Inilah 6 Istilah Populer dalam Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang dan Manufaktur




istilah populer dalam laporan laba rugi perusahaan dagang dan manufaktur

Untuk memperkaya pengetahuan kita tentang akuntansi keuangan, maka dalam kesempatan ini blog manajemen keuangan akan menjelaskan mengenai beberapa definisi yang populer dalam sebuah Laporan Laba rugi.

Sehingga kita tidak merasa asing atau dikatakan “gagal paham” ketika berhadapan dengan persoalan keuangan yang mau tidak mau pasti akan kita temui dalam perjalanan hidup ini.

Miniposting seperti ini akan saya usahakan untuk terus di-update agar bisa digunakan sebagai referensi semacam kamus keuangan dan akuntansi.

#1. Pendapatan (Revenue)

pengertian pendapatan - revenue

Adalah aliran masuk atau kenaikan lain aktiva suatu badan usaha.

Atau pelunasan utangnya atau kombinasi keduanya selama suatu periode yang berasal dari penyerahan atau pembuatan barang, penyerahan jasa atau dari kegiatan lain yang merupakan kegiatan utama badan usaha.

#2. Biaya (Expense)

pengertian biaya - expense

Adalah aliran keluar atau pemakaian lain aktiva.

Atau timbulnya utang atau kombinasi keduanya selama suatu periode yang berasal dari penyerahan atau pembuatan barang, penyerahan jasa atau dari pelaksanaan kegiatan lain yang merupakan kegiatan utama badan usaha.

#3. Penghasilan (Income)

Adalah selisih pendapatan-pendapatan sesudah dikurangi biaya-biaya. Bila pendapatan lebih kecil daripada biaya selisihnya sering disebut rugi.

#4, Laba (Gain)

pengertian laba - gain

Adalah kenaikan modal (aktiva bersih) yang berasal dari transaksi sampingan.

Atau transaksi yang jarang terjadi dari suatu badan usaha dan dari semua transaksi atau kejadian lain yang mempengaruhi badan usaha selama suatu periode kecuali yang timbul dari pendapatan (revenue) atau investasi oleh pemilik.

Misalnya laba yang timbul dari penjualan aktiva tetap.

#5. Rugi (Loss)

pengertian rugi - loss

Adalah penurunan modal (aktiva bersih) dari transaksi sampingan.

Atau transaksi yang jarang terjadi dari suatu badan usaha dan dari semua transaksi atau kejadian lain yang mempengaruhi badan usaha selama suatu periode kecuali yang timbul dari biaya (expense) atau distribusi pada pemilik.

Misalnya adalah rugi penjualan surat berharga.

#6. Harga Perolehan (Cost)

Adalah jumlah uang yang dikeluarkan atau utang yang timbul untuk memperoleh barang atau jasa.

Jumlah ini pada saat terjadinya transaksi akan dicatat sebagai aktiva. Misalnya pembelian mesin dan pembayaran uang muka sewa.

Dalam akuntansi biaya, cost dapat juga berarti harga pokok atau biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat barang.

 

***