Inilah 5 Keharusan yang Mesti Dilakukan agar Hidupmu Kembali ke Arah yang Benar dan Masa Tuamu tidak Terlunta-Lunta

masa-tua-bahagia

Apakah anda pernah merenung kira-kira sampai umur berapa akan bekerja?

Apakah gaji atau pendapatan Anda saat ini bisa membiayai masa di mana Anda tidak bekerja atau pensiun?

Dua pertanyaan di atas perlu anda tanyakan pada diri sendiri, bila Anda tidak ingin masa tua Anda terlunta-lunta dan me-repotkan orang lain.

Survey Kompas – OJK menemukan bahwa 95% orang Indonesia tidak siap menghadapi pensiun secara finansial.

Agar hasil survey tersebut tidak berlaku untuk diri kita, maka perlu dipikirkan untuk melakukan sesuatu yang penting untuk masa tua kita.

Dan mengetahui kondisi riil saat ini adalah langkah awal untuk melakukan langkah-langkah penting untuk masa tua kita.

Seringkali kita tidak menyadari waktu, padahal waktu tidak akan pernah berkompromi dengan siapapun. Tiba-tiba saja, tak terasa waktu pensiun sudah tiba, padahal belum ada persiapan apa pun, bisa kacau kan?

Coba Anda bayangkan bagaimana tidak enaknya bila pada saat Anda tua, kondisi sudah melemah, kemungkinan terkena berbagai macam penyakit dan gangguan fisik semakin besar, namun tidak punya uang untuk berobat atau untuk menjaga kesehatan Anda.

Semoga saja hal itu gak terjadi sih….

Atau misalnya Anda harus bekerja sampai usia senja untuk membiayai kehidupan Anda. Gak enak kan?

Maka sebelum semua itu terjadi dan menjumpai kita, yuk kita sempatkan diri dengan serius untuk menghitung perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan saat tidak bekerja lagi.

Itulah salah satu alasan pentingnya membuat perencanaan keuangan dan bila Anda ingin tahu lebih mendalam tentang perencanaan keuangan atau financial planner, artikel “ cara membuat perencanaan keuangan yang tepat” mungkin cocok untuk Anda baca.

Bila perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan untuk membiayai masa tua Anda sudah ketemu, selanjutnya hitung juga waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang itu dari saat sekarang sampai masa pensiun.

Hasil hitungan itu merupakan nilai finansial Anda dalam ukuran waktu.

Karena nilai finansial Anda ditentukan oleh waktu, maka segeralah untuk melakukan hal-hal yang sudah diharuskan. Semakin lama kita menunda untuk melakukan keharusan-keharusan tersebut maka akan semakin besar uang yang harus bisa diperoleh dalam tiap bulan, minggu, hari, dan jamnya.

Lalu bagaimana bila sudah melakukan perhitungan?

Langkah berikutnya adalah membandingkan hasil perhitungan tersebut dengan gaji yang sudah kita peroleh saat ini. Bila gaji yang sudah Anda peroleh saat ini sudah bisa, atau bahkan melebihi kebutuhan yang akan datang maka bersyukurlah dan teruslah pertahankan.

Atau bila memungkinkan optimalkan pencapaian tersebut untuk mengantisipasi kejadian-kejadian di luar yang direncanakan.

Namun bagaimana bila gaji Anda saat ini berada jauh di bawah hasil perhitungan?

Risau, galau, dan gelisah….. itu wajar dan tenang saja, respon seperti itu adalah awal yang baik 🙂

Karena Anda mengetahui kondisi riil saat ini, maka Anda mempunyai kekuatan untuk berusaha berpindah ke kondisi yang lebih baik.

Bila Anda tidak mengetahui kondisi saat ini, anda tidak akan mengetahui tujuan Anda. Setelah itu Anda tinggal memutuskan untuk memilih jalan mana dan kendaraan seperti apa yang akan digunakan untuk mengantarkan ke tujuan yang sudah ditentukan.

Bila tujuan dan strategi yang tepat sudah ditentukan selanjutnya ‘hanyalah’ penerapan langkah-langkah yang disiplin.

Seringkali untuk memulai sesuatu yang baik kadang ‘terlihat’ atau seolah-olah sulit, tidak mungkin, dan sederet alasan sebagai pembenaran.

Namun bila sudah dimulai semua akan terasa ringan, walaupun berbagai permasalahan timbul silih berganti namun akan bisa diselesaikan dengan tuntas.

Jadi bila tujuan dan strategi sudah ditetapkan, teruslah berfokus dan disiplin dalam pelaksanaan langkah-langkahnya. Jangan sampai salah arah!

Berikut ini adalah 5 keharusan yang harus dilakukan agar jalan Anda terus fokus ke arah tujuan yang sudah ditentukan, yaitu menyongsong masa tua yang mandiri, berkualitas, dan bahagia.

1. Pengertian yang Jernih

Anda harus mengerti mengenai hal-hal yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan.

Jadikan itu sebagai semacam SOP yang baku bagi Anda sendiri. Jangan buang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak ada dalam SOP Anda. Sayangilah waktu Anda, karena waktu adalah faktor pembagi bagi nilai finansial Anda.

Kita bisa mengambil pelajaran dari banyak ketidakberesan yang terjadi di masyarakat karena ketidaktahuan secara mendalam terhadap sesuatu.

Mengetahui sesuatu secara sepotong-sepotong, namun sudah menyampaikan sesuatu itu seolah ‘pakar’, namun sebenarnya mentah.

Jadi pastikanlah Anda mengenali hal-hal yang akan menjadikan Anda berada pada jalur yang terdekat menuju tujuan Anda.

2. Jaga Kecepatan

Kecepatan sangat dipengaruhi oleh beban materi yang ditanggung. Semakin berat beban yang ditanggung maka semakin lambat kecepatannya. Oleh karena itu agar mempunyai kecepatan yang tinggi diperlukan berat beban yang proporsional.

Buang semua beban-beban yang tidak diperlukan.

Pastikanlah Anda segera menghilangkan semua tindakan yang tidak seharusnya dilakukan dan memfasilitasi semua tindakan yang memang seharusnya dilakukan.

Tanyakan pada hati nurani Anda setiap kali akan melakukan sesuatu, apakah sesuatu itu akan bisa mengantarkan ke tujuan yang sudah ditetapkan atau tidak?

3. Fokus

Lakukan tindakan yang langsung pada pokok permasalahanya. Bila tujuan Anda adalah untuk memperoleh uang atau pendapatan dalam jumlah tertentu maka sibukkanlah diri Anda dengan tindakan yang langsung mempengaruhi peningkatan pendapatan Anda.

Misalnya selain sebagai karyawan, Anda juga menjalankan bisnis online, mengajar privat dan melakukan investasi properti.

Pastikanlah Anda hanya membicarakan dan melakukan yang relevan bagi tujuan Anda, karena apa pun yang selain dari yang relevan bagi tujuan Anda, hanya akan menjadikan Anda semakin jauh dari pencapaian tujuan Anda.

4. Sederhanakan

Kata orang bijak, nilai tertinggi dari segala sesuatu adalah kesederhanaan. Semakin sederhana dan mudah sesuatu itu maka sesungguhnya itu adalah puncak tertinggi.

Coba amati sejenak di sekitar kita, mesin pencari nomer wahid di dunia ini adalah Google, bila dilihat penampilannya sederhana dan mudah menggunakannya.

Orang bisa mencari informasi apa saja dengan cepat dan relatif akurat hanya dengan mengetikkan keyword tertentu di sebuah kotak sederhana.

Padahal di luar penampilan dan kekuatannya di dalamnya ada susunan algoritma rumit yang tidak setiap orang mampu memahaminya.

Seperti beberapa judul di artikel ini 🙂

Simpel dan mudah diaplikasikan!

Inilah Cara Simpel Menghitung Zakat Profesi Akuntan dan Bidang Keuangan

Bagaimana Cara Simpel dan Mudah Membuat Laporan Keuangan Terpercaya untuk Lembaga Pengelola Zakat

5. Jujur Pada Diri Sendiri

Akui dan jujurlah pada diri sendiri. Untuk melakukan tindakan-tindakan untuk menggapai tujuan tidaklah mudah. Di sepanjang perjalanan akan sering ditemui banyak hal yang mudah, enak dan sebaliknya.

Berhenti sejenak dan luangkan waktu untuk menerima kenyataan itu. Mungkin dengan kesendirian dan keheningan Anda akan menemukan pencerahan-pencerahan yang bisa menjadi tambahan energi fisik dan mental Anda.

Hanya dengan menjadi sepenuhnya jujur kepada diri Anda sendiri, Anda akan bisa berlaku se-obyektif mereka yang tidak terlibat. Dan dengannya Anda akan bisa mulai menjadi penasehat yang paling jujur bagi diri Anda sendiri.

Bukankah kita sering melihat penonton sepak bola menjadi komentator paling jujur dan ulung melebihi komentator sebenarnya 🙂

***

Downlad gratis