Mengenal Laporan Tahunan Perusahaan (Annual Report) Beserta Contohnya

Perusahaan publik, seperti  PT Djarum tbk, PT Gudang Garam tbk, PT Pertamina, Bank Mandiri,  PT Electronic City Indonesia tbk, diharuskan untuk menerbitkan laporan tahunan atau annual report bagi para pemegang saham dan pihak yang berkepentingan lainnya. Laporan tahunan ini merangkum kegiatan operasi perusahaan tahun sebelumnya dan rencana di masa mendatang.

Terdapat banyak variasi dalam urutan dan bentuk penyajian bagian-bagian utama dari laporan tahunan, akan tetapi, satu bagian dari laporan tahunan dikhususkan bagi laporan keuangan, termasuk catatan yang menyertainya. Selain itu, laporan tahunan biasanya mencakup bagian-bagian berikut ini :

  1. Pembahasan dan analisis oleh manajemen
  2. Laporan mengenai kewajaran dari laporan keuangan

Bagaimana pengertian, bentuk dan format penyajian laporan tahunan atau annual report? Mari belajar bareng-bareng dalam pembahasan beserta contoh berikut ini.

 

01: Definisi dan Format Laporan Tahunan (Annual Report)

A: Pengertian Laporan Tahunan (Annual Report) Adalah?

Kinerja perusahaan atau bisnis bisa dinilai dari laporan keuangan bulanan, kuartal, semester dan laporan tahunan.

Saat kita belajar pun ada buku rapor, atau hasil evaluasi aktivitas belajar kita dalam periode tertentu dinilai.

Bagaimana dengan laporan keuangan tahunan dan dalam lingkup yang lebih luas laporan tahunan (annual report) perusahaan?

Laporan Tahunan atau annual report adalah adalah sebuah laporan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk publik ; investor, regulator, dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Annual report atau laporan tahunan ini secara umum memuat laporan keuangan dasar dan analisa manajemen atas operasi tahun lalu dan prospek di masa depan.

Laporan tahunan merupakan salah satu laporan penting dari berbagai laporan yang dikeluarkan perusahaan.

Bila Anda kesulitan membuat laporan keuangan, gunakan saja Form Template Laporan Keuangan Excel dari SOP Accounting Tools, sederhana, mudah, powerful dan tidak perlu lagi accounting software, praktis dan hemat.

 

B: Format Laporan Tahunan (Annual Report)

Bagaimana format Laporan Tahunan?

Secara umum format laporan tahunan terdiri dari 2 bagian, yaitu:

#1: Pembahasan dan analisis oleh manajemen

Pengungkapan yang harus disertakan di laporan tahunan yang diajukan ke Bapepam adalah Pembahasan dan analisis oleh manajemen [Management,s Discussion and Analysis].

Analisis yang memberikan informasi penting dalam menerjemahkan laporan keuangan dan menilai masa depan perusahaan.

Pembahasan dan analisis oleh manajemen mencakup analisis terhadap hasil kegiatan operasi dan membahas pendapat manajemen mengenai kinerja di masa mendatang.

***

Dan membandingkan laporan laba rugi tahun sebelumnya dengan tahun berjalan untuk menjelaskan perubahan dalam penjualan, beban yang signifikan, laba kotor, dan laba operasi. Sebagai contoh, kenaikan dalam penjualan dapat dijelaskan dengan mengacu pada volume pengiriman barang yang lebih tinggi atau harga jual yang lebih tinggi.

Pembahasan dan analisis manajemen juga berisi analisis terhadap kondisi keuangan perusahaan, yang membandingkan pos-pos neraca yang signifikan di antara tahun-tahun yang berurutan untuk menjelaskan perubahan dalam likuiditas dan sumber daya modal. Selain itu juga dibahas mengenai pengungkapan risiko yang signifikan.

***

Perhatikan beberapa ukuran analisis yang digunakan manajemen:

1: Ukuran analisis yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban yang jatuh tempo saat ini.

2: Ukuran analisis yang menunjukkan kemampuan membayar utang seketika

3: Ukuran analisis untuk menilai efisiensi dalam menagih piutang dan dalam manajemen kredit.

4: Menilai efisiensi dalam manajemen persediaan.

5: Menunjukkan margin keamanan bagi kreditor jangka panjang.

6: Menilai risiko bagi kreditor dalam hal jumlah beban bunga yang dihasilkan.

7: Menilai efektifitas dalam penggunaan aset.

8: Menilai profitabilitas aset.

9: Menilai profitabilitas dari investasi yang dilakukan oleh pemegang saham.

10: Menunjukkan prospek laba di masa mendatang berdasarkan hubungan antara harga pasar saham biasa dan laba.

11: Menunjukkan tingkat pengembalian kepada pemegang saham biasa dalam bentuk dividen.

 

#2: Laporan Mengenai Kewajaran dari Laporan Keuangan

Sebagai tambahan dari laporan audit internal yang dikeluarkan oleh kantor akuntan publik. Seluruh perusahaan yang dimiliki publik juga harus melakukan audit independen terhadap laporan keuangannya.

 

02: Contoh Laporan Keuangan Tahunan (Annual Report)

Contoh-contoh laporan tahunan (annual report) yang baik bisa diperoleh di Bursa Efek Indonesia (IDX)

Langkah pertama buka webste Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) Kemudian klik  di bagian Perusahaan Tercatat di bagian kanan atas dan anda dapat menemukan laporan tahunan dengan meng-klik LAPORAN KEUANGAN & Tahunan.

 

03: Studi Kasus Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Perhatikan contoh Laporan keuangan perusahaan dagang Allied Food Products berikut ini:

Allied Food Products,  sebuah perusahaan pengolah dan distributor beragam makanan pokok. Allied didirikan pada tahun 1978 ketika beberapa perusahaan regional di AS melakukan merger.

Perusahaan telah mengalami pertumbuhan yang stabil sekaligus mendapat reputasi sebagai salah satu perusahaan terbaik dalam industrinya.

Dan berikut ini data-data Laporan Keuangan Allied Food Products tahun 2004 dan 2005 :

#1: Contoh Neraca Keuangan (Balance Sheet) Perusahaan Dagang

Contoh Laporan Neraca

 

#2: Contoh Laporan Laba Rugi (Income Statement) Perusahaan Dagang

Contoh Laporan Laba Rugi

 

#3: Contoh Laporan Arus Kas (Cash Flow) Perusahaan Dagang

Contoh Laporan Arus Kas

Penjelasan analisis laporan keuangan:

Dari data-data keuangan yang disajikan di atas, kita bisa membaca laporan keuangan perusahaan di mana Laba Allied turun sedikit pada tahun 2005 dari $121,8 juta pada tahun 2004 menjadi $117,5 juta.

Manajemen melaporkan bahwa penurunan tersebut berasal  dari kerugian yang terkait dengan kekeringan dan meningkatnya biaya akibat pemogokan selama tiga bulan.

Namun, kemudian manajemen meneruskan dengan penyajian gambaran yang lebih optimistis di masa mendatang dengan menyatakan bahwa perusahaan telah kembali beroperasi penuh.

Beberapa bisnis yang tidak menguntungkan telah dilepas dan laba tahun 2006 diharapkan akan meningkat tajam.

Tentu saja peningkatan dalam profitabilitas tidak dapat terjadi, dan para analis hendaknya membandingkan pernyataan terakhir manajemen dengan hasil-hasil sesudahnya.

***

Apapun itu, informasi yang terkandung dalam laporan tahunan dapat digunakan untuk membantu meramalkan laba dan dividen di masa depan. Oleh karena itu, pihak-pihak yang terkait, seperti investor  sangat tertarik dengan informasi tersebut.

Analisis lainnya bisa anda baca di artikel berikut ini :

  1. Analisis Kinerja Keuangan Telkom dan Gudang Garam
  2. Analisis Kinerja Keuangan BRI, Bank Mandiri, BNI, BCA

***

Dan untuk memperluas pemahaman dan wawasan kita tentang laporan tahunan (annual report) tonton video singkat berikut ini:

 

04: Kesimpulan tentang Laporan Tahunan

Apapun jenis bisnis anda, annual report atau laporan keuangan tahunan adalah penting. Tujuannya agar kita tahu kinerja dan perkembangan bisnis dari waktu ke waktu.

Terdapat dua jenis informasi yang diberikan dalam laporan tahunan atau annual report, yaitu:

A: Informasi Verbal

Pertama, bagian verbal yang seringkali disajikan sebagai surat dari direktur utama yang menjelaskan hasil aktivitas perusahaan di tahun lalu, dilanjutkan dengan membahas perkembangan baru yang akan mempengaruhi aktivitas perusahaan di masa yang akan datang.

 

B: Informasi Kuantitatif

Kedua, bagian kuantitatif yang menyajikan empat laporan keuangan dasar, yaitu :

  • Neraca (balance sheet),
  • Laporan Laba Rugi (income statement),
  • Laporan Perubahan Modal, dan
  • Laporan arus kas (cash flow statements)

Jika disajikan bersama, semua laporan tahunan ini memberikan gambaran akuntansi atas aktivitas dan posisi keuangan perusahaan.

***

Data yang terperinci diberikan untuk dua atau tiga tahun terakhit berikut ikhtisar historis dari angka-angka statistik aktivitas yang penting selama lima tahun terakhir. Materi kuantitatif dan verbal memiliki arti penting yang sama.

Laporan keuangan melaporkan apa yang sebenarnya terjadi pada aset, laba dan deviden selama beberapa tahun terakhir. Sedangkan laporan verbal mencoba untuk menjelaskan MENGAPA keadaan seperti itu terjadi dan apa kemungkinan yang akan terjadi di masa depan.

Bila anda ingin membuat laporan keuangan dengan Excel atau software akuntansi, tutorialnya bisa diikuti dari artikel ini: Siklus Akuntansi Lengkap dari A sampai Z

***

Dari contoh analisa sederhana dari laporan keuangan perusahaan dagang di atas bisa digunakan sesuai dengan kondisi lingkungan bisnis Anda. Sehingga evaluasi dan perbaikan dapat dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Demikian yang dapat dibagikan tentang annual report. Semoga bermanfaat. Terima kasih. *****

Profesional lulusan ekonomi yang menekuni ERP (SAP), Accounting Software, Business Analyst dan berbagi pengalaman pekerjaan Finance & Accounting.