Pengertian Istilah-Istilah di Laporan Keuangan Perusahaan Tbk

istilah-istilah di laporan keuangan perusahaan tbk dan pasar modal

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Tbk atau perusahaan publik memiliki ketentuan-ketentuan sendiri yang harus dipenuhi.

Misalnya, untuk penyajian dan pengungkapan laporan keuangan perusahaan publik, perusahaan harus berpedoman pada Keputusan Ketua Bapepam dan LK nomor: Kep-347/BL/2012 tanggal 25 Juni 2012.

Selain itu, dalam laporan keuangan perusahaan tbk terdapat istilah-istilah khusus yang tidak terdapat pada laporan keuangan umum.

Dan berikut ini, definisi dan pengertian dari istilah-istilah di laporan keuangan perusahaan tbk dan istilah dalam pasar modal yang sering kita temui.

Sedangkan pengertian istilah-istilah akuntansi secara umum dapat dibaca di Kamus Istilah Akuntansi.

Untuk short cut pencarian, anda tekan CTRL+F  kemudian masukkan kata atau istilah-istilah di laporan keuangan perusahaan tbk yang Anda cari.

***

istilah-istilah di laporan keuangan perusahaan tbk.1

Emiten atau Perusahaan Publik adalah entitas yang menyajikan laporan keuangan, baik laporan keuangan satu entitas maupun laporan keuangan konsolidasi.

Standar Akuntansi Keuangan (SAK), yang selanjutnya disebut dengan SAK adalah pernyataan interpretasi yang dikeluarkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) dan Dewan Standar Akuntansi Syariah (DSAS) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) serta peraturan Bapepam dan LK untuk entitas yang berada di bawah pengawasan Bapepam dan LK.

Tanggal Laporan Keuangan Diotorisasi untuk Terbit adalah tanggal manajemen menyatakan bertanggung jawab atas laporan keuangan.

Materialitas adalah besarnya informasi akuntansi, yang bergantung pada ukuran dan sifatnya serta apabilaterjadi kelalaian untuk mencantumkan atau kesalahan dalam mencatat pos-pos laporan keuangan, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pengguna laporan keuangan.

Pengendalian adalah kekuasaan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasional suatu entitas untuk memperoleh manfaat dari aktivitas entitas tersebut.

Entitas Bertujuan Khusus, yang selanjutnya disebut EBK adalah suatu entitas yang didirikan untuk mencapai tujuan khusus di mana pengendali memperoleh manfaat utama dari kegiatan EBK tersebut.

Laporan Keuangan Konsolidasian adalah laporan keuangan suatu kelompok usaha yang disajika sebagai suatu entitas ekonomi tunggal yang menggabungkan seluruh entitas yang dikendalikan oleh emiten atau perusahaan publik, termasuk entitas bertujuan khusus (EBK).

***

istilah-istilah di laporan keuangan perusahaan tbk.2

Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai kegiatan umum atau perusahaan publik.

Setara Kas adalah investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka pendek, dan dengan cepat dapat dijadikan kas dalam jumlah yang dapat ditentukan dan memiliki risiko perubahan nilai yang tidak signifikan.

Ventura Bersama adalah suatu perjanjian kontraktual di mana dua atau lebih pihak menjalankan aktivitas ekonomi yang tunduk pada pengendalian.

Kesalahan Periode Lalu adalah kesalahan  yang terjadi dalam pengkauan, pengukuran, penyajian, atau pengungkapan unsur-unsur laporan keuangan yang terjadi pada periode lalu yang megakibatkan laporan keuangan tidak sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan baru ditemukan pada suatu periode kemudian.

Hibah Pemerintah adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk pemindahan sumber daya kepada emiten, atau Perusahaan Publik sebagai imbalan atas kepatuhan Emiten atau Perusahaan Publik di masa lalu atau masa depan sesuai dengan kondisi tertentu yang berkaitan dengan kegiatan operasi Etmiten atau Perusahaan Publik Tersebut.

Segmen Operasi adalah suatu komponen dari emiten atau Perusahaan Publik yang mempunyai aktivitas bisnis di mana hasil operasinya dievaluasi oleh manajemen atau pengambil keputusan operasional secara reguler, dan terdapat informasi keuanganyang disajikan secara terpisah.

***

istilah-istilah di laporan keuangan perusahaan tbk.3

Aset atau Aktivaadalah sumber daya yang dikendalikan oleh Emiten atau Perusahaan Publik sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan manfaat ekonomi di masa depan dari aset tersebut diharapkan diterima oleh emiten atau perusahaan publik.

Pengaruh Signifikan adalah kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan operasional investee, tetapi tidak mengendalikan atau mengendalikan bersama atas kebijakan tersebut.

Properti Investasi adalah properti (tanah atau bangunan atau bagian dari suatu bangunan atau dua-duanya), termasuk dalam proses pembangunan dan pengembangan, yang dikuasai oleh pemilik atau penyewa (lesee) melalui sewa pembiayaan untuk menghasilkan pendapatan sewa atau untuk menaikkan nilai atau kedua-duanya dan tidak untuk:

  • Digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa atau untuk tujuan administratif.
  • Dijual dalam kegiatan usaha sehari-hari.

Nilai Wajar adalah nilai dimana suatu aset dapat dipertukarkan atau suatu Liabilitas diselesaikan antara pihak yang memahami dan berkeinginan untuk melakukan transaksi wajar (arm’s length transaction)

***

istilah-istilah di laporan keuangan perusahaan tbk.4

Aset Tetap adalah aset berwujud yang:

  • Dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa untuk disewakan kepada pihak lain atau untuk tujuan administratif.
  • Diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode.

Aset Tak Berwujud adalah aset non moneter yang dapat diidentifikasi tanpa wujud fisik.

Liabilitas adalah kewajiban kini Emiten atau Perusahaan Publik yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya dapat mengakibatkan arus keluar sumber daya Emiten atau Perusahaan Publik yang mengandung manfaat ekonomi.

Pendapatan adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang terjadi dari kegiatan normal Emiten atau Perusahaan Publik selama suatu periode apabila arus masuk tersebut mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi pemilik modal.

Demikian pengertian istilah-istilah di laporan keuangan perusahaan tbk dan istilah dalam pasar modal. Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

***

sop akuntansi keuangan powerful