Pengertian Annual Report, Tujuan, Isi dan Manfaatnya

Pengertian Annual Report, Tujuan, Isi dan Manfaatnya

Laporan Tahunan atau annual report adalah sebuah laporan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk publik ; investor, regulator, dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Laporan tahunan ini secara umum memuat laporan keuangan dasar dan analisa manajemen atas operasi tahun lalu dan prospek di masa depan.

Laporan tahunan merupakan salah satu laporan penting dari berbagai laporan yang dikeluarkan perusahaan.

Terdapat dua jenis informasi yang diberikan dalam laporan ini, yaitu :

  • Pertama, bagian verbal yang seringkali disajikan sebagai surat dari direktur utama yang menjelaskan hasil aktivitas perusahaan di tahun lalu. Dilanjutkan dengan membahas perkembangan baru yang akan mempengaruhi aktivitas perusahaan di masa yang akan datang.
  • Kedua, bagian kuantitatif yang menyajikan empat laporan keuangan dasar, yaitu : Neraca (balance sheet), laporan Laba Rugi (income statement), Laporan Perubahan Modal, dan Laporan arus kas.

Jika disajikan bersama, semua laporan ini memberikan gambaran akuntansi atas aktivitas dan posisi keuangan perusahaan.

Data yang terperinci diberikan untuk dua atau tiga tahun terakhit berikut ikhtisar historis dari angka-angka statistik aktivitas yang penting selama lima tahun terakhir.

Materi kuantitatif dan verbal memiliki arti penting yang sama.  Laporan keuangan melaporkan apa yang sebenarnya terjadi pada aset, laba dan deviden selama beberapa tahun terakhir.

Sedangkan laopran verbal mencoba untuk menjelaskan MENGAPA keadaan seperti itu terjadi dan apa kemungkinan yang akan terjadi di masa depan.

Baca artikel terkait : Siklus Akuntansi Lengkap dari A sampai Z

Contoh-contoh laporan tahunan (annual report) yang baik bisa diperoleh di http://www.idx.co.id/ Kemudian klik  di bagian Perusahaan Tercatat di bagian kanan atas dan anda dapat menemukan laporan tahunan dengan meng-klik LAPORAN KEUANGAN & Tahunan.

idx website

Contoh lainnya adalah  pembahasan laporan keuangan dasar dari Allied Food Products,  sebuah perusahaan pengolah dan distributor beragam makanan pokok.

Allied didirikan pada tahun 1978 ketika beberapa perusahaan regional di AS melakukan merger. Perusahaan telah mengalami pertumbuhan yang stabil sekaligus mendapat reputasi sebagai salah satu perusahaan terbaik dalam industrinya.

Dan berikut ini data-data Laporan Keuangan Allied Food Products tahun 2004 dan 2005 :

Neraca:

Contoh Laporan Neraca
Contoh Laporan Neraca

 

Laporan Laba Rugi :

Contoh Laporan Laba Rugi
Contoh Laporan Laba Rugi

 

Laporan Arus Kas :

Contoh Laporan Arus Kas
Contoh Laporan Arus Kas

Laba Allied turun sedikit pada tahun 2005 dari $121,8 juta pada tahun 2004 menjadi $117,5 juta. Manajemen melaporkan bahwa penurunan tersebut berasal  dari kerugian yang terkait dengan kekeringan dan meningkatnya biaya akibat pemogokan selama tiga bulan.

Namun, kemudian manajemen meneruskan dengan penyajian gambaran yang lebih optimistis di masa mendatang dengan menyatakan bahwa perusahaan telah kembali beroperasi penuh.

Beberapa bisnis yang tidak menguntungkan telah dilepas dan laba tahun 2006 diharapkan akan meningkat tajam.

Tentu saja peningkatan dalam profitabilitas tidak dapat terjadi, dan para analis hendaknya membandingkan pernyataan terakhir manajemen dengan hasil-hasil sesudahnya.

Apapun itu, informasi yang terkandung dalam laporan tahunan dapat digunakan untuk membantu meramalkan laba dan deviden di masa depan. Oleh karena itu, pihak-pihak yang terkait, seperti investor  sangat tertarik dengan informasi tersebut.

Analisis lainnya bisa anda baca di artikel berikut ini :

  1. Inilah Kinerja Keuangan Telkom dan Gudang Garam tahun 2016
  2. Inilah Kinerja Keuangan BRI, Bank Mandiri, BNI, BCA tahun 2016

***