Hobimu Berpindah-pindah Pekerjaan akan Melejitkan Karir Keuanganmu, Bila 3 Hal ini Anda Lakukan

Cara Meningkatkan Karir dengan Cepat

Bila gaji pas-pasan, ilmu pun gak didapatkan, lalu apa yang akan dipertahankan di sini?

hidup itu bertumbuh bro, kalau bertahun-tahun cuma sebagai staf keuangan, kapan bisa jadi direktur

dunia kerja tak selebar daun kelor Mas, buka wawasan dan pengetahuanmu di luar sana

Kalimat-kalimat argumentatif di atas meluncur deras dari lisan beberapa karyawan yang sedang galau dan bimbang melakoni peran-peran kehidupannya.

Sebuah kegalauan dan kegamangan tentang pilihan karir. Sebuah dilema pindah kerja atau bertahan. Apakah takdir telah mengantarkannya ke tempat kerja di sini? atau ada pilihan takdir di tempat lain?

Bila Anda terus dirundung kegalauan, kesedihan, kesengsaran yang mengharu biru serta kemalasan di tempat kerjamu saat ini, Anda tidak mempunyai kebanggaan terhadap pekerjaanmu saat ini, penghasilanmu tak sebanding dengan apa yang kamu kerjakan, dan ilmu baru pun tidak pernah kamu dapatkan, lalu apa gerangan yang membuat Anda terus bertahan?

Bila kontribusi dan ketaatanmu pada nilai perusahaan tinggi, namun tidak juga melesatkan karirmu, di mana seharusnya itu akan melejitkan karirmu seperti ulasan di artikel “bila kontribusi dan ketaatan anda pada nilai perusahaan tinggi maka karir anda pun akan melesat

Tidakkah terbersit dalam benak Anda untuk mencari tempat kerja baru yang lebih baik?

Setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih, karena “anda memilih maka anda hidup” begitu bunyi kalimat yang tertempel di kaca belakang sebuah mobil  🙂

Maka keputusan akhir kembali pada Anda, apakah akan terus bercengkerama dengan ketidaknyamanan dan karir pas-pasan, atau bergerak maju memburu tempat kerja yang menjanjikan karir dan pertumbuhan yang ekselen?

Semua terserah Anda. Dan apapun pilihan Anda, pastikan itu yang terbaik untuk perkembangan karir Anda.

Bangun dan pupuk rasa percaya diri Anda. Manfaatkan minat dan dorongan Anda untuk mengembangkan kehidupan profesional dan perjalanan hidup Anda.

Semakin Anda mempercayai diri sendiri, semakin banyak keberuntungan dan solusi yang akan ditemukan.

Mulailah membangun pilihan-pilihan, bukan hanya menunggu.

Kebiasaan Anda berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain adalah strategi karir Anda, bukan pelarian dari rasa kecewa apalagi masalah. Maka agar strategi Anda berhasil, diperlukan tips pindah kerja yang jitu, dan berikut ini 3 tips yang perlu Anda lakukan :

 

Tips #1. Pelajari secara mendalam proses bisnis di setiap tempat kerja baru Anda

bisnis proses

Penguasaan terhadap alur bisnis akan melejitkan karir keuangan Anda. Bila anda sebagai orang akuntansi-keuangan yang menguasai secara mendetail alur proses bisnis perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur maka gerbang karir keuangan yang cemerlang akan terbuka lebar (bagian lain sudah dibahas di artikel “cara menjadi orang akuntansi-keuangan sukses”).

Perusahaan Jasa

Bila Anda bekerja di perusahaan jasa maka secara umum alur bisnis dimulai dari kegiatan perancangan dan perencanaan penjualan jasa, marketing, proses penyusunan kesepakatan, proses penyerahan jasa, proses pembayaran sampai akhirnya pelanggan membeli kembali (repeat order) untuk yang kedua, ketiga dan seterusnya, proses pun berulang lagi.

Pada proses penyusunan kesepakatan bisa dituangkan dalam bentuk surat perjanjian kerja, surat perintah kerja, surat penunjukkan langsung, atau pun purchase order.

Sementara itu untuk proses penyerahan jasa, berkaitan dengan penyerahan jasa yang diminta pada saat penyusunan kesepakatan dan diikuti aktivitas yang mendukugnya seperti pemeliharan (maintenance) dan pendampingan (bila tidak ingin diribetkan dengan biaya pemeliharaan dan pendampingan, Anda bisa menggunakan form aplikasi excel untuk membuat laporan keuangan silahkan download gratis di sini).

Sedangkan pada proses pembayaran berkaitan dengan waktu pembayaran, metode pembayaran, dan hal lain yang terkait seperti ketentuan diskon dan denda.

Perusahaan Dagang

Bagaimana alur bisnis di perusahaan dagang? Proses bisnis dimulai dari aktivitas promosi, melalui kegiatan tersebut perusahaan bisa menjaring calon pelanggan yang akan membeli barang, kemudian perusahaan akan melakukan pemesanan barang ke supplier, berlanjut dengan proses penerimaan pesanan barang, hingga proses penyerahan barang ke pembeli, begitu proses itu terus berulang.

Di setiap prosesnya selalu ada transaksi keuangan yang mengikutinya, sehingga perlu dilakukan pencatatan dan peng-administrasian yang baik, akurat, dan rapi.

Perusahaan Manufaktur

Proses bisnis di perusahaan manufaktur dimulai dari proses research & development, proses promosi dan marketing, proses perencanaan produksi, proses produksi, proses penyerahan barang, proses pembayaran, dan seterusnya proses pun berulang kembali.

Secara umum proses bisnisnya seperti itu. Aktivitas-aktivitas ini harus Anda pelajari, walaupun tidak secara teknis mengetahui semuanya. Pertajam pengetahuan di bidang keahlianmu dan semua hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu.

Bila Anda seorang yang menekuni bidang akuntansi-keuangan maka pelajari secara detail pengaruh setiap aktivitas tersebut terhadap keuangan perusahaan.

Pergunakan tools, template, dan form yang sudah terbukti powerfull untuk melakukan pencatatan, penilaian, dan pengukuran, sehingga akan diperoleh sebuah laporan keuangan yang valid dan akurat.

Dan percayalah dengan mendalami keseluruhan bisnis proses di setiap tempat kerja Anda, itu semua akan menjadi bekal yang akan mengantarkan Anda ke jenjang karir keuangan yang lebih tinggi. Baik anda berkarir di perusahaan orang ataupun Anda membuka bisnis sendiri.

 

Tips #2. Bangun jaringan di setiap tempat kerjamu yang baru

Membangun Jaringan

apapun yang ingin anda raih, siapapun yang ingin anda kenal, kemana pun anda ingin pergi, gunakan jejaring untuk mencapainya” (Catherine Kaputa – You Are a Brand ; hal 189)

Kalimat itu benar-benar menggugah siapapun yang ingin meraih kesuksesan untuk membangun jejaring. Kita tidak bisa berhasil sendirian, dan memiliki kelompok pertemanan, rekan kerja, atau penasehat yang di sekitar kita akan membuat perjalanan jauh lebih menyenangkan.

Menciptakan jejaring adalah kemampuan yang bisa dipelajari oleh setiap orang. Bagaimana cara membangun jaringan bisa Anda pelajari di artikel “cara menjadi karyawan akuntansi-keuangan yang dihormati”

Hobimu berpindah-pindah pekerjaan akan bertemu dengan orang-orang baru dengan latarbelakang dan bidang usaha baru. Itu adalah sebuah peluang untuk memperluas jejaring. Maka optimalkan kebiasaan Anda itu untuk membangun jenjang karir yang baik.

 

Tips #3. Bangun kredibilitas yang mengesankan di setiap tempat kerja barumu

Brand Pribadi

Philip Kotler seorang pakar marketing berpendapat “Image is Power”. Di setiap tempat kerja barumu, upayakan untuk mencapai kualitas prima.

Bangun kekuatan aset diri sendiri, mulai dari skill, pengalaman, dan pencapaian. Bangun kredibilitas di setiap tempat kerjamu.

Kredibilitas laksana sebuah merk pada sebuah produk. Pandanglah diri Anda sebagai sebuah produk yang kompetitif. Berpikirlah seperti sebuah brand. Artinya ciptakan suatu brand untuk diri sendiri dan juallah, jangan buang kesempatan yang terus datang.

Orang akan dengan mudah meremehkan Anda kalau Anda tidak berpikir sebagai brand. Rekan kerja, bawahan langsung, dan atasan adalah target pasar Anda.

Anda perlu fokus pada diri sendiri untuk menciptakan sikap positif tentang Anda dalam benak orang lain. Dengan kata lain Anda perlu membangun sebuah brand pribadi. Artinya Anda berupaya mengeluarkan apa yang terbaik dari diri Anda.

Maka membangun kredibilitas pribadi yang ekselen merupakan modal penting untuk melejitkan karir keuangan Anda.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah mengupayakan 3 hal yang bisa melejitkan karir Anda?

***