Cara Membuat Teks Narasi Singkat Beserta Contohnya

Teks Narasi adalah gaya penulisan yang disusun secara sistematis dan terstruktur untuk menjelaskan suatu peristiwa atau kejadian secara runtut dari awal hingga akhir. Ada dua jenis narasi, yaitu ekspositoris dan sugestif.

Sedangkan gambar yang menggambarkan ide cerita atau narasi disebut gambar ilustrasi. Contohnya gambar ilustrasi tentang proses penyusunan Laporan Keuangan.

Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti pembahasan lengkap tentang teks narasi berikut ini …

 

01: Pengertian Narasi

Pengertian Narasi Adalah
Source: Pexels

A: Definisi Teks Narasi Menurut Para Ahli

Apa itu narasi?

Agar kita yakin bahwa definisi yang disajikan di artikel ini ada rujukan atau dalilnya, saya sajikan pengertian narasi menurut para ahli berikut ini:

01: Pengertian Teks Narasi Menurut Widjono:

Karya Teks Narasi adalah uraian yang menceritakan tentang sesuatu kejadian, kegiatan, kondisi secara kronologi dari awal mula sampai akhir, sehingga terlihat ada saling keterkaitan antara satu dengan yang lain.

Jadi dalam sebuah narasi ada unsur-unsur:

  • Kegiatan atau aktivitas manusia,
  • Waktu, dan
  • Hubungan dan saling keterkaitan antara aktivitas dalam waktu itu.

Kesatuan dari tiga unsur narasi tersebut di atas setelah dirangkai secara apik akan menjadi sebuah cerita atau karangan narasi yang bagus, berkesan, dan menggugah.

 

02: Penjelasan Teks Narasi Menurut Keraf

Keraf menjelaskan bahwa pengertian narasi adalah karya penulisan yang mengisahkan kehidupan yang dinamis selama rentang waktu tertentu.

Tanda adanya kehidupan adalah aktivitas atau kegiatan. Jadi narasi menggambarkan kisah aktivitas manusia pada rentang waktu tertentu. Selama rentang waktu tersebut apa saja yang telah dilakukan?

Pembuat atau penulis karya narasi berusaha menyajikan karya penulisannya agar pembaca seolah-olah tahu atau mengalami sendiri aktivitas itu.

Kelihaian dan kemampuan penulis dalam mengolah kata-kata sangat diperlukan agar menjadi kalimat yang bagus dan saling berkaitan antara suatu peristiwa-dengan peristiwa yang lain, antara suatu aktivitas dengan aktivitas yang lain, sehingga narasi yang dibangun benar-benar dapat diterima oleh pembaca.

Kemampuan bisa dibangun dengan belajar konsisten dan terus menerus. Kelihaian juga dapat dibangun melalui jam terbang dalam mempraktekkan ilmu yang diperoleh dari proses belajar.

 

B: Jenis Teks Narasi

Buku dan Pen

Secara umum ada dua jenis narasi yang sering digunakan dalam penulisan narasi adalah:

  1. Ekspositoris
  2. Sugestif

Yuk dibahas satu per satu ya …

01: Narasi Ekspositoris

Apa yang dimaksud narasi ekspositoris?

Pengertian narasi eksipositoris adalah pola pengembangan penulisan teks paragraf narasi yang menjelaskan kejadian, aktivitas, atau cerita secara utuh apa adanya.

Pola penulisan jenis narasi ini si penulis tidak boleh memberikan pendapatnya. Jadi, apa yang disajikan adalah benar-benar objektif.

Contohnya penulisan tentang suatu peristiwa yang terjadi hari ini di sudut kota A. Maka penulis harus menuliskan peristiwa atau kejadian tersebut apa adanya.

Bila penulisannya tidak sesuai, misalnya waktu kejadiannya pukul 11.00 WIB, kemudian ditulis menjadi jam 13.00. Atau si penulis memberikan komentar dan opini terhadap kejadian, maka hal tersebut sudah bukan jenis narasi ekspositoris

 

02: Narasi Sugestif

Apa yang dimaksud narasi sugestif?

Pengertian narasi sugestif adalah jenis penulisan narasi di mana penulis juga ikut memberikan komentar, opini, wacana, dan sugesti dalam karya tulisnya.

Sehingga hasil karya penulisannya cenderung bersifat subyektif.

Pada hasil karya narasi sugestif ada ‘sesuatu’ dari penulis yang dimasukkan ke dalam karya narasinya dengan tujuan tertentu.

Sebagai contoh narasi tentang motivasi pendidikan dan kesehatan.

 

B: Format dan Unsur Teks Narasi

Perempuan sedang membaca

Dari pengertian narasi yang telah disampaikan oleh para ahli dan berbagai jenisnya di atas, maka kita bisa menarik sebuah benang merah tentang format penulisan teks narasi.

Secara umum dalam teks narasi harus mengandung unsur-unsur penting antara lain:

  • Waktu
  • Peristiwa atau kejadian
  • Pelaku atau aktor
  • Alur cerita
  • Keterkaitan antar pelaku, peristiwa, waktu.

***

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh teks paragraf narasi sederhana berikut ini:

Contoh teks narasi  sederhana #1:

Pak Imam adalah seorang petani utun. Profesi itu sudah ia tekuni berpuluh-puluh tahun. Berangkat ke sawah ladang sebelum matahari terbit dan kembali ke rumah sebelum matahari tenggelam.

Pada suatu pagi, ketika matahari semburat sinarnya, seperti biasa ia berangkat ke sawah.

Dan ketika sampai di sawah….

Ia kaget luar biasa, tertegun, dan akhirnya lemas terduduk di pematang sawah. Muncul perasaan kehilangan, kecewa, dan marah.

Semua persendian seakan-akan lemas, loyo, dan hilang semangat meneruskan profesinya…

Padi yang sudah menguning dan sebentar lagi bisa dipanen, pagi itu habis diserang klowor.

***

Setelah beberapa saat keheningan pun lewat.

Pak Imam bangkit dari duduknya, ia mengambil kembali cangkul dan aritnya.

Lisannya tetap terdiam.

Wajahnya menyiratkan optimisme, pandangannya lurus menyapu seluruh persawahan, menyiratkan rencana yang akan di lakukan di masa depan.

Dan dengan penuh semangat ia memilah-milah padi yang masih bisa dimanfaatkan dan tidak.

Pekerjaan itu terus ia lakukan, hingga akhirnya tak terasa matahari berada tepat di atas kepalanya menandakan sudah tengah hari.

Ia pun istirahat, dan tak seberapa lama ia sudah terlihat menikmati bekal yang dibawakan isterinya dengan lahap.   Selesai.

***

Contoh teks paragraf narasi bahasa Inggris beserta artinya:

Dan satu lagi contoh teks narasi bahasa Inggris beserta terjemahan bahasa Indonesia-nya berikut ini:

It is inconvenient if international law is nothing but international morality, it is certainly not the whole of international morality, and it is difficult to see how we are to distinguish it from those other admittedly moral standards which we apply informing our judgements on the conduct of states.

***

Terjemahan bahasa Indonesia:

Alangkah tidak ada manfaatnya jika hukum internasional isinya hanya sekedar moral internasional, karena pasti tidak akan mampu mengakomodasi semua standar moral yang diakui sesuai dengan penilaian kita dengan mangacu pada norma yang berlaku di negara masing-masing.

***

Demikian dua contoh teks paragraf narasi tentang motivasi dan bahasa Inggris.

 

02: Contoh Narasi

computer & book

Agar pembahasan tentang teks narasi ini benar-benar bermanfaat dan mudah untuk dipraktikkan, kami akan sajikan contoh narasi singkat bahasa Indonesia dan Inggris.

Sepuluh contoh narasi dalam bahasa Indonesia dan dua contoh dalam bahasa Inggris.

Langsung saja yuk ikuti pembahasan beberapa jenis contoh teks narasi berikut ini …

 

A: Contoh Narasi Singkat Bahasa Indonesia

01: Contoh Karangan Narasi tentang Pendidikan

Contoh narasi sederhana ini adalah menarasikan tentang motivasi seseorang dalam berjuang untuk mewujudkan keinginan dan cita-citanya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Berikut ini contoh sajian narasi sugestif pendidikan:

narasi sugestif pendidikan
Contoh paragraf narasi sugestif pendidikan

***

Contoh narasi sugestif bagian #1:

Antok pun berlari kencang sambil menenteng selembar kertas ingin segera sampai di rumahnya.

Ia ingin segera mengabarkan berita gembira kepada abah dan emaknya.

Sebuah berita tentang pengumunan penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi.

Antok tak pernah kebayang bahwa aktivitas yang ditekuninya selama ini bisa mengantarkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Bahkan kedua orang tuanya pun tidak pernah membayangkan anaknya bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

***

Dua hari sekali Antok mengajari anak-anak di kampungnya belajar ngaji.

Malam dan pagi harinya ia gunakan untuk belajar mendalami serta menghafal Al Qur’an.

Setelah membantu orang tuanya ia pun bergegas berangkat ke sekolah menengah kejuruan. Aktivitas selanjutnya yang sudah menunggu selepas sekolah adalah memembantu orang tuanya bekerja di ladang dan sawah milik tetangganya.

Siklus hidup seperti itu ia jalani dengan sungguh-sungguh dan perasaan senang. Hingga tak terasa menginjak ujian kelulusan sekolah ia berpikir keras bagaimana cara melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ia sangat menyadari, dari segi kemampuan intelektual dan biaya sepertinya sangat sulit bahkan nyaris tidak bisa melanjutkan pendidikan.

***

Sampai suatu ketika ada pengumuman beasiswa dari sebuah lembaga pendidikan tinggi di kotanya.

Muncul sebersit cahaya harapan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan semangat ’45 Antok menyiapkan segala berkas persyaratan beasiswa. Dan setelah berupaya keras memenuhi seluruh persyaratan yang diminta, akhirnya Antok bisa mendaftar program beasiswa itu.

Ia tak pernah menyampaikan hal itu kepada kedua orang tuanya. Diam dan dirahasiakan, hanya dia dan Tuhan Yang Maha Lembut saja yang mengetahuinya.

 

Contoh narasi sugestif bagian #2:

Antok pun kembali dengan kesibukan seperti hari-hari sebelumnya, mengajar ngaji, membantu orang tua, dan terus memperdalam hafalan Al Qur’anya.

Seakan-akan ia sudah lupa dengan beasiswa perguruan tinggi.

Hingga di Senin pagi, 21 Desember 2020 ia dipanggil guru BK.

Dak dik duk tak karuan perasaannya, “Apa kesalahan yang telah dilakukan?” “Ada apa gerangan saya dipanggil?” dan berbagai pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab serta membuat ia makin penasaran.

Hingga akhirnya ia disuruh duduk oleh guru BK sambil diberi wejangan-wejangan hidup penuh arti.

Dan diakhir wejangan, sang guru BK memberikan selamat atas terpilihnya Antok menjadi salah satu penerima beasiswa di sebuah lembaga pendidikan.

***

Girang, gembira, bahagia dan senang, serta rasa syukur bercampur aduk dalam jiwa Antok.

Ia pun pulang dengan berlari. Sudah tak sabar ingin menyampaikan kabar luar biasa itu kepada orang tuanya.

Dan sesampai di rumah, emahnya kaget, “Antok, ada apakah gerangan kamu tidak seperti biasanya”

“Antok bisa kuliah di perguruan tinggi Mak” jawaban lirih keluar dari lisannya sambil memeluk emaknya.

Keduanya tenggelam dalam kesyukuran kehadirat Alloh Yang Maha Mengatur yang tak terucapkan dengan kata dan kalimat, teriakan keras yang tak terdengar oleh telinga.

***

Demikian contoh karangan narasi tentang pendidikan yang kami sajikan. Pada contoh teks narasi di atas, kita bisa membaca ada bagian pesan sugestif yang ingin disampaikan oleh penulis karangan.

Pesan itu adalah mengenai motivasi untuk terus belajar apapun kondisinya.

 

02: Contoh Paragraf Narasi tentang Kesehatan

Perhatikan contoh narasi singkat tentang kesehatan anak berikut ini:

narasi tentang kesehatan
Contoh paragraf narasi tentang kesehatan

***

Sebagian besar anak-anak pernah mengalami sakit.

Anak-anak yang mendapatkan makanan dan pengaturan yang baik jarang menderita sakit dibandingkan dengan yang mendapatkan makan secara tidak baik.

Anak-anak yang terlalu banyak bekerja dan tidak mendapatkan waktu untuk bermain dan untuk tidur akan lebih sering menderita sakit.

***

Imunisasi lengkap mencegah sebagian penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada anak-anak. Anak yang tidak mau makan, minum atau bermain mungkin tidak sedang berada pada fase awal suatu penyakit.

Perhatikanlah anak tersebut dengan cermat.

Bila seorang anak tidak memperoleh perawatan sejak dini maka sakitnya dapat menjadi berbahaya. Karena itu, penting sekali untuk mengobati anak-anak sejak dini. Anak-anak yang lemah dan beratnya kurang, lebih mudah terserang penyakit.

***

Pengobatan yang diberikan secara dini akan mengurangi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh penyakit. Seorang anak yang sakit tentu memerlukan makanan dan minuman untuk membantu melawan penyakitnya.

Apalagi jika ia sakit, tentu membutuhkan perawatan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa yang sakit. Janganlah sekali-kali meninggalkan anak yang sedang sakit dalam keadaan sendirian.

***

Demikian contoh paragraf narasi tentang kesehatan, yaitu menjelaskan mengenai upaya menjaga kesehatan sejak usia dini.

 

03: Contoh Narasi Informatif Tentang Sejarah

Bagaimana bentuk narasi informatif?

Perhatikan contoh teks narasi informatif tentang sejarah berikut ini:

teks informatif
Contoh teks informatif

***

Setelah empat puluh hari empat puluh malam berlalu teringatlah Raden Paku pada pesan ayahnya ketika berada di Samudera Pasai.

Ayahnya adalah Maulana Ishak pernah berpesan bahwa pada suatu ketika bila Raden Paku hendak mendirikan pesantren hendaklah mencari daerah yang tanahnya persis sama dengan tanah pemberiannya.

Kemudian Maulana Ishak memberikan sejumput tanah yang disimpan pada sebuah buntalan kain putih.

Raden Paku membawa tanah wasiat itu ke Pulau Jawa dan menyimpannya dengan rapi.

***

Buru-buru Raden Paku pulang ke rumah untuk mengambil tanah pemberian ayahnya kemudian pergi mengembara mencari daerah yang tanahnya sesuai dengan tanah pemberian ayahnya.

Melalui desa bernama Marganata, sampailah Raden Paku di suatu tempat dataran tinggi. Dia terus melangkah ke sebuah bukit. Di tempat itu ia merasakan suasana sejuk dan damai.

Dia kemudian mengeluarkan tanah yang dibawanya dari Samudera Pasai. Dan ternyata tanah itu cocok dan persis dengan tanah yang diinjaknya. Maka tempat itulah yang menjadi pilihan Raden Paku untuk mendirikan pesantren.

***

Dengan ada pesantren itu, Raden Paku lebih tenang dan mantap dalam mendidik murid-muridnya.

Makin hari makin bertambah banyak orang yang ingin belajar di sana. Bukan hanya dari seputar Gresik, Surabaya, Sidoarjo, namun dari pelosok tanah Jawa dan bahkan dari luar pulau.

Di sekitar pesantren Giri yang dahulu jarang dihuni orang, sekarang semakin ramai. Raden Paku yang kemudian dikenal sebagai Sunan Giri membantu penduduk yang kekurangan air dengan membuat sumur-sumur baru.

***

Demikian contoh narasi dan teks informatif tentang sejarah Sunan Giri.

 

04: Contoh Paragraf Narasi Sugestif Pendidikan

Berikut ini kami sajikan contoh paragraf narasi sugestif pendidikan:

narasi tentang pendidikan
Contoh karangan narasi tentang pendidikan

***

Awal sesuatu adalah menentukan banyak hal.

Setiap training, seminar, ceramah, diskusi, dan forum ilmiah akan sangat tergantung pada awalannya. Bila awalnya peserta sudah dimotivasi dengan semangat kebersamaan yang menggelegar, maka fokus dan perhatian peserta akan tertuju ke sesi yang dibahas.

Sebaliknya, jika sejak langkah pertama tidak ada tanda-tanda sesuatu yang menarik, bisa jadi suatu kelas atau pertemuan serta pelatihan menjadi tidak hidup. Ada yang berpendapat bahwa the first impression atau kesan adalah daya pikat hebat yang bisa mempengaruhi suasana.

Setiap guru, instruktur, trainer tentunya menginginkan acara yang dipandu berjalan dengan lancar dan mendapatkan perhatian serta bisa dimengerti oleh peserta. Oleh karena itu diperlukan sentuhan dahsyat yang tepat demi suksesnya suatu program pembelajaran.

***

Ice breaker adalah metode untuk membuat suasana yang kondusif. Penyesuaian pola pikir dan pola tindak ke satu titik adalah sesuatu yang dapat membuat kondisi menjadi dinamis dan fokus. Dinamis karena peserta dapat mengubah kegiatannya sendiri untuk mengikuti pola terstruktur yang sudah diarahkan oleh pengelola forum.

Fokus berarti pengalihan pemikiran dan konsep peserta menuju ke arah yang sama dengan yang disampaikan oleh pemandu program. Ice breaker yang sesuai memungkinkan proses pembelajaran bisa difokuskan ke arah pencapaian tujuan.

Selain itu, proses pembelajaran akan menjadi lebih dinamis, tidak membosankan, menyegarkan, dan menyenangkan. Kesan menyenangkan di permulaan proses pembelajaran adalah modal pokok untuk menciptakan proses pembelajaran berikutnya semakin menarik.

***

Menurut Anda, bagaimana contoh paragraf narasi sugestif pendidikan yang telah disajikan di atas?

 

05: Contoh Paragraf Narasi tentang Lingkungan Sekolah

Narasi ini menarasikan mengenai lingkungan sekolah, baik secara detail maupun garis besarnya saja.

Bagaimana format narasi mengenai lingkungan sekolah?

Berikut ini contohnya …

narasi tentang lingkungan sekolah
Contoh paragraf narasi tentang lingkungan sekolah

***

Semburat cahaya merah nampak di ufuk timur.

Suara burung bercicit di pohon bersahutan dengan kokok ayam dan lenguhan kerbau. Ketika Adit mulai mengayuh sepedanya menuju ke SMP Citra Maju Pratama, tempat ia menuntut ilmu. Jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, tiga kilo meter.

Sehingga ia sangat menikmati indahnya pemandangan di sekelilingnya dan menghirup dalam-dalam segarnya udara pagi. Adit menghela nafas, mengisi paru0parunya penuh sambil terus mengayuh sepeda.

Tak terasa Jalan Kalibening Bedana sudah lewat. Sekolahnya tinggal beberapa saat lagi. Hari ini, puji syukur kehadlirat Tuhan Yang Maha Penyayang semua berjalan lancar.

Gapura sekolah sudah tampak di depan, matahari sudah mulai naik pertanda hari mulai menjelang siang.

***

Adit turun dan menuntun sepedanya, karena harus antri bersama siswa lain yang akan memasuki lingkungan sekolah menengah pertama. Riuh rendah suara para siswa yang antri sambil menuntut sepeda, dan jalan kaki.

Dia terus menuntun sepedanya, karena setelah gapura sekolah akan ada lokasi parkir. Sejenak ia mengedarkan pandangannya ke seluruh sudut parkiran. Tempat parkir sekolah itu sudah terisi separoh lebih. Bagian paling ujung diisi oleh kendaraan staf guru dan pegawai tata usaha.

Tiba-tiba matanya menangkap pemandangan area  kosong yang membuatnya bersemangat menuju ke sana, dan benar saja di area parkir itu baru terlihat beberapa sepeda yang mengisinya. Dengan cekatan Adit memarkir sepeda onthel-nya dan bergegas berjalan menuju ruang kelas IX.

Jarak lokasi parkir dengan ruang belajar sekitar sepuluh meter, hingga hanya beberapa menit Adit sudah berada di bangku favoritnya, dan melakukan persiapan untuk mengikuti proses belajar mengajar. Guru pengajar pun sudah datang dan proses belajar mengajar dimulai.

***

Demikian contoh paragraf narasi tentang lingkungan sekolah, bagaimana lingkungan sekolah kalian?

 

06: Contoh Teks Narasi Cerita Imajinasi

Berikut ini disajikan contoh text narasi cerita imajinasi:

narasi cerita imajinasi
Contoh teks narasi cerita imajinasi

***

Sebuah benda hitam berpendar cahaya melesat cepat keluar dari lubang cacing (wormhole) bergerak secepat cahaya menuju bumi.

Dan setelah menempuh bertahun cahaya benda itu sampai di angkasa bumi, dan berputar-putar seakan memilih tempat yang tepat untuk mendarat.

Dan setelah mendarat, benda aneh itu ternyata mahluk hidup dari galaksi lain yang mampir di bumi. Kostumnya mirip Gatutkaca. Tidak seperti yang kita lihat di Transformer, atau seperti Satria Baja Hitam. Tapi mirip pahlawan dari tanah Jawa tempo dulu.

Iya, ksatria itu adalah Gatotkaca si pembela kebenaran. Lalu ngapain dia ke bumi? Mau ngopikah? Atau mau jadi pahlawan pembela kebenaran seperti film-film super hero. Entahlah ia masih kecapaian dan jagongan sambil nge-teh.

Sembari nunggu sholat Dhuhur, Mas Gatutkaca nyari-nyari mushola atau masjid, dan ternyata setiap kompleks, dan gang ada, wow benar-benar tempat yang nyaman untuk ketemu dengan Gusti Alloh Ingkang Maha Wenang.

***

Setelah lama menunggu, dalam hatinya ia berkata “kok tidak ada azan ya” atau mungkin itu bukan tempat beribadah. Ia bingung dengan keadaan di sekelilingnya.

Clingak-clinguk ia mengawasi sekitanya, barangkali ada mahluk lain yang bisa ditanya. Kebetulan di depannya ada seorang berpakaian jins belel, beranting, tubuh bertato yang sedang berjalan sambil mulutnya komat-kamit kayak orang wiridan.

Buru-buru Mas Gatutkaca memanggilnya dengan bahasa isyarat. Dan yang dipanggil kaget melihatnya, dalam pikirannya “Siang-siang kok pakai kostum wayang, mau main di mana?”

“Ada apa Mas Gatutkaca siang-siang gini kok sudah siap main wayang orang?”

Mas Gatutkaca clingak-clinguk lagi tidak tahu apa yang dikatakan.

Akhirnya yang ditanya pun pergi dengan lisan tetap komat-kamit seperti sedang marapalkan mantra-mantra ajian sakti.

Dan Mas Gatutkaca masih bingung dengan keadaan lingkungan sekitarnya, lalu sambil clingak-clinguk berjalan mengelilingi kampung baru tersebut.

***

Demikian contoh teks narasi cerita imajinasi. Sesuai dengan jenisnya yaitu imajinasi, maka contoh di atas hanyalah suatu imajinasi dengan tokoh pewayangan yaitu Gatutkaca. Semoga memunculkan inspirasi baru.

 

07: Contoh Narasi tentang Diri Sendiri

Apa yang dimaksud narasi tentang diri sendiri?

Adalah sebuah narasi yang menarasikan mengenai diri sendiri atau pribadi. Tokoh yang digunakan biasanya ‘aku’ atau ‘saya’.

Perhatikan contohnya berikut ini:

narasi tentang diri sendiri
Contoh narasi tentang diri sendiri

***

Contoh narasi tentang diri sendiri bagian #1:

Esok harinya, aku tinggalkan rumah dan kampung halaman dengan semangat membuncah. Semangat untuk meraih masa depan yang cerah dan membahagiakan. Sebuah langkah awal untuk meraih dan mewujudkan mimpi-mimpiku yang telah dipendam bertahun-tahun.

Tidak aku hiraukan tatapan sedih emak dan tatapan bangga abah. Aku telah bertekad dengan sungguh-sungguh untuk menjalani proses menggapai cita-cita dari sebuah kota metropolitan di ujung Pulau Jawa.

***

Hari makin larut malam. Namun aku masih senang menggerakkan jari-jemariku di atas tuts-tuts keyboard laptop. Aku masih belum ingin beranjak meninggalkan kursi belajar ini.

Aku biarkan sepoi-sepoi angin malam kota metropolitan bebas masuk dari bilik jendela yang sengaja aku buka.

Mata ini masih enggan untuk diajak ke peraduan. Lembaran-lembaran buku-buku referensi masih setia menemani hari-hariku, dan aku pun masih setia dengan aktivitas rutinku, duduk di depan meja belajar kamarku.

***

Dan tak tersadarkan pikiran ini melayang ke masa kecil di kampung halaman. Saat aku hidup bersama adik laki-laki ku. Aku dekat dengannya karena kami hanya dua bersaudara. Tapi kami memiliki karakter yang sangat berbeda. Perlakuan yang kami terima juga berbeda.

Sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, aku selalu mencapai ranking di jajaran terbaik. Namun saudaraku rankingnya ‘gak ke-itung’ bahasa Surabaya-nya alias ranking bawah.

Aku lebih senang berdiam di rumah, mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah bersama orang tua, membaca buku, majalah dan buku apa saja yang menarik.

Sedangkan adikku lebih sering tidak di rumah, dan jarang banget membantu pekerjaan orang tua. Kondisi seperti itulah yang mungkin menyebabkan orang tua lebih menyayangi aku, apalagi nilai-nilai akademisku lumayan bagus.

Selain itu, kedua orang tuaku juga sering melontarkan pujian dan membanggakanku. Seringkali beliau memberikan nasehat kepada adikku dengan membandingkan dengan keadaanku.

Pola seperti itu justeru tidak membuat adikku sadar kemudian dengan semangat mambaja berlari mengejar ketertinggalannya. Sekali lagi tidak, tapi justeru sebaliknya, nasehat orang tua kepada adikku menjadi bumerang.

Makin hari adikku makin sulit diatur “sakarepe’ dhewek” kata orang Tegal.

 

Contoh teks narasi bagian #2:

Ketika aku menginjak semester 6 kuliahku. Kesibukanku sebagai mahasiswa makin banyak, disela-sela aktivitas kuliahku aku gunakan untuk berorganisasi. Selain itu untuk menambah pemasukkan aku mengajar les anak SMP dan SMP. Lumayanlah bisa untuk menambah uang jajan.

Ketika libur semester 6 aku mudik. Dan kondisi adikku masih kayak yang dulu, setia dengan kebengalannya, setiap saran, masukkan dan nasehat yang diberikan hanya masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

Lingkungang pergaulannya pun semakin luas, tidak hanya dengan anak-anak kampung, tapi sudah melebar ke kampung sebelah dan anak kota di mana ia bersekolah menengah kejuruan.

***

Sejak saat itu aku kudu ikut bertanggung jawab dengan masa depan adikku. Kalau pun tidak bisa membantu materi, paling tidak bisa membantu saran dan motivasi serta perhatian.

Dan setahun setelah lulus SMK, adikku masuk kuliah di sebuah kampus satu kota dengan tempat kuliahku. Lumyan masih bisa membantu, paling tidak membantu mendengarkan curhatan hatinya 🙂

Dan seminggu sekali bisa mentraktir nasi pecel Madiun di Surabaya Selatan. Makin asik aja deh hidup ini, penuh warna dan dinamika.

Kalau memberi nasehat, nggak deh. Adikku sudah kenyang denga berbagai nasehat sejak bertahun-tahun yang lalu. Bisa-bisa terlalu banyak nasehat bikin mual lalu tidak mau lagi ngobrol dengan aku.

 

Contoh paragraf narasi bagian #3:

Jam di kamar kos ku berdentang dua belas kali, menyadarkanku dari asiknya menulis artikel SEO pesanan dari pengelola website bisnis. Aku bangkit menuju peraduan, ‘bleg’ sudah tak ingat apa-apa dan terbangun mendengar azan di waktu Subuh.

Dan sejenak kemudian, aku sudah duduk kembali di depan laptop teman setiaku. Jari jemariku sudah menari-nari di atas tuts-tuts keyboard laptop mengetikkan hasil olah akal dan otak.

Lima ribu kata sudah aku selesaikan. Alhamdulillah. Tinggal membaca ulang dan mengoreksi ejaan dan huruf yang salah atau tidak pas.

***

Tak terasa, empat tahun empat bulan aku ada di kota metropolitan ini. Banyak sudah pengalaman selama menjalani kehidupan ini. Senang dan sedih bercampur baur menghasilkan pemahaman utuh tentang kehidupan.

Tak terasa, keharuan ini muncul setelah dosen penguji menyatakan aku lulus. Aku tidak tahu apa yang membuatku haru, apakah karena senang, bahagia, bangga, atau perasaan plong, entahlah…

Kehidupan terus berjalan. Aku pun kudu siap dan menjalani session-session berikutnya dari cerita utuh sebuah film.

***

Demikian contoh teks narasi tentang diri sendiri atau cerita pendek tentang diri sendiri yang bisa disajikan. Contoh yang kami berikan ini tentunya berbeda dengan contoh biografi, biodata, autobiografi, dan cerita diri sendiri saat interview.

 

08: Contoh Karangan Narasi tentang Liburan di Masa Pandemi

Contoh narasi berikutnya adalah mengenai liburan di masa pandemi. Kondisinya tentu tidak sama dengan masa normal.

Namun paling tidak kita bisa mensiasatinya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga bisa me-refresh pikiran dan kebiasaan agar tetap semangat untuk melakukan aktivitas rutin.

Berikut ini contoh narasinya …

narasi tentang liburan
Contoh karangan narasi tentang liburan

***

Contoh narasi tentang liburan bagian #1:

Excellent! Nge-backpakeran lagi.

Kali ini nge-bacpakerannya tidak mengunjungi kota-kota besar dengan hiruk-pikuk dan kesibukannya di negeri ini. Sebaliknya, jalan-jalannya nyari tempat-tempat sepi dan tidak ada kerumunan. Asyik banget kan? 🙂

Sembari melatih hati, pikiran, perasaan, dan kepekaan terhadap lingkungan serta kemanusiaan. Melatih untuk berkomunikasi kepada diri sendiri, melakukan dialog teatris dengan semua penghuni tubuh ini.

Dan perjalanan liburan dimulai dari ujung timur pulau Jawa, mlipir ke jalur pantura dan berganti dengan perjalanan kaki menyusuri wilayah Jawa Tengah bagian tengah. Tepatnya di pegunungan Rogojembangan dan sekitarnya.

***

Menikmati sego megono dengan beberapa tempe goreng selimut tepung di warung sederhana pinggiran salah satu kota pantura, serasa seperti backpacker internasional yang nongkrong di resto internasional.

Segelas teh melati pahit tidak ketinggalan melengkapi sarapan pagi ala backpaker kampung, klop!

Perjalanan dilanjutkan ke arah selatan, salah satu jalur populer menuju kawasan wisata legendaris Dieng Plateu. Sepanjang jalur ini Anda tidak akan merasa bosan, kanan kiri jalan terhampar pemandangan dan panorama yang mengesankan mata dan hati serta perasaan.

Sepanjang jalan, kita akan disuguhi pemandangan hutan, sungai berkelok, lembah, dan suasana pedesaan yang membuat kita takjub dan diam tanpa bisa berkata.

Apalagi ketika melewati jalur ‘Sibelis’, adrenalin kita akan berkobar mengglegak. Suatu area legendaris yang menanjak, berkelok-kelok, dan angker, namun indah.

Jalan yang sekarang dilewati bukanlah jalan lama yang saat melewatinya ‘merinding’. Perbaikan yang dilakukan sudah lumayan sih, namun tingkat kesulitan untuk melewatinya tetap saja tak berubah. Dugaanku, insinyur sipil yang merancang dan mengerjakan jalur tersebut masih kurang berpengalaman menggarap jenis jalan seperti itu.

***

Setelah melewati jalur ‘Sibelis’, mata ini disuguhi lagi pemandangan alam karya Tuhan Yang Maha Indah terus bisa dinikmati.

Semakin naik, udara makin dingin. Jenis pohon dan tumbuhan yang ditanam oleh para petani pun sudah berganti, dari tumbuhan dataran rendah yang panas ke tumbuhan khas dataran tinggi. Kentang, kubis, bawang daun, kopi, teh banyak dijumpai di sepanjang jalan.

Sampailah di kota kecamatan Paninggaran, kota kecil yang cukup terkenal dengan hasil cengkeh dan tehnya. Di sini ada perkebunan dan pabrik teh yang dulu cukup besar.

Melewati kawasan ini mengingatkan pada foto-foto hitam putih di buku sejarah yang pernah dipelajari ketika di bangku sekolah. Atau mengingatkan pada beberapa hasil karya penulisan dan film tempo dulu.

 

Contoh narasi #2:

Tak jauh dari kota kecamatan Paninggaran, kita akan melewati perbatasan kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara. Daerah ini dikenal sebagai ‘Wates’ dalam bahasa Jawa yang berarti batas.

Sebelah selatan Wates adalah kota kecamatan Kalibening, salah satu kota kecila wilayah utara kabupaten Banjarnegara. Suhu udara di wilayah ini semakin dingin jika dibandingkan dengan Paninggaran.

Sebelum melanjutkan perjalanan, sempatkan mampir untuk menikmati makanan khas Kalibening. Rasakan indahnya makan sambil menikmati udara pegunungan yang bersih dan segar.

Di sepanjang jalan dari pantura sampai Kalibening ini sudah merupakan lokasi wisata raksasa yang sangat menarik dan ujungnya nanti di pegunungan Rogojembangan dan Dataran Tinggi Dieng.

Benar-benar sebuah pengalaman nge-backpakeran yang luar biasa. Aku yang sejak kecil ada di sini, setiap melewati jalur-jalur ini terasa ada yang baru dan selalu berkesan serta tak ada bosan-bosannya, apalagi bagi yang belum pernah melewati jalur ini. Di jamin WOW banget!. Cobalah.

***

Demikian contoh narasi pendek tentang liburan asik dengan perjalanan wisata sederhana dan murah tanpa perlu mengeluarkan duit banyak. Liburan tetap asik walau dengan budget pas-pasan.

 

09: Contoh Paragraf Narasi tentang Kampung Halaman

Berikut ini adalah contoh narasi mengenai kampung halaman.

Bagaimana bentuk narasinya?

Yuk ikuti contoh teks narasi berikut ini…

narasi tentang kampung halaman
Contoh paragraf narasi tentang kampung halaman

***

Contoh teks paragraf narasi bagian #1:

Gapura desa sudah kelihatan di depan mata. Matahari mulai lingsir ke barat. Joni Gondrong memacu sepeda motornya lebih cepat lagi, karena setalah gapura desa akan ditemui jalan menanjak lumayan tinggi.

Di atas jalanan yang tinggi Joni Gondrong berhenti sejenak, sambil mengedarkan pandangannya ke sungai yang mengalir di bawahnya.

Saat itu air sungai sedang surut, batu-batu kali bertonjolan di sana-sini. Rumpun bambu di sisinya berkesiuran di tiup angin, menimbulkan bunyi-bunyian berirama khas kampung halaman.

Sungai itu berbelok ke utara, bertemu dengan kali Lamongan. Rumahnya hanya sekitar lima ratur meter dari sisi sungai itu di sebelah utara.

***

Untuk mengalihkan rasa capek yang melandanya, Joni Gondrong  membuka helm duduk di pinggir jalan sambil terus memandangi aliran sungai yang berkelok-kelok seperti seekor naga yang sedang menggerakkan tubuhnya.

Dalam pikirannya ia berusaha untuk melukiskan bahagia di benaknya., dan akhirnya ia berhasil meghilangkan rasa capek dan letih itu.

Ia bahagia karena karena akan bertemu dan bercengkerama dengan Bapak Ibunya serta teman-teman akrabnya.

Kini ia tak perlu lagi menunggangi sepeda motor modifannya untuk beberapa lama. Butuh beberapa menit untuk sampai di depan rumahnya.

 

Contoh paragraf narasi tentang kampung halaman bagian #2:

Setelah dirasakan cukup menikmati pemandangan seputaran kampung halamannya, Joni Gondrong  bangkit berdiri bersiap-siap melanjutkan perjalanan ke rumahnya. Tinggal satu kilometer dari tempat ia berdiri sekarang. Terpancar dari wajahnya ada aura kebahagian yang sulit untuk dilukiskan dengan kata serta kalimat.

Dengan penuh semangat dan tenaga fresh ia kembali memacu sepedanya menuju rumah orang tuanya. Dan setelah beberap saat, ia sudah sampai di halaman rumahnya. Dari kejauhan sosok perempuan yang sudah tidak asing lagi baginya menyambut kedatangannya.

Joni Gondrong tidak sanggup menahan seduh sedan lagi, di sudut tangis ibunya terdengar keharuan dan kerinduan kepada anaknya.

Sepuluh tahun sudah Joni Gondrong meninggalkan kedua orang tuanya. Suatu kejadian pahit yang menyebabkan kepergiannya, maklum darah mudahnya masih menggelegar bak ombak samudera selatan yang sulit dijinakkan.

Namun, setelah sepuluh tahun berlalu cahaya kebijakan berpendar menyinari pribadi Joni Gondrong. Ia yang dulu urakan, sulit diatur, dan tidak mau mendengar kata orang tuanya, kini berubah total menjadi pribadi yang bijak, wisman kata Scorpion dalam sebuah lirik lagunya.

***

Waktu dan lingkungan keras telah merubah kepribadian dan mindset hidupnya. Perjalanan panjang dengan berbagai kalangan, dari kelas buangan sampai sampai elit pernah ia sentuh.

Hingga suatu peristiwa yang ia alami mengingatkan dan mengembalikan kesadarannya kepada emak dan abahnya. Ia ingat kembali masa-masa kecil hingga remaja dalam asuhan tangan lembut emaknya.

Suasana sore hari belajar ngaji di TPQ dengan guru-guru ngaji yang tulus, dibayar sesukanya. Kebersaamaan yang tulus dengan teman-teman ngajinya. Suasana seperti itu tidak pernah ia dapatkan, semua ada hitungannya.

Kata orang bijak, pada akhirnya orang ingin dan akan kembali pada pada asalnya. Tanah akan kembali pada tanah. Persis seperti pola lingkaran. Mungkin seperti itulah apa yang dijalani oleh Joni Gondrong.

Tuhan Yang Maha Sempurna mungkin telah menciptakan Joni Gondrong sesuai dengan tugas yang telah diberikan. Dan perjalanan baru pun segera menantinya.

***

Demikian contoh teks paragraf narasi tentang kampung halaman. Bagaimana dengan kampung halaman Anda?

Silahkan dinarasikan seindah-indahnya 🙂

 

10: Contoh Teks Narasi Panjang

Teks narasi panjang adalah salah satu pengembangan paragraf narasi menjadi suatu cerita karangan yang relatif panjang atau cerpen.

Contoh-contoh narasi yang sudah diketengahkan sebelumnya sebenarnya bisa dijadikan suatu karangan teks narasi panjang. Kita tinggal mengembangkannya sesuai dengan tema yang akan ditulis.

Perhatikan contoh teks narasi panjang berikut ini:

teks narasi panjang
Contoh teks narasi panjang

***

Bermain adalah salah satu naluri manusia, terutama pada anak-anak. Jika kita mengajak bermain maka mereka akan langsung menyambut dengan senang hati dan menuntut bermain terus. Atas dasar itulah sebenarnya kita dapat berbuat banyak.

Melalui bermain kita bisa menanamkan berbagai pemahaman yang beraneka macam, terutama yang berkaitan dengan keehatan umum, kebersihan, dan pengobatan. Semua hal itu dapat diupayakan melalui aktivitas dengan anak-anak.

***

Melalui berbagai macam permainan, anak-anak dapat mempelajari berbagai macam sarana kehidupan, misalnya alat transportasi darat, laut dan udara.

Dengan permainan mereka juga dapat mengenal alat rumah tangga, pasar, fasilitas umum beserta komponen-komponennya, seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

Melalui pemberian mainan kepada anak, orang tua juga dapat mengamati kecenderungan dan bakat mereka, sehingga dapat mengarahkan mereka ke sekolah dan bidang kehidupan yang paling sesuai dengan ‘given’ atau bawaannya. Dan menghindari mereka dari kegagalan hidup karena salah memilih bidang yang tidak tepat.

Ada sementara anak yang kelihatannya suka mengutak-utik mainan. Jika usaha untuk merakit mainannya tidak berhasil, terkadang anak tersebut emosi dan bahkan menghancurkan mainnya.

Dalam keadaan seperti itu, orang tua tidak boleh memarahi, memukul apalagi sampai tidak membelikan mainan serupa, karena perlu diingat, anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap rahasia segala sesuatu.

Tugas orang tua dalah membantu untuk mengatasi semua kesulitan yang dihadapi oleh seorang anak. Dengan demikian berarti orang tua telah mengarahkannya untuk menjadi seorang ahli mesin dan berbagai skill lainnya.

***

Sebagai orang tua yang penting adalah harus bermain dengan anak-anak kita dalam apa saja yang mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi mereka. Orang tua dapat menanam biji-bijian dan mengikuti perkembangannya dari waktu ke waktu.

Orang tua juga dapat beternak ikan, unggas, dapat juga melakukan aktivitas mengumpulkan perangko. Sesungguhnya orang tua tidak akan kekurangan daya kreatifitas jika selalu dibangkitkan.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah orang tua tidak akan berhasil memberikan berbagai permainan kepada anak bila setelah itu anak-anak dilepaskan untuk memecahkan sendiri problema yang dihadapinya.

Orang tua perlu menyertai permainan anak-anaknya meskipun hanya satu jam sehari, baik di siang maupun malam hari.

Orang tua perlu memberitahukan kepada mereka apa yang perlu dilakukan yaitu dengan terus mengikuti cara kerja (prosedur) dan hasil yang sudah dicapai. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak tahu dan mencintai permainannya.

***

Demikian yang dapat kami sajikan tentang contoh teks narasi panjang. Anda dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

 

B: Contoh Teks Narasi Singkat Bahasa Inggris

Membaca Buku

01: Contoh Narasi Proses Belajar Mengajar di Kelas

Mr Budi was a worried man.

It was only his first year as a teacher and he was finding it very difficult. The children didn’t seem to respect him same how.

Whatever he ask them to do, the y did the opposite. They laughed at him behind his back. And they were always playing tricks on him.

The was what happened with Jono. He had been certain that Jono stomach ache was just trick.There was a big math test on Friday and Jono hated math.

But it wasn’t. The stomach ache was real. Jack was in hospital and Mr Budi was in trouble.

***

Artinya adalah sebagai berikut:

Bapak Budi sedang galau.

Dia baru mengajar selama satu tahun, dan menurut dia menjadi pengajar itu tidak mudah. Murid-muridnya, entah mengapa terlihat tidak menghormatinya.

Apa pun tugas yang dia berikan pada murid-muridnya, mereka justeru mengerjakan yang sebaliknya. Para muridnya tertawa di belakang Pak Budi. Dan mereka selalu mengerjainya.

Itulah yang terjadi pada Jono. Pak Budi yakin sakit perut Jono hanya akal-akalanya dia saja. Hari Jum’at akan ada ulangan matematika, dan Jono tidak suka soal matematika.

Namun ternyata Jono tidak mengerjai Pak Budi. Sakit perut itu sungguhan. Jono masuk rumah sakit dan Pak Budi mendapat kesulitan.

***

teks narasi bahasa Inggris
Contoh teks narasi bahasa Inggris

 

02: Contoh Narasi Keuangan Bisnis

Perhatikan contoh narasi tentang finance & business dalam bahasa Inggris berikut ini:

The lower the value per ton of a good, the greater is the percentage addition made to its price by a fixed charge per ton-mile for transport.

Thus, if coal is Rp 800.000 a ton and tin Rp 260.000.000 a ton at the place of production, a given transport charge forms a percentage of the price of coal a hundred times greater than the price of tin. Hence transport costs may restrict the market for goods with with a low value per ton, if even is, as is often the case they are carried at relatively low rates.

***

Terjemahan bahasa Indonesia:

Semakin rendah nilai per ton suatu barang, maka semakin tinggi persentase tambahan biaya terhadap harga barang disebabkan adanya penambahan biaya transportasi untuk mengangkut setiap ton barang tersebut.

Jadi, jika batubara harganya Rp 800.000 per ton dan timah Rp 260.000.000 per ton di tempat produksinya, beban biaya transportasi untuk mengangkut batubara 100 kali lebih besar daripada beban biaya untuk mengangkut timah.

Oleh karena itu, biaya transportasi bisa mempengaruhi harga barang yang murah harga per tonnya di pasar. Jika barang yang murah tersebut harus diangkut, maka gunakanlah angkutan yang relatif murah.

 

03: Contoh Narasi di Sebuah Sudut Rumah Sehat

News travels fast in a hospital.

Andrian Wijaya had told his other neighbor Claudia, who was suffering from asthma. Claudia had told Pono, who was hanging upside down with two broken legs.

Pono Had told Hasanah, who was having tests. Hasanah had told Joko, who had just had her tonsils out. Joko had whispered it to Jono, who had grommets. Rio had told his mother and that was the scream from the other end of the ward.

***

Versi bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

Berita menyebar cepat di rumah sakit.

Andrian Wijaya sudah memberitahu tetangganya yang lain, Claudia yang menderita sakit asma. Claudia memberitahu Pono yang kedua kakinya patah dan harus digantung.

Pono memberitahu Hasanah yang sedang menjalani pemeriksaan. Hasanah memberitahu Joko, yang baru saja operasi amandel. Joko membisiki Jono, yang memakai slang kecil untuk mengeluarkan cairan di kedua telinganya. Jono memberitahu ibunya dan dari wanita itulah jeritan di ujung lain bangsal berasal

 

 04: Contoh Narasi Bahasa Inggris Tentang Kesehatan

Berikut ini contoh paragraf narasi tentang kesehatan dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya:

paragraf narasi tentang kesehatan
Contoh paragraf narasi tentang kesehatan

***

When the chamber of the left-sided heart fail (left ventricle or left atrium/auricle), symptoms are largely caused by the congestion of the lungs.

The main symptoms of left-sided heart failure is breathlessness, a subject of discomfort in dysphoes. At first the breathlessness occurs on exertion, especially in climbing stairs and hills.

The patient is unable to perform the exercise that he was previously able to do. Obviously one must exclude the possibility that the breathlessness will disappear when weight is reduced and exercise is resumed by training. One must also distinguish the breath, which is often a symptoms of psychological disturbance.

***

Terjemahan bahasa Indonesia-nya:

Ketika bilik jantung sebelah kiri mengalami gangguan (left ventricle left atrium/auricle), muncul gejala-gejala yang disebabkan oleh adanya penyempitan di paru-paru.

Gejala utama yang disebabkan oleh gangguan pada bilik jantung sebelah kiri tersebut adalah sesak napas, suatu perasaan tidak nyaman di sekitar ‘dysphoes’. Awalnya sesak napas terasa pada saat menguras tenaga, terutama ketika menaiki anak tangga dan mendaki bukit.

Si penderita tidak mampu lagi melakukan kegiatan tertentu yang sebelumnya bisa dia lakukan. Yang jelas, orang tidak boleh lagi beranggapan bahwa sesak napas akan bisa diatasi dengan cara mengurangi berat badan dan berolahraga. Orang juga harus bisa membedakan gejala sesak napas yang disebabkan oleh gangguan psikologis.

***

Sebagai referensi berikutnya kami sajikan video tentang wacana, narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi dan persuasi berikut ini:

 

03: Kesimpulan

Teks, paragraf, dan karangan narasi banyak digunakan oleh para penulis untuk menghasilkan karya-karya penulisannya.

Teks narasi adalah gaya penulisan yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa, aktivitas, atau kegiatan secara runtut dalam urutan kronologi, di mana setiap bagiannya saling berkaitan dari awal sampai akhir.

Format penulisan karya narasi secara dibagi menjadi pembukaan, isi, dan penutup.

Unsur-unsur utama dalam teks narasi adalah tokoh, kronologi waktu, alur dan tahapan, dari pembukaan, klimaks, penutup.

Ada dua jenis teks narasi yang sering digunakan, yaitu sugestif dan ekspositoris. Ada juga narasi artistik berupa gambar yang menggambarkan ide cerita atau disebut sebagai gambar ilustrasi.

Demikian sedikit yang dapat kami bagikan tentang teks narasi lengkap, semoga bermanfaat. Terima kasih.*****

manajemen keuangan dan SOP