Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Buku Akuntansi Keuangan

Anda ingin menulis biografi singkat? Tidak sulit kok, bukankah ada pepatah “ada jalan menuju Roma, selalu ada jalan bagi orang yang berusaha”. Apalagi menulis contoh biografi orang tua dan diri sendiri gampang, karena informasi berupa fakta tentang mereka sudah kita kenal sejak balita, kita tinggal menuliskannya dalam bentuk narasi.

Demikian juga menulis contoh biografi singkat siswa, tokoh, dan penulis terkenal relatif mudah karena sudah dikenal.

Dan kali ini kami sajikan biografi singkat yang hanya menjelaskan tentang fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya dalam bidang akuntansi keuangan dan disajikan dalam bentuk narasi beserta strukturnya.

 

Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Bidang Finance & Accounting

Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan titik-titik pada tokoh yang diceritakan dan ditulis serta mengisahkan tentang riwayat hidup kehidupan seseorang atau tokoh, misalnya Nabi Muhammad, RA Kartini, Pangeran Diponegoro, Jendral Sudirman

Dan pada kesempatan ini kami sajikan contoh biografi singkat tokoh dan penulis buku non fiksi, jurnal, dan paper.

 

1: Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Keuangan James M.Reeve

Dr. James M. Reeve adalah Profesor Emeritus dalam bidang Akuntansi dan Manajemen Informasi di University of Tennesse. Profesor Reeve mengajar di fakultas akuntansi selama 25 tahun, setelah menyelesaikan program doktor dari Oklahoma State University.

Fokus pengajarannya adalah pengantar akuntansi pada program sarjana dan pendidikan pascasarjana Master Akuntansi dan program MBA bagi eksekutif senior.

Selain itu, Profesor Reeve juga sangat aktif dalam program Sertifikasi Rantai Pasokan (Supply Chain Certification), yang merupakan program utama pendidikan eksekutif dan penelitian universitas itu.Bidang penelitiannya beragam dan mencakup akuntansi manajerial, manajemen rantai pasokan, lean manufacturing dan manajemen informasi.

Ia telah menerbitkan lebih dari 40 artikel di berbagai jurnal akademik dan profesional, antara lain Journal of Cost Management, Journal of Management Accounting Research, Accounting Review, Management Accounting Quarterly, Supply Chain Management Review, dan Accounting Horizons.

Ia telah melakukan pekerjaan konsultasi maupun pelatihan di banyak negara untuk berbagai organisasi, antara lain Boeing, Procter and Gamble, Norfolk Southern, Hershey Foods, Coca-Cola, dan Sony. Bila sedang tidak menulis buku, Profesor Reeve bermain golf dan terlibat di berbagai aktivitas keagamaan.

 

2: Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Finance & Accounting Carl S. Warren

Dr. Carl S. Warren adalah Profesor Emeritus dalam bidang Akuntansi di University of Georgia. Athens. Selama lebih dari 25 tahun.

Profesor Warren mengajar di berbagai tingkatan kelas akuntansi. Profesor Warren mengajar di University Georgia, University of Iowa, Michigan State University, dan University of Chicago. Fokus utama pengajaran Profesor Warren adalah pengantar akuntansi dan pengauditan.

Profesor Warren meraih gelar doktor (Ph.D) dari Michigan State University, sedangkan gelar sarjana (B.B.A) dan magister (M.A) dari University of Iowa.

Sepanjang karirnya, Profesor Warren telah menerbitkan berbagai artikel dalam jurnal profesional, seperti Accounting Review, Journal of Accounting Research, Journal of Accountancy, The CPA Journal, dan Auditing: A Journal of Practice & Theory. Minat Profesor Warren lainnya adalah menulis cerita singkat dan novel, melukis, bermain bola tangan, golf, ski, backpacking, dan fly-fishing.

 

3: Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Finance Jonathan E. Duchac

Jonathan Duchac meraih gelar doktor dalam bidang akuntansi dari University of Georgia dan mengajar kelas pengantar dan lanjutan dalam akuntansi keuangan. Ia meraih berbagai penghargaan selama karirnya, termasuk Wake Forest Graduate Accounting Student Teaching Award, T.B. Rose Award for Instructional Innovation, dan University of Georgia Outstanding Teaching Assistant Award.

Selain mengajar, ia juga menjadi Penasehat Akuntansi untuk Riset Ekuitas Merril Lynch, di mana ia bekerja dengan para analis riset dalam memantau dan mengevaluasi praktik laporan keuangan berbagai perusahaan publik.

Ia bersaksi di depan Dewan Perwakilan Rakyat USA, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB), dan Badan Pengawas Pasar Modal (Securities Exchange Commision), serta bekerja dengan sejumlah perusahaan publik besar untuk menangani masalah kebijakan pelaporan keuangan dan akuntansi.

 

4: Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Akuntansi Keuangan Amir Abadi Jusuf

Amir Abadi Jusuf telah mengajar di Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak 1975. Ia merupakan pendiri, chairman, sekaligus Chief Executive Partner RSM AAJ Associate – afiliasi dari RSM Internasional, dengan pengalaman selama lebih dari dari 30 tahun dalam bidang audit keuangan, audit kinerja, audit khusus, pengendalian internal, due diligence keuangan dan bisnis, sistem informasi akuntansi, tata kelola perusahaan, tata kelola pensiun, merger dan akuisisi, valuasi dan restrukturisasi bisnis, pengelolaan kasus kepailitan, dan praktik konsultasi lainnya.

Amir juga menjabat sebagai presiden komisaris sekaligus pernah menjadi komisaris independen di berbagai perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta ketua dan anggota komite audit beberapa perusahaan publik.

Sebagai seorang akuntan publik bersertifikat sejak 1976, ia memainkan peranan aktif dan penting dalam pengembangan profesi akuntansi di Indonesia. Ia pernah menjadi ketua Kompartemen Akuntan Publik IAI, dan menjadi anggota dewan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Ia pernah pula menjadi anggota dewan IFEA (The Indonesian Financial Executives Association) selama lebih dari 10 tahun dan pernah menjabat sebagai wakil ketua The Indonesian Receives and Administrators Association. Meski memiliki kesibukan yang tinggi, Amir selalu mencoba meluangkan waktu untuk membaca buku.

 

5: Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Finance & Accounting Chaerul D. Djakman

Chaerul D. Djakman adalah mantan Ketua Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Setelah menyelesaikan gelar Master of Business Administration dari University of Colorado, Boulder, Chaerul memutuskan untuk menjadi staf pengajar purna waktu sejak tahun 1987 sekaligus peneliti dalam bidang Akuntansi. Ia kemudian meraih gelar doktor dari Universitas Indonesia.

Pengalaman kerja sebelumnya adalah manajer di Bank Bumiputera dan konsultan di KAP AAJ. Chaerul sangat aktif dalam mengembangkan pendidikan akuntansi di Indonesia melalui berbagai aktivitas di Ikatan Akuntan Indonesia.

Kompartemen Akuntan Publik, wakil dari kalangan akademis yang duduk di Badan Peradilan Profesi Akuntan Publik (BPPAP) dan Dewan Pengawas di Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI, yang dulunya dikenal sebagai Kompartemen Akuntan Publik, Ikatan Akuntan Indonesia) sejak 1999, dan anggota dari Indonesian Standard Board for Sustainability Reporting at NCSR.

Aktivitas konsultasi dan minat risetnya berkaitan dengan topik standar akuntansi dan pelaporan keuangan, keuangan dan perbankan, serta tata kelola dan tanggung jawab sosial perusahaan (CG dan CSR).

Ia berupaya meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat melalui berbagai institusi sosial, menjalankan usaha untuk menciptakan lapangan kerja, dan berbagai kegiatan di tingkat universitas.

Untuk mengisi waktu senggang, ia menyukai fotografi, menonton film dan drama, serta mengunjungi tempat-tempat bersejarah di seluruh Indonesia, baik dengan teman maupun keluarga.

 

6: Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Bidang Finance Gatot Soepriyanto

Gatot Soepriyanto adalah Dean of Faculty of Economics and Communication, Binus University. Ia menyelesaikan program sarjana dalam bidang akuntansi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Master in Business Accounting dari Monash University, Melbourne.

Kerja keras dan fokusnya membuat ia meraih penghargaan Best Achieving Graduate in Master of Business Accounting dari Monash. Karena memiliki minat besar dalam bidang riset. Gatot telah menulis beberapa makalah riset yang telah diterima diberbagai konferensi akuntansi nasional dan internasional, seperti SNA, APTIK, EAA, AFAANZ, dan AAA.

Minat utama penelitiannya terletak pada bidang Kualitas Laba dan Standar Akuntansi. Gatot juga telah menulis buku Sistem Akuntansi Sektor Publik bersama Indra Bastian, PhD.

Sebelum bergabung dengan Binus University ia bekerja sebagai auditor di Ernst and Young Indonesia dan Grantee’s Auditor di UNDP dan UNICEF. Gatot menyukai permainan sepak bola dan menjadi fans berat Arsenal dan Real Madrid.

 

7: Contoh Biografi Singkat Tokoh dan Penulis Finance & Accounting Ersa Tri Wahyuni

Ersa Tri Wahyuni adalah staf pengajar bidang akuntansi di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung. Sebelum bergabung dengan Unpad, Ersa adalah staf pengajar dan ketua Departemen Akuntansi Universitas Bina Nusantara (Binus University).

Ia meraih gelar Master of Accounting dari University of Melbourne, Australia dan Certified Professional Management Accountant dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Ersa memiliki minat yang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan akuntansi. Fokus utama pengajarannya terletak pada bidang akuntansi keuangan, akuntansi internasional, dan teori akuntansi.

Ia menulis dan menyajikan beberapa makalah riset di konferensi internasional, seperti Australasian Finance and Banking Conference. Minat riset utamanya terletak pada bidang pelaporan keuangan perusahaan, industri keuangan dan perbankan mikro berbasis syariah.

Ia pernah meraih Penghargaan Tulisan Terbaik (Best Paper Award) pada International Accounting Conference di Kuala Lumpur, Malaysia. Ersa juga menjabat sebagai Technical Director, Ikatan Akuntan Indonesia. Ia senang memasak dan bermain biola.

***

Demikianlah contoh biografi singkat tokoh dan penulis bidang akuntansi dan keuangan (finance & accounting). Mereka tidak hanya sebagai penulis namun berkontribusi bagi perkembangan dunia finance & accounting, baik di tingkat lembaga, lokal dan internasional.

 

Contoh Penulisan Biografi Pahlawan Nasional

Sebagaimana telah dipahami bahwa biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk teks narasi. Dan berikut ini disajikan biografi yang isinya menceritakan tentang tokoh-tokoh yang berkecimpung pada dunia politik dan sekaligus tokoh pahlawan nasional M Natsir.

Mengapa kami tidak menyajikan biografi Ir. Soekarno, Hatta, atau Jendral Sudirman? Mereka sudah sangat terkenal dan sudah banyak penulis biografi yang telah menyajikannya.

A: Biografi Tempat, Tanggal Lahir, dan Masa Kecil Pahlawan Nasional M Natsir

Muhammad Natsir lahir tanggal 16 Juli 1908 di Maninjau, Sumatera Barat. Ia dibesarkan di keluarga agamis, ayahnya ulama terkenal, sehingga lingkungan seperti ini sangat mempengaruhi pertumbuhan sang putra.

Ia belajar di sekolah agama dan negeri. Pada masa pendudukan Belanda aktif di dunia pendidikan di Bandung.

Tahun 1945, Dr. M Hatta Wakil Presiden Rupublik Indonesia setelah kemerdekaan meminta membantu melawan penjajah, kemudian menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS).

 

B: Biografi Perjuangan Tokoh Pahlawan Nasional M Natsir

Ketika Belanda akan menjadikan Indonesia negara serikat, M Natsir menentangnya dan mengajukan pembentuakn Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tahun 1950, diminta mmbentuk kabinet sekaligus menjadi Perdana Menteri.

M Natsir punya peran besar dalam mengarahkan lembaga-lembaga pemuda agar berkarya berdasarkan hikmah, kejelasan pandangan, dan pemahaman yang memadai.

Saat menerjuni dunia politik, M Natsir politikus piawai. Ketika menerjuni medan perang, ia panglima yang gagah berani. Saat berdebat dengan musuh, ia pakar ilmu dan dakwah.

M Natsir pulang ke rahmatullah pada tanggal 5 Februari 1993 di Jakarta, Indonesia.

Biografi tokoh dan pahlawan nasional M Natsir selengkapnya dapat disaksikan di video berikut ini:

 

Kesimpulan tentang Biografi Singkat

Menulis teks biografi tidaklah sulit, contoh biografi orang tua, siswa, dan diri sendiri. Mereka sudah kita lama, sehingga tinggal meracik menjadi sajian narasi yang menarik.

Bagaimana cara mudah menulis biografi? Misalnya kita akan menulis contoh biografi orangtua, maka ada lima langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Mulailah dari kata sifat orang tua kita, misalnya ayah jujur dan ibu tegar.
  2. Mengapa memilih kata sifat itu?
  3. Apa kesan yang diperoleh dari kata sifat dari ayah dan ibu kita itu?
  4. Kumpulkan dokumentasi orang tua kita selengkap-lengkapnya, contoh foto dan benda unik.
  5. Tuliskan riwayat orang tua kita, contoh pendidikan dan profesi.

Demikian yang bisa di-share tentang contoh biografi tokoh, penulis, tokoh dan pahlawan. Semoga dapat memberikan manfaat dan terima kasih.

Profesional lulusan ekonomi yang menekuni ERP (SAP), Accounting Software, Business Analyst dan berbagi pengalaman pekerjaan Finance & Accounting.