Studi Kasus : Gagal Menampilkan Laporan Keuangan di Aplikasi MYOB




Studi Kasus : Gagal Menampilkan Laporan Keuangan di MYOB Accounting

Aplikasi MYOB adalah salah satu software akuntansi yang bisa membantu proses pekerjaan akuntansi. Sejak memasukkan data transaksi keuangan hingga menyajikan Laporan Keuangan.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu bagian dari fitur atau fasilitas yang di sediakan aplikasi MYOB berkaitan persoalan penyajian Laporan Keuangan.

Beberapa waktu yang lalu seorang sahabat yang bekerja di perusahaan konstruksi menanyakan tentang laporan keuangan  di MYOB.

Di perusahaan tempat ia bekerja menggunakan aplikasi MYOB Premier, yaitu salah satu aplikasi akuntansi MYOB yang fitur-fitur-nya paling lengkap bila dibandingkan dengan versi MYOB yang lain.

Tips bagaimana cara memilih software atau aplikasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa baca di artikel ini : Bila Anda Tidak Ingin Bermasalah dengan Aplikasi Akuntansi, Inilah Cara Memilih Aplikasi Akuntansi yang Kredibel.

Sahabat saya ingin melihat laporan keuangan beberapa tahun yang lalu, namun yang muncul adalah seperti berikut ini :

Laporan Keuangan tahun tertentu tidak bisa muncul di Myob

Apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana cara untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

Yuk ikuti pembahasannya berikut ini…

Sebagaimana lazimnya sebuah aplikasi atau software akuntansi, MYOB Premier juga menyediakan banyak laporan keuangan yang diperlukan, yaitu :

  1. Accounts
  2. Banking
  3. Tax
  4. Sales
  5. Time Billing
  6. Purchases
  7. Payroll
  8. Inventory
  9. Card
  10. Custom

Ada dua alternatif untuk melihat Laporan yaitu :

#1. Klik menu Reports lalu pilih Index to Reports

Cara 1 - Membuat Report di Myob

#2. Klik Reports  pilih laporan yang diinginkan

Cara 2 - Membuat Report di Myob

 

Setelah itu, akan muncul sesi baru sebagai berikut :

jenis-jenis laporan di MYOB

Misalnya kita ingin melihat Standard Balance Sheet, maka langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Kita bisa menggunakan salah satu langkah di atas, misalnya langkah pertama maka klik Reports pada tab menu kemudian pilih Index to Reports, maka jendela Index to Reports
  • Pilih tab Accountsyang berada dibagian atas jendela Index to Reports, kemudian akan ditampilkan daftar transaksi yang berhubungan akun.

List of Accounts Report - MYOB

    • Pilih Standard Balance Sheet yang terdapat dalam kelompok Balance Sheet.
    • Selanjutnya klik tombol Customise dibagian bawah jendela Index to Reports, maka akan ditampilkan jendela Report Customisation-Standard Balance Sheet.

Report Customisation - Standard Balance Sheet

  • Pilih periode laporan neraca yang ingin ditampilkan misalkan pilih January pada field Selected.
  • Periode untuk menampilkan laporan neraca bulan Januari. Tetapkan akhir periode pada field As Of. Ketik 01/01/2015 pada field As Of untuk melihat neraca sampai tanggal 1 Januari 2015.
  • Pilih level akun yang ingin anda tampikan. Pilih Level 4 untuk menampilkan semua level akun, mulai dari level 1 sampai
  • Pilih This Year [FY 2015] pada field Financial Year untuk menampilkan neraca yang terjadi sampai tanggal 1 Januari 2015. Selanjutnya klik Display untuk menampilkan Neraca.

Membuat Laporan Neraca - langkah 4, 5,6,

 

Laporan Neraca yang dihasilkan adalah sebagai berikut :

Contoh Laporan Keuangan - Neraca

Demikianlah contoh membuat Laporan Neraca di MYOB Premier.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi sehingga Laporan yang diinginkan tidak mau tampil?

Laporan tersebut tidak muncul karena datanya tidak ada di MYOB Premier sehingga yang muncul message seperti di awal artikel.

Bagaimana penyelesaiannya?

Cari data yang ingin dimunculkan.

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, hal-hal seperti itu terjadi karena tidak rapi dalam mengelola file, maka kelola-lah file dan file backup secara rapi.

Dan beberapa hari kemudian sahabat saya itu pun memberikan kabar kalau file-file-nya sudah ditemukan dan bisa membuat laporan lagi.

Sederhana kan?

Bila Anda ingin mengetahui, memahami dan meng-implementasikan Aplikasi MYOB dalam usaha Anda, silahkan baca informasi lengkapnya di SINI.

***