Bila Anda Tidak Ingin Bermasalah dengan Aplikasi Akuntansi, Inilah Cara Paling Jitu Memilih Aplikasi Akuntansi yang Kredibel

mental-stres

Aplikasi akuntansi dibangun untuk membantu pegawai dan pemilik bisnis sehingga mencapai tujuan yang ingin diraih.

Dari sisi karyawan, software akuntansi akan mendukung pekerjaan-pekerjaan akuntansi dan keuangan, sedangkan dari sisi pemilik bisnis akan membantu memantau kinerja usahanya.

Saat sebuah perusahaan mencoba meng-implementasikan accounting software, akan muncul berbagai komentar yang kadang tidak enak didengar.

Komentar-komentar seperti itu sering terdengar dari lisan orang perusahaan, dari level manajemen puncak hingga karyawan biasa. Komentar itu menyeruak karena faktanya memang seperti itu.

Berikut contoh-contoh komentar itu :

“Aplikasi Akuntansi-nya sih canggih, kenapa masih didampingi konsultan?”

“Katanya aplikasi kelas dunia, kenapa digunakan untuk Njurnal-jurnal transaksi saja, analisisnya kebanyakan pakai MS. Excel”

” Saat jualan aplikasi akuntansi, ngomong-nya muluk-muluk. Setelah dibeli, ngacir… “

“Informasi lebih cepat dan akurat, dua jempol untuk aplikasi akuntansi ini”

“Performance perusahaan semakin bagus setelah menggunakan aplikasi itu, recommended deh”

Ada perusahaan yang setiap akhir bulan dan akhir tahun ketika akan melakukan closing periode pembukuan begitu heboh dengan melibatkan hampir semua bagian! purchasing, produksi, marketing, dan tentunya bagian akunting&keuangan.

Penulis pernah mengalami kondisi seperti ini ¬†ūüôā

Kemudian ada perusahaan yang telah mengimplementasikan aplikasi akuntansi yang terintegrasi dengan semua bagian.

Namun sejak go live sampai maintenance bertahun-tahun masih didampingi konsultannya, sampai-sampai sulit untuk membedakan mana konsultan dan mana karyawan perusahaan.

Penulis juga pernah mengalami kondisi seperti ini ¬†ūüôā

Namun banyak juga perusahaan yang performance-nya meningkat secara signifikan setelah menggunakan aplikasi akuntansi.

Fitur dan modul-modulnya bisa memfasilitasi semua jenis aktivitas transaksi keuangan dan dapat difungsikan secara efektif serta mampu mengantisipasi perkembangan bisnis perusahaan di masa depan

A. Pertimbangan Memilih Aplikasi Akuntansi Kredibel

Perlakuan suatu transaksi di ERP SAP FICO

Perlakuan suatu transaksi di ERP SAP FICOBagaimanapun juga memilih software/aplikasi akuntansi yang kredibel memang tidak mudah, misalnya mencari fitur yang sesuai, contohnya fitur automatic posting yang menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih software akuntansi.

Selain itu dibutuhkan waktu, usaha yang sungguh-sungguh, ketelitian, kejelian dan kebijaksanaan yang memadai.

Karena keputusan dalam memilih aplikasi akuntansi akan berpengaruh terhadap berbagai aspek, mulai aspek administrasi, keuangan dan seluruh aktivitas perusahaan.

Bila saat ini Anda salah dalam mengambil keputusan memilih aplikasi akuntansi, dalam beberapa tahun kedepan kemungkinan besar harus mengeluarkan dana lagi untuk mengganti aplikasi akuntansi baru.

 

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih aplikasi akuntansi :

1. Jenis perusahaan
Apa jenis bisnis perusahaan Anda; jasa, dagang, manufaktur, atau kombinasi dari beberapa jenis perusahaan.

 

2. Aplikasi akuntansi yang digunakan saat ini
Apakah aplikasi yang sedang digunakan saat ini akan terus dipakai lalu diintegrasikan dengan aplikasi akuntansi yang baru, atau seluruhnya akan diganti dengan aplikasi akuntansi yang baru.

 

3. Ukur tingkat kemampuan dan pengetahuan akuntansi dan keuangan tim Anda.

Dengan mengetahui tingkat kemampuan akuntansi&keuangan tim Anda sendiri, maka anda akan dapat menentukan dan membuat daftar modul serta fitur yang dibutuhkan.

 

4. Integrasi
Apakah saat ini perlu suatu aplikasi yang bisa mengintegrasikan semua bagian ; produksi, inventory, purchasing,penggajian, perpajakan.

Bila belum dibutuhkan, maka carilah aplikasi akuntansi yang bisa di-upgrade dengan kebutuhan dan perkembangan perusahaan.

 

5. Komponen pendukung.
Apakah komponen-komponen yang saat ini ada baik hardware maupun software, seperti server, network tools, dan operating system masih bisa digunakan, ataukah harus baru dengan spesifikasi sesuai aplikasi akuntansi yang baru.

 

6. Faktor Eksternal.
Apakah partner-partner perusahaan mengharuskan suatu sistem yang bisa mempermudah dan memfasilitasi transaksi antar sistem.

Bila itu dibutuhkan dan akan meningkatkan performance perusahaan, mau tidak mau perusahaan harus mencari aplikasi akuntansi yang bisa memfasilitasi kebutuhan itu.

Dari poin 1 sampai 6, maka akan diperoleh sebuah kesimpulan penting mengenai aplikasi akuntansi seperti apa yang akan digunakan?

Yaitu sebuah aplikasi akuntansi yang bisa memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini dan masa yang akan datang.

 

B. Review Aplikasi Akuntansi

Modul-modul di MYOB Accounting
Modul-modul di MYOB Accounting

Setelah anda berhasil menentukan aplikasi akuntansi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

Selanjutnya adalah melakukan review dan hal-hal yang terkait dengan aplikasi yang akan dipilih, yaitu :

1. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi

Tujuan menggunakan aplikasi akuntansi adalah untuk membantu mempercepat pekerjaan.

Jika suatu aplikasi malah memperlambat proses pekerjaan karena sulitnya pengoperasian atau membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengoperasikannya secara optimal, maka sebaiknya mencari aplikasi akuntansi yang lain.

Saat ini hampir semua penyedia aplikasi akuntansi menyatakan bahwa produk mereka user-friendly, mudah digunakan, namun faktanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mengoperasikan aplikasi itu secara optimal.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui suatu aplikasi itu user-friendly atau tidak?

Langkah pertama adalah mempelajari manual dan versi demo atau trial-nya.

Dari sana Anda bisa menilai apakah aplikasi itu user-friendly atau tidak.

 

2. Support terhadap aplikasi.
Ada beberapa penyedia/penjual produk aplikasi ketika menjual produknya, semua dikatakan bagus; produknya, support setelah pembelian (training, maintenance, upgrade), dan dukungan lain.

Namun setelah produk itu dibeli, apa yang dikatakan sejak awal tidak sepenuhnya terbukti.

Maka pastikan sejak awal bahwa produk aplikasi yang akan dibeli benar-benar memperoleh support penuh dari penyedia/penjual aplikasi.

 

3. Security dan otorisasi.

Data akuntansi dan keuangan adalah data vital bagi perusahaan, sehingga faktor keamanan menjadi persoalan besar yang perlu mendapatkan perhatian.

Sehingga faktor keamanan ini harus menjadi pertimbangan penting dalam memilih aplikasi akuntansi.

 

4. Referensi dan Rekomendasi pihak ketiga.
Cari informasi lengkap dari pihak ketiga berkaitan dengan aplikasi yang akan digunakan berkaitan dengan informasi penting seperti pada poin 1 sampai 3.

Informasi-informasi itu bisa diperoleh dari mereka yang telah menggunakan aplikasi tersebut, dari sumber-sumber independen seperti reviewer profesional, dan dari forum-forum independen tentang aplikasi akuntansi.

Dari sanalah Anda bisa mendapatkan informasi-informasi yang jujur, tulus, dan apa adanya.

Walaupun informasi-informasi tersebut tidak sepenuhnya benar, karena bisa saja datang dari pesaing yang ingin menjatuhkan reputasi aplikasi tersebut.

Namun paling tidak hal itu bisa dijadikan bahan referensi untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Maka anda harus terbuka, cerdas, dan bijaksana dalam menentukan pilihan.

 

C. Kesalahan umum ketika memilih aplikasi akuntansi

Smart Inventory
Tampilan muka Smart Inventory

Setelah Anda menentukan aplikasi akuntansi seperti apa yang akan digunakan dilanjutkan dengan melakukan review terhadap aplikasi akuntansi yang akan dipilih.

Dan di bagian ketiga dari artikel ini, ada tips untuk menghindari 4 kesalahan umum ketika memilih sebuah aplikasi akuntansi.

1. Mengandalkan informasi yang terbatas

Memilih aplikasi akuntansi yang kredibel membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sebentar.

Maka sangat penting untuk mencari informasi yang lengkap tentang kebutuhan perusahaan, tentang aplikasinya sendiri dan tentang dampak setelah pemakaian aplikasi tersebut.

Oleh karena itu diperlukan studi yang lebih komprehensif dan riset yang menyeluruh mengenai penggunaan aplikasi akuntansi.

Tidak hanya sekedar angka-angka dan harga.

 

2. Mudah terkesan dengan penampilan

Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda…

Kalimat itu sangat populer pada beberapa tahun yang silam, sebuah kalimat iklan yang begitu menggoda

Dan kenyataannya secara naluriah, manusia pada umumnya memiliki kecenderungan untuk terpesona terhadap penampilan luar akan sesuatu.

Namun untuk aplikasi akuntansi, yang dibutuhkan tidak hanya sekedar penampilan yang menarik, profesional, warna yang menyejukan mata, dan bening saja, melainkan reliability dan stability.

Tidak hanya cantik luarnya saja, tapi inner beauty-nya juga.

 

3. Pemahaman yang salah terhadap otomatisasi

High tech selalu kehilangan aura saat human touch lenyap

Begitu kalimat yang pernah dituliskan oleh seorang pakar manajemen. Lalu apa kaitannya dengan aplikasi akuntansi?

Otomatisasi dalam aplikasi akuntansi memang sangat membantu meng-efesienkan proses dan operasional perusahaan dalam proporsi tertentu.

Namun aplikasi akuntansi dan kecanggihan teknologi pada umumnya tidak pernah bisa menggantikan kerja keras, usaha dan kecintaan Anda terhadap perusahaan dan fungsi manusia secara keseluruhan.

 

4. Tidak melibatkan banyak pihak
Bila suatu saat nanti perusahaan sudah mengimplementasikan aplikasi akuntansi maka yang paling merasakan baik dan buruknya aplikasi itu adalah karyawan perusahaan.

Oleh karena itu perlu melibatkan berbagai pihak, baik manajemen puncak maupun karyawan kunci sejak pemilihan hingga implementasi aplikasi akuntansi.

Inilah tahapan dan proses memilih software akuntansi yang kredibel untuk perusahaan anda sehingga di kemdian hari Anda tidak akan bermasalah dengan aplikasi akuntansi.

 

Update :  17/05/2018

14 Software Akuntansi ini, salah satunya mungkin berjodoh dengan anda

Berikut ini daftar 15 software akuntansi besutan anak negeri yang bisa menjadi pertimbangan saat anda ingin menggunakan software akuntansi untuk bisnis anda.

  1. Bee Accounting
  2. AbiPro
  3. Accurate
  4. Acosys
  5. Corsus
  6. EAS
  7. FINA
  8. Integrated System
  9. MAS
  10. Omega
  11. SisKA
  12. Zahir
  13. Jurnal-id
  14. sleekr

Mari kita bahas satu per satu …..

#1. Bee Accounting

Software akuntansi ini besutan anak-anak kota Pahlawan Surabaya. Unik, handal, dan pas dengan bisnis serta perpajakan Indonesia. Software yang membawa slogan ‚ÄúSoftware Akuntansi no: 2 di Indonesia‚ÄĚ ini terkenal mudah, akurat dan untung.

Ada dua versi, desktop dan cloud. Anda tinggal memilih yang cocok dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sebagaimana di informasikan di situsnya, Bee cloud¬†adalah software akuntansi online berbasis web based dengan sistem Mobile Dashboard Approval. So…¬† anda bisa kendalikan bisnis kapan pun di mana pun. ¬†Asiknya lagi bee cloud ini support Android, Ipad, PC. Lengkap banget kan?

Seberapa besar manfaat fitur-fitur lengkap Bee Cloud?

Untuk mengantisipasi perkembangan bisnis, lingkungan dan teknologi, Bee Cloud sudah dilengkapi dengan seperangkat fitur-fitur yang pas untuk mendukung perkembangan tersebut.

Paling tidak ada 18 manfaat dari fitur-fitur tersebut, yaitu :

  1. Untuk menganalisis bisnis anda dengan angka-angka yang akurat.
  2. Bisa di akses dari smartphone, tablet dan PC.
  3. Untuk melihat kinerja bisnis anda, cukup dengan satu kali usap.
  4. Anda bisa membebaskan waktu dan fisik anda. Anda bisa duduk ‚Äėleyeh-leyeh‚Äô menikmati liburan anda, tanpa harus khawatir bisnis anda amburadul.
  5. Kenapa anda bisa tenang menikmati liburan? Karena bisnis anda aman dari manipulasi dan kebocoran.
  6. Desain nota, form dan laporan bisa dibuat sesuai keinginan anda.
  7. Memudahkan untuk membuka lebih banyak cabang.
  8. Bisa mengelola hak akses setiap karyawan.
  9. Bisa menghemat pajak penghasilan secara legal.
  10. Bisa meminimalisir piutang macet dan tak tertagih.
  11. Proses pembelian menjadi efisien.
  12. Untuk mencetak invoice, faktur dan laporan-laporan bisa dilakukan dengan mudah.
  13. Bisa melacak nomor seri barang dengan cepat.
  14. Multi level satuan dan quantity.
  15. Tidak usah mengingat-ingat kapan akan mencairkan giro.
  16. Bisa mengelola banyak bisnis.
  17. Multi currency, bisa melakukan jual beli dengan menggunakan valuta asing.
  18. Portabel, email invoice dalam file pdf dan meng-ekspor html.

Agar lebih jelas, berikut ini beberapa contoh tampilan Bee Cloud :

 

 

Sangat lengkan kan? Bila software ini menjadi alternatif untuk bisnis anda, langsung saja ke : Bee Accounting Software atau ke www.beecloud.id

 

#2. AbiPro

Informasi dari website Abipro menyatakan sebagai pengembang software akuntansi sejak 1985.

Dua puluh lima tahun menunjukkan waktu yang sudah cukup matang untuk sebuah perusahaan software, apalagi di Indonesia di mana tahun-tahun tersebut teknologi informasi masih terbatas.

Aplikasi akuntansi ini dibangun oleh sarjana yang ahli dalam bidang akuntansi dan komputer berpengalaman sehingga menjadi jaminan kualitas software akuntansi ini.

Masih dari website AbiPro, bahwa AbiPro adalah sebuah sistem yang sangat lengkap dan terintegrasi sejak transaksi awal sampai laporan keuangan.

Fitur-fitur standar AbiPro, antara lain :

  • Buku Besar
  • Inventory
  • Pembelian
  • Penjualan
  • Stok Barang
  • Hutang Piutang

 

#3.  ACCURATE

Software akuntansi ini dibangun oleh CPSoft. Software akuntansi yang diklaim mudah digunakan atau user friendly dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Fitur-fitur yang ada di Accurate akan membantu pebisnis agar semakin mudah dan menyenangkan dalam mengelola bisnis.

Fitur-fitur standar Accurate :

  • Pembelian
  • Penjualan
  • Buku Besar (General Ledger)
  • Persediaan (Inventory)
  • Aktiva Tetap (Fixed Asset)
  • Kas/Bank (Cash/Bank)
  • Pembiayaan Pesanan (Job Costing)
  • RMA (Return Merchandise Authorization)

Anda tertarik menggunakan software akuntansi ini? Cari informasi lengkapnya di cpssoft.com.

 

#4. Acosys

Acosys adalah sebuah software akuntansi yang dikeluarkan oleh PT. Acosys Global Data. Sebagaimana software akuntansi yang lain, fitur-fitur standar yang disediakan oleh Acosys digunakan untuk mengeloa persediaan barang, arus kas, laporan keuangan, keamana dan analisis.

Software yang mempunyai tagline ‘Step beyond and accounting software ini bisa’ anda jadikan salah satu alternatif untuk mendukung bisnis Anda.

Bila ingin tahu lebih lanjut, anda bisa berkunjung ke website-nya : www.acosys.co.id.

 

#5. Corsus

Accounting software produk dalam negeri yang kelima ada Corsus. Informasi dari website-nya www.corsus.net, Corsus memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut :

  • User Friendly
  • Integrated
  • Cepat dan tingkat akurasi tinggi
  • Sifatnya fleksibel, sehingga setiap bidang usaha yang memiliki bisnis proses berbeda bisa menggunakan sesuai dengan keinginan.
  • Fitur ‚Äďfitur standar antara lain :
  • Penjualan
  • Pembelian
  • Persedian
  • Multi Gudang
  • Multi Level Harga
  • Multi Cabang
  • Project & Department
  • Giro Mundur
  • Produksi
  • Serial & Lot number
  • Aktiva Tetap
  • Laporan Rugi/Laba
  • Laporan Neraca
  • Grafik Penjualan
  • Dashboard

 

#6. EAS

EAS Accounting Software adalah produk besutan Megasoft, yang menyatakan dirinya sebagai perusahaan pengembang software akuntansi ternama di Indonesia.

Dari websitenya easyaccountingsystem.co.id, mereka terus melakukan improvisasi kreatif dan berusaha keras memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda pengguna software akuntansi dengan memberikan pengalaman berbisnis dengan bantuan berupa software akuntansi yang di harapkan akan memudahkan pekerjaan anda.

Tagline yang disematkan software ini adalah ‚ÄúSoftware¬†Akuntansi Tercepat dan Terlengkap di Indonesia‚ÄĚ, silahkan anda sendiri yang akan membuktikan!

 

#7. FINA

Aplikasi akuntansi ini dikeluarkan oleh Imamatek yang merupakan perusahaan pengembangan aplikasi di Jakarta, Indonesia, yang didirikan sejak 2006.

Modul utama yang terpasang di FINA adalah :

  • Modul Penjualan (Sales)
  • Modul Pembelian (Purchase)
  • Persediaan (Inventory)
  • Buku Besar (General Ledger)
  • Kas Bank (Cash Bank)
  • Aktiva Tetap (Fixed Asset)
  • Project and Departement

Informasi lengkap lainnya bisa anda peroleh di www.imamatek.com

 

#8. Integrated System

Integrated System  adalah produk dari software house yang khusus mengembangkan aplikasi untuk perusahaan dagang (distributor, grosir) dan POS (retail). Sehingga secara lagika pun software ini akan kuat untuk perusahaan dagang.

Sejak tahun 1991 mereka sudah berkecimpung mengembangkan software mulai dengan versi DOS, versi Windows, dan sekarang tersedia dengan database MySQL.

Aplikasi ini cukup kuat dan cocok digunakan untuk perusahaan dagang seperti perusahaan distributor untuk mengelola pembelian dan penjualan serta persediaan.

Menurut pengembang software ini,  memungkinkan untuk mengontrol persediaan barang yang masuk dan keluar secara baik.

Cara penggunaannya juga mudah, yaitu cukup dengan memasukkan  data ke aplikasi ini, dan secara otomastis aplikasi ini akan menganalisa perkembangan penjualan usaha Anda.

Silahkan ke websitenya : www.is.co.id bila anda mencari informasi lainnya.

 

#9. MAS

Aplikasi akuntansi ini memiliki modul dan fitur standar yang hampir sama dengan produk-produk lainnya.

Sudah mendukung multi currency dan ada 300 lebih jenis laporan dan grafik. Menurut informasi dari website-nya : www.mas-software.com, jumlah pengguna sudah lebih dari 10.000.

Tertarik dengan software akuntansi ini? Langsung saja cek di website-nya.

 

#10. Omegasoft

‚ÄúOmegasoft adalah aplikasi kasir dan akuntansi yang sempurna‚ÄĚ, begitu salah satu petikan kalimat dari www.omegaakuntansi.com.

Omegasoft dibangun untuk men-support empat kategori bisnis, yaitu F&B, Retail, Distribusi dan jasa.

Bagaimana dengan fitur-fiturnya?

omega-accounting

Untuk fitur-fitur standar, hampir sama dengan kebanyakan software akuntansi, yaitu modul penjualan, modul pembelian, finance, dan persediaan.

Untuk Modul POS (point of sales) sudah mendukung touch screen.

Sedangkan untuk laporan-laporan yang ada, berikut ini contohnya:

  • Laporan retur jual
  • Laporan pembelian
  • Laporan retus beli
  • Laporan barang
  • Laporan pelanggan
  • Laporan pemasok
  • Laporan tutup kasir
  • Kartu persediaan
  • Kartu piutang
  • Kartu hutang
  • Rekap mutasi persediaan
  • Analisa popularitas menu
  • Rekapitulasi penjualan
  • Umur utang dan piutang
  • Laporan bisa diekspor ke Excel

( Baca juga : Sudahkah 10 Rumus Excel ini Digunakan untuk Membantu Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Anda? )

 

#11. SisKA

SisKA atau  Sistem Komputer Akuntansi berdiri 1999. Visi dibangunnya aplikasi akuntansi ini adalah untuk membantu pekerjaan para akuntan agar bekerja lebih efisien melalui penggunaan software akuntansi yang baik, lengkap dan mudah digunakan.

Fitur-fitur standar di SisKA antara lain :

  • Fitur untuk mengelola transaksi pembelian dan penjualan
  • Fitur untuk mengelola persediaan
  • Fitur untuk mengelola hutang piutang
  • Pajak
  • Keuangan

Aplikasi akuntansi ini sudah support untuk smartphone android, sehingga pebisnis yang menggunakan software akuntansi ini bisa memantau kinerja bisnis dari mana pun dan kapan pun.

Bagaimana?Tertarik dengan software akuntansi ini?langsung saja ke website-nya di www.kliksiska.com.

 

#12. Zahir Accounting

Software ini sangat gencar dalam membangun pasarnya.  Informasi dari salah satu mantan  pimpinannya Dedy Rahman (Katapedia) bahwa awal-awal mengeluarkan produk ini, mereka sempat menggunakan marketing ala perang gerilya.

Dan hasilnya ‚Äėwow‚Äô banget. Pertumbuhan dan perkembangan zahir Accounting melesat cepat bak anak panah yang melesat dari busurnya.

Berbagai prestasi luar biasa pun pernah di raihnya, seperti :

  • Penghargaan APICTA Oleh Menkominfo 2002-2004
  • Penghargaan Presiden RI Tahun 2003
  • Juara Pertama Teknopreneur Award Tahun 2008
  • Jumlah pengguna lebih dari 60.000
  • Hadir di 3 negara, yaitu Indonesa, Malaysia dan Australia.

 

Bagaimana dengan fitur-fitur Zahir Accounting?

Fitur-fitur standar dari penjualan, pembelian, persediaan, hingga laporan keuangan jelas ada, sama seperti software akuntansi pada umumnya.

Menurutnya ada 9 fitur menarik, yaitu :

  • Chart of Account yang fleksibel
  • Pengurusan Persediaan
  • Pengingat Yang Cerdas
  • Jurnal Otomatis
  • Dasbor Analisis Bisnis
  • OS Windows
  • Mematuhi e-Faktur Pajak
  • Department & Job Costing
  • Rekonsiliasi Bank

Informasi lengkapnya ada di www.zahiraccounting.com

 

#13. Sleekr

Aplikasi akuntansi ini merupakan produk dari PT Mid Solusi Nusantara. Sebagaimana tujuan dari kebanyakan software akuntansi adalah untuk mempermudah pekerjaan akuntansi.

Bagai pegawai dan akuntan akan sangat terbantu dengan adanya software akuntansi, demikian juga dengan pengusaha akan sangat terbantu untuk mengetahui kinerja bisnisnya.

Demikian juga dengan Sleekr, keberadaannya adalah ingin membantu pegawai dan pemilik bisnis terutama UKM Indonesia.

Sehingga pekerjaan pembukuan, transaksi penjualan dan pembelian, analisis utang-piutang, perhitungan rasio serta penyusunan laporan keuangan bisa dilakukan otomatis dan mudah.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja kunjungi https://accounting.sleekr.co/

 

#14. Jurnai.id

‚Äú Software akuntansi online #1 di Indonesia ‚ÄĚ ¬†merupakan tagline jurnal.id. Sebuah tagline yang membangun semangat tinggi dan optimisme tingkat dewa J dan perlu dibuktikan.

Kemudian disusul dengan mengklain sebagai aplikasi akuntansi yang ‚Äėtanpa instalasi, real time, back up otomatis dan keamanan setara bank‚Äô memberikan tantangan yang luar biasa.

Kalau Bee Accounting mengklaim dirinya sebagai software akuntansi nomor 2 di Indonesia, Jurnal.id tanpa tedeng aling-aling mengklaim dirinya sebagai software akuntansi online #1 di Indonesia.

Lalu mana yang terbaik? Kita lihat saja perkembangan ke depan.

Menurut mereka, jurnal.id memiliki 6 keunggulan, yaitu :

  • Berbasis cloud, sehingga laporan keuangan bisa di monitor melalui gadget di mana pun dan kapan pun.
  • Ada 11 desain faktur yang akan mempermudah pembuatan faktur sesuai dengan bisnis proses perusahaan.
  • Pencatatan biaya dan penyimpanan bukti mudah.
  • Persediaan mudah dimonitor secara riel-time.
  • Laporan keuangan bisa dilihat real time di mana pun dan kapan pun
  • Manajemen aset, sehingga menjaga nilai aset tetap tinggi dan masa penggunaan yang panjang.

Demikian review 14 software akuntansi untuk bisnis Anda. Ada 14 alternatif pilihan yang paling cocok untuk proses bisnis anda. Dan anda sebaiknya lebih bijak dalam menentukan software akuntansi, sebelum menyesal di tengah jalan dan biaya yang dikeluarkan banyak.

Setiap software akuntansi memiliki kekukrangan dan kelebihan, dan biasanya mereka memiliki titik yang paling kuat pada jenis bisnis tertentu.

Jangan mudah terbujuk rayu dengan software yang ‚Äėbisa mengerjakan segalanya‚Äô.

Dan bila anda ingin mahir menjalankan dan menganalisis penggunaan sofwtare akuntansi, ada tempat belajar yang bagus, cari informasi lengkapnya di penyelenggara kursus dan training Akuntansi Komputer di Surabaya dan Sidoarjo.

Atau jika ingin membuat dan menyusun standar operasional prosedur (SOP) Keuangan dengan tools sederhana namun sangat powerful, info lengkapnya ada di sini

Ada masukkan dari pengalaman Anda?

***

sop akuntansi keuangan powerful

2 Komentar

  1. Kalau pengalaman saya dari 2 grup perusahaan tempat saya pernah bekerja :

    1 . Di grup perusahaan pertama, aplikasi akuntansi yang ada (walaupun saat itu saya tidak bekerja di bagian terkait) tidak begitu membantu divisi lain selain akuntansi karena proses transaksi terlalu lama, terlalu ‘birokratis’ sehingga menyulitkan bagian lain untuk bergerak cepat. Akhirnya untuk analisa dibutuhkan aplikasi tambahan seperti ms access, bahkan buku catatan manual untuk mencatat nomor transaksi. Dari pengalaman itu saya jadi mengimpikan bila suatu hari nanti saya pindah kerja dan memerlukan sistem akuntansi, saya akan menyarankan sistem yang fleksibel, tidak kaku sehingga semua bagian terpenuhi kebutuhannya.

    2. di grup perusahaan kedua justru saya menemukan sistem akuntansi yang ‘one man show’. Jadi hanya owner yang bisa mengutak-atik keuangan dan sistemnya. Akhirnya sistem yang dibutuhkan adalah sistem yang bisa sejalan dengan pemikiran owner tersebut.

    Dari kedua pengalaman saya tersebut, kesimpulan saya adalah belum menemukan satu sistem yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan seluruh divisi di perusahaan. Entah karena memang tidak ada atau saya saja yang belum menemukannya.

    • Terima kasih sharingnya Pak Bagus.
      Beberapa pengembang aplikasi akuntansi ada yang bisa di-custom sesuai dengan kebutuhan, walaupun terbatas.
      Saya pernah bekerja di perusahaan BUMN yang menerapkan sistem ERP kelas dunia, di mana didalamnya termasuk modul Finance&Accounting.
      Sangat banyak customisasi-nya, sampai-sampai ada yang mengatakan, “biasanya perusahaan yang mengikuti aplikasi-nya, namun di sini tidak, pokoknya permintaan klien harus dipenuhi”, yang kerepotan tentu konsultannya.
      Sukses.

Komentar ditutup.