Inilah Cara Sederhana dan Contoh Perhitungan Zakat Perusahaan




menghitung-zakat-mal

Apakah ada zakat perusahaan dalam Islam?”

“Apakah ada zakat untuk perusahaan jasa?”

Apa pengertian zakat perusahaan dan bagaimana cara menghitung zakat perusahaan?”

Tiga pertanyaan di atas adalah sebagian dari beberapa pertanyaan seputar zakat khususnya tentang zakat untuk perusahaan. Dan artikel ini mungkin cocok dan yang Anda cari untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti di atas.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari seri artikel tentang zakat. Sebelumnya telah dibahas tentang cara menghitung zakat profesi, zakat properti, dan zakat aset keuangan.

Walaupun zakat perusahaan mungkin belum sepopuler jenis zakat-zakat yang lain, namun penulis berharap artikel ini bisa dijadikan salah satu referensi bagi mereka yang mempunyai perusahaan dan ingin membayarkan zakatnya serta untuk mereka yang berkecimpung di dunia zakat.

Sebagaimana tujuan dan harapan penulis untuk menjadikan blog ini sebagai sumber referensi bidang keuangan, akuntansi, dan manajemen, terutama untuk aplikasi praktisnya maka materi tentang zakat perusahaan pun kami bahas di sini.

Salah satu prinsip akuntansi yang dipakai dalam sistem perhitungan zakat adalah konsep entitas. Dalam konsep entitas, harus ada keterpisahan keuangan antara pemilik dan keuangan perusahaan, artinya secara akuntansi kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan terpisah dengan kekayaan yang dimiliki oleh individu pemilik perusahaan.

Pengakuan atas konsep entitas berarti pengakuan perusahaan dianggap sebagai wajib zakat, terpisah dengan kewajiban zakat dari para pemilik maupun pengelolanya.

Pertanyaannya adalah apakah perusahaan yang ada di Indonesia khususnya dapat menerima aset perusahaan mereka menjadi salah satu obyek zakat, sebagaimana konsep entitas yang dianut dalam zakat.

Pengertian dan ruang lingkup

Perusahaan adalah sebuah usaha yang diorganisir sebagai sebuah kesatuan resmi yang terpisah dengan kepemilikan dibuktikan dengan kepemilikan saham (corporate).

Bila dilihat dari entitas, aktivitas sebuah perusahaan pada umumnya berporos pada kegiatan trading atau perdagangan. Sedangkan pembahasan untuk organisasi atau institusi non profit Anda bisa membacanya di artikel “menyusun laporan keuangan lembaga zakat

Cara menghitung zakat perusahaan

Pola perhitungan zakat perusahaan didasarkan pada laporan keuangan (neraca) perusahaan dengan cara sederhananya adalah dengan mengurangkan kewajiban lancar atas aktiva lancar.

Hanya saja sehubungan dengan banyaknya perbedaan dalam format perhitungan serta elemen yang menjadi laporan keuangan maka tentu cara berhitung tarif zakat akan banyak perbedaan antara satu akuntan dengan akuntan lain.

Selain itu karena yang perlu diperhatikan dalam perhitungan zakat perusahaan adalah pentingnya melakukan berbagai koreksi atas nilai aktiva lancar dan kewajiban jangka pendek yang kemudian disesuaikan dengan ketentuan syari’ah, seperti koreksi atas pendapatan bunga dan pendapatan haram serta pendapatan meragukan lainnya.

Tahap-tahap perhitungan zakat perusahaan adalah sebagai berikut :

Tahap #1. Menentukan aset wajib zakat

a. Metode aktiva bersih

Menjumlahkan aset wajib zakat :
Kas, piutang bersih (total piutang dikurangi piutang ragu-ragu, cara perhitunganya bisa dibaca diartikel tentang “pengelolaan piutang” ), aktiva yang diperdagangkan (persediaan/surat berharga/real estate), pembiayaan, dan lain-lain.

Mengurangi aset wajib zakat dengan : hutang lancar, modal investasi tak terbatas, penyertaan minoritas, penyertaan pemerintah, penyertaan lembaga sosial, endowment, dan lembaga non profit.

b. Metode Net Invested Funds

Menjumlahkan aset wajib zakat :
Modal disetor (tambahan modal), cadangan, cadangan yang tidak dikurangi aktiva, laba ditahan, laba bersih, dan utang jangka panjang.

Mengurangi aset wajib zakat dengan : aktiva tetap, investasi, yang tidak diperdagangkan dan kerugian.

Tahap #2. Menilai aset wajib zakat

a. Metode Aktiva Bersih

perhitungan aktiva bersih

b. Metode Net Invested Funds

menghitung-zakat-mal-invested-funds

Tahap #3. Menghitung aset wajib zakat

a. Model aktiva bersih

model-penghitungan-aktiva-bersih

b. Model Net Invested Funds.

zakat perusahaan-01

Demikianlah pembahasan tentang zakat perusahaan. Bagaimana dengan perusahaan Anda, sudahkah mengeluarkan zakatnya?

***