17 Contoh Surat Permohonan dan Cara Mudah Membuatnya

Pernahkah Anda membuat surat permohonan? Apa itu surat permohonan?

Surat permohonan adalah jenis surat yang diperuntukkan sebagai permintaan tertulis seseorang, instansi, komunitas, lembaga, atau organisasi kepada pihak lain.

Misalnya permohonan bantuan dana, bencana alam, berobat, makanan, masker, sembako, permohonan keringanan biaya sekolah/kuliah, dan permohonan kerjasama MOU.

Bagaimana bentuk dan format surat permohonan? Yuk pelajari contoh-contoh berikut ini

 

01: Surat Permohonan Bantuan

Membaca Berkas

Apa yang dimaksud dengan surat permohonan bantuan?

Pengertian surat permohonan bantuan adalah surat tertulis yang berisi permintaan bantuan dari seseorang, instansi, lembaga, komunitas, atau organisasi kepada orang atau pihak tertentu.

Untuk lebih jelasnya kami sajikan contoh surat permohonan bantuan dana, berobat, masker, makanan, sembako, dan bencana alam.

***

A: Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Santunan

Surat ini dibuat oleh seseorang atau lembaga dengan tujuan untuk mengajukan permohonan bantuan dana kepada pihak tertentu.

Bagaimana bentuk surat permohonan bantuan dana? Berikut ini contohnya …

surat permohonan bantuan dana
contoh surat permohonan bantuan dana

***

Karangsawah, 02 Januari 2021

Nomor : 02/SPBD – Dana/01/2021
Perihal : Permohonan Dana Santunan

Kepada Yth.
Ketua Rukun Warga (RW) Dukuh Karangsawah, Linggoasri

 

Assalamu’alaikum wrwb.

Hidup terasa indah dan berkesan jika saling bebrayan, saling berbagi, tolong-menolong, bertoleransi, dan hormat menghormati.

Kehidupan di dunia ini ibarat mampir ngombe kata nenak moyang kita. Pada akhirnya semua akan kembali kepada Tuhan Yang Maha Pengasih Penyayang.

Sehingga tidak ada alasan untuk tidak menanam kebaikan dan menyebarkan cinta kasih sayang serta guyub rukun saling bekerjasama mewujudkan kebersamaan dan kedamaian.

Ketika ada saudara, teman, sahabat, dan kerabat dekat maupun jauh mengalami kesulitan, maka tugas kitanyalah untuk membantu semampunya. Membantu dalam bentuk materi boleh, non-materi pun tak masalah. Itu hidup bebrayan dengan liyan.

***

Dan berkaitan dengan prinsip hidup bermasyarakat itulah, maka melalui surat permohonan ini, kami menyampaikan informasi dan permohonan sekiranya sudilah memberikan bantuan dan santunan untuk saudara dan teman baik kita saudara Rakyan Doddy Putra Pranata.

Teman baik kita ini baru saja mengalami cobaan berupa banjir yang melanda rumah dan tempat tinggalnya, sehingga dia dan keluarganya untuk sementara terpaksa tinggal di rumah ibadah, karena rumah dan perlengkapannya hanya terbawa arus banjir bandang.

Bantuan dalam bentuk materi bisa dikumpulkan di balai Rukun Warga/RW, sedangkan bantuan tenaga nanti dimusyawarahkan kapan waktunya kerja bakti untuk membersihkan sampah dan kotoran serta memperbaiki rumah warga yang rusak.

***

Demikian surat permohonan ini kami buat dan sampaikan agar menjadi perhatian.

Semoga Tuhan Yang Maha Lembut melembutkan hati dan nurani kita agar tergerak dan mudah memberikan bantuannya kepada saudara-saudara kita yang kesusahan.

Akhirnya, kami atas nama koordinator hanya bisa mengucapkan beribu-ribu terima kasih.

Hormat kami,                                         Koordinator,

 

Hendra Suparjo Joyono                        Pangat Bae Jono
Ketua RW                                              Koordinator Bantuan

 

B: Contoh Surat Permohonan Dana Pelatihan dan Pengembangan Kewirausahaan

Jenis surat permohonan ini dibuat oleh panitia yang menyelenggarakan acara pelatihan dan pengembangan kewirausahaan, dengan tujuan untuk mencari dana.

Berikut ini kami sajikan contoh surat permohonan dana pelatihan dan pengembangan kewirausahaan:

Karangwates, 25 Juli 2020

Nomor Surat : K-02/DPPK-03/25/07/2020
Perihal : Permohonan Dana

Kepada Yth.
Komunitas Wirausaha Sukses Indonesia
Di
Karangwates

 

Salam pemuda dahsyat,

Pemuda adalah penerus masa depan bangsa. Kondisi, kinerja, dan performa pemuda saat ini adalah gambaran umum keadaan bangsa ini beberapa tahun ke depan.

Jika kondisi pemuda saat ini fit, dahsyat dan tangguh, maka hampir bisa di pastikan bahwa kondisi bangsa ini ke depan akan memiliki prospek excellent.

Sebaliknya, bila kondisi para pemuda saat ini loyo, tanpa daya, dan malas-malasan, maka bisa diramalkan kondisi bangsa ini ke depan juga tidak akan jauh berbeda dengan kondisi seperti itu.

Oleh karenanya, kami sebagai organisasi kepemudaan tergerak untuk melakukan sesuatu yang bisa memberikan nilai tambah dan kemampuan yang dahsyat bagi para pemuda melalui aktivitas yang bermanfaat dan bernilai tinggi.

***

Berkaitan dengan rencana aktivitas dan kegiatan yang akan kami adakan dan akan sedang dimulainya perlombaan perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus 2020, maka kami bermaksud menyelenggarakan kegiataan pelatihan kewirausahaan bagi generasi mudah di desa ini.

Kegiatan ini kami rencanakan tanggal 10 Agustus 2020 di gedung seba guna desa kami. Dana untuk merealisasikan aktivitas ini diupayakan dari peserta sendiri dan donasi dari beberapa pihak yang tergerak pada pengembangan kewirausahaan generasi muda.

Dan melalui surat ini juga kami bermaksud menyampaikan permohonan kepada Komunitas Wirausaha Sukses Indonesia, barangkali ada yang tergerak untuk memberikan bantuan dalam bentuk apapun pada kegiatan pelatihan kewirausahaan.

***

Bantuan, support, dan apapun bentuk dukungannya silahkan disampaikan kepada kami untuk segera kami salurkan sesuai dengan peruntukkannya.

Bentuk, jenis, dan laporan penyaluran dana-dana yang terkumpul akan kami sampaikan setelah penyelenggaraan acara pelatihan selesai.

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah turut serta berperan demi suksesnya kegiatan pelatihan kewirausahaan dan enterpreneurship bagi generai muda.

Semoga Alloh Yang Maha Lembut selalu mencurahkan kelembutannya kepada kita semua. Aamiin.

Hormat Kami Panitia Pelatihan Kewirausahaan Generasi Muda

 

Erlan Jaya Adi                       Claudia Chandrawati
Ketua                                      Bendahara

 

C: Contoh Surat Permohonan Bantuan Berobat dan  Masker

menulis permintaan keringanan

Surat permohonan ini biasanya dibuat ketika terjadi bencana dan musibah yang melanda suatu daerah atau wilayah. Di mana pada peristiwa ini mengakibatkan kerugian harta benda dan bahkan nyawa.

Kondisi ini tentunya memerlukan penanganan yang cepat, tepat, dan dana untuk pengadaan obat-obatan. Kebutuhan akan hal-hal yang dibutuhkan itu tentunya tidak bisa diselesaikan/ditangani sendiri.

Sehingga kekurangan kebutuhan itu dimintakan kepada berbagai pihak yang terketuk hatinya untuk memberikan bantuan. Permintaan itu bisa diajukan dalam bentuk surat permohonan.

Bagaimana bentuk surat permohonan bantuan berobat dan masker?

Berikut ini contoh suratnya …

Kalisatsirukem, 03 Januari 2021

Nomor Surat : B-03/SPB-BM/02/2021
Hal : Permohonan Bantuan Berobat dan Masker

Kepada Yth.
Asosiasi Perusahaan Alat Kesehatan
Di
Tempat

 

Dengan hormat,

Bencana dan musibah sering terjadi tiba-tiba dan tak terduga. Sehingga masyarakat tidak sempat untuk mempersiapkan segala sesuatunya, akibatnya jumlah korban harta dan jiwa besar.

Maka itulah perlunya mengetahui, memahami, dan menerapkan Standar Operasional Prosedur – SOP Penanggulan dan Penanganan Bencana.

Dengan menerapkan SOP yang baik dan benar, kita akan bisa memperkirakan, mempersiapkan, dan menangani berbagai kemungkinan terjadinya bencana.

Walaupun ketika benar-benar terjadi bencana, seringkali berbeda jauh dengan simulasi yang sudah dilakukan dan di luar perkiraan. Namun, paling tidak kita sudah siap menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi dan upaya-upaya untuk menanggulangi dan menanganinya.

***

Berkenaan dangan hal di atas, maka salah satu upaya yang dapat kami lakukan adalah melakukan persiapan jika peristiwa tersebut benar-benar terjadi. Misalnya dengan menyediakan sarana dan prasarana berobat serta masker.

Dan melalui surat permohonan ini kami menyampaikan informasi dan mengajukan permohonan sarana prasaran pendukung berobat dan masker.

Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih selalu mencurahkan kasih sayangnya kepada kita agar selalu diberikan kemampuan dan rasa welas asih kepada sesama.

***

Demikian surat permohonan berobat dan masker ini kami sampaikan dan buat agar menjadi perhatian.

Atas kebaikan dan ketulusan hati Anda dakan memberikan bantuannya kami sampaikan rasa syukur dan terima kasih. Semoga Tuhan melipatgandakan kebaikan-kebaikan kepada Anda.

Hormat kami,

 

Ryanard Agus Budianto            Sholeh Thok
Koordinator Bantuan                Sekretaris

 

D: Contoh Surat Permohonan Bantuan Sembako dan Makanan

Contoh surat permohonan berikutnya adalah permohonan bantuan sembako dan makanan.

Perhatikan bentuk dan format suratnya berikut ini …

Wanarejo, 24 Agustus 2020

Nomor : B-04/SPB – SM/24/08/2020
Hal : Permohonan bantuan sembako dan makanan

Kepada Yth.
Komunitas Pecinta Sedekah
Di manapun berada

Salam kemanusiaan selawase

Tuhan Yang Maha Mengetahui telah menyampaikan kepada manusia bahwa Beliau akan sedikit menguji manusia dengan ketakutan, kekurangan makanan, buah-buahan, harta, dan jiwa.

Sebagian orang diberi harta kekayaan melimpah ruah. Hidup tak pernah kekurangan. Ingin makan enak dan lezat bisa, mau jalan-jalan keliling dunia bisa. Umrah dan haji sudah tak bisa dihitung lagi jumlahnya.

Namun ada ada juga sebagian yang lain hidupnya kekurangan. Jangankan mau traveling keliling dunia, umrah, dan haji, untuk makan sehari-hari saja pas-pasan kadang kurang.

Itulah kehidupan.

Dan kondisi seperti itu adalah peluang bagi sebagian orang untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Membantu mereka yang kekurangan dan tidak mampu, ataupun mencarikan bantuan dari orang yang mau membantu untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan.

Atau juga menjadi distributor kebaikan bagi manusia lain.

***

Sebagai upaya untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin melakukan kebaikan, kami membuat dan menyampaikan surat permohonan ini.

Melalui surat ini kami menyampaikan bagi yang ingin memberikan sumbangan sembako dan makanan, bisa menyampaikannya melalui kantor kami di Rumah Sedekah, Jl Raya Wanarejo No. 101.

Semua penerima dan pengeluaran bantuan bisa dibaca di laporan bulanan yang kami terbitkan setiap tanggal 10 (sepuluh).

Demikian surat permohonan bantuan sembako dan makanan ini kami sampaikan agar memakluminya.

Kami hanya bisa memberikan ucapan terima kasih dan mendoakan kebaikan kehadlirat Tuhan Yang Maha Baik semoga selalu mencurahkan kerunia dan keberkahan kepada semua pihak yang telah menyalurkan bantuannya melalui kami.

Hormat kami,
Panitia Penerima Bantuan Sembako dan Makanan

 

Arya Bumi Jaya           Agustine Claudia Putri
Ketua                          Sekretaris

 

E: Contoh Surat Permohonan Bantuan Bencana Alam Banjir

Melengkapi contoh surat permohonan bantuan, berikut ini kami berikan satu lagi surat permohonan bantuan bencana alam banjir.

Perhatikan contoh berikut ini ….

Karangkobar, 12 Okotober 2020

Nomor Surat : P-05/SPB – PBA/04/01/2021
Perihal : Permohonan Bantuan Bencana Alam Banjir

Kepada Yth.
Masyarakat Peduli Bencana Banjir
di
Tempat

 

Salam welas asih bagi sesama,

Musim hujan telah tiba. Curah hujan yang besar menyebabkan genangan air di mana-mana, banjir pun tak terelakkan.

Banjir pun semakin tak terkendali manakala perilaku manusia yang kurang baik, seperti buang sampah sembarang, sehingga saluran air tersumbat dan sungai pun meluap.

Luapan air itu menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu, harta benda tenggelam, bahkan jiwa pun melayang.

Sehingga mereka yang terkena musibah banjir terpaksa mengungsi di lokasi-lokasi yang layak di tempati.

***

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mengajukan permohonan bantuan bencana banjir kepada semua pihak yang ingin memberikan bantuan. Bantuan itu akan kami koordinasikan dan salurkan kepada pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan.

Semua data penerimaan dan penyaluran bantuan dari berbagai pihak akan kami terbitkan di website resmi, silahkan diperiksa dan sampaikan jika ada hal-hal yang kurang berkenan.

Akhirnya, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah memberikan support dan bantuannya kepada kami.

Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih Penyayang selalu memberikan kebaikan-kebaikan kepada Anda semua. Aamiin.

Hormat kami,
Panitia Bantuan Bencana Alam Banjir

 

Wira Wuri Joyo Sukmo          Mas Pram Pambudiyo Joyo
Ketua                                         Bendahara

 

02: Surat Permohonan Kerja

Apa itu surat permohonan kerja?

Pengertian surat permohonan kerja adalah jenis surat yang dibuat dengan tujuan untuk memohon pekerjaan.

Bagaimana bentuk surat permohonan kerja?

Perhatikan contoh surat permohonan kerja berikut ini:

surat permohonan kerja
contoh surat permohonan kerja

***

Karanggayam, 15 Februari 2020

Perihal: Permohonan Kerja
Lampiran : Satu Berkas

Kepada Yang Terhormat
Human Capital Department Manager PT Multi Era Milenial
Di
Jakarta

 

Dengan hormat,

Kami memperoleh informasi dari website perusahaan yang membutuhkan tenaga pembukuan ringan. Kami memiliki pengalaman kerja selama dua tahun lebih dalam melakukan pembukuan transaksi-transaksi bisnis.

Antara lain transaksi penjualan dan pembelian, transaksi penerimaan dan pengeluaran kas, transaksi umum, penyesuaian, dan utang piutang usaha.

Kami juga terbiasa melakukan analisis transaksi, kemudian menggolongkan, mengklasifikasi, dan melakukan pencatatan jurnal akuntansi.

Kemudian memindahkan (posting) pencatatan transaksi-transkasi tersebut ke dalam buku besar dan membuta neraca saldo yang merupakan ringkasan pencatatan transaksi.

***

Oleh karena itu dengan penuh semangat dan percaya diri serta rasa tanggung jawab dengan ini kami:

Nama Lengkap : Hendro Putro Sutedjo
Umur : 27 Tahun
Tempat dan Tanggal Lahir : Karanggayam, 27 Agustus 1994
Pendidikan : S1 Akuntansi
Alamat: Jalan Raya Karanggayam RT 01 RW 10

Bermaksud mengajukan permohonan kerja sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Data-data pengalaman kerja bisa Bapak lihat di Curriculum Vitae yang kami sertakan dalam lampiran berkas lamaran ini.

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan dan besar harapan kami dapat diterima bergabung dengan perusahaan.

Hormat kami,

 

Hendro Putro Sutedjo

 

03: Surat Permohonan Izin

Pengertian surat permohonan izin adalah surat yang ditulis seseorang atau lembaga untuk meminta izin tertentu. Misalnya izin untuk menggunakan fasilitas perusahaan, izin tidak masuk sekolah, dan izin tidak masuk kerja.

Bagaimana format surat permohonan izin?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini disajikan contoh surat permohonan izin:

surat permohonan izin
contoh surat permohonan izin

***

Kalisat Sikumpul, 10 Maret 2020

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah
Lampiran : –

Kepada Yth.
Guru Wali Kelas IX Sekolah Dasar Insan Cerdas
Di Tempat

 

Dengan hormat,

Semua orang ingin sehat wal’afiat lahir dan batin. Semenjak lahir hingga meninggal dunia.

Namun tidak semua keinginan itu bisa dicapai dan terwujud sepanjang masa. Selalu ada aral melintang dan kondisi yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Misalnya sakit.

Demikian juga yang dialami oleh anak kami yang menderita sakit sejak dua hari yang lalu karena sesuatu hal.

***

Sehubungan dengan sakit anak kami tersebut, maka selaku orang tua dari:

Nama Siswa : Rizky Berkah Putra
Kelas : IX
Alamat : Kalisat Sikumpul RT 07 RW 05

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak bisa masuk sekolah untuk mengikuti proses belajar mengajar pelajaran matematika, bahasa Indonesia, dan muatan lokal seperi biasanya karena sakit.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk sekolah ini kami sampaikan agar menjadi pertimbangan.

Kami selaku orang tua siswa hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas izin yang diberikan kepada anak saya.

Semoga Alloh Yang Maha Penyantun selalu mencurahkan kehadliratnya kepada kita. Aamiin.

Hormat kami,

 

Suhono Solihin
Orang Tua Siswa

 

04: Surat Permohonan Kerjasama

Definisi surat permohonan kerjasama secara umum adalah dokumen tertulis yang buat oleh seseorang atau pihak tertentu dengan maksud untuk memohon permohonan kerjasama.

Dan berikut ini contoh surat permohonan kerjasama franchise, sponsorship, dan MOU.

***

A: Contoh Surat Permohonan Kerjasama Franchise

Surat kerjasama ini biasanya dibuat antara dua pihak yang melakukan kerjasama bisnis menggunakan sistem franchise.

Bagaimana bentuk surat permohonan kerjasama franchise?

Berikut ini contohnya …

surat permohonan kerjasama franchise
Contoh surat permohonan kerjasama franchise

***

Pasegeran, 20 April 2020

Hal : Permohonan Kerjasama
Lamp : Satu Berkas

Kepada Yang Terhormat
Bapak Manajer Pengembangan Bisnis PT Cao Seger Waras
Di
Semarang

 

Salam hebaaat,

Kerjasama dan kolaborasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan usaha serta bisnis.

Sinergi yang terjadi antara dua pihak yang memiliki komitmen tinggi serta serius dalam menjalankan aktivitas bisnis akan menciptakan value atau nilai tambah terhadap bisnis yang dijalankan. Kinerja meningkat pesat, laba perusahaan pun semakin naik dari waktu ke waktu.

Berdasarkan pertimbangan dan alasan di atas, maka kami:

Nama Lengkap : Hendra Ryan Jaya
Umur : 30 Tahun
Alamat : Desa Pasegeran RT 02 RW 17
Pekerjaan : Pimpinan Outlet Aneka Minuman Segar Sehat “Jeruk Purut”

Dengan ini mengajukan permohonan kerjasama franchise dengan PT Cao Seger Waras untuk memasarkan produk-produk andalannya di wilayah Pasegeran dan sekitarnya.

***

Proposal bisnis dan Business Plan serta segala hal yang terkait dengan pengajuan permohonan kerjasama franchise ini dapat Bapak pelajari pada berkas lampiran surat permohonan ini.

Besar harapan kami kerjasama franchise ini bisa diwujudkan dengan hebaat dan saling menguntungkan.

Semoga Alloh Yang Maha Pemberi Kecukupan selalu mencurahkan kecukupan kepada hati dan keinginan kita. Aamin.

Hormat kami,
Outlet Aneka Minuman Segar Sehat “Jeruk Purut”

 

Hendra Ryan Jaya
Pengelola dan Founder

 

B: Contoh Surat Permohonan Kerjasama Sponsorship

Surat permohonan ini seringkali dibuat oleh pihak yang akan menyelenggarakan kegiatan/event/aktivitas, dan ditujukan kepada pihak yang diharapkan bisa memberikan dukungan terhadap kesuksesan event tersebut. Dukungan itu bisa dalam bentuk materi dan non materi.

Bagaimana bentuk surat permohonan kerjasama sponshorship?

Berikut ini contohnya …

***

Bedana, 11 November 2020

Nomor : K-110/SP – KJS/11/2020
Hal : Permohonan Kerjasama Sponsorship

Kepada Yth.
PT Urang Galah Mediatama
Up. Manajer Promosi
Di
Jakarta

 

Dengan hormat,

Perpindahan tahun dari akhir tahun ke awal tahun adalah moment spesial yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dan kalangan tertentu untuk merenungkan kembali perjalanan hidupnya hingga detik itu.

Selain itu mereka memanfaatkan peristiwa pergantian tahun itu sebagai sarana untuk melakukan perencanaan selama satu tahun kedepan.

Kondisi pandemi yang hingga saat ini belum juga menghilang, maka sebagian besar masyarakat melakukan aktivitas menyambut pergantian tahun itu cukup di rumah saja. Beda dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal seperti ini adalah peluang bagus yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik dan pengelola website hiburan, film, music, dan segala hal yang menghibur.

Mereka di rumah akan mengoptimalkan liburannya dengan menonton TV dan internet sebagai pengganti jalan-jalan.

***

Kami mengelola beberapa website yang niche-nya di bidang itu, sehingga sangat cocok bila mengoptimalkan promosi melalui website kami.

Melihat peluang dahsyat tersebut, maka melalui surat ini kami mengajukan permohonan kerjasama sponsorship yang saling menguntungkan.

Bentuk kerjasama itu adalah perusahaan memasang iklan, promosi, ucapan, dan pengumuman di website yang kami kelola.

Jika perusahaan berkenan untuk menindaklanjuti permohonan kerjasama ini, kami siap berdiskusi untuk membahas segala hal yang bersifat teknis pelaksanaan.

Kami menunggu respon dan tanggapan perusahaan terhadap surat permohonan kerjasama ini.

Akhirnya, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan beribu maaf jika ada hal-hal yang tidak berkenan.

Akhirnya kami selalu berharap semoga Tuhan Yang Maha Agung selalu menyirami hati dan pikiran kami dengan keagungan-Nya. Aamiin.

Hormat kami,

 

Sumbodo Eko Mulyo
Pengelola Website

 

C: Contoh Surat Permohonan Kerjasama MOU

Kerjasama MOU

Kerjasama MOU antara dua atau beberapa pihak seringkali dilakukan dengan tujuan tertentu. Bagaimana cara dan tahapan untuk melakukan kerjasama MOU?

Pertama adalah kenalan! Betul kan?

Bagaimana akan bekerjasama dengan baik, tulus, dan saling pengertian bila tidak terjadi peristiwa ‘kenalan’. Setelah terjadi saling kenal antara dua atau beberapa pihak, langkah selanjutnya adalah menjalin kerjasama.

Bagaimana cara mengenalnya?

Salah yang bisa dilakukan adalah menyampaikan surat permohonan kerjasama MOU dari suatu pihak kepada pihak lain yang akan diajak kerjasama.

Seperti apa bentuk surat permohonan kerjasama?

Perhatikan satu contoh berikut ini:

***

Lawen, 18 Mei 2020

Nomor Surat: K-05/SP-KM/18/05/2020
Hal : Permohonan Kerjasama MOU
Lamp : Satu Berkas

Kepada Yth. Komunitas Petani Lele
Di
Lawen

 

Salam lele booster,

Memetik kebermanfaatan dari kerjasama dan saling pengertian antara berbagai pihak akan menciptakan ketenteraman dan kedamaian hidup.

Kerjasama MOU bisa dilakukan oleh lembaga, komunitas, entitas, dan organisasi pada bidang yang sama, namun bisa juga untuk jenis bidang yang berbeda.

Keduanya dapat mewujudkan kebaikan-kebaikan bila dikelola dengan baik dan tepat. Tugas kita sebagai pihak yang melakukan kerjasama adalah terus berusaha untuk mengelola kerjsama itu sebaik-baiknya.

***

Sesuai dengan prinsip seperti di atas, maka kami:

Nama Lengkap : Udin Siudin, S.P., M.M
Umur : 36 Tahun
Alamat: Lawen Jaya Gang Sukses No. 09 Lawen
Profesi : Koordinator Komunitas Petani Padi Unggul

Dengan ini bermaksud menyampaikan dan mengajukan permohonan kerjasama MOU dengan Komunitas Petani Lele.

Demikian surat permohonan kerjasama MOU ini kami buat dan ajukan. Semoga melalui kerjasama ini akan menciptakan kebaikan yang berdampak pada peningkatan kinerja dan pengembangan komunitas kita.

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas semua bantuan dan dukungan yang telah diberikan, dan mohon maaf atas semua kekurangan dan kekhilafan.

Semoga Tuhan Yang Maha Penyantun selalu memberikan kesantunan-Nya untuk kita dalam melakukan aktivitas ini.

Hormat kami,
Komunitas Petani Padi Unggul

 

Udin Siudin, S.P., M.M             Mangil Bae
Koordinator                             Sekretari

 

05: Surat Permohonan Pribadi

Menulis

Pengertian surat permohonan pribadi adalah jenis surat permohonan yang dibuat oleh seseorang atas nama pribadi kepada pihak tertentu, baik perorangan maupun lembaga.

Bagaimana format dan bentuk surat permohonan pribadi?

Untuk lebih jelasnya kami berikan dua contoh:

  • Surat Permohonan Maaf
  • Permohonan Beasiswa

Mari dibahas masing-masing contoh di atas…

***

A: Contoh Surat Permohonan Maaf

Surat ini biasanya dibuat oleh seseorang, lembaga, komunitas, entitas, atau organisasi yang secara sengaja atau tidak melakukan sesuatu yang dianggap khilaf oleh pihak lain, sehingga harus memohon maaf.

Seperti apa format dan bentuk surat permohonan maaf?

Berikut ini salah satu contohnya…

surat permohonan maaf
Contoh surat permohonan maaf

***

Ngasinan, 18 Mei 2020

Hal : Permohonan Maaf

Kepada Yang Terhormat:
Pihak-pihak yang merasa tidak berkenan dengan aktivitas kami.

 

Dengan hormat,

Manusia adalah tempatnya lupa dan salah, kecuali selalu dalam bimbingan Tuhan Yang Maha Benar. Dan sebagai manusia biasa kami pasti pernah melakukan kesalahan serta kekhilafan, baik hal itu disengaja atau tidak. Itulah manusia biasa.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami:

Nama Lengkap : Sarjono Utomo
Usia : 25 Tahun
Alamat : Desa Ngasinan RT 01 RW 02 Nomor 67
Pekerjaan: Peternak Ikan Lele Dumbo

Dengan kesadaran sepenuhnya, hati yang tulus, dan rasa tanggung jawab mengajukan permohonan maaf kepada semua pihak yang merasa terganggu dengan apa yang telah kami lakukan.

Selain itu, kami berjanji tidak akan melakukan aktivitas seperti itu lagi di lain waktu.

Demikian permohonan maaf kami, semoga dimaafkan.

Ucapan terima kasih kami haturkan juga untuk pihak-pihak yang telah memberikan dukungan, saran, advis, dan masukan berharga bagi kami.

Akhirnya, semoga Tuhan Yang Maha Pemaaf selalu memberikan karunia dan rahmat-Nya kepada kita semua. Aamiin.

Hormat kami,

 

Sarjono Utomo

 

B: Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Orang Tua

Berikut ini kami sajikan contoh surat permohonan ma’af kepada orang tua:

***

Bedana, 26 November 2020

Teruntuk Ibunda dan Ayahanda Tercinta
Di
Rumah

 

Assalamu’alaikum wrwb.

Salam hormat dan tawadhu’

Berpuluh tahun aku berjuang untuk membangun kehidupan yang sejahtera, bahagia da, indah selamanya, seperti cerita teks narasi dalam buku novel dan komik picisan. Namun demikian fakta dan kenyataan tidak seindah dalam dua karya penulisan tersebut.

Memang tidak bisa dikatakan ‘gagal’ total, tapi proses masih terus berlangsung dan entah kapan sampai di terminal pemberhentian. Hanya Tuhan Yang Maha Tahu yang mengetahui-Nya.

Bunda….

Aku tidak pernah menyesali dilahirkan didunia, malah rasa kesyukuran dan bangga yang aku rasakan karena Gusti Alloh masih memberi kepercayaan dan tugas di kehidupan ini.

Kesanggupan yang pernah aku sampaikan adalah bukti bahwa tugas kehidupan ini harus aku laksanakan dengan sebaik-baiknya hingga akhir. Tugasku adalah terus berusaha melakukan dan menjalankan tugas-tugas itu dengan sebaik-baiknya.

***

Ayah Bunda tercinta….

Tiada kata yang bisa ananda sampaikan, dan tak ada kalimat yang mampu melukiskan kebaikan dan ketulusan Ayah dan Bunda.

Anda hanya mampu mencurahkannya melalui surat ini, ananda menyampaikan permohonan maaf atas semua kesalahan dan kekeliruan yang pernah dilakukan. Dan sampai detik ini, ananda belum bisa menjadi apa yang Ayah dan Bunda harapkan.

Sudilah sekiranya memberikan maaf dan mohon doanya agar ananda diberi kekuatan untuk menjalankan tugas-tugas kehidupan ini hingga tuntas.

Melalui goresan pena ini juga ananda tak pernah bosan untuk terus memanjatkan doa-doa kebaikan agar ayah dan bunda diberi kesehatan dan kebahagiaan.

Dan semoga Tuhan Yang Maha Pelindung selalu memberikan perlindungan atas segala keburukan yang dilakukan manusia dan lainnya. Aamiin.

Wassalam

Hormat ananda,

 

Rakyan Dumadi Paweling

 

C: Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru

mengetik permintaan

Bagaimana bentuk surat permohonan maaf pada guru dan pendidik yang telah berjasa pada kita?

Berikut ini kami berikan contoh surat permohonan ma’af kepada guru sekolah dasar (SD):

***

Gunungsari, 12 Juli 2020

Kagem:
Para Guru di Sekolah Dasar Indah Cerdas Gunungsari

 

Assalamu’alaikum wrwb.

Sepuluh tahun sudah saya meninggalkan sekolah dasar. Berbagai kenangan indah dan berkesan tak kan bisa terhapus dari ingatan.

Teringat begitu tulus dan sungguh-sungguh para guru mencurahkan pikiran serta tenaga mendidik anak-anak desa di kaki pegunungan Rogojembangan.

Benar-benar suatu bentuk integritas yang tak ternilai harganya. Ungkapan bahwa mereka adalah para pahlawan tanpa tanda jasa, benar-benar termanifestasikan dalam tindak-tanduk perbuatan sehari-hari.

Padahal anak-anak yang mereka didik seringkali tak tahu diri, tidak tahu tata krama, dan sulit diatur. Namun para guru tetap menjaga komitmen tinggi terus mengajar, mendidik, dan memberikan suri tauladan yang baik bagi anak didiknya.

***

Berkenaan tentang hal itu, maka saya yang sekaligus mewakili teman-teman di sekolah dasar menyampaikan permohonan maaf yang setinggi-tingginya atas semua perbuatan dan tingkah laku kami di sekolah dasar.

Kesadaran seringkali muncul setelah bertahun-tahun suatu peristiwa dilewati atau sesuatu itu sudah tidak berada dengan kita alias hilang sementara atau selamanya.

Saya dan teman-teman yakin semua guru sudi memaafkan kami.

Dan melalui surat permohonan maaf ini, kami hanya bisa mengucapan kata “maaf” dan terima kasih yang tak ternilai kepada semua guru-guru di sana. Semoga Tuhan Yang Maha Pemurah selalu mencurahkan kebaikan-kebaikannya kepada para guru di sana. Aamiin

Hormat kami,

 

Sekar Arum Dalu

 

D: Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Jenis surat ini dibuat dengan maksud untuk mengajukan permohonan beasiswa.

Seperti apa bentuk surat permohonan beasiswa?

Yuk perhatikan contoh surat permohonan beasiswa berikut ini …

***

Parakancanggah, 22 Januari 2021

Hal: Permohonan Beasiswa
Lampiran: Satu Bendel

Kepada Yth.
Bapak Pimpinan Universitas

 

Dengan hormat,

Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadlirat Alloh Yang Maha Cerdas, karena berkat karunia dan rahmat-Nya, kami dapat menuliskan surat ini.

Generasi milenial adalah salah human capital terpenting suatu bangsa. Keberadaan dan partisipasi generasi milenial yang agresif terhadap perubahan positif bagi bangsa dan negara serta dunia akan berujung pada solusi untuk isu-isu global.

Keberadaan generasi milenial yang memiliki kemampuan analisis strategis, inovatif, dan kreatif dalam merespon keadaan yang terjadi di lingkungan sekitarnya, baik regional, nasional, maupun internasional adalah suatu kebutuhan di abad ini.

Sebagai generasi milenial yang sangat mencintai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) harga mati perlu melakukan peningkatan kapasitas dalam komunitas dan memiliki kewajiban untuk menjadi agent of change.

***

Berkenanaan dengan visi misi generasi milenial seperti di atas, maka kami:

Nama Lengkap : Endro Pono Joyo Andiko
Tempat/tanggal lahir : Sampangan, 21 Agustus 2000
Alamat : Sampangan Jaya Blok K Nomor 34
Telpon: 0871-4256-3560
Email : endro.pono.ja@gmail.com

Dengan ini mengajukan permohonan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Teknik Informatika di Univeristas XXX. Syarat-syarat beasiswa dan surat keterangan lain ada dalam lampiran.

Demikian surat permohonan beasiswa ini kami buat dan sampaikan. Kami sangat berharap dan siap untuk mengikuti tahap-tahap seleksi beasiswa ini.

Terima kasih kami sampaikan kepada berbagai pihak yang telah turut serta membantu proses pengajuan beasiswa ini. Semoga Tuhan Yang Maha Baik, terus memberikan kebaikan-Nya untuk kita semua. Aamiin.

Hormat kami,

Endro Pono Joyo Andika

 

06: Permohonan Keringanan

belajar dan minum

Apa yang dimaksud surat permohonan keringanan?

Pengertian surat permohonan keringanan adalah dokumen tertulis yang dibuat oleh seseorang atau entitas dengan maksud untuk meminta keringanan. Contohnya keringanan SPP Sekolah, Biaya Sekolah/ Kuliah, dan biaya UKT.

Untuk lebih jelasnya mari baca dan pelajari beberapa contoh berikut ini:

  • Surat Permohonan Keringanan SPP dan Biaya Sekolah SD SMP
  • Permohonan Keringanan Biaya Kuliah, UKT dan BKT
  • Keringanan Sewa Gedung

Mari diuraikan masing-masing jenis surat permohonan tersebut di atas …

 

A: Contoh Surat Permohonan Keringanan SPP dan Biaya Sekolah SD SMP

Jenis surat permohonan ini dibuat dalam rangka untuk mengajukan permohonan keringanan SPP dan Biaya Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Seperti apa bentuk dan format surat permohonan keringanan SPP dan Biaya?

Perhatikan berikut ini contohnya…

surat permohonan keringanan
Contoh surat permohonan keringanan

***

Kaliamba, 06 Januari 2021

Perihal: Permohonan Keringanan SPP dan Biaya
Lamp : Satu Bendel

Kepada Yang Terhomat Bapak Kepada Sekolah Dasar Cahaya Ilmu
Di
Kaliamba

 

Dengan hormat.

Pendidikan adalah hak setiap manusia. Dan belajar adalah kewajiban manusia sejak lahir sampai meninggal dunia, apapun kondisinya.

Namun demikian keadaan dan kondisi tertentu kurang atau tidak mendukung untuk merealisasikan visi dan misi besar pendidikan tersebut.

Memang ada pepatah “Jer basuki mawa bea”. Kehidupan yang baik, masa depan yang penuh dengan kebanggan, kesuksesan, dan kebahagian, perlu diperjuangan dengan pengorbanan biaya. Biaya dalam arti luas, bukan sekedar uang dan materi.

Namun usaha, perjuangan dengan air mata dan keringat bercucuran adalah biaya yang perlu dikorbankan sebagai cost untuk memperoleh kesejahteran.

***

Kekurangan dana untuk merealisasikan pendidikan adalah salah satu kendala yang cukup sulit untuk dicari solusinya.

Kami sebagai orang tua siswa sudah berupaya super keras untuk mengumpulkan uang sedikit demi sedikit, namun demikian kondisi nyata membuktikan bahwa upaya-upaya tersebut tak selamanya menghasilkan dana sesuai dengan harapan.

Akhirnya, pembayaran SPP dan biaya sekolah sering terlambat bahkan menunggak berbulan-bulan.

Oleh karena itu, berkenaan dengan kondisi tersebut, maka kami selaku orang tua siswa berikut ini:

Nama Siswa : Aditya Putra Pertama
Tempat dan tanggal lahir : Kaliamba, 29 Desember 2010
Nomor Induk Siswa : 12345XXXX
Kelas/ Semester : XII/ 02
Alamat : Desa Kaliamba RT 10 RW 11
Nomor Telpon Orang Tua : 812415320
Email Orang Tua: hadi.joyo@gmail.com

Dengan ini mengajukan permohonan keringanan SPP dan biaya sekolah dengan alasan karena ketiadaan dana.

Mohon sekiranya Bapak selaku kepala sekolah untuk mempertimbangkan permohonan ini demi kelancaran pendidikan anak kami.

Akhirnya, kami selaku orang tua siswa hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas semua bantuan dan dikabulkannya permohonan ini.

Kami mendo’akan kehadlirat Alloh Yang Maha Kaya, mudah-mudahkan selalu melimpahkan kekayaan-Nya untuk kita. Aamiin.

Hormat kami,

 

Hadi Joyo
Orang tua siswa

 

B: Contoh Surat Permohonan Keringanan Biaya Kuliah, UKT dan BKT

menulis

Surat ini dibuat dengan tujuan untuk mengajukan permohonan agar memperoleh keringanan biaya kuliah, UKT dan BKT.

Bagaimana bentuk dan format surat permohonan keringanan ini?

Perhatikan contoh sederhananya berikut ini…

***

Kalitengah Jaya, 21 September 2020

Perihal : Permohonan Keringanan Biaya Kuliah, UKT dan BKT
Lamp : Satu Berkas

Kepada Yang Terhormat
Bapak Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)
Di
Tempat

 

Dengan hormat,

Teriring doa dan puji syukur kehdlirat Alloh Yang Maha Penyayang, sehingga atas karunia-Nya kita bisa menjalani kehidupan yang penuh kebahagiaan dan keberkahan ini.

Upaya yang maksimal dan tanpa kenal menyerah untuk menuntut ilmu pengetahuan dan keterampilan adalah salah satu hal terpenting yang terus kami lakukan detik demi detik, jam demi jam, hari demi hari, serta tahun demi tahun.

Kesadaran ini muncul sebagai implementasi dan penerapan prinsip hidup yang diperoleh dari ajaran agama kami, yang mengajarkan bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban bagi laki-laki dan perempuan sejak lahir hingga mati.

Sehingga apapun yang terjadi, kami tetap dan akan terus bertahan hingga darah terakhir yang tersisa dari tubuh ini.

***

Namun dalam kenyataannya seringkali berbeda 180 derajat antara semangat dan motivasi serta kesadaran untuk terus menuntut ilmu dengan sarana prasarana untuk mewujudkannya.

Misalnya, karena ketiadaan biaya terpaksa Si Udin berjual asongan di lampu merah demi menyambung hidup dirinya dan orang tuanya.

Dan karena tidak mempunyai uang untuk melanjutkan kuliah, Antok banting setir bekerja serabutan untuk membiayai hidup dirinya dan orang tuanya.

***

Dan sebagai salah satu upaya untuk terus bisa kuliah, dengan berat hati dan kesadaran tinggi, kami:

Nama Mahasiswa : Tarmono Adji Sukmo
Tempat dan tanggal lahir : Desa Kalitengah, 11 Maret 2003
NIM : 2020657XXX
Semester : IX
Jurusan : Teknologi Pertanian
Alamat : Desa Kalitengah RT 04 RW 05
Nomor Telpon : 86754123912
Email : tarmono.adji.sukmo@yahoo.co.id

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan keringanan biaya kuliah, UKT dan BKT selama satu semester dengan alasan karena ketiadaan biaya. Data-data pelengkap ada dalam berkas lampiran surat permohonan ini.

Demikian surat permohonan keringanan biaya ini kami sampaikan, semoga Bapak mengabulkan.

Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan secara tulus ikhlas kepada kami.

Akhirnya, mudah-mudahan Gusti Alloh Ingkang Maha Kaya memberikan barokah-Nya kepada kita. Aamiin.

Hormat kami,

 

Tarmono Adji Sukmo

 

C: Contoh Surat Permohonan Keringanan Sewa Gedung

Surat permohonan ini dibuat untuk mengajukan permohonan keringanan sewa gedung.

Bagaimana bentuk surat ini? Mari perhatikan contoh sederhananya berikut ini…

***

Sidoarjo, 16 Juni 2020

Perihal: Permohonan Keringanan Sewa Gedung
Nomor Surat : 01/SP – KSG/16/06/2020

Kepada Yth.
Pimpinan Pengelola Gedung Serba Guna
Di
Tempat

 

Salam sukses penuh keberkahan,

Jiwa kewirausahaan perlu ditanamkan sejak usia muda. Pemuda adalah harapan bangsa.

Generasi milenial adalah penerus estafet perjuangan generasi sebelumnya, sehingga perlu memiliki jiwa tangguh, inovatif, kreatif, cinta tanah air, dan kecerdasan spiritual dalam menghadapi kemajuan zaman.

Berbagai upaya dilakukan untuk menciptakan generasi muda yang seperti itu. Berbagai pihak urun rembug, saling berkolaborasi, serta berlomba-lomba dalam kebaikan untuk ikut andil dalam mempersiapkan generasi terbaik abad ini.

Berkenaan dengan hal itu, maka kami sebagai bagian dari generasi muda berencana mengadakan seminar, workshop, dan pelatihan yang akan diselenggarakan pada:

Hari dan tanggal : 12 Februari 2021
Waktu : Pukul 09.00 – 16.00 WIB
Tempat : Gedung Serba Guna (Dalam Konfirmasi)
Acara : Seminar, workshop, dan training generasi milenial

Mengingat pentingnya acara tersebut, maka dengan ini kami menyampaikan permohonan keringanan sewa gedung serba guna kepada Bapak selaku pimpinan pengelola gedung tersebut.

Kami berharap Bapak mengabulkan permohonan kami demi kelancaran acara penting tersebut, dan sebagai kontribusi terhadap perkembangan generasi penerus bangsa.

Akhirnya, hanya ucapan terima kasih yang bisa kami sampaikan, serta mohon ma’af bila ada kesalahan dan kekhilafan. Semoga Tuhan memberikan pahala dan kebaikan yang berlipat terhadap kebaikan Anda.

Hormat kami,
Panitia Seminar Worshop dan Training Generasi Milenial

 

Haryo Sucahyo            Adi Cahyaning Bawono
Ketua                           Sekretaris

***

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang surat permohonan, saksikan video berikut ini yang membahas surat permohonan keringanan, selamat menikmati.

 

07: Kesimpulan

Komunikasi menggunakan surat saat ini masih digunakan oleh perorangan/pribadi dan instansi/lembaga/entitas. Tak terkecuali jenis surat permohonan.

Surat permohonan adalah salah satu jenis surat yang digunakan untuk memohon sesuatu dari seseorang kepada orang lain/lembaga/instansi.

Misalnya permohonan keringanan SPP dan biaya sekolah/kuliah, surat permohonan restrukturisasi kredit bank, dan contoh surat permohonan kerjasama pelayanan kesehatan.

Dan contoh-contoh yang telah kami ketengahkan di atas semoga bisa menjadi referensi Anda dalam membuat surat permohonan.

Bila Anda ingin membuat surat permohonan Word, Anda tinggal meng-copy contoh surat permohonan yang dibutuhkan kemudian paste ke Word.

Demikian yang bisa kami sharing, semoga bermanfaat. Terima kasih.*****

manajemen keuangan dan SOP