Prosedur Pencatatan Jurnal Pengeluaran Kas Beserta Contohnya

Pengeluaran kas digunakan perusahaan untuk membayar dan membiayai beban serta biaya operasional sehari-hari. Dan jurnal pengeluaran kas digunakan dan berfungsi untuk mencatat transaksi pengeluaran-pengeluaran pada tanggal tersebut, baik pengeluaran kas kecil maupun besar, baik yang menganut metode perpetual maupun metode periodik.

Prosedur pencatatan jurnal pengeluaran uang yang tidak tepat akan mengakibatkan kesalahan fatal, baik secara fisik maupun laporan keuangan. Oleh karena itu, siapa pun yang berkecimpung di bidang ini, merupakan suatu keharusan untuk mengetahui dan memahami prosedur serta langkah-langkah mencatat pengeluaran kas.

Dan bagi yang belum tahu, atau siapa pun yang ingin mendalami materi jurnal pengeluaran kas yuk baca dan pelajari pembahasannya berikut ini.

 

01: Pengertian Jurnal Pengeluaran Kas

A: Pengertian Menurut Para Ahli Adalah?

Apa yang dimaksud dengan jurnal pengeluaran kas?

Jurnal pengeluaran kas dalam bahasa Inggris dengan cash disbursement journal adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran uang atau dana perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur. Baik perusahaan tersebut menerapkan metode perpetual maupun periodik. Perusahaan mengimplementasikan sistem imprest maupun fluktuatif dalam mengelola kas kecil (Petty Cash).

 

B: Format dan Bentuk

Bagaimana format dan bentuk jurnal pengeluaran kas?

Jurnal pengeluaran kas umumnya bisa dibuat dalam bentuk yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dan pada akhir bulan dilakukan posting jurnal pengeluaran kas ke buku besar.

Contoh format jurnal pengeluaran uang yang sering digunakan adalah semua pengeluaran dana yang relatif besar menggunakan cheque, sedangkan untuk pengeluaran uang yang jumlahnya relatif kecil menggunakan kas kecil atau petty cash.

Apapun jenis format yang digunakan, ada komponen-komponen yang perlu disajikan antara lain:

1: Tanggal transaksi

Yaitu waktu terjadinya pengeluaran uang yang disajikan secara kronologis, misalnya tanggal 1 Desember 2021

2: Keterangan

Kolom ini di-isi dengan nama, jenis dan pihak-pihak yang melakukan transaksi, misalnya pembayaran pemeliharaan alat-alat kantor?

3: Serba-serbi atau macam-macam

Bagian ini di setiap perusahaan istilahnya tidak sama, jadi jangan kaget bila Anda tidak menemukan istilah ini di entitas lain. Kolom serba-serbi terdiri dari kolom Debit dan Kredit.

4: Akun-akun yang didebit dan dikredit

Bagian ini terdiri dari kolom-kolom yang berisi akun-akun yang terkait dan terpengaruh oleh transaksi-transaksi pengeluaran uang, antara lain biaya-biaya, utang, dan kas.

 

C: Fungsi Jurnal Pengeluaran

Bentuk pelaksanaan pengelolaan dan pengawasan pengeluaran uang perusahaan adalah melalui prosedur pencatatan jurnal pengeluaran uang kas. Itulah fungsi utama dari jurnal pengeluaran kas.

Dari catatan jurnal ini kita bisa memantau dan mengawasi pengeluaran uang sejak pengajuan, mencatat, sampai melaporkannya. Bila dalam proses itu ada sesuatu yang tidak benar, maka akan segera terdeteksi dan dicari solusinya.

 

D: Prosedur Pencatatan

Standar prosedur yang digunakan untuk mencatat pengeluaran uang kas tetap mengacu pada prinsip debit kredit, sehingga bila terjadi kesalahan dalam proses ini maka akan mengakibatkan kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan.

Jika tingkat kesalahannya fatal, maka akan mengakibatkan laporan keuangan kurang akurat, pada gilirannya akan menghasilkan intepretasi yang keliru, dan akhirnya mempengaruhi kebijakan perusahaan.

Secara umum prosedur cara membuat jurnal pengeluaran kas hampir sama dengan jurnal penerimaan kas.

Bagaimana cara mencatat transaksi pengeluaran uang di debit dan kredit?

Perhatikan kaidah sederhana pencatatan debit kredit berikut ini:

Prosedur pencatatan jurnal pengeluaran kas yang benar.

Penjelasan tabel debit kredit:

Kolom #1 adalah nama-nama rekening utama dalam laporan keuangan, yaitu Aset, Liabilitas, Modal, Pendapatan, dan Biaya atau Beban. Kolom #2 berisi prosedur pencatatan debit kredit atas pengaruh suatu transaksi terhadap account/rekening perkiraan.

Bila transaksi menyebabkan rekening aset naik, maka dicatat pada Debit dan sebaliknya. Jika transaksi menambah akun liabilitas (kewajiban) maka dicatat pada sisi Kredit. Demikian juga dengan akun modal, pendapatan, dan biaya.

 

02: Contoh Jurnal Pengeluaran Kas

A: Jurnal Pengeluaran Kas Kecil

Jurnal pengeluaran dana kas kecil (petty cash) berfungsi untuk mencatat transaksi pengeluaran uang dengan jumlah yang kecil. Jurnal pengeluaran kas disebut juga dengan buku kas keluar.

Untuk perusahaan yang menganut sistem imprest, di mana jumlah kas kecil selalu tetap, maka setiap ada pengeluaran kas dikumpulkan dulu bukti-bukti transaksinya, setelah ada pengisian kembali baru dibuat jurnal pengeluaran uang. Sedangkan bagi perusahaan yang menganut sistem flutuatif, maka setiap kali ada pengeluaran dana kas kecil harus dicatat dalam jurnal pengeluaran uang.

Prosedur pengeluaran dana kas bisa menggunakan sistem pengajuan permintaan uang muka atau cash advance.

Perhatikan contoh jurnal pengeluaran kas kecil berikut ini:

1: Perangko dan meterai

Pada awal bulan Desember 2021, PT Mitra Luhur menambah persediaan meterai senilai Rp 200.000 dibayar tunai. Pengeluaran kas kecil untuk perangko dan materai dicatat oleh perusahaan seperti berikut ini:

[Debit] Perangko dan Meterai … Rp 200.000

[Kredit] Kas Kecil [Petty Cash] …. Rp 200.000

 

2: Pengeluaran kas kecil untuk biaya konsumsi

Pada hari Rabo, 01 Desember 2021, PD Putri Malu melaksanakan rapat rutin awal bulan untuk membahas tentang hasil kerja bulan November dan rencana Desember 2021. Pengeluaran biaya konsumsi rapat dengan kas kecil adalah Rp 750.000 dan dicatat ke buku kas keluar sebagai berikut:

[D] Biaya Konsumsi …. Rp 750.000

[K] Kas Kecil … Rp 750.000

 

3: Iklan dan reklame

Untuk meningkatkan omset dan pendapatan bulan Desember ini, UD Kayu Alam yang memproduksi aneka furniture kelas premium memanfaatkan Google Ads dan media sosial. Tanggal 3 Juli 2021, UD Kayu Alam mengeluarkan dana iklan dan reklame sebesar Rp 2.500.000. Jurnal pengeluaran kas kecil dibuat untuk mencatat transaksi ini, yaitu:

[Dr] Biaya Iklan dan Reklame …. Rp 2.500.000

[Kr] Kas Kecil …. Rp 2.500.000

 

4: Pengeluaran kas kecil untuk biaya olahraga dan rekreasi

Mulai bulan Agustus 2021, perusahaan pengembang Accounting software menambah program olahraga dan rekreasi untuk para karyawannya. Program insentif karyawan ini bertujuan untuk menyegarkan suasana kerja dan pikiran pegawai. Pelaksanaan program ini pertama kali dijalankan tanggal 16-17 Agustus 2021 dengan pengeluaran uang kas kecil sebesar Rp 15.000.000.

Pengeluaran dana ini dibukukan oleh perusahaan sbb:

[D] Biaya Olahraga dan Rekreasi … Rp 15.000.000

[K] Kas …. Rp 15.000.000

 

5: Jurnal pengeluaran kas kecil untuk biaya cuti

PT Seledri Hijau Royo pada tanggal 1 September 2021 mengeluarkan uang senilai Rp 7.250.000 untuk biaya cuti 3 orang karyawan. Tanggal 25 September 2021 mengeluarkan kas sebesar Rp 5.000.000 sebagai biaya cuti 2 orang pegawai.

Pengeluaran kas kecil untuk biaya cuti dicatat sebagai jurnal pengeluaran kas sbb:

Tanggal 1/09/2021:

[Debit] Biaya Cuti Karyawan (3 orang) … Rp 7.250.000

[Kredit] Petty Cash ….. Rp 7.250.000

Tanggal 25/09/2021:

[Debit] Biaya Cuti Pegawai (2 orang) … Rp 5.000.000

[Kredit] Petty Cash …. Rp 5.000.000

 

6: Biaya training dan seminar dengan uang muka

Perusahaan Dagang (PD) Pagi Cerah Bahagia merupakan perusahaan yang mendistribusikan produk herbal dan alat kesehatan untuk berbagai kalangan. Pelanggannya bervariasi dari yang super tajir, kaya, biasa, dan tidak punya. Semua dilayani dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.

Untuk meningkatkan kualitas dan kinerja para pegawainya, perusahaan mengadakan program training dan seminar dengan narasumber yang kompeten dan berpengalaman.

Pada hari Kamis, 02 Desember 2021, perusahaan membayar Down Payment atau uang muka sebesar Rp 15.500.000 dari total Rp 45.750.000 untuk acara training dan seminar tanggal 21 Desember 2021. Pembayaran dana kas kecil dicatat ke dalam jurnal pembayaran uang sbb:

[D] Biaya Training dan Seminar …. Rp 45.750.000

[D] Piutang Usaha …. Rp 30.250.000

[K] Kas (Uang Muka) …. Rp 15.500.000

 

7: Uang duka

Saat puncak masa pandemi Covid-19 ada salah seorang keluarga karyawan PT Pavingku Kokoh meninggal dunia. Adanya kejadian itu, perusahaan memberikan santunan berupa uang tunai senilai Rp 2.000.000 dan mencatatnya dalam jurnal pengeluaran kas kecil sbb:

[Debit] Uang Duka …. Rp 2.000.000

[Kredit] Kas Kecil (Petty Cash) … Rp 2.000.000

 

B: Contoh Soal Jurnal Pengeluaran Kas dan Jawabannya

Berikut ini disajikan beberapa contoh soal jurnal pengeluaran kas dan jawabannya.

1: Penggantian Biaya Pengobatan

Pak Ari Mustofa adalah karyawan PT Emas Intan Permata. Pada tanggal 23 Oktober 2021 mengajukan klaim penggantian biaya pengobatan salah satu anggota keluarganya sebesar Rp 1.750.000, dan perusahaan mencatatnya sebagai berikut:

[Dr] Penggangian Biaya Pengobatan …. Rp 1.750.000

[Cr] Kas Kecil …. Rp 1.750.000

 

2: Premi pensiun

Tanggal 31 Desember 2020 ada 3 orang karyawan yang akan menjalani masa pensiun. Ketiga pegawai perusahaan PT Akar Intan Cemerlang ini sudah berkarya selama 20 tahun. Dan perusahaan memberikan premi pensiun senilai Rp 100.000.000. Pembayaran dana ini dicatat oleh perusahaan sebagai berikut:

[D] By Premi Pensiun (3 karyawan) …. Rp 100.000.000

[K] Kas Bank …. Rp 100.000.000

 

3: Uang makan lembur

Menjelang akhir periode 2021 aktivitas PD Daun Jati semakin meningkat, permintaan produk dari berbagai wilayah berdatangan, sehingga menuntut perusahaan untuk menambah jam lembur karyawan.

Pada tanggal 4 Desember 2021 perusahaan menambah pengeluaran dana kas kecil untuk makan dan lembur sebesar Rp 2.250.500, dan mencatatnya dalam jurnal sebagai berikut:

[Debit] Uang Makan dan Lembur … Rp 2.250.000

[Credit] Kas Kecil … Rp 2.250.000

 

4: Penggantian biaya obat

Masa pandemi Covid-19 belum juga berlalu dan entah kapan selesai, sehingga pengeluaran kas kecil untuk penggantian biaya obat karyawan perlu disediakan yang jumlahnya masih tergolong tinggi bila dibandingkan kondisi normal.

Tanggal 3 Desember 2021, PT Cadas Mulia Etika mengeluarkan dana kas kecil sebagai penggantian biaya obat karyawan sebesar Rp 6.250.250. Pengeluaran tersebut dicatat oleh perusahaan dalam buku kas keluar sbb:

[Dr] Penggantian Biaya Obat … Rp 6.250.250

[Cr.] Kas Kecil (Petty Cash) … Rp 6.250.250

 

5: Penggantian perawatan rumah sakit

PT Lembah Subur Bahagia mengganti biaya perawatan pegawai senilai Rp 25.500.250. Pengeluaran ini diberikan kepada karyawan tetap perusahaan sebagai tunjangan kemanusiaan. PT Lembah Subur Bahagia mencatat pengeluaran uang kas kecil ini seperti berikut ini:

[D] Biaya Penggantian Perawatan Rumah Sakit … Rp 25.500.250

[K] Kas Kecil ….. Rp 25.500.250

 

6: Tunjangan lain-lain

Setiap akhir periode akuntansi, UD Nandur Pari memberikan tunjangan lain-lain bagi pegawainya yang nilainya tidak sama untuk masing-masing karyawan. Pada tanggal 30 Juni 2021, UD Nandur Pari memberikan tunjangan senilai Rp 17.250.300 dan mencatatnya dalam jurnal pengeluaran kas kecil sbb:

[Debit] Biaya Tunjangan Lain-lain … Rp 17.250.300

[Kredit] Kas Kecil …. Rp 17.250.300

 

7: Tunjangan pakaian dinas

UD Sumber Jadi Jaya setiap tahun memberikan tunjangan pakaian dinas para karyawan, sehingga pakaian dinas selalu nampak bersih terjaga dan tidak kusam.

Perusahaan menganggap bahwa karyawan adalah seperti duta perusahaan, sehingga persepsi pihak lain terhadap perusahaan adalah pertama kali melihat karyawan. Jika penilaian kondisi karyawan kurang kredibel maka tanggan awal terhadap perusahaan pun demikian.

Tanggal 15 Desember 2021, perusahaan mengeluarkan tunjangan pakaian dinas sebesar Rp 75.600.250, kemudian mencatatnya ke jurnal pengeluaran kas seperti berikut:

[D] Tunjangan Pakaian Dinas … Rp 75.600.250

[K] Kas Bank …. Rp 75.600.250

 

03: Contoh Jurnal Pengeluaran Cash Perusahaan Jasa

A: Definisi

Adalah catatan jurnal pengeluaran uang yang dibuat oleh perusahaan jasa dalam kegiatan oprasional sehari-hari. Contoh biaya tunjangan marketing dan utilitas.

Pencatatan jurnal pengeluaran dana yang dilakukan pada tanggal terjadinya transaksi pengeluaran dana kas. Bila transaksi tersebut menimbulkan transaksi baru di kemudian hari, maka dibuat lagi jurnal baru.

 

B: Contoh

Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh jurnal pengeluaran kas perusahaan jasa berikut ini:

1: Biaya sewa kendaraan bermotor

PT Mitra Jasa Niaga Multitama merupakan perusahaan jasa yang menyediakan pelayanan pemasaran AC dan Pemanas Ruangan beserta maintenance-nya. Karena permintaan jasa makin meningkat sedangkan perusahaan kekurangan armada, akhirnya perusahaan memutuskan untuk menyewa kendaraan bermotor sebagai sarana pengangkutan.

Tanggal 29 Agustus 2021, PT Mitra Jasa Niaga Multitama menyewa mobil pick up L300 sebesar Rp 5.000.000 dibayar tunai. Perusahaan mencatat pembayaran dana untuk transaksi ini adalah:

[D] Biaya Sewa Kendaraan Bermotor …. Rp 5.000.000

[K] Petty Cash …. Rp 5.000.000

 

2: Biaya perjalanan dan akomodasi

Banyaknya permintaan pelayanan jasa modifikasi mobil di luar kota, Bengkel ‘Mobilmu’ menambah budget biaya perjalanan dinas dan penginapan. Tanggal 22 Oktober 2021, Bengkel ‘Mobilmu’ mengeluarkan biaya akomodasi sebesar Rp 10.750.300 dan segera mencatatnya ke jurnal pengeluaran kas kecil :

Biaya Perjalanan Dinas dan Akomodasi …. Rp 10.750.300 [Debit]

Petty Cash …. Rp 10.750.300 [Kredit]

 

3: Biaya pemeliharaan kendaraan bermotor

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa angkutan umum, PT Truckmu Era Cepat banyak mengeluarkan biaya pemeliharaan kendaraan.

Pada periode Juni 2021,  PT Truckmu Era Cepat membayar tagihan sebesar Rp 45.000.500 dari Bengkel ‘Modifikasimu’ . Pengeluaran dana tersebut dicatat oleh perusahaan ke dalam jurnal pembayaran dana sbb:

Biaya Pemeliharaan Kendaraan Bermotor … Rp 45.000.500 [Dr.]

Kas Bank …. Rp 45.000.500 [Cr.]

 

4: Tunjangan Hari Raya (THR)

‘Kitaku Jasa Raya’ merupakan perusahaan yang fakus pada jasa pembersihan sungai, sarana fasilitas umum, dan kawasan wisata alam. Setiap event Lebaran, Natal, dan Hari Raya selalu memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pegawai.

Tahun ini ‘Kitaku Jasa Raya’ memberikan tunjangan hari raya bagi pegawai yang merayakan Natal sebesar Rp 14.300.250. Pengeluaran dana kas kecil untuk THR dicatat dalam jurnal akuntansi sbb:

Tunjangan Hari Raya ….. Rp 14.300.250 [D]

Petty Cash ….. Rp 14.300.250 [K]

 

04: Contoh Jurnal Pengeluaran Kas Perusahaan Dagang

A: Definisi

Jurnal pengeluaran dana beserta rekapitulasinya perlu dibuat sebagai salah satu standar prosedur pengeluaran dana perusahaan dagang. Tujuannya adalah agar pengeluaran kas bisa dikontrol sejak awal hingga akhir.

 

B: Contoh

Berikut ini disajikan beberapa contoh soal jurnal pengeluaran kas perusahaan dagang.

1: Tunjangan pendidikan

Pendidikan adalah sangat penting, sehingga banyak perusahaan yang memberikan tunjangan pendidikan untuk karyawannya. Toko Sepatu Kaca adalah perusahaan pengecer yang menjual berbagai merek sepatu, sandal dan asesorisnya.

Walaupun perusahaan ini tidak sebesar bisnis konglomerat, namun sangat serius pada dunia pendidikan. Salah satu upaya diwujudkan dengan memberikan pendidikan bagi pegawainya.

Setiap bulan Toko Sepatu Kaca memberikan biaya SPP bagi putri-putri para karyawannya. Tanggal 21 Maret 2021, perusahaan mengeluarkan biaya tunjangan sebesar Rp 7.500.000 dan mencatatnya ke dalam jurnal pengeluaran kas kecil sbb:

[Dr.] Tunjangan Pendidikan Karyawan …. Rp 7.500.000

[Cr.] Petty Cash …. Rp 7.500.000

 

2: Sewa kantor

Hari ini, 5 Desember 2021 UD Lautan Minyak Goreng membayar secara tunai (transfer bank) biaya perpanjangan sewa kantor selama dua tahun senilai Rp 50.000.000. Selanjutnya UD Lautan Minyak Goreng melakukan pencatatan dengan jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka sebagai berikut:

5 Desember 2021: Saat Transaksi

[Debit] Sewa Kantor … Rp 50.000.000

[Kredit] Kas Bank …. Rp 50.000.000

31 Desember 2022: Jurnal Penyesuaian

[Debit] Biaya Sewa Kantor (1 tahun) … Rp 25.000.000

[Kredit] Sewa Kantor …. Rp 25.000.000

 

3: Premi asuransi kebakaran

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, PD Asih Jaya Bandung ikut asuransi kebakaran dengan membayar premi sebesar Rp 2.400.000 tiap tahun. Pengeluaran uang ini dicatat oleh PD Asih Jaya Bandung sebagai berikut:

Pencatatan Saat Transaksi Pembayaran:

[D] Premi Asuransi Kebakaran (Biaya Dibayar Di Muka) … Rp 2.400.000

[K] Petty Cash … Rp 2.400.000

Jurnal Penyesuaian:

[D] Beban Asuransi Kebakaran …. Rp 200.000

[K] Premi Asuransi Kebakaran …. Rp 200.000

 

4: Pemeliharaan peralatan kantor

Secara rutin setiap 6 bulan CV Karung Goni melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan peralatan kantor. Semester dua tahun ini CV Karung Goni yang merupakan perusahaan dagang gabah dan hasil pertanian mengirim surat permintaan dan penawaran ke perusahaan jasa maintenance peralatan kantor Bengkel ‘MPK’.

Setelah melakukan negosiasi yang lumayan alot, akhirnya disepakati pelaksanaan pekerjaan dengan nilai jasa sebesar Rp 2.450.000.

Tanggal 26 Oktober 2021, CV Karung Goni mentransfer uang pembayaran jasa dan kemudian mencatatnya ke jurnal pengeluaran kas sebagai berikut:

[Debit] Biaya Pemeliharaan Kantor … Rp 2.450.000

[Credit] Kas Bank …. Rp 2.450.000

 

05: Contoh Jurnal Pengeluaran Kas Perusahaan Manufaktur

Jurnal ini dibuat dan digunakan oleh perusahaan manufaktur untuk mencatat transaksi pengeluaran kas, contoh pengeluaran biaya sewa gudang dan pembayaran jasa produksi.

Perhatikan contoh jurnal pengeluaran kas berikut ini:

1: Sewa gudang

CV Riani Mesindo Jaya merupakan home industri yang memproduksi mesin-mesin sederhana dengan teknologi tepat guna untuk mengolah hasil pertanian dan perkebunan.

Untuk mengembangkan usahanya, perusahaan menyewa gudang yang akan digunakan untuk menyimpan bahan baku, bahan penolong dan barang jadi siap dipasarkan.

Nilai sewa gudang selama satu tahun adalah Rp 12.000.000. Pembayaran sewa gudang dilakukan secara tunai/transfer bank oleh CV Riani Mesindo Jaya kepada pemilik gudang pada tanggal 31 Desember 2021.

Atas transaksi ini  CV Riani Mesindo Jaya melakukan pencatatan jurnal pengeluaran kas dan jurnal penyesuaian sebagai berikut:

31 Desember 2021: Waktu terjadinya transaksi

[D] Sewa Gudang (Biaya Dibayar Dimuka) …. Rp 12.000.000

[K] Kas Bank …. Rp 12.000.000

31 Januari 2022: Penyesuaian pertama

[D] Beban Sewa …. Rp 1.000.000

[K] Sewa Gudang … Rp 1.000.000

 

2: Biaya trial produksi

Perusahaan Manufaktur ‘Alat Teknik’ memproduksi berbagai mesin pengolahan batu bata dan paving dengan teknologi khusus. Sebelum produk diluncurkan ke pasar, perusahaan melakukan uji coba dan tes berulangkali hingga diperoleh hasil memuaskan.

Pada tanggal 5 September 2021, perusahaan mengeluarkan biaya trial produksi sebesar Rp 1.785.250 dan diberikan secara tunai.

Pengeluaran uang kas ini dicatat sebagai berikut:

[D] Biaya Trial Produksi …… Rp 1.785.250

[K] Kas … Rp 1.785.250

 

3: Jasa produksi

Pola kerjasama yang dilakukan oleh PT Ludira Esa Prima dengan industri kecil (UKM/IMKM) dapat menumbuhkan perekonomian di lingkungan perusahaan. Kinerja produksi perusahaan pun meningkat signifikan, karena penggarapan produk dilakukan bersama-sama sesuai dengan spesifikasinya.

Tanggal 30 Agustus 2021, PT Ludira Esa Prima membayar biaya jasa produksi sebesar Rp 150.000.000 untuk periode pembayaran 1 – 30 Agustus 2021. Pembayaran dilakukan dengan transfer dana ke masing-masing rekening bank mitra perusahaan.

Setelah melakukan pembayaran jasa produksi, PT Ludira Esa Prima membuat pencatatan transaksi pembayaran kas sbb:

[Debit] Biaya Jasa Produksi …. Rp 150.000.000

[Kredit] Kas Bank …. Rp 150.000.000

 

4: Bonus Produksi

Setiap akhir periode, PT Gawe Atap Baja Ringan memberikan bonus atas pencapaian produksi selama satu tahun. Nilai bonus disesuaikan dengan kinerja masing-masing bagian. Pada bulan Desember 2021, perusahaan membagikan bonus produksi sebesar Rp 45.000.000.

Pengeluaran dana untuk bonus produksi ini dicatat ke buku kas keluar sbb:

[Debet] Bonus Produksi …. Ro 45.000.000

[Kredit] Kas Bank …. Rp 45.000.000

 

06: Tabel Rekapitulasi Jurnal Pengeluaran Uang

Perhatikan contoh rekapitulasi jurnal pengeluaran kas berikut ini:

Contoh rekapitulasi jurnal pengeluaran kas

Dalam tabel jurnal pengeluaran dana di atas, kita bisa melihat kolom-kolom yang terdiri dari tanggal transaksi, keterangan, tanda posting, serba-serbi, dan account terkait.

Kolom debet untuk jurnal pengeluaran uang dapat terdiri dari kolom akun, seperti utang, pembelian dan serba-serbi. Kolom serba-serbi jurnal pengeluaran dana untuk mencatat account beserta jumlahnya.

Pada contoh tabel jurnal pengeluaran dana dan keterangannya di atas ada 3 (tiga) transaksi pengeluaran uang, yaitu:

1: Pembayaran Utang

1 Desember 2021:

[Debit] Utang Usaha … Rp 500.000

[Kredit] Kas …. Rp 500.000

2: Pembelian Peralatan Kantor

5 Desember 2021:

[Debit] Aset Tetap (Peralatan Kantor) … Rp 1.000.000

[Kredit] Kas …. Rp 1.000.000

3: Pembelian ATK

25 Desember 2021:

[Debit] Alat Tulis Kantor … Rp 250.000

[Kredit] Kas … Rp 250.000

 

07: Kesimpulan

Jurnal pengeluaran kas berfungsi untuk mencatat transaksi pengeluaran uang dan dana kas perusahaan dagang, jasa dan manufaktur.  Jurnal khusus pengeluaran kas disusun oleh perusahaan pada tanggal terjadinya transaksi.

Beberapa contoh yang sudah disajikan di atas mudah-mudahan bisa membantu untuk memahami apa itu jurnal pengeluaran dana dan sekaligus dipraktikkan di perusahaan tempat Anda berkarya.

Bila masih kesulitan dalam membuat jurnal pengeluaran dana kas, Anda bisa menggunakan dan menerapkan standar operasional prosedur – SOP Finance dengan bonus accounting tools sederhana bermanfaat dari website Manajemen Keuangan ini.

Itulah sedikit yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Profesional lulusan ekonomi yang menekuni ERP (SAP), Accounting Software, Business Analyst dan berbagi pengalaman pekerjaan Finance & Accounting.