22+ Contoh Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat, Teman, Guru, dan Orang Tua

Surat pribadi atau personal letter adalah surat yang dibuat oleh perseorangan/individu yang ditujukan untuk pihak tertentu.

Misalnya untuk sahabat sejati, teman, kakak, orang tua, dan guru favorit.

Bagaimana bentuk dan format surat pribadi?

Mari ikuti pembahasan dan contoh-contoh surat pribadi untuk teman, sahabat, orang tua, dan contoh surat pribadi resmi untuk guru berikut ini ….

 

01: Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat

Teman Sahabat Sejati

Salah satu jenis surat yang populer dalam kehidupan sehari-hari kita adalah surat pribadi untuk teman dan sahabat.

Bagaimana bentuk dan format jenis surat ini?

Perhatikan beberapa contoh surat pribadi itu berikut ini:

A: Contoh Surat Pribadi Pendek untuk Sahabat

Pada kesempatan yang baik ini, kami berikan dua contoh surat pribadi untuk sahabat sejati  dan sahabat pena.

#1: Surat Pribadi untuk Sahabat Sejati

surat pribadi untuk sahabat
contoh surat pribadi untuk sahabat sejati.

***

Sidakangen, 19 Oktober 2020

Salam sahabat sejati….

Bagaimana kabarnya kawan,semoga Tuhan Yang Maha Pemberi Karunia selalu melimpahkan karunia-Nya untukmu dan Bapak Ibu, serta keluarga besarmu.

Persahabatan sejati adalah dambaan setiap insan.

Jalinan persahabatan yang tidak terikat oleh waktu, tanpa motif keuntungan sesaat, dan tanpa motif-motif sesaat.

Dan aku merasakan itu semua ada pada jalinan persahabatan kita.

Berpuluh tahun jalinan itu tak terputus, walau dalam perjalanan waktu itu sudah tak terhitung lagi berbagai peristiwa kita lalui.

Ada sedih, ada gembira, dan ada percampuran keduanya.

Namun jalinan persahabatan kita tidak pernah pudar.

Bahkan hingga kita sama-sama hidup dengan keluarga masing-masing.

Persahabatan sejati itu tetap dan terus terjalin dengan baik, tanpa terpengaruh harta, kekayaan, jabatan, serta asesoris keduniawian lainnya.

So, aku berharap persahabatan ini akan terus terjalin hingga ke surga-Nya.

Tulisan sederhana ini, sengaja aku buat untuk mengenang perjalanan persahabatan kita.

Dan memotivasi diri untuk terus mempertahankannya hingga ajal menjemput serta berlanjut di kehidupan setelah kehidupan dunia.

Semoga Tuhan Yang Maha Mendengar mengabulkan harapan dan doa-doa yang tertuang dalam surat untuk sahabat sejati ini.

Wassalam

Sahabat sejatimu,

Roy Royan

 

#2: Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat Pena

surat untuk sahabat pena
contoh surat untuk sahabat pena

***

Pekalongan, 10 Oktober 2020

Dear sahabat pena-ku…

Pertama, hanya kata ma’af yang pantas aku ucapkan untuk sahabat pena terbaikku.

Sejak kuterima surat terakhir darimu tanggal 20 Januari 2020 hingga kini tak pernah kudengar lagi kabar dari kamu.

Tak pernah ada lagi SMS, WA, Telegram, dan email masuk ke inbox-ku darimu.

Tanya ke sahabat-sahabat lain pun sudah aku lakukan, namun belum membuahkan hasil yang memuaskan.

Ini semua membuat pikiran dan imajinasiku tentang kamu pun melayang tak tentu arah.

Ada apa gerangan, kok tak ada kabar beritanya.

jangan-jangan…”, “jangan-jangan….”, dan sebagainaya terus berkecamuk dalam pikiran bawah sadarku.

Hingga akhirnya untuk mengobati rasa penasaran, aku tulis surat untuk sahabat pena ini.

***

Dalam kehidupan, masalah dan persoalan memang tak pernah sepi, selalu ramai kayak pasar ‘krempyeng’ di dekat komplek perumahan tempat tinggalku.

So, jika kamu ada masalah yang sulit dipecahkan, bagaimana bila sharing denganku, barangkali aku bisa sedikit memberikan masukan dan saran yang mungkin bisa membantu.

Yang penting bukan minta bantuan uang 🙂

“itu mah aku juga masih berupaya”

Bagaimana, siap?

Oke deh, kiranya cukup sampai di sini dulu ya surat untuk sahabat pena ini, lain waktu kita lanjutkan ngobrol-ngobrolnya.

Akhirnya, moga Tuhan Yang Maha Pembuka Rahmat selalu menyebarkan rahmat-Nya untuk kita semua. Aamiin.

Sahabat penamu,

Akil M Jono

 

B: Contoh Surat Pribadi untuk Teman

Berikut ini kami sajikan contoh-contoh surat pribadi untuk teman sejati, kuliah, main sepak bola, kursus akuntansi, ngaji dan pondok pesantren.

#1: Surat Pribadi untuk Teman Sejati

surat pribadi untuk teman
contoh surat pribadi untuk teman sekelas

***

Sikumpul, 18 September 2020

Dear Doni teman baikku,

Teman baik dan tidak sombong emang “ngangenin abis” tak lekang oleh waktu, dan tak tergerus oleh zaman.

Lagi ngapain Don?

Besok ada waktu luang nggak?

Kalau ada, yuk ikut aku ngumpul-ngumpul bareng teman-teman komunitas Ojol Nyentrik.

Asik banget acaranya, dan yang pasti seru dan bisa bikin obat stres.

Mau ya?

***

Okelah,  kalau jadi, nanti kita tentukan waktunya dan sekalian mempersiapkan hal lainnya.

Tapi kalau tidak jadi, ya tak apalah, nyante aja teman.

Aku tunggu informasi secepatnya ya, agar aku segera menyelesaikan pekerjaan rutin hari ini.

Demikian surat untuk teman ini aku buat.

Semoga Tuhan Yang Maha Pemberi Kemuliaan selalu mencurahkan kebaikkannya untuk kita. Aamiin.

Teman baikmu,

Don Setiawan

 

#2: Contoh Surat Pribadi untuk Teman Kuliah

surat pribadi kepada teman
contoh surat pribadi kepada teman singkat

***

Hello bro,

Bagaimana kabarnya bro?

Sudah lama banget kita tak berjumpa setelah ujian akhir semester genap.

Aku rindu canda ria mu bro.

Joke-joke lucu dan cerdas mu,

Serta cerita-cerita sederhana, lucu, dan guyonan khas mu.

Setiap individu di dunia ini memang beda, tak ada yang sama.

Tuhan menciptakan setiap orang memang khas dan berbeda satu dengan yang lain.

Kamu seperti itu, dan aku seperti ini.

Itulah asiknya dunia, penuh warna dan perbedaan.

Yang terpenting adalah bagaimana meramu perbedaan-perbedaan itu menjadi satu irama nada yang saling melengkapi, sehingga akan menciptakan irama lagu yang indah.

Sebagaimana pelangi yang tersusun dari warna yang berbeda, menjadi satu kesatuan yang serasi, indah dan menyejukkan.

***

Kapan kamu balik lagi ke kampus bro?

Nanti sebelum balik ke kampus kabari dulu aku ya bro.

Atau ntar kita berangkat bareng-bareng saja agar makin asik dan tidak membosankan di perjalanan.

Demikian surat ini aku buat, semoga menjadi perhatian.

Semarang, 23 Mei 2020

Sahabatmu.

Donny K

 

#3: Contoh Surat Pribadi untuk Teman Akrab

isi surat untuk teman
isi surat untuk teman dan sistematika

***

Piye kabare’ Rek?

Kapan lagi kamu main ke rumahku?

Aku selalu menunggu kedatangan kamu bro.

Habis kamu selalu menceria-kan suasana di rumahku,

Sehingga Bapak dan Ibuku juga seringkali menanyakanmu “kapan temanmu main ke sini”, “apakah sudah tidak berteman lagi dengan dia kah?”

Buru-buru aku menjelaskan semampuku.

Bahwa kamu sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah, sedang ada kursus bahasa Inggris, Kursus Akuntansi dan lain sebagainya.

Pokoknya cari alasan yang sesuai dan kedua ortuku percaya.

Padahal aku sendiri tak tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi dengan dirimu J

***

Oleh karena itu, aku mohon besok atau nanti sore main ya ke rumahku.

Hitung-hitung ikut menghibut kedua orang tuaku.

Walaupun kamu bukanlah ‘sang penghibur’, namun paling tidak bisa memberikan sedikit hiburan untuk keluarga kami J

Dan melalui surat sederhana ini, aku sampaikan jika kamu mau ke rumahku dengan pintu terbuka aku persilahkan.

Mudah-mudahan persahabatan ini terus terjalin dengan baik sepanjang masa.

Dan semoga Tuhan Yang Maha Pemberi akan selalu memberikan karunia-Nya untuk kebaikan kita. Aamiin.

Gunungsari, 17 September 2020

Teman akrabmu,

Ray Roy

 

#4: Contoh Surat Pribadi untuk Teman Kursus Akuntansi

surat pribadi pendek
contoh surat pribadi pendek

***

Mojotengah, 20 Juli 2020

Salam akuntansi…

Bagaimana kabarmu teman?

Kabar baik semoga selalu menyertaimu.

Minggu kemarin aku tidak bisa masuk dan mengikuti proses belajar akuntansi karena ada urusan penting yang tidak bisa kutinggalkan atau di wakili.

Bagaimana materi kursus accounting minggu kemarin, apakah menarik?

Apakah materi kursusnya aplikatif untuk usaha dan bisnis kita?

Kalau tidak keberatan, tolong dong sharing materi-materinya, agar aku tidak ketinggalan dan minggu depan bisa lancar mengikuti materi-materi berikutnya.

Bagaimana teman, bisa kan?

***

Ilmu akuntansi memang sangat penting untuk men-support usaha kita nanti.

Bila kita tidak mau belajar atau belajar malas-malasan pengaruhnya akan dirasakan kelak setelah kita menerapkan di bisnis kita.

Tanpa sistem pencatatan dan pelaporan keuangan yang baik, kita tidak bisa melakukan kontrol terhadap bisnis kita.

Kita pun tidak bisa tahu secara pasti apakah bisnis yang kita tekuni ini bertumbuh dan berkembang atau sebaliknya malah semakin nyungsep.

So, kita kudu belajar akuntansi yang baik agar tahu, paham dan bisa menerapkan dalam bisnis.

Bukan sekedar teori tanpa arti.

Apalagi hanya menjadi konsumsi otak yang tidak bisa diterapkan.

Akhirnya, semoga kita selalu diberikan oleh-Nya semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar akuntansi keuangan dengan sungguh-sungguh. Aamiin.

Teman Kursus Akuntansi

Sujono Jono

 

#5: Surat Pribadi untuk Teman Main Sepak Bola

surat pribadi pendek untuk sahabat
Contoh surat pribadi pendek untuk sahabat

***

Salam sepak bola Indonesia…

Menonton Ronaldo dan Messi berjibaku dalam lanjutan La Liga tadi pagi begitu mengesankan dan segera ingin mempraktekkan dalam permainan sepak bola dengan kamu nanti sore di lapangan Banjarsari.

Mereka begitu lihainya mengocek si kulit bundar yang serasa enggan melepaskan kebersamaannya.

Sepak bola adalah olahraga paling populer di jagat ini.

Setiap waktu selalu bermunculan silih berganti para mega bintang dengan gaji selangit, baik di lapangan maupun di luar lapangan.

Mereka menjadi orang-orang terkenal seantera dunia.

Produk-produk pada ngantri ingin meng-endorse mereka.

Kemana mereka melangkah, para kuli tinta selalu menguntitnya.

So, ketenaran dan materi berlimpah serta kehidupan berlimpah harta dan ketenaran mereka menikmati.

***

Pertanyaan berikutnya adalah “apakah kita bisa mencapai seperti yang telah mereka capai?”

Jawabanya tentu bermacam-macam tergantung siapa yang memberikan jawaban.

So, apapun yang akan terjadi sebaiknya tidak perlu dipikirkan ya teman?

Yang paling penting bagi kita adalah terus belajar, berlatih dan mempraktekkan ilmu sepak bola yang telah diperoleh dalam berbagai event pertandingan sepak bola.

Dari pertandingan antar kampung, antar klub hingga ke jenjang nasional.

Memang kita tak tahu hasil akhirnya akan seperti apa. Namun paling tidak kita telah berusaha 100%, tugas selanjutnya adalah menyerahkan masalah hasil kepada pencipta kita, Alloh Yang Maha Kaya dan Maha Pemberi Rezeki.

Tetap dan selalu cool aja.

Akhirnya, nanti sore saya tunggu di lapangan sepak bola.

Teman main sepak bola,

Andi Roy

 

#6: Surat Pribadi untuk Teman Ngaji di TPQ

Surat Pribadi untuk Teman Ngaji
Contoh Surat Pribadi untuk Teman TPQ

***

Assalamu’alaikum wrwb.

Tidak terasa enam tahun sudah kita tidak pernah bertemu dan berkumpul seperti dulu lagi.

Kangen bangettt rasanya.

Berangkat ke musholla kampung kita untuk belajar baca tulis Al Qur’an.

Pulang pun seringkali bersama, sambil bercanda ria.

Tak ada rasa stress…

Tidak ada persaingan..

Dan tak pernah ada iri dengki.

Semua berjalan alami, seolah begitu saja terjadi dan selalu kita nikmati detik demi detik.

***

Dan setelah menyelesaikan proses belajar di TPQ, kita menjalani keinginan dan cita-cita kita masing-masing.

Ada yang bekerja di pabrik, bekerja sendiri, melanjutkan pendidikan dan lain sebagainya.

Dan akhirnya kita jarang bertemu, apalagi gojegan bersama-sama dengan teman-teman TPQ lainnya.

“tidak ada”

Memang terkadang kita bisa berkumpul dan bercerita ngalor-ngidul ketika moment lebaran.

Tapi itupun hanya sekejap.

Sampai akhirnya keinginan dan bayangan masa itu muncul lagi dalam benak pikiranku.

Dan untuk mengurangi rasa rindu masa itu lagi, saya curahkan dalam kertas ini.

Dan kata terakhir sebagai penutup yuk kita saling mendo’akan dengan harapan Gusti Alloh selalu memberikan kebaikan-kebaikan untuk kita semua. Aamiin.

Wassalamu’alaikum wrwb.

Karanganyar, 20 Maret 2020

Sahabat kentalmu,

Yoyo M

 

#7: Surat Pribadi untuk Teman Pondok Pesantren

Surat Pribadi untuk Teman Pesantren
Contoh Surat Pribadi untuk Teman Pondok Pesantren

***

Assalamu’alaikum wr wb.

Rasa kesyukuran aku sampaikan kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih Penyayang.

Shalawat dan salam mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada Muhammad SAW, para sahabat dan para pengikutnya serta pembawa risalahnya.

Suasana pondok pesantren memang sangat menyejukkan dan penuh kedamaian.

Enam tahun kita lalui di kawah candra dimuka.

Sejak lulus sekolah dasar (SD) hingga lulus sekolah menengah atas (SMA).

Berebut makanan, berebut alat kerja bakti, dan berebut mematikan lampu kamar tidur ketika menjelang tidur di peraduan.

Peristiwa itu sekarang menjadi kenangan indah yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Bagaimana dengan kamu?

Masih mengingatnya?

Atau sudah memperoleh yang lebih baik dari itu?

***

Apapun yang terjadi, kebanyakan kita akan terus mengingat peristiwa-peristiwa yang berkesan dalam perjalanan kehidupan kita.

Dan setiap orang mempunyai cara penyikapan yang berbeda-beda. It’s OK. Tak masalah.

Demikian yang dapat aku sampaikan kepada kamu melalui surat sederhana ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Penjaga selalu memberikan penjagaan-Nya untuk kita semua. Aamiin.

Dari teman Pondok Pesantren.

Zidan M

 

#8: Surat Pribadi untuk Teman Mancing

contoh surat pribadi
contoh surat pribadi untuk teman komunitas

***

Salam mancing mania,

Puji syukur aku panjatkan kehadirat Alloh Yang Maha Pemberi Rezeki.

Bagaimana kabar sampeyan kisanak?

Semoga selalu dalam kebaikan. Aamiin.

Sudah lama kita tidak membuat acara mancing bareng-bareng. Iya kan?

Ingin rasanya mengulang kembali kebersamaan itu.

Maka melalui surat sederhana ini aku bermaksud ingin mengajak mancing lagi.

Dan untuk menentukan waktu, dan logistiknya sebaiknya kita bicarakan bersama agar semua yang ikut mancing merasakan tanggung jawab yang sama dalam mensukseskan acara mancing bareng tersebut.

Dan mengingat kondisi saat ini masih dalam suasana pandemi coronavirus, kita tidak perlu terlalu banyak peserta, sebaiknya hanya beberapa peserta saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat namun tetap enjoy.

Kami menunggu respon yang cepat dari kamu agar acara tersebut sukses dan berjalan lancar.

Bagaimana, siap kan? Oke sipp!

Akhirnya kita berharap Alloh selalu mencurahkan kebaikaan-kebaikan-Nya untuk kita semua.

Bawang, 01 Maret 2020

Bowo S

 

#9: Surat Pribadi untuk Teman Kerja

 Surat Pribadi untuk Teman Kerja
Contoh Surat Pribadi untuk Teman Kerja Sederhana

***

Salam kerja, kerja, dan kerja..

Bagaimana kabar pekerjaan hari ini?

Semoga semuanya berjalan lancar, sukses, dan sesuai dengan yang diharapkan.

Pekerjaan adalah salah satu sarana untuk mencari nafkah keluarga dan sarana untuk mengekspresikan diri.

Coba tanpa bekerja alias nganggur?

Tidak enak kan?

So, mumpung kita masih diberi pekerjaan, tugas, dan amanah sebisa-bisanya untuk selalu disyukuri dan dinikmati.

Sehingga pekerjaan itu menjadi jalan meraih kebahagiaan hidup di dunia sekaligus sebagai jalan untuk meraih pahala untuk bekal kehidupan setelah dunia.

***

Di bagian apapun posisi kita, dan dimanapun kita ditugaskan, selalu saja ada enak dan tidaknya.

Ada nyaman dan tidak nyamannya. Itulah dunia pekerjaan.

Dulu ketika aku bareng dengan kamu bro di satu kantor, selalu ada kan enak dan tidak enaknya?

Dimarahi atasan, dikomplain customer, dan saling ngomongin teman kerja lainnya.

Demikian juga ketika aku berada di tempat baru dan posisi baru, hal seperti itu pun tidak hilang, namun tetap ada.

Masih ada teman-teman kantor yang suka ‘berbisik-bisik’ ngobrolin teman lain.

Sang atasan pun masih juga marah-marah yang terkadang tak ada penyebabnya.

So nikmati dan bijak aja dalam menyikapinya.

Parah-parahnya bersikap  ‘emang gue pikirin’ 🙂

***

Bagaimana dengan kondisi teman-teman kerja di kantor sana, masihkah seperti dulu?

Semoga saja semakin baik dan semakin nyaman suasananya sehingga performance kerja pun semakin meningkat.

Akhirnya, semoga Gusti Alloh selalu memberikan kasih sayang-nya untuk kita. Aamiin.

Kawasan Kalianget, 29 November 2020

Teman kerjamu,

Daryo Daryono

 

#10: Surat Pribadi untuk Teman Ngopi

Surat Pribadi untuk Teman Ngopi
Contoh Surat Pribadi untuk Teman Ngopi

***

Salam ngopi…

Sore hari nyangkruk di warkop sambil ditemani secangkir kopi terasa damai sejahtera, walaupun masalah silih berganti serasa tak ada berhentinya.

Suasana ngopi pun akan terasa semakin asik dan gayeng ketika sambil ngobrol sana sini dengan teman-teman ngopi.

Dan sampeyan adalah salah satu teman ngopi terlama dan terasik yang ada selama ini.

Bagaimana kabar sampeyan di sana, di tempat kerjamu yang baru?

Apakah masih suka ngopi di warkop?

Atau sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan?

Ingat loh tagline populer para ngopi-er yang mengingatkan jangan kamu tinggalkan ngopi karena kesibukanmu 🙂

Teman dan sahabat baik selalu ada dimanapun kita berada.

So, jangan khawatir, jika kita baik, kita pun insyaAlloh akan di dikelilingi oleh orang-orang baik.

Dan semoga Tuhan Yang Maha Adil selalu memberikan karunia dan anugerah-Nya untuk kita. Aamiin.

Batur, 20 Mei 2020

Teman ngopimu,

Ardi Jaya

 

C: Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Surat Pribadi untuk Kakak
Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

***

Balun, 21 November 2020

Salam sayang,

Bagaimana kabar hari ini Kakak?

Kabar baik, kesejahteraan, dan kebahagiaan semoga selalu menyertai Kakak dan keluarga.

Sudah lama Kakak tidak mengunjungi kami di sini, kami merindukan celoteh kakak, kebaikan kakak, dan semua hal yang telah kami jalani selama bersama kakak.

Dan sebagai pengobat kerinduan, selembar surat untuk Kakak ini mudah-mudahan bisa mengobati rasa kangen dan rindu yang membara dalam dada ini.

Kabar kami di sini dalam keadaan baik dan membahagiakan.

Namun kebahagiaan itu rasanya kurang lengkap dengan tidak adanya kakak di sini.

Bapak dan Ibu seringkali menanyakan kabar dan informasi kakak di sana.

Ketika kami menikmati hidangan kesukaan kakak, Bapak dan Ibu selalu mengingat dan menceritakan kakak saat makan bareng-bareng.

Kiranya cukup sekian sedikit surat kami untuk kakak tersayang.

Pesan Bapak Ibu, semoga Tuhan Yang Maha Rahman Rahim selalu menyayangi kakak dan dilancarkan segala urusannya, sehingga dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu.

Syukur-syukur lebih cepat, agar kita bisa bersama dan berkumpul menjalani hidup di sini dengan penuh kedamaian.

Adikmu,

Dino Doni

 

D: Contoh Surat Pribadi untuk Teman Sekelas

Surat Pribadi untuk Teman Sekelas
Contoh Surat Pribadi untuk Teman Sekelas

***

Halo kawan,

Selepas sekolah tadi, aku bermaksud mau ke rumahmu.

Namun aku berpikir “kok keburu waktunya ya, nanti sore aja” sehingga akhirnya aku batalkan keinginan itu.

Tadi aku sudah berusaha menghubungi HP-mu tidak diangkat.

Menghubungi telepon rumahmu juga tidak ada jawaban, sehingga aku tulis surat sederhana ini dan aku titipkan ke tetangga yang kebetulan lewat depan rumahmu.

***

Lagi ngapain aja sekarang? PR-nya sudah dikerjakan apa belum?

Kalau belum dikerjakan yuk dikerjakan bareng-bareng agar cepat selesai dan benar.

Nanti sore sekitar jam 15.00 aku akan ke sana, bagaimana, kamu bisa kan?

Kalau tidak bisa, kira-kira jam berapa bisanya?

Segera kabari aku ya agar aku bisa mempersiapkan buku-buku dan materi yang diperlukan sehingga proses belajar bersama dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu sesuai dengan harapan.

Akhirnya, moga Gusti Alloh Yang Maha Pengasih selalu menyiramkan limpahan kasih sayang-Nya kepada kita. Aamiin.

Teman akrab satu kelasmu,

Adi Joko

 

02: Surat Pribadi untuk Orang Tua

sahabat sejati

A: Contoh Surat Terima Kasih untuk Orang Tua

Salam takzim,

Dua puluh tahun lebih engkalu telah merawatku, membesarkanku, menyekolahkanku hingga saat ini di perguruan tinggi.

Setelah hidup berpisah dari orang tua, sekarang baru ananda sadari bahwa betapa pengorbanan orang tua tak ternilai harganya.

Tak bisa dibalas dengan sedikit kiriman uang, apalagi jajanan khas kota tempat ananda menimba ilmu.

nothing” itu semua tidak bisa dinilai dengan materi.

Makanya ada peribahasa mengatakan:

“Kasih Ibu sepanjang masa”

***

Dulu ketika masih bersama orang tua, semuanya terasa biasa-biasa saja.

Tak ada getaran-getaran apapun, tak ada ‘dredet’ tak ada ‘dradat’.

Sesuatu baru akan terasa berarti ketika sesuatu itu tiba-tiba tiada.

Sekarang ananda baru merasakannya, bahwa petuah-petuah dari peribahasa itu benar.

Dan sebelum semuanya terlambat, ananda menuliskan surat sederhana ini khusus untuk orang tua.

Zaman memang sudah sangat maju, alat komunikasi berkembang pesat.

Namun aku merasa masih ada yang kurang, dan berbeda bila kunyatakan dengan bahasa tulisan.

Oleh karena itu, melalui tulisan ini ananda hanya bisa mengungkapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas semua kebaikan yang Bapak dan Ibu berikan untuk ananda.

Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Mulia mencurahkan karunia-Nya kepada Bapak dan Ibu.

Dan semoga Bapak dan Ibu diberi umur panjang dan kesehatan yang prima. Aamiin.

Surabaya, 23 November 2020

Ananda,

Rizky Wijaya

***

surat terima kasih untuk orang tua
Contoh surat terima kasih untuk orang tua

 

B: Contoh Surat Cinta untuk Orang Tua

surat cinta untuk orang tua
Contoh surat cinta untuk orang tua.

***

Assalamu’alaikum wrwb,

Semoga Gusti Alloh Yang Maha Pemberi Kemuliaan mencurahkan kasih sayang-Nya kepada Bapak dan Ibu tercinta.

Cinta orang tua kepada anaknya tak bisa digambarkan dengan goresan kanvas dan pena.

Mungkin hanya dengan hati dan perasaan ‘cinta’ itu baru bisa dilukiskan.

Kebaikan dan cintamu tak bisa ananda ganti dengan apapun.

Tak tergantikan oleh ‘emas rojobrono’, emas dan permata serta kekayaan dunia.

Besarnya cintamu tak bisa ananda hitung dengan rumus matematika quantum.

Nilai cintamu pun tak bisa ananda nilai dengan analisis manajemen keuangan.

Pun tak bisa ananda hitung dengan persamaan akuntansi dasar dan software akuntansi tercanggih yang ada saat ini.

***

Dan goresan pena ini mungkin sedikit yang bisa ananda ekspresikan perasaan cinta ini.

Ananda tak bisa memberikan balasan apa-apa untukmu Bapak dan Ibu.

Ananda pun tidak bisa menjadi seperti yang Bapak dan Bunda harapkan.

Beginilah apa adanya ananda.

Hanya kata ‘ma’af’ yanda dapat ananda sampaikan.

Selanjutnya, ananda hanya mampu menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala ibunda dan ayahanda berikan untukku.

Akhirnya, ananda hanya bisa berdoa dan memohon kepada Sang Pencipta Alloh Yang Maha Lembut, mudah-mudahan Beliau selalu mencurahkan kasih sayang dan kelembutan-Nya untuk Bapak dan Bunda tercinta di dunia ini hingga kehidupan setelah dunia.

Wassalamu’alaikumussalam wrwb.

Jakarta, 19 September 2020

Ananda,

Riko Sureko

 

C: Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

surat pribadi untuk ibu
contoh surat pribadi untuk ibu

***

Kagem:
Ibunda Tercinta di rumah

Dengan hormat,

Kabar baik, kesehatan prima, dan kesejahteraan serta kebahagiaan semoga selalu membersamai Ibunda dan Ayahanda di rumah.

Tak terasa, seperti baru kemarin sore ananda berkumpul dan bercengkerama dengan Ibu, Bapak serta saudara-saudara.

Masih sangat jelas dalam ingatanku, kala Bunda menyelimutiku saat tidur siang di teras depan rumah.

Masih kurasakan juga saat saat-saat menemani jalan-jalan di sekitar tempat tinggal tiap hari Sabtu dan Ahad pagi.

Ananda merindukan saat-saat seperti itu…

Namun sekarang, kebersamaan itu begitu sulit diwujudkan.

Tapi ananda sangat percaya suatu saat akan kembali seperti semula, kalaupun tidak sama persis 100% namun mendekati pun sudah ananda syukuri.

***

Oleh karena itu, melalui surat pribadi ini ananda tujukan khusus untuk orang tua, Bapak dan Ibu.

Sebagai upaya yang dapat ananda lakukan untuk menyatakan perasaan yang sudah tidak tertahankan.

Dan untk mengobati kerinduan pada suasana dan kondisi rumah yang mendamaikan.

Akhirnya, ananda hanya bisa selalu mengirimkan doa-doa dan harapan kepada Tuhan Yang Maha Penyayang, semoga Beliau berkenan memberikan yang terbaik bagi Bapak dan Ibu.

Jakarta, 20 Desember 2020

Ananda yang selalu merindkan Ayah Bunda

Michael Hafiz

 

03: Surat Pribadi untuk Guru

Perempuan baca buku

A: Contoh Surat Terima Kasih untuk Guru Singkat

Salam hormat

Lima belas tahun sudah kami lulus sekolah dasar. Enam tahun kami lalui sekolah dasar dengan penuh suka cita.

Terlalu banyak kenangan manis yang terasa sulit kami hilangkan dari ingatan dan pikiran.

Teringat saat pelajaran olahraga di lapangan sepak bola di waktu hujan, saat diberi nasehat yang belum mengerti apa itu nasehat.

Guru-guruku, engkau adalah para pahlawan tanpa tanda jasa original bukan kelas KW 🙂

Dengan tanpa kenal lelah membimbing kami.

Masih sangat jelas tergambar dalam ingatanku, bagaimana engkau mengajari matematika hingga kami mengerti serta paham.

Bagaimana engkau membimbing kami cara bercuci tangan yang baik dan benar.

Dan sekarang pengetahuan itu benar-benar berguna di kala musim pandemi Coronavirus.

***

Dan melalui secarik kertas yang tak berguna ini, aku mengucapkan rasa terim kasih yang sebesar-besarnya atas semua kebaikan yang kami terima.

Kami tidak bisa membalas dengan apapun.

Semua kebaikan yang telah engkau berikan tidak akan tergantikan dengan apapun.

Tak akan bisa diganti dengan materi, harta, kekayaaan, dan kebaikan kami.

Hanya doa yang dapat kami panjatkan kehadlirat Tuhan Yang Maha Pengasih Penyayang, mudah-mudahan memberikan balasan kebaikan di atas kebaikan kepada guru-guru kami dan keluarganya. Aamiin.

Surabaya, 30 Oktober 2020

Perwakilan alumni SD Kelas V

Mimin Suparmin

***

surat terima kasih untuk guru singkat
Contoh surat terima kasih untuk guru singkat

 

B: Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Favorit

surat untuk guru favorit
contoh surat untuk guru favorit

***

Semua guru adalah baik dan favorit.

Tak terkecuali Pak Pras, favorit banget deh.

Asik, perhatian, dan simpatik banget.

Ketika ada murid yang sakit, beliau rawat seperti anaknya sendiri.

Saat murid kesulitan, Pak Pras dengan hati tulus dan sungguh-sungguh berusaha membantu sekuat tenaga. Sebisa-bisanya…

Pak Pras memang guru favorit di sekolah kami.

Bukan karena ganteng-nya, bukan karena kekayaannya, dan bukan karena kepintarannya.

Tapi karena ketulusan hatinya.

Kata Pak Aziz, guru pelajaran agama, menjelaskan bahwa hati akan bertemu dengan hati.

Dan Pak Pras adalah salah satu contoh guru yang menerapkan penjelasan guru agama itu dengan sempurna.

Beliau tidak perlu mentraktir makan murid-muridnya setiap hari.

Beliau pun tak perlu memberikan hadiah-hadiah mahal kepada murid-muridnya.

Pak Pras hanya perlu memahami murid-muridnya dengan sepenuh hati yang tulus.

Dan secara otomatis murid-muridnya menghargai dan menempatkan beliau sesuai dengan maqom-nya.

***

Dan tulisan sederhana ini adalah sedikit ungkapan perasaan hati kami sebagai murid-murid kepada guru favorit kami, Pak Pras.

Kami berharap Pak Pras akan terus menjadi guru favorit kami dan tidak berubah selamanya.

Dari palung hati yang paling dalam kami hanya bisa mengucapkan terima kasih dan memanjatkan doa kepada Alloh Yang Maha Lembut, semoga selalu memberikan kebaikan-kebaikan kepada Pak Pras. Aamiin.

Kalisat Sikumpul, 25 Juli 2020

Murid-muridmu kelas IX,

Adi Marno

 

C: Surat untuk Guru Tersayang

surat untuk guru tersayang
Contoh surat untuk guru tersayang

***

Salam hormat guruku tersayang,

Profesi guru sungguhlah mulia, selain memberikan ilmu, juga suri tauladan, kasih sayang, dan bimbingan.

Semua guru baik, maka pantaslah bagi kami sebagai murid untuk menyayangi sepanjang masa.

Tidak ada kata yang paling pantas untuk menggambarkan perasaan kami untuk guru-guru kami.

Jasa-jasa para guru yang telah berikan kepada kami tak ternilai harganya.

Kabaikan, ketulusan, upaya keras, dan motivasi yang tak pantang menyerah tidak bisa dihargai dengan apapun, tak terkecuali sejumput bunga dan sekeping permata.

Apalagi ‘hanya’ selembar kertas penuh dengan goresan kata tak bermakna.

***

Begitu sulitnya kami mengungkapkan kebaikanmu para guru-guru kami.

Namun demikian, apa yang kami sampaikan ini adalah muncul dari ketulusan hati kami.

Bukan sekedar lip service tanpa makna.

Sesuatu yang muncul dari hati, semoga akan mudah diterima oleh hati juga.

Oleh karena itu, melalui surat sederhana ini kami sampaikan rasa terima kasih yang tak terkirakan untuk guru-guru kami tersayang.

Selanjutnya, kami juga mohon ma’af atas segala kekeliruan, kesalahan, dan kekhilafan kami selama ini.

Dan di akhir tulisan ini, kami hanya bisa mendo’akan para guru-guru kami kepada Alloh Yang Maha Penjaga, moga selalu mencurahkan kasih sayang-Nya untuk guru-guru kami tersayang. Aamiin.

Gununglangit, 15 Agustus 2020

Murid-muridmu,

Nano Suwarno

 

D: Surat Rindu untuk Guru

surat rindu untuk guru
Contoh surat rindu untuk guru

***

Salam rindu tuk guru-guru kami,

Sebelumnya kami memohon ma’af atas kesalahan dan ketidakpatutan sikap-sikap kami kepada engkau guruku.

Dan tak terasa, setelah 20 tahun lebih tak berjumpa denganmu, ada sebersit kerinduan untuk bertemu denganmu guruku.

Kami merindukan nasehat dan petuah-petuahmu, guruku.

Aku juga rindu atas bimbingan dan kezuhudanmu.

Masih sangat jelas dalam gambaran otakku, kebersamaan denganmu guruku seakan baru terjadi ‘kemarin’.

Celoteh dan canda-canda berkelasmu,

Ketulusan dan kemuliaan akhlakmu,

Semua itu bagai sumber mata air jernih yang menyegarkan dan menghilangkan dahaga.

Aku rindu semua itu, guruku…

***

Akupun akhirnya tersadar, bahwa peristiwa itu telah terjadi dua puluh tahun silam…

Dan akhirnya, muncullah rasa rindu dan ingin kembali ke masa itu.

Kerinduan ini sulit untuk diobati tanpa bertemu dengan obat sejati, yaitu guru-guruku tersayang.

Berpuluh tahun kami tak pernah berkunjung dan bertemu dengan engkau guruku.

Semua itu atas nama alasan dan alasan.

Alasan sibuk, alasan pekerjaan, alasan tidak ada waktu, dan seterusnya…

***

Dan untuk sedikit mengobati kerinduan ini, kami hanya bisa mencurahkan dalam tulisan-tulisan di kertas putih ini.

Tentu tak sama dengan masa itu. Tapi paling tidak bisa menyirami perasaan ini.

Akhirnya, kami hanya bisa memanjatkan doa-doa kehadlirat Tuhan Yang Maha Agung semoga terus memberikan kebaikan-kebaikan kepada para guru-guruku. Aamiin.

Sampang, 21 September 2020

Murid-muridmu kelas VI

Mario Maryono

 

E: Contoh Surat Pribadi untuk Guru SD (Sekolah Dasar)

surat untuk guru sd
contoh surat untuk guru Sekolah Dasar (SD)

***

Gunungsari, 27 Oktober 2020

Assalamu’alaikum wr. wb.

Belajar di sekolah dasar adalah masa yang paling lama dibandingkan jenjang lainnya.

Sehingga masa sekolah dasar adalah masa yang paling berkesan, paling banyak pengalaman, dan paling akrab dengan para guru-guru pengajarnya.

Sampai tua pun para guru-guru sekolah dasar tidak bisa dilupakan.Terus dan tetap melekat dalam ingatan kami.

Aku teringat saat engkau pertama kali menerima kami dan orang tua di sekolah.

Tergambar dengan jelas ketulusan dan keramahanmu guruku.

Dan sampai akhirnya engkau bimbing kami selama lima tahun.

Engkau ajari aku ilmu-ilmu dasar seperti matematika, bahasa Indonesia, Pancasila dan seterusnya…

Dan yang paling kami ingat, semua aktivitas itu engkau lakukan dan jalani dengan tulus ikhlas dan penuh kesungguhan.

Dan melalui surat sederhana ini kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga untuk para guru-guruku tercinta.

Kami tidak akan bisa membalas semua kebaikan engkau.

Kami hanya sanggup memanjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan atas semua kebaikan yang telah kami terima.

Dan semoga Tuhan Yang Maha Pengasih selalu mencurahkan kasih dan sayangnya kepada para guru-guruku. Aamin.

Wassalam

Murid-murid kelas IV

***

Dan untuk melengkapi pembahasan surat pribadi (personal letter) dan contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris, tonton video pembelajarannya berikut ini…

Bagaimana, lebih jelas kan?

Dan bila Anda ingin tahu bagaimana cara membuat narasi tentang diri sendiri, anda tinggal mempelarinya di artikel contoh narasi.

 

04: Kesimpulan

Surat adalah salah satu alat komunikasi populer yang digunakan oleh manusia.

Ada beberapa kriteria pembagian jenis surat, ada yang membedakan berdasarkan formalitasnya menjadi surat resmi dan surat tidak resmi atau surat pribadi.

Ada juga yang membedakan jenis-jenis surat berdasarkan tujuan, misalnya surat kuasa, surat pernyataan, surat rekomendasi, surat pengunduran diri.

Dan pada kesempatan ini kami membahas dan menyajikan 24+ contoh surat pribadi untuk teman, sahabat, dan orang tua, serta contoh surat pribadi resmi untuk guru.

Demikian yang dapat kami bagikan dan bahas tentang surat pribadi.

Semoga bermanfaat. Terima kasih. *****

manajemen keuangan dan SOP