Alasan Mengapa Metode Harga Pasar merupakan Pendekatan Terbaik untuk Menentukan Harga Transfer?

Alasan Mengapa Metode Harga Pasar merupakan Pendekatan Terbaik untuk Menentukan Harga Transfer

Metode transfer pricing menurut harga pasar yang bersaing dipandang sebagai pendekatan terbaik bagi masalah penentuan harga transfer.

Metode lain bisa baca di artikel : Metode Transfer Pricing Berdasarkan Harga Pokok

Sedangkan mengenai definisi transfer pricing, arti transfer pricing, apa yang dimaksud dengan transfer pricing, dan apa itu transfer pricing bisa dipelajari di artikel Kenapa Diperlukan Transfer Pricing?

Mengapa metode transfer pricing berdasarkan harga pasar yang bersaing merupakan pendekatan terbaik?

Salah satu alasannya adalah harga pasar yang bersaing tersebut sangat sesuai dengan konsep pusat laba dan memperlayak evaluasi  prestasi pelaksanaan berdasarkan laba di berbagai tingkatan dalam organisasi.

Dengan menggunakan harga pasar untuk mengelola harga transfer, maka seluruh divisi atau departemen bisa menerapkan biaya standar akuntansi manajemen dan mampu menunjukan kontribusi laba atas jerih payahnya.

Baca juga : Alasan Mengapa Konsep Dasar Akuntansi Manajemen Perlu Dipahami

Metode harga pasar juga akan membantu manajer untuk memutuskan kapan transfer seharusnya dilakukan.

Kapan harga transfer digunakan oleh perusahaan?

Metode harga pasar sebaiknya diterapkan pada organisasi bisnis yang benar-benar didesentralisasi sepenuhnya.

Sehingga metode ini digunakan dalam organisasi bisnis di mana manajer divisional mempunyai hak otonom dalam pengambilan keputusan dan setiap divisi dapat dipandang sebagai bisnis independen dengan tanggungjawab laba yang juga independen.

Gagasan memberlakukan harga pasar untuk mengelola transfer pricing adalah untuk menciptkan kondisi pasar yang bersaing.

Hal itu bisa terjadi bila berbagai divisi benar-benar merupakan entitas bisnis yang terpisah dan terikat pada tawar-menawar yang bebas di pasar terbuka.

Sejauh harga transfer yang dihasilkan mencerminkan kondisi pasar yang sesungguhnya, hasil operasi divisional akan memberikan suatu dasar yang baik untuk evaluasi prestasi pelaksanaan manajerial.

The National Association of Accountant (NAA) menjelaskan tentang keuntungan lain dan operasi keseluruhan dari metode harga pasar sebagai berikut :

Bilamana desain, kualitas, penampilan, dan harga produk serta jasa perusahaan lebih unggul atau sama dan bila skedul pengiriman yang dapat diterima dipenuhi, maka diharapkan akan diperoleh dari lingkungan sendiri.

Sejauh persyaratan ini dipenuhi, satuan penerima tidak menderita kerugian dan laba satuan pemasok menambah laba perusahaan.

Seringkali divisi penerima memperoleh keuntungan seperti pengendalian yang lebih baik atas kualitas, terjaminnya kelangsungan pemasokan, dan ketepatan pengiriman.

biaya standar akuntansi manajemen

Selain itu, ada pedoman tertentu yang harus diikuti bila menggunakan harga pasar untuk mengelola harga transfer dan transfer produk antar divisi. Pedoman tersebut adalah :

  • Divisi pembeli harus membeli dari lingkungan internal sendiri sepanjang divisi penjual memenuhi seluruh harga jual ke pihak eksternal secara jujur dan menghendaki untuk menjual ke lingkungan internal sendiri.
  • Bila divisi penjual tidak memenuhi seluruh harga jual ke pihak eksternal secara jujur, maka divisi pembeli bebas untuk membeli dari pihak eksternal.
  • Divisi penjual harus bebas menolak untuk melakukan bisnis internal bila divisi penjual lebih senang menjual ke pihak eksternal.
  • Suatu dewan yang bersikap netral harus dibentuk untuk menyelesaikan perselisihan antar divisi mengenai harga transfer.

Disusun buku transfer pricing atau transfer pricing documentation.

Ada 3 kondisi pasar dalam metode transfer pricing ini, yaitu :

  1. Pasar perantara ditentukan dengan baik.
  2. Harga berubah di pasar perantara.
  3. Harga pasar yang bisa dirundingkan atau didamaikan.

Pembahasan detil mengenai metode penentuan harga transfer beserta contohnya, kelebihan dan kelemahan harga transfer,  penentuan harga produk dalam praktek transfer pricing, contoh soal harga transfer dan dasar dasar menentukan harga transfer dengan ketiga kondisi tersebut di atas akan di tulis pada artikel-artikel berikutnya, stay tune di blog ini ya 🙂

Terima kasih

***