Inilah Pengertian dan Cara Menyusun Laporan Perubahan Modal

laporan perubahan modal

 

Laporan Perubahan Modal adalah salah satu dari empat jenis Laporan Keuangan. Pada akhir periode akuntansi selain menyusun neraca dan laporan rugi laba juga disusun laporan yang menunjukkan sebab-sebab perubahan modal perusahaan.

Perusahaan dengan bentuk perseroan, perubahan modalnya ditunjukkan di dalam Laporan Laba Tidak Dibagi (Retained Earning).

Laba tidak dibagi merupakan kumpulan laba tahun-tahun sebelumnya yang tidak dibagi sebagai dividen. Laba tidak dibagi merupakan elemen modal yang berasal dari dalam perusahaan.

Apabila laba tidak dibagi saldonya debit, biasanya disebut defisit.

Saldo rekening laba tidak dibagi sewaktu-waktu dapat diminta sebagai dividen oleh pemegang saham.

Apabila diinginkan untuk membatasi agar laba tidak dibagi tidak diminta sebagai dividen seluruhnya, maka bisa dibuat cadangan-cadangan dari laba tidak dibagi.

Cadangan yang dibentuk antara lain cadangan untuk ekspansi, cadangan pelunasan obligasi, cadangan penurunan harga persediaan dan lain-lain.

Ingin tahu lebih detail mengenai persediaan? baca juga : 3 Metode Penilaian Persediaan

Jumlah laba tidak dibagi yang sudah dicadangkan tidak dapat diminta sebagai dividen. Dalam neraca laba tidak dibagi akan dicantumkan sebagai berikut :

laba tidak dibagi

Cara perhitungan laporan laba tidak dibagi adalah laba tidak dibagi awal periode ditambah dengan laba seperti yang tercantum dalam laporan perhitungan rugi laba dan dikurangi dengan dividen yang diumumkan selama periode yang bersangkutan.

Susunan Laporan Laba Tidak Dibagi tergantung pada kepada laporan perhitungan rugi laba.

Laporan perhitungan rugi laba dapat disusun dengan cara all inclusive atau current operating performance, sehingga susunan Laporan Laba Tidak Dibagi juga akan berbeda.

Apabila laporan perhitungan rugi laba disusun dengan cara all inclusive maka dalam laporan laba tidak dibagi hanya menunjukkan :

  1. Saldo laba tidak dibagi awal periode
  2. Ditambah laba neto dan elemen-elemen luar biasa
  3. Ditambah atau dikurangi koreksi kesalahan
  4. Dikurangi dividen yang diumumkan

Bila dituliskan dalam sebuah formula yang sederhana adalah sebagai berikut :

Laba Tidak Dibagi = (Laba tidak dibagi awal periode + Laba neto dan elemen-elemen luar biasa) +/- Koreksi kesalahan – Dividen yang diumumkan)

Atau bila disajikan dalam bentuk laporan seperti berikut ini :

susunan laporan perhitungan laba tidak dibagi

Sedangkan bila laporan perhitungan rugi laba disusun dengan cara current operating performance maka elemen-elemen luar biasa akan nampak dalam laporan laba tidak dibagi.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas berikut ini diberikan contoh-contoh laporan laba tidak dibagi untuk melengkapi laporan perhitungan rugi laba dengan cara all inclusive dan current operating performance.

Sebelumnya yuk kita lihat contoh Laporan Rugi Laba MyCom Computer Course sebagai dasar untuk menyusun laporan laba tidak dibagi.

laporan rugi laba-kursus komputer akuntansi sidoarjo
Dari laporan rugi laba di atas, kita bisa mengetahui bahwa penghasilan bersih MyCom Computer Course per tanggal 31 Desember 2015 adalah sebesar Rp.1.280.695.

Hasil perhitungan itu diperoleh dari jumlah total penjualan dan penghasilan lain-lain ditambah pos luar biasa dikurangi jumlah total pengeluaran.

Selanjutnya yuk kita lihat hubungannya dengan perhitungan laporan laba tidak dibagi :

Contoh 1 : Laporan laba tidak dibagi untuk melengkapi laporan perhitungan rugi laba all inclusive

all inclusive - laporan laba tidak dibagi
Laba neto diambil dari data laporan rugi laba yang besarnya Rp. 1.280.695. Setelah ditambahkan dengan laba tidak dibagi pada periode sebelumnya sebesar Rp. 1.356.520, maka jumlah totalnya menjadi Rp. 2.637.215.

Dan setelah dikurangi dengan dividen yang diumumkan dalam tahun 2015 sebesar Rp. 600.000, maka Laba tidak dibagi pada akhir periode tahun 2015 sebesar Rp. 2.037.215.

Selanjutnya nilai sebesar Rp. 2.037.215 ini, akan menjadi saldo awal laporan laba tidak dibagi periode tahun 2016.

Contoh 2 : Laporan laba tidak dibagi untuk melengkapi laporan perhitungan rugi laba current operating performance

current operating performance - perhitungan laba tidak dibagi

 

Untuk memecahkan permasalahan memasukkan elemen-elemen luar biasa ke dalam laporan perhitungan rugi laba atau ke dalam laporan tidak dibagi, dapat dibuat laporan gabungan rugi laba dan laba tidak dibagi.

Caranya sederhana, tinggal menggabungkan laporan rugi laba dengan laporan laba tidak dibagi. Sebagai contoh saya akan menggunakan Laporan Rugi Laba dan Laporan Laba Tidak Dibagi yang sudah dibuat di atas.

Laporan gabungan ini bisa dibuat dengan bentuk yang berbeda-beda. Untuk memberikan gambaran, berikut ini ada dua contoh yang berbeda :

Contoh 1 :

penggabungan laporan rugi laba dan laba tidak dibagi - 01

 

Contoh 2:

penggabungan laporan rugi laba dan laba tidak dibagi - 02

Dengan menggabungkan Laporan Rugi Laba dan Laba Tidak Ditahan, kita bisa melihat elemen-elemen luar biasa yang dimasukkan dalam laporan laba tidak dibagi.

Sehingga tidak akan menimbulkan kesalahan dalam membuat keputusan-keputusan penting di periode-periode berikutnya.

Sedangkan untuk bentuk laporan yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis usaha dan tidak mempersulit perusahaan, yang terpenting tidak menyalahi standar akuntansi keuangan yang berlaku.

Bagaimana dengan Laporan Perubahan Modal usaha Anda?

***