh lan gelem mangan panganan tambahan sing tak wenehke ben tambah sehat.

***

Sawise sewulan kucing wis iso menyesuaikan lan urip kaya biasane alias normal. Kucing wis gelem urip sisian bareng keluargaku. Adikku sing ngurusi kebutuhane, mulai saka ngenei pakan, resik-resik lan sakpiturute. Puniko deskripsinipun kucing ingon-ingon keluwargaku.

***

Demikian contoh teks deskripsi bahasa Jawa yang memotret kehidupan kucing di suatu keluarga, mulai dari pertama kali diketemukan sampai hidup normal berdampingan dengan manusia.

 

F: Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan – Kucing Rumah

Contoh teks deskripsi tentang kucing dalam bahasa Jawa sudah diberikan di atas, dan sekarang masih tentang kucing dalam bahasa Indonesia.

Langsung saja yuk perhatikan contoh teks deskripsi berikut ini ….

contoh teks deskripsi tentang hewan
Teks deskripsi tentang hewan – kucing rumah.

***

Adi memelihara dua kucing kesayangan berwarna kuning keemasan dan hitam putih. Setiap hari, disaat ada waktu senggang ia selalu mengelus-ngelus kepala, badan, hingga ekor panjangnya. Seolah-olah kedua makhluk Tuhan Yang Maha Penyayang itu sebagai sahabat karib yang tidak bisa dipisahkan.

Kucing pertama dengan bulu kuning keemasan, mata indah, bulu bersih, dan suka bergerak ceria.

Setiap kali Adi memegang makanan, dengan gerakan refleknya si kucing berusaha untuk meraih makanan tersebut, seakan ingin menemani tuannya menikmati makanan.

Dan Adi pun dengan senangnya memberikan sebagian makanannya sambil melatih gerakan si kucing agar semakin lincah dan terlatih. Kucing pun seakan tahu apa yang diinginkan Adi, sehingga dengan senang hati dan terlihat ceria meladeni kemauan Adi. Sampai akhirnya makanan itu dinikmati si kucing dan dirinya.

***

Kucing yang berwarna hitung belang putih pun tak kalah lucu dan menyenangkan dibandingkan kucing berbulu kuning keemasan.Memang Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan dua makhluk yang berbeda, di mana setiap makhluk memiliki ciri khas khusus tidak ada yang sama, itulah salah satu kehebatan Tuhan kita.

Demikian juga dengan dua kucing ini, kucing yang berbulu hitam belang putih terlihat agak nakal dan terlihat ‘tidak’ menurut kepada tuannya, padahal sesungguhnya si kucing ingin menggoda tuannya agar mau diajak bermain. Setiap kali Adi mau menangkap kucing berlari-lari, sehingga mau tidak mau Adi pun ikut berlarian mengejarnya.

Warna bulunya bersih mengkilat, gerakannya cepat dan sulit diduga, tapi setelah tertangkap tuannya si kucing ‘ngglibet’ seakan tidak mau dipisahkan dari pelukan Adi.

Kebahasaan teks deskripsi
Kaidah kebahasaan teks deskripsi

***

Ketika waktu makan sudah tiba, si kuning keemasan dan si hitam belang tidak mau berbagi satu tempat makan dan minum. Masing-masing disediakan tempat makan dan minum khusus sendiri-sendiri. Si hitam belang makan lebih banyak dibandingkan dengan si kuning emas. Si hitam belang putih memang banyak bergerak sehingga membutuhkan asuppan nutrisi yang lebih banyak.

Dan Adi sangat menyadari dan paham tentang hal itu sehingga setiap kali menyediakan menu selalu sesuai dengan porsi yang dibutuhkan si kucing.

Dua kucing itu, bagaikan teman akrab yang sulit dipisahkan, saat Adi di rumah, kemana pun ada melangkah selalu diikuti oleh dua kucing tersebut. Bahasa Jawanya ‘konco pleg’ ‘konco kenthel’ ‘sohib’.

***

Demikian contoh teks deskripsi tentang hewan dalam hal ini kucing rumahan. Melalui penggunaan ciri kebahasaan teks deskripsi yang disajikan ini, harapan kami, Anda bisa mempraktikkannya untuk obyek yang lain.

 

G: Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris

Bagaimana bentuk teks deskripsi bahasa Inggris?

Perhatikan contoh teks bahasa Inggris yang kami kutipkan dari Nasreddin The Wiseman berikut ini:

contoh teks deskripsi bahasa inggris
Teks deskripsi bahasa inggris

***

His friend had two horses. One of them was big, strong and could ran very fast. The other was a small and slow horse. On the other hand , Nasruddin did not have any horse. His friend lent him the small and slow horse that could not run fast.

It was really a slow horse. When they left for the forest, his friend rode more quickly and Nasreddin was left far behind. The same condition happened when they were on the way home.

On the way home Nasreddin and his friend did not ride their horses fast. But suddenly some thick clouds were hanging heavily in the sky. It seemed that it would rain heavily. So, his friend rode very fast. And he was left behind.

Realizing that he could not ride fast, he went and stood under a big tree. As begin to rain, he put off his clothes and wrapped them tightly. Soon after the rain, he put on his clothes again and rode his horse to his friend’s house to have lunch together. His friend was curious why he who rode a slow horse could keep his clothes dry, while he who rode a much faster horse still got wet.

***

Demikian contoh teks deskripsi bahasa Inggris, dengan menggunakan unsur kebahasaan teks deskripsi, pembuat karya tulis ini berusaha memberikan gambaran utuh suatu objek.

 

H: Contoh Teks Deskripsi tentang Acara Pernikahan di Rumah

Pada contoh teks deskripsi berikut ini, ruang tamu dijadikan tempat seserahan lamaran dan tempat kue tart pengantin. Sementara ruang teras untuk pelaksanaan upacara adat dan diibaratkan sebagai pintu gerbang bagi mempelai pria.

Ruang pelaminan pengantin berada di luar ruang yaitu dengan membangun panggung bertenda yang berukuran besar.

Pesta pernikahan ini adalah pesta kebun dengan kondisi tapak yang berada di tengah suasana lingkungan kebun yang serba hijau. Desain dibuat dengan memberikan kontras warna dengan menyajikan aneka tanaman berbunga, seperti mawar, hidrangea, anggrek, dan aneka jenis helikonia serta spatifilum. Helikonia, anggrek, dan spatifilum digunakan sebagai bunga potong.

ciri umum teks deskripsi
contoh teks deskripsi beserta strukturnya

***

Pada gabungan ruang tamu dan ruang keluarga yang berukuran 3,5 m x 7,5 m, segala perabotan dikeluarkan. Sebagai tempat seserahan lamaran ditempatkan meja taplak hijau daun sebagai penyelaras hijaunya kebun di luar ruangan.

Selain meja seserahan juga ditempatkan meja bulat untuk tempat tart tepat pada poros pintu samping. Kehadiran kue tart ini juga bisa sebagai sculpture pada taman dalam ruang. Di sisi ruangan ditempatkan kursi lipat khusus untuk tempat duduk sesepuh dan kerabat kedua mempelai.

Di sekitar meja seserahan di kelilingi tanaman mawar berbunga putih secara massal yang kemudian bagian luarnya dilapisi lumut selaginela yang diborder oleh kerikil warna putih. Putihnya mawar dapat menyumbangkan suasana keanggunan ruang, sementara putihnya kerikil mempertajam warna hijaunya lumut yang membedakan dari lantai berkeramik merah tua.

***

Pada ruang pelaminan yang berada di panggung di bawah naungan atap tenda biru berukuran 5 m x 7 m juga dilakukan penataan taman terutama taman yang berfungsi sebagai pelaminan pengantin.

Panggung ini tidak berdinding sehingga terangnya pantulan cahaya bisa mengurangi keindahan hasil foto bila diambil dari arah depan panggung, karena pesta pernikahan berlangsung pada siang hari.

Untuk mengurangi dan menghilangkan pengaruh cahaya terhadap hasil pemotretan, maka tanaman sketsel pengantin diusahakan terdiri dari elemen tanaman setinggi ukuran dasar panggung hingga menjelang atap tenda. Hal ini untuk menyaring cahaya dari arah belakang pelaminan.

unsur kebahasaan teks deskripsi
Contoh unsur kebahasaan teks deskripsi.

***

Taman pesta pernikahan ini bertemakan semaraknya warna-warna bunga helikonia yang dapat ditujukan sebagai pemecah warna yang serba hijau di lingkungan kebun.

Namun demikian di depan jajaran helikonia juga ditempatkan hidrangea sebagai warna peralihan agar kecerahan wajah dan baju pengantin tidak tenggelam oleh kontras warna helikonia.

Untuk mengurangi kesan keras tiang tenda, maka pada setiap tiang dikurangi dengan penahan rangkaian bunga potong helikonia, anggrek, dan spatifilum pada wadah unik terakota. Dan karena kondisi halaman rumah tidak rata alias lereng, maka panggung pelaminan pengantin memiliki kaki-kaki yang tidak sama tingginya.

***

Demikian contoh deskripsi tentang pesta pernikahan. Dalam menata setiap ruangan di pesta ini tidak ada prosedur khusus yang harus dipatuhi, namun lebih banyak menggunakan intuisi dan taste dari penata taman.

 

I: Contoh Teks Deskripsi Benda – Sepeda Mini

Pada contoh teks deskripsi benda berikut ini memberikan gambaran tentang sebuah benda berupa sepeda mini untuk anak-anak.

Bagaimana bentuk teks deskripsi ini? Mari dibaca contohnya berikut ini.

contoh teks deskripsi benda
Teks deskripsi benda – sepeda

***

Sepeda mini warna merah terparkir di garasi depan rumah. Walaupun nampak kurang terawat, namun warna catnya masih bagus, mengkilat dan tidak pudar. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas cat sepeda mini ini cukup baik, walaupun siang malam seringkali terkena panas dan hujan, warna merahnya tetap kuat dan tak tergerus. Dengan sedikit mencucinya, warna cat sepeda mini ini akan nampak seperti baru, gress.

Dua rodanya masih berfungsi dengan baik. Roda depan, pelegnya terbuat dari bahan aluminum warna perak metalik sehingga tak termakan oleh karat. Tetap bening dengan warna aslinya. Demikian juga dengan roda belakang, masih bisa berputar dengan sempurna. Ban kedua roda sepeda ini pun masih sangat baik, hanya saja sering kempes.

***

Pedal kayuhnya pun masih berfungsi dengan baik. Rantai shock dan rem juga masih sangat bagus. Ada penutup rantai yang terbuat dari bahan sejenis seng dan dicat putih. Fungsi penutup ini sangat baik, karena akan membantu mengurangi guyuran air hujan dan paparan sinar matahari.

Hanya saja rantai sebagian terlihat karatan karena sering terpapar air hujan dan sinar matahari, sehingga perlu sering diberi oli agar tidak macet dan karatan, akhirnya rusak jadi barang rongsokan.

Tempat duduk depan dan belakang masih terlihat seperti baru dan bisa digunakan dengan enak tanpa kendala. Kondisi seperti ini karena bahan yang dipakai untuk membuat dudukan dan jok boncengan berasal dari bahan karet. Jenis bahan ini relatif awet walau sering kehujanan dan kepanasan.

contoh teks deskripsi tentang sepeda
contoh teks deskripsi tentang sepeda mini.

***

Warna penutup jok depan dan boncengan berwarna putih motif bunga. Penyangga boncengan terbuat dari besi yang cukup kuat sehingga tidak khawatir jika ada yang membonceng.

Jadi, secara umum kondisi sepeda mini warna merah ini gambarannya masih baik dan layak digunakan oleh seorang anak untuk bermain tanpa khawatir menimbulkan sesuatu yang membahayakan si anak.

***

Sepeda mini ini oleh yang empunya terkadang masih digunakan jalan-jalan di sekitar rumah, apalagi kalau musim penghujan, si anak dengan riang gembira menaikki sepeda sembari hujan-hujanan. Seringkali si anak menaiki sepeda dengan kecepatan tinggi tanpa memperhatikan kanan kirinya. Ciri khas kebiasaan seorang anak. Apalagi saat hatinya senang, seakan dia sendiri yang ada di dunia ini, persis seperti orang yang sedang jatuh cinta, dunia seakan hanya dia berdua 🙂

Dengan cara bersepeda seperti itu sebenarnya cukup membahayakan dirinya, untung saja kondisi sepedanya masih cukup baik dan kondisi dirinya fit. Oleh karena itu, sebagai orang tua perlu memberitahu dan memberi nasehat tentang cara bersepeda yang baik dan menyenangkan serta tidak membahayakan dirinya dan orang lain.

***

Demikian contoh teks deskripi tentang benda berupa sepeda mini untuk anak-anak. Melalui rangkaian kata-kata ini si pembaca diharapkan mengetahui gambaran utuh mengenai kondisi sepeda mini ini, sehingga tanpa melihat langsung pun bisa tahu secara detail. Aplikasi sesungguhnya dari teks paragraf deskripsi ini dapat dibaca pada karangan cerita pendek atau cerpen.

***

Untuk menyegarkan kembali pengetahuan dan pemahaman kita tentang teks deskripsi, berikut ini disajikan video pembelajaran tentang pengertian deskripsi.

 

02: Kesimpulan

Menurut  Prof. Drs. M. Atar Semi pengertian teks deskripsi adalah tulisan yang tujuannya memberikan perincian tentang objek sehingga dapat memberi pengaruh pada sentivitas dan imajinasi pembaca ataupendengar bagaikan mereka ikut melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami langsung objek tersebut

Menurut A. Widyamartaya  tujuan teks deskripsi adalah menyampaikan sesuatu hal dalam urutan atau rangka ruang denga nmaksud untuk menghadirkan di depan mata angan-angan pembaca segala sesuatu yang dilihat, didengar, dicecap, diraba, atau dicium oleh pengarang.

***

Dan beberapa contoh teks deskripsi yang telah kami sajikan di atas semoga bisa memberikan gambaran tentang tujuan, manfaat, ciri-ciri, jenis, struktur, dan kaidah kebahasaan teks deskripsi. Sehingga bisa membantu bagi siapa saja yang membutuhkan untuk tugas sekolah dan pembuatan karya tulis deskripsi.

Dan bila ingin tahu materi kebahasaan lainnya, Anda bisa mempelajari di teks narasi.

Demikian yang bisa kami sharing, semoga bermanfaat dan terima kasih.*****

manajemen keuangan dan SOP