Panduan Super LENGKAP & Tips Cara Membuat Laporan Keuangan Beserta Contoh+Analisisnya

Fungsi Laporan Keuangan digunakan untuk menilai kondisi keuangan perusahaan saat ini dan memprediksi hasil operasi dari arus kas di masa mendatang.

Sebagai contoh, staf kredit di bank menggunakan laporan keuangan perusahaan untuk memutuskan apakah suatu perusahaan layak diberi pinjaman atau tidak.

Begitu pinjaman diberikan, peminjam dapat diminta untuk mempertahankan rasio jumlah aset terhadap kewajiban pada tingkat tertentu. Dan Laporan keuangan perusahaan digunakan untuk memonitor rasio ini.

Let’s dive right in…

Bila Anda tidak punya waktu untuk membaca seluruh panduan membuat Laporan Keuangan+Tips simple ini sekarang.

Jangan khawatir, saya akan mengirimkan kepada Anda salinannya dalam bentuk PDF, sehingga Anda bisa membacanya saat senggang. Cukup beri tahu saya ke mana harus mengirim.

Ya beri saya Artikel Tips + Panduan Membuat Laporan Keuangan PDF

 

#1: Pengertian Laporan Keuangan menurut Para Ahli

pengertian laporan keuangan

Di buku I (pertama) Principles of Accounting – Indonesia Adaptation, Laporan Keuangan adalah laporan yang disiapkan untuk para pengguna setelah transaksi-transaksi dicatat dan dirangkum.

Masih menurut penjelasan dalam buku tersebut, Laporan Keuangan terdiri dari:

  • Laporan Laba Rugi
  • Laporan Ekuitas Pemilik
  • Neraca
  • Laporan Arus Kas

Definisi Laporan Keuangan dalam buku Essentials of Financial Management karya Eugene F. Brigham menuliskan bahwa:

“Laporan Keuangan adalah beberapa lembar kertas dengan angka-angka yang tertulis di atasnya, tetapi penting juga untuk memikirkan aset-aset nyata yang berada di balik angka-angka tersebut”

Jika kita dapat memahami bagaimana dan mengapa akuntansi ada serta bagaimana laporan keuangan digunakan.

Kita akan dapat membayangkan dengan lebih baik apa yang sedang terjadi dan mengapa informasi akuntansi memiliki arti yang begitu penting.

Sedangkan dalam buku Intermediate Accounting, karya Dr. Zaki Baridwan, Msc. Ak dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dituliskan bahwa:

Pengertian Laporan Keuangan adalah:

definisi laporan keuangan

Masih dalam buku ini, menjelaskan bahwa laporan ini dibuat oleh manajemen dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan pekerjaan yang dibebankan kepadanya oleh para pemilik perusahaan.

Selain itu, laporan ini juga digunakan sebagai laporan kepada pihak-pihak di luar perusahaan.

Ada juga Laporan Keuangan Konsolidasian, di mana menurut Keputusan Ketua Bapepam dan LK  Nomor: Kep-347/BL/2012 tanggal 25 Juni 2012, adalah:

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan keuangan suatu kelompok usaha yang disajikan sebagai suatu entitas ekonomi tunggal yang menggabungkan seluruh entitas yang dikendalikan oleh emiten atau perusahaan publik, termasuk entitas bertujuan khusus (EBK).

Dari pemaparan mengenai pengertian laporan keuangan, maka sangat penting artinya laporan tersebut bagi:

  • Bank konvensional dan syariah, seperti: Bank Mandiri, Bank Bri, Bank BCA, OCBC NISP, Bank Muamalat.
  • Perusahaan publik dan non publik, seperti: Telkom, XL Axiata, Honda, Carrefour, Garuda Food, Garuda Indonesia, Unilever, Indosat, Wika, Kimia Farma, Jasa Marga, Jasa Raharja
  • Koperasi, restoran, yayasan, masjid, rumah sakit, sekolah, universitas, organisasi nirlaba, LSM, UKM, usaha kecil, online shop, laundry, cafe.

 

 

#2: Jenis Laporan Keuangan

jenis laporan keuangan

Secara umum, dan sedikit sudah disinggung dalam pembahasan mengenai pengertian laporan keuangan menurut para ahli di atas, ada 4 (empat) jenis laporan keuangan, yaitu:

  1. Laporan Laba Rugi (Statements of Profit or Loss)
  2. Neraca / Laporan Posisi Keuangan (Statements of Financial Position)
  3. Laporan Perubahan Ekuitas / Modal (Statements of Changes in Equity)
  4. Laporan Arus Kas (Statements of Cash Flows)

Dan sekarang saatnya membahas masing-masing jenis laporan keuangan tersebut, mulai dari pengertian hingga cara membuat dan contohnya.

Then, move onto topics

 

#3: Laporan Laba Rugi (Statements of Profit or Loss)

laporan keuangan laba rugi

Pembahasan topik laporan laba rugi ini, which leads us to…

  • Pengertian laporan laba rugi
  • Jenis-jenis laba
  • Bentuk laporan laba rugi
  • Elemen-elemen laporan laba rugi
  • Cara membuat laporan laba rugi
  • Contoh laporan laba rugi

 

Pengertian Laporan Laba Rugi menurut Para Ahli

Definisi Laporan Laba Rugi adalah Laporan yang merangkum pendapatan dan beban perusahaan selama suatu periode akuntansi, misalnya satu kuartal atau satu tahun.

Pengertian lain dari laporan laba rugi adalah:

cara membuat laporan laba rugi

 

Laporan Laba Rugi Komprehensif

Kita juga mengenal laporan laba rugi komprehensif. Apa yang dimaksud dengan laporan laba rugi komprehensif?

Menurut Keputusan Ketua Bapepam dan LK  Nomor: Kep-347/BL/2012 tanggal 25 Juni 2012, menyebutkan bahwa laporan laba rugi komprehensif adalah laporan yang menyajikan seluruh pos penghasilan dan beban yang diakui dalam suatu periode.

Unsur laporan laba rugi komprehensif terdiri dari 2 komponen, yaitu:

  1. Laba rugi, dan
  2. Pendapatan komprehensif lainnya

***

Dari uraian pengertian laporan laba rugi di atas kita dapat melihat fungsi laporan laba rugi ini, yaitu sebagai tools (alat) untuk mengetahui pertumbuhan yang dicapai perusahaan dan untuk mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode.

Dua perusahaan yang memiliki aktivitas hampir sama dalam penjualan, biaya operasi, dan aset, namun perusahaan yang membiayai aktivitasnya dengan hutang akan melaporkan laba bersih yang lebih rendah.

Why?

Karena perusahaan yang memiliki utang mempunyai beban bunga yang dikurangkan dari LABA OPERASINYA.

Oleh karena itu, jika kita ingin membandingkan kinerja operasi perusahaan, penting untuk memusatkan perhatian  pada laba sebelum mengurangi pajak dan pemayaran bunga atau biasa dikenal dengan istilah EBIT (earning before interest and taxes).

Laporan laba rugi menyajikan biaya dan pendapatan berdasarkan prinsip matching concept. Yakni sebuah konsep yang memadankan biaya dan pendapatan yang dihasilkan dalam periode terjadinya biaya / beban tersebut.

Laporan laba rugi juga menyajikan selisih lebih pendapatan terhadap biaya yang terjadi.

Jika pendapatan LEBIH BESAR daripada biaya, selisihnya disebut LABA.Sedangkan jika biaya melebihi pendapatan selisihnya disebut RUGI.

 

Jenis-jenis Laba

Jenis laba laporan laba rugi

Membahas laporan laba rugi, termasuk langkah-langkah membuat laporan laba rugi, tidak akan terlepas dari pembahasan tentang jenis-jenis laba dan akun yang masuk dalam laporan laba rugi.

Jenis-jenis laba antara lain:

Laba Bruto

Definisi Laba Bruto adalah Laba yang diperoleh dari hasil perhitungan Penjualan/ pendapatan dikurangi dengan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Laba Operasi

Definisi Laba Operasi adalah laba yang dihitung dari Laba Bruto dikurangi dengan jumlah biaya operasi.

Laba Sebelum Pajak

Definisi Laba Sebelum Pajak adalah Laba yang diperoleh dari akumulasi Laba Operasi dengan pendapatan (biaya) lain-lain. Laba ini juga dikenal laba bersih sebelum pajak.

Laba Setelah Pajak

Definisi Laba Setelah Pajak adalah laba yang diperoleh dari perhitungan laba sebelum pajak dikurangi dengan taksiran pajak penghasilan. Laba setelah pajak dikenal juga dengan laba bersih setelah pajak.

Laba Ditahan Akhir Periode

Definisi laba ditahan akhir periode adalah laba yang diperoleh dari hasil perhitungan laba setelah pajak ditambah laba ditahan awal periode, kemudian dikurangi dengan koreksi laba ditahan.

Kalau ada yang nanya, “laba ditahan masuk dalam laporan apa?”

Salah satu jawabannya adalah dalam laporan laba rugi, di samping juga di neraca.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai jenis-jenis laba ini, perhatikan ilustrasi berikut:

Jenis Laba di Laporan Laba Rugi
Ilustrasi: Jenis Laba di Laporan Laba Rugi

 

Format/Bentuk Laporan Laba Rugi

Bentuk Laporan Laba Rugi dapat di-ilustrasikan dengan sebuah gambar sebagai berikut:

format laporan laba rugi
ilustrasi: format laporan laba rugi

 

Elemen-elemen laporan laba rugi

Dari ilustrasi bentuk laporan laba rugi di atas, kita dapat membaca bahwa elemen atau akun yang masuk dalam laporan laba rugi adalah:

  • Penjualan/pendapatan
  • Harga pokok penjualan (HPP)
  • Biaya-biaya
  • Bunga, tax, dan penyusutan

 

Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Untuk membuat Laporan Laba Rugi, kita harus mengerti dan memahami bentuk dan elemen atau akun utama yang masuk dalam laporan laba rugi.

Dua hal ini, yaitu format laporan dan akun utama yang masuk dalam laporan sudah dibahas sebelumnya, lengkap dengan ilustrasi.

Balik ke pertanyaan awal, mengapa harus memahami format dan elemen laporan laba rugi?

I’ll explain…

Misalnya kita akan buat rumah minimalis sederhana, maka kita kan harus tahu bentuk rumah yang akan dibuat. Kemudian komponen eksterior dan interior rumah.

“kan nggak seperti legenda Bandung Bondowoso, yang dalam semalam membuat 1000 candi” 🙂

Demikian juga jika kita akan membuat laporan laba rugi, maka kita pun harus mengerti format laporan dan elemen-elemennya.

Sederhanya seperti ini, kita catat setiap transaksi sesuai dengan jenisnya selama satu periode, misalnya sebulan atau setahun.

Setelah dihitung saldo akhir setiap jenisnya, kemudian sajikan sesuai format laporan laba rugi. Jadi deh sebuah laporan laba rugi. Mudah kan?

I’ll explain with an example…

Perhatikan contoh langkah-langkah membuat laporan laba rugi berikut ini:

Pada tanggal 04 Januari 2018, Pak Budi mendirikan PT Manajemen Keuangan Network yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa Akuntansi Keuangan, kursus & training akuntansi, dan pajak dengan setoran modal awal sebesar Rp 80.000.000.

Aset dan kewajiban, serta pendapatan dan beban PT Manajemen Keuangan Network selama periode tahun 2018 adalah sebagai berikut:

  • Utang usaha = Rp 12.200.000
  • Piutang usaha = Rp 31.350.000
  • Kas = Rp 53.050.000
  • Pendapatan honor = Rp 263.200.000
  • Tanah = Rp 80.000.000
  • Beban lain-lain = Rp 12.950.000
  • Beban kantor = Rp 63.000.000
  • Bahan habis pakai = Rp 3.350.000
  • Beban gaji = Rp 131.700.000

Dari data-data tersebut, dapat dibuat laporan keuangan laba rugi sederhana untuk tahun berjalan yang berakhir pada 31 Desember 2018, sebagai berikut:

contoh Laporan laba rugi excel
keterangan: contoh Laporan laba rugi sederhana excel

 

 

#4: Neraca / Laporan Posisi Keuangan (Statements of Financial Position – Balanced Sheet)

Definisi Neraca

Let’s dive right in…

  • Pengertian Laporan Keuangan Neraca menurut Para Ahl
  • Format dan komponen-komponen Laporan Keuangan Neraca
  • Cara Membuat Laporan Keuangan Neraca dan Contohnya

 

Pengertian Laporan Keuangan Neraca menurut Para Ahli

Definisi neraca adalah suatu laporan mengenai posisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu.

Ada pengertian lain dari laporan keuangan neraca adalah:

Pengertian neraca keuangan

Neraca mencerminkan “foto” posisi keuangan suatu perusahaan pada waktu tertentu. Bila disajikan dalam bentuk T, maka sisi sebelah kiri laporan neraca menyajikan aset yang dimiliki perusahaan.

Sedangkan sisi sebelah kanan menyajikan kewajiban / utang dan ekuitas / modal perusahaan.

Sampai di sini jelas kan untuk yang menanyakan “Apa yang dimaksud dengan neraca dan laporan laba rugi?”

sekarang dilanjutkan lagi…

 

Format Laporan Posisi Keuangan / Neraca

Secara umum format neraca (balanced sheet) adalah sebagai berikut:

Format Laporan Keuangan Neraca
Ilustrasi: format neraca perusahaan

Dari ilustrasi format neraca di atas, ada 3 elemen yang menyusun sebuah neraca, yaitu:

  • Aset

    • Aset Lancar: kas dan setara kas, piutang usaha, persediaan
    • Aset Tetap: tanah, bangunan, Mesin
  • Kewajiban / Utang

    • Kewajiban Lancar / Utang jangka pendek: upah & pajak yang masih harus dibayar, utang usaha, wesel tagih
    • Kewajiban jangka panjang
  • Modal / Ekuitas

    • Saham biasa
    • Laba ditahan

Nah, sampai di sini ada yang tanya nih, ” Laba ditahan masuk dalam laporan apa?” jawabannya sudah jelas kan seperti pada penjelasan komponen neraca.

 

Cara Membuat Laporan Neraca

Untuk bisa membuat laporan keuangan neraca yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), kita harus mengerti dan memahami bentuk laporan neraca dan elemen-elemen yang menyusun laporan tersebut.

Kalau ada yang nanya “mengapa harus sesuai dengan standar yang berlaku?”

Iya, HARUS sesuai dengan standar akuntansi keuangan, karena laporan keuangan memang ada standarnya yang ditetapkan dan diakui oleh negara dan di dunia.

Kecuali anda akan membuat laporan keuangan untuk diri sendiri, ya monggo, format dan standarnya terserah anda sendiri, namun tidak diakui oleh pengguna lain seperti pajak atau investor:)

Kembali ke cara membuat laporan neraca, cara sederhananya adalah begini, catat semua transaksi yang sesuai dengan elemen-elemen yang menyusun neraca, yaitu ada 3 elemen.

Setelah itu sajikan sesuai dengan format laporan keuangan neraca, jadi deh…

Gampang kan? Ringkasnya seperti itu.

Agar semakin jelas, mari saya sajikan contoh prmbuatan laporan keuangan sederhana neraca berikut ini:

Masih menggunakan data-data dari PT Manajemen Keuangan Network pada contoh pembuatan Laporan Laba Rugi di atas, maka laporan posisi keuangan / neraca per 31 Desember 2018 adalah sebagai berikut:

Neraca
contoh neraca perusahaan

 

 

#5: Laporan Perubahan Modal/Ekuitas

laporan perubahan modal adalah

Pembahasan makalah laporan perubahan modal (Statements of Changes in Equity – istilah Laporan Prtubahan Modal in English) antara lain:

  • Pengertian Laporan Perubahan Ekuitas / Modal
  • Format Laporan Perubahan Moda
  • Cara Membuat dan Laporan Perubahan Modal

 Pengertian Laporan Perubahan Ekuitas / Modal menurut Para Ahli

Definisi laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan perubahan dalam modal / ekuitas pemilik usaha untuk suatu periode tertentu.

Pengertian lain dari Laporan Perubahan Modal adalah:

laporan perubahan modal adalah

Laporan perubahan modal dibuat setelah laporan laba rugi, kenapa? Karena bagian yang harus ada dalam laporan perubahan modal adalah jumlah laba atau rugi periode pelaporan.

Laporan Perubahan modal juga dibuat sebelum laporan keuangan neraca, kenapa? Karena jumlah modal pemilik pada akhir periode pelaporan harus dilaporkan di neraca.

Jadi, ada saling keterkaitan antara laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan neraca.

 

Format Laporan Perubahan Modal

Bagaimana format atau bentuk laporan perubahan modal?

Untuk memudahkan pemahaman terhadap format laporan ini, coba perhatikan ilustrasi berikut ini:

rumus laporan perubahan modal
contoh format laporan perubahan modal

Dari ilustrasi format dasar laporan perubahan modal di atas, kita dapat mengetahui bahwa komponen-komponen yang menyusun laporan perubahan modal antara lain:

  • Modal awal pemilik, bisa satu orang atau beberapa orang tergantung dari jenis entitas.
  • Tambahan investasi selama periode pelaporan
  • Laba bersih selama periode pelaporan
  • Penarikan
  • Kenaikan pada ekuitas pemilik

 

Cara Membuat Laporan Perubahan Modal

Dengan menggunakan data-data dari PT Manajemen Keuangan Network seperti pada contoh pembuatan Laporan Laba Rugi di atas, dengan tambahan data sebagai berikut:

  • Pak Budi melakukan investasi tambahan sebesar Rp 50.000.000 selama periode berjalan.
  • Pak Budi juga menarik uang sebesar Rp 30.000.000 untuk keperluan pribadi.

Maka sekarang kita buat laporan perubahan modal step-by-step sebagai berikut:

Cara sederhananya hampir sama seperti membuat laporan laba rugi dan neraca, yakni kita hitung saldo tiap elemen, kemudian sajikan sesusai format laporan.

Simple….

Dan untuk laporan perubahan modal,  THEN you get to the result::

Contoh soal jawaban laporan perubahan modal
contoh laporan perubahan modal

 

 

#6: Laporan Arus Kas (Statements of Cash Flows)

materi laporan arus kas

Apa saja yang akan dibahas pada bagian ini?

  • Pengertian Laporan Arus Kas
  • Format Laporan Arus Kas
  • Cara Membuat Laporan Arus Kas

Pengertian Laporan Arus Kas menurut Para Ahli

Definisi Laporan Arus Kas adalah laporan yang menyajikan dampak aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan suatu perusahaan pada arus kas sepanjang periode akuntansi.

Ada juga pengertian yang disampaikan oleh ahli akuntansi lain, bahwa laporan arus kas adalah:

tujuan laporan arus kas

 

Format Laporan Arus Kas

Perhatikan format laporan arus kas berikut ini:

manfaat laporan arus kas
contoh format laporan arus kas

Laporan arus kas terdiri atas 3 bagian, seperti yang kita lihat pada format di atas, yaitu:

  • Aliran kas dari aktivitas operasi
  • Aliran kas dari aktivitas investasi
  • Aliran kas dari aktivitas pendanaan

Setiap aktivitas akan dijelaskan secara singkat berikut ini:

Aliran kas dari aktivitas operasi

Pada bagian ini berisi tentang ringkasan penerimaan dan pengeluaran kas dari aktivitas operasi perusahaan.

Arus kas bersih dari aktivitas operasi biasanya akan berbeda dari jumlah laba bersih dalam suatu periode.

Perbedaan ini terjadi karena pendapatan dan biaya belum dicatat pada saat yang sama dengan saat kas diterima dari pembeli atau dibayarkan ke kreditor.

 

Aliran kas dari aktivitas investasi

Pada bagian ini berisi tentang transaksi kas untuk pembelian dan penjualan dari aset yang sifatnya permanen (aset tetap), seperti tanah, gedung, pabrik, mesin.

Misalnya, PT Manajemen Keuangan Network membeli tanah senilai Rp 80.000.000 seperti pada contoh pembuatan laporan arus kas di bawah.

 

Aliran kas dari aktivitas pendanaan

Bagian ini melaporkan transaksi kas yang berhubungan dengan investasi kas oleh pemilik, peminjaman, dan penarikan kas oleh pemilik.

Perhatikan contoh laporan arus kas PT Manajemen Keuangan Network, dimana ada tambahan investasi dari Pak Budi selaku pemilik sebesar Rp 50.000.000 dan menarik uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp 30.000.000.

 

Cara Membuat Laporan Arus Kas

Untuk membuat laporan arus kas, sebagai contoh masih menggunakan studi kas PT Manajemen Keuangan Network, seperti untuk membuat laporan laba rugi, neraca, dan laporan perubahan modal.

Untuk memudahkan dalam pembuatan dan menyiapkan laporan arus kas, maka kita membuat ringkasan arus kas untuk kas PT Manajemen Keuangan Network untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2018 sebagai berikut:

cara membuat laporan arus kas
Langkah membuat laporas arus kas: ringkasan arus kas

Saldo kas per 04 Januari 2018 adalah Rp 72.050.000

Which leads us to…

Dari data-data tersebut, maka kita dapat membuat laporan arus kas PT Manajemen Keuangan Network untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2018 sebagai berikut:

laporan arus kas perusahaan jasa
Contoh laporan arus kas perusahaan jasa

 

 

#7: Contoh Laporan Keuangan

contoh laporan keuangan perusahaan

Berikut ini saya sajikan contoh laporan keuangan perusaahan, dagang, jasa, dan manufaktur, lengkap mulai laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

 

Contoh #1:  Laporan keuangan perusahaan dagang

Laporan keuangan perusahaan dagang

Hero Supermarket:

Contoh laporan laba rugi perusahaan dagang:

contoh laporan laba rugi perusahaan dagang

contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan dagang

contoh income statement perusahaan dagang

 

Contoh Neraca perusahaan dagang:

contoh neraca perusahaan dagang

contoh laporan posisi keuangan perusahaan dagang

contoh neraca keuangan perusahaan dagang

 

Contoh laporan perubahan modal perusahaan dagang:

contoh laporan perubahan modal perusahaan dagang

 

Contoh laporan arus kas perusahaan dagang:

contoh laporan arus kas perusahaan dagang

contoh laporan cash flows perusahaan dagang

Contoh catatan atas laporan keuangan perusahaan dagang:

Contoh atas laporan keuangan perusahaan dagang

 

Contoh #2: Laporan keuangan perusahaan Jasa

Laporan keuangan perusahaan jasa

PT Pelindo III:

Contoh laporan laba rugi perusahaan jasa:

contoh laporan laba rugi perusahaan jasa

contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan jasa

 

Contoh Neraca perusahaan jasa:

Contoh Neraca perusahaan jasa

Contoh laporan posisi keuangan perusahaan jasa:

Lanjutan neraca…

laporan hutang jangka pendek perusahaan jasa

hutang jangka panjang perusahaan jasa

Contoh balanced sheet perusahaan jasa

 

Contoh laporan perubahan modal perusahaan jasa:

contoh laporan perubahan modal perusahaan jasa

 

Contoh laporan arus kas perusahaan jasa:

contoh laporan arus kas perusahaan jasa

contoh laporan cash flow perusahaan jasa

contoh laporan aliran kas perusahaan jasa

 

Contoh catatan atas laporan keuangan perusahaan jasa:

Contoh Catatan atas laporan keuangan perusahaan jasa

 

Contoh #3: Laporan keuangan perusahaan Manufaktur

Laporan Keuangan perusahaan manufaktur

PT Krakatau Steel:

Contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur:

contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur

contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan manufaktur

contoh laporan keuangan laba rugi komprehensif perusahaan manufaktur

contoh laporan laba rugi komprehensif perusahaan manufaktur

 

Contoh Neraca perusahaan manufaktur:

 

Contoh laporan perubahan modal perusahaan manufaktur:

contoh laporan prubahan modal perusahaan manufaktur

 

Contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur:

contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur

contoh laporan aliran kas perusahaan manufaktur

contoh laporan cash flow perusahaan manufaktur

 

Contoh catatan atas laporan keuangan perusahaan manufaktur:

Contoh Catatan atas laporan keuangan perusahaan maufaktur

 

 

#8: Analisis Laporan Keuangan

makalah analisis laporan keuangan

Let’s dive right in…

  • Pengertian analisa laporan keuangan
  • Rangkuman ukuran-ukuran analisis Laporan Keuangan:
    • Analisis Profitabilitas
    • Analisis Solvabilitas
    • Hubungan antara analisis solvabilitas dan profitabilitas
  • Contoh Analisis Laporan Keuangan Lengkap

 

Pengertian analisa laporan keuangan

Laporan keuangan memberikan banyak informasi yang dapat dipakai oleh para pengguna dalam membuat keputusan ekonomi tentang perusahaan.

Untuk melakukan analisis lengkap atas laporan keuangan tersebut dengan menggabungkan ukuran analisis individual.

Prosedur analisis dapat digunakan untuk membandingkan pos-pos di laporan periode berjalan dengan di laporan periode sebelumnya.

Prosedur analisis juga digunakan secara luas untuk memeriksa hubungan di laporan keuangan.

Ukuran-ukuran analisis tersebut, bukanlah tujuan akhir, namun hanya memberikan arah dalam mengevaluasi data keuangan dan aktivitas perusahaan.

Ada faktor-faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan, yaitu tren industri dan kondisi ekonomi secara umum.

Dalam menentukan tren, keterkaitan antar ukuran yang digunakan untuk menilai sebuah perusahaan, harus dipelajari secara seksama.

Indeks dari periode-periode sebelumnya yang dapat dibandingkan juga harus dipelajari.

Data dari perusahaan pesaing dapat berguna dalam menilai efisiensi kegiatan operasi untuk perusahaan yang dianalisis.

Akan tetapi, dalam membuat suatu perbandingan, pengaruh perbedaan dalam metode akuntansi yang digunakan oleh perusahaan juga harus dipertimbangkan.

 

Rangkuman ukuran-ukuran analisis Laporan Keuangan

contoh soal analisis laporan keuangan

Analisis Profitabilitas

Pengertian analisis solvabilitas adalah analisis laporan keuangan untuk menilai kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba.

Analisis profitabilitas menitikberatkan terutama pada hubungan antara hasil kegiatan operasi seperti yang dilaporkan di laporan laba rugi dengan sumber daya yang tersedia bagi perusahaan, seperti yang dilaporkan dalam neraca.

Analisis utama yang digunakan dalam menilai profitabilitas antara lain mencakup:

#1: Rasio penjualan bersih terhadap aset

Kegunaan rasio ini adalah untuk menilai efektivitas dalam penggunaan aset. Metode perhitungannya adalah:

Penjualan Bersih : Rata-rata total aset (tidak termasuk investasi jangka panjang)

#2: Tingkat pengembalian terhadap total aset

Rasio ini digunakan untuk menilai profitabilitas aset, metode perhitungan yang digunakan adalah:

(Laba Bersih + Beban Bunga) : Rata-rata Total Aset

#3: Tingkat pengembalian terhadap ekuitas pemegang saham

Manfaat rasio ini digunakan untuk menilai profitabilitas dari investasi yang dilakukan oleh pemegang saham.

Cara melakukan perhitungan adalah sebagai berikut:

Laba Bersih : Rata-rata Total Ekuitas Pemegang Saham

#4: Tingkat pengembalian terhadap ekuitas pemegang saham biasa

Analisis ini untuk menilai profitabilitas investasi yang dilakukan oleh pemegang saham biasa.

Metode perhitungan yang digunakan adalah:

(Laba Bersih – Dividen Saham Preferen) : Rata-rata Ekuitas Pemegang Saham Biasa

#5: Laba per saham biasa

Fungsi analisis ini sama dengan analisis no. 4, sedangkan cara menghitung analisis laba per saham biasa adalah:

(Laba Bersih – Dividen Saham Preferen) : Jumlah Saham Biasa yang Beredar

#6: Rasio harga terhadap laba

Rasio ini digunakan untuk menunjukkan prospek laba di masa mendatang, berdasarkan hubungan antara harga pasar saham biasa dan laba.

Rumus yang digunakan untuk menghitung rasio ini adalah:

Harga Pasar per Lembar Saham Biasa : Laba per Saham Biasa

#7: Dividen per saham biasa

Analisis ini berfungsi untuk menunjukkan sejauh mana laba dibagikan kepada pemegang saham biasa.

Perhitungan yang digunakan adalah:

Dividen : Jumlah Lembar Saham Biasa yang Beredar

#8: Hasil dividen

Analisis hasil dividen digunakan untuk menunjukkan tingkat pengembalian kepada pemegang saham biasa dalam bentuk dividen.

Cara perhitungan yang digunakan untuk analisis ini adalah:

Dividen per Saham Biasa : Harga Pasar per Lembar Saham Biasa

 

Analisis Solvabilitas

rasio analisa laporan keuangan

Pengertian analisis solvabilitas adalah analisis laporan keuangan untuk menilai kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajiban yang telah jatuh tempo.

Analisis solvabilitas menitikberatkan pada kemampuan perusahaan untuk membayar atau memenuhi kewajiban lancar dan jangka panjangnya.

Kemampuan tersebut biasanya dapat dinilai dengan memeriksa hubungan dalam laporan keuangan neraca menggunakan analisis utama berikut:

#1: Modal Kerja

Analisis ini digunakan untuk menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi yang jatuh tempo saat ini. Metode perhitungan analisis adalah:

Aset Lancar – Kewajiban Lancar

#2: Rasio Lancar

Fungsi rasio lancar sama dengan analisis modal kerja, yaitu digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam membayar utang yang sudah jatuh tempo sekarang.

Rumus untung menghitung rasio lancar adalah:

Aset Lancar : Kewajiban Lancar

#3: Rasio Cepat

Analisis yang digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar utang seketika.

Perhitungan yang digunakan dalam rasio cepat adalah:

Aset Cair : Kewajiban Lancar

#4: Perputaran Piutang

Analisis untuk menilai efisiensi dalam menagih piutang dan dalam manajemen kredit.

Metode perhitungan yang digunakan adalah:

Penjualan Bersih : Rata-rata Piutang

#5: Jumlah Hari Penjualan dalam Piutang

Kegunaan dari analisis ini sama dengan analisis perputaran piutang (no. 4), yakni mengukur efektivitas dalam penagihan dan pengelolaan kredit, yaitu dengan menghitung jumlah harinya.

Metode perhitungan yang digunakan adalah:

Rata-rata Piutang : Rata-rata Penjualan Harian

#6: Perputaran Persediaan

Kegunaan analisis perputaran persediaan adalah untuk menilai efisiensi dalam manajemen persediaan.

Metode perhitungan yang digunakan adalah sebagai berikut:

Harga Pokok Penjualan (HPP) : Rata-rata Persediaan

#7: Jumlah hari penjualan dalam persediaan

Fungsi analisis jumlah hari penjualan dalam persediaan sama dengan kegunaan analisis perputaran persediaan (no. 6) yaitu berkaitan dengan efisiensi manajemen persediaan, dengan diukur berdasarkan jumlah harinya.

Metode perhitungan yang digunakan untuk analisis ini adalah:

Rata-rata Persediaan : Rata-rata Harga Pokok Penjualan Harian

#8: Rasio aset tetap terhadap kewajiban jangka panjang

Analisis rasio aset tetap terhadap kewajiban jangka panjang adalah untuk menunjukkan margin keamanan bagi kreditor jangka panjang.

Rumus yang digunakan untuk menghitung analisis ini adalah:

Aset Tetap (Bersih) : Kewajiban Jangka Panjang

#9: Rasio kewajiban terhadap ekuitas pemegang saham

Rasio kewajiban terhadap ekuitas pemegang saham digunakan untuk menunjukkan margin keamanan bagi kreditor.

Metode perhitungan yang digunakan adalah:

Total Kewajiban : Total Ekuitas Pemegang Saham

#10: Berapa kali beban bunga diperoleh

Analisis ini berfungsi untuk menilai risiko bagi kreditor dalam hal jumlah beban bunga yang dihasilkan.

Rumus analisa laporan keuangan ini adalah:

(Laba Sebelum Pajak Penghasilan + Beban Bunga) : Beban Bunga

 

Hubungan antara analisis solvabilitas dan profitabilitas

rumus analisa laporan keuangan

Faktor-faktor dalam solvabilitas dan profitabilitas saling berhubungan. Sebuah perusahaan yang gagal membayar utangnya secara teratur dapat mengalami kesulitan dalam memperoleh kredit.

Kekurangan dana yang tersedia dapat menyebabkan penurunan dalam profitabilitas perusahaan, bahkan perusahaan bisa pailit.

Demikian juga, sebuah perusahaan yang kurang mampu menghasilkan laba dibandingkan pesaingnya, kemungkinan akan mendapatkan kesulitan dalam memperoleh kredit atau modal baru dari pemegang saham.

 

 

Contoh Analisis Laporan Keuangan Lengkap 

contoh analisa laporan keuangan

Sebelumnya, kita telah membahas panjang lebar mengenai analisis laporan keuangan, baik menggunakan analisis solvabilitas dan profitabilitas beserta rasio-rasio keuangan yang digunakan sebagai alat analisis.

Nah sekarang kita terapkan untuk melakukan analisis laporan keuangan.

Perhatikan contoh soal dan jawaban Analisis Laporan Keuangan:

Contoh soal:

Berikut adalah laporan keuangan komparatif PT Manajemen Keuangan Network untuk tahun-tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018 dan 2017.

Harga pasar saham biasa PT Manajemen Keuangan Network adalah sebesar Rp 30.000 pada tanggal 31 Desember 2017, dan Rp 25.000 pada tanggal 31 Desember 2018.

Laporan Laba Rugi Komparatif:

contoh soal laporan laba rugi

 

Laporan Laba Ditahan Komparatif:

bentuk laporan laba ditahan

 

Neraca Komparatif:

Format neraca komparatif

neraca keuangan komparatif

Hitunglah angka-angka berikut untuk tahun 2018:

  1. Modal Kerja
  2. Rasio Lancar
  3. Rasio Cepat
  4. Perputaran piutang usaha
  5. Jumlah hari penjualan dalam piutang
  6. Perputaran persediaan
  7. Jumlah hari penjualan dalam persediaan
  8. Rasio aset tetap terhadap kewajiban jangka panjang
  9. Rasio kewajiban terhadap ekuitas pemegang saham
  10. Berapa kali beban bunga diperoleh
  11. Berapa kali dividen untuk saham preferen diperoleh
  12. Rasio penjualan bersih terhadap aset
  13. Tingkat pengembalian terhadap total aset
  14. Tingkat pengembalian terhadap ekuitas pemegang saham
  15. Tingkat pengembalian terhadap ekuitas pemegang saham biasa
  16. Laba per saham biasa
  17. Rasio harga terhadap laba
  18. Dividen per saham biasa
  19. Hasil dividen

 

Jawaban:

Modal Kerja:

= Rp 1.500.000.000 – Rp 750.000.000
= Rp 750.000.000

Rasio Lancar:

= Rp 1.500.000.000 : Rp 750.000.000
= 2,0

Rasio Cepat:

= Rp 750.000.000 : Rp 750.000.000
= 1,0

Perputaran piutang usaha:

= Rp 5.000.000.000 : [(Rp 425.000.000 + Rp 325.000.000) : 2]
= 13,3

Jumlah hari penjualan dalam piutang:

= Rp 5.000.000.000 : 365 = Rp 13.699.000
= Rp 375.000.000 : Rp 13.699.000
= 27,4 hari

Perputaran persediaan:

= Rp 3.400.000.000 : [(Rp 720.000.000 + Rp 480.000.000) : 2]
= 5,7

Jumlah hari penjualan dalam persediaan:

= Rp 3.400.000.000 : 365 = Rp 9.315.000
= Rp 600.000.000 : Rp 9.315.000
= 64,4 hari

Rasio aset tetap terhadap kewajiban jangka panjang:

= Rp 2.093.000.000 : Rp 1.210.000.000
= 1,7

Rasio kewajiban terhadap ekuitas pemegang saham:

= Rp 1.960.000.000 : Rp 1.883.000.000
= 1,0

Berapa kali beban bunga diperoleh:

= (Rp 545.000.000 + Rp 105.000.000) : Rp 105.000.000
= 6,2

Berapa kali dividen untuk saham preferen diperoleh:

= Rp 245.000.000 : Rp 40.000.000
= 6,1

Rasio penjualan bersih terhadap aset:

= Rp 5.000.000.000 : [(Rp 3.593.000.000+Rp 2.948.000.000):2]
= 1,5

Tingkat pengembalian terhadap total aset:

= (Rp 245.000.000+Rp 105.000.000):[(Rp 3.843.000.000+Rp 3.173.000.000):2]
= 10,0%

Tingkat pengembalian terhadap ekuitas pemegang saham:

= Rp 245.000.000:[(Rp 1.883.000.000+Rp 1.723.000.000):2]
= 13,6%

Tingkat pengembalian terhadap ekuitas pemegang saham biasa:

= (Rp 245.000.000 – Rp 40.000.000):[(Rp 1.383.000.000+Rp 1.223.000.000):2]
= 15,7%

Laba per saham biasa:

= (Rp 245.000.000 – Rp 40.000.000): Rp 50.000
= Rp 4.100

Rasio harga terhadap laba:

= Rp 25.000 : Rp 4.100
= 6,1

Dividen per saham biasa:

= Rp 45.000.000 : 50.000
= Rp 900

Hasil dividen:

= Rp 90.000 : Rp 25.000
= 3,6%

Demikian contoh penerapan analisis laporan keuangan. Jenis industri, struktur modal dan keragaman kegiatan operasi perusahaan biasanya memengaruhi ukuran yang digunakan.

Sebagai contoh, analisis untuk maskapai penerbangan, seperti Air Asia dan Garuda Indonesia dapat mencakup pendapatan per mil penumpang dan biaya per kursi yang tersedia sebagai ukuran.

Demikian juga analisis untuk hotel dapat menitikberatkan pada tingkat hunian.

 

 

#9: BONUS Download Contoh Laporan Keuangan

laporan keuangan pdf

Berikut saya sediakan contoh laporan keuangan pdf bagi yang ingin mengunduhnya di link berikut:

Silahkan tinggal klik saja dan laporan keuangan pdf lengkap siap meluncur di komputer, laptop, atau gadget Anda.

Kalau ingin melihat dan download laporan lain, silahkan ke 13 Contoh Laporan Keuangan Peruasahaan

 

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang laporan keuangan, mulai dari pengertian, jenis, cara membuat laporan keuangan laba rugi, neraca, laporan perubahan modal, laporan arus kas.

Beserta contoh laporan keuangan sederhana dan laporan keuangan perusahaan dagang Tbk, laporan keuangan perusahaan jasa Tbk, laporan keuangan perusahaan manufaktur yang sudah go publik.

Dan ditutup analisis laporan keuangan dengan alat analisis rasio-rasio keuangan. Tentu dilengkapi dengan contoh penerapan analisis laporan keuangan.

Saya rasa pembahasan ini sudah lengkap, dan bila ada yang belum dibahas dalam artikel ini, atau ada masukkan silahkan sampaikan saja di forum komentar setelah artikel ini.

Bagaimana bila menggunakan software akuntansi yang menawarkan berbagai fitur, antara lain:

  • Transaksi keuangan & laporan lengkap,
  • Cara praktis & mudah kelola laporan keuangan,
  • Transaksi perusahaan tak terbatas
  • Multi mata uang (multi currency)
  • Bisa Android & sistem cloud
  • Free / gratis user & konsultasi

Bolehkah?

Boleh saja, namun saran saya, anda tetap harus memahami materi laporan keuangan, karena software akuntansi itu kan alat bantu yang hasil akhirnya tergantung pada skill pengguna dan alat bantunya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

***

sop akuntansi keuangan powerful

ada masukkan?